logo web

20 Film Terbaik Tentang Binatang yang Mematikan

Ditulis oleh Gerryaldo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Keberagaman binatang di dunia ini benar-benar mengagumkan, ya? Bahkan, masih banyak jenis binatang yang belum bisa diidentifikasi oleh para peneliti. Meski demikian, kehadirannya membuat manusia kadang gemas apalagi saat melihat binatang-binatang lucu seperti, burung, kucing atau anjing.

Namun, apa jadinya kalau kita harus berurusan dengan binatang pembunuh yang terkenal sadis meski manusia tidak berniat jahat padanya? Biasanya binatang-binatang tersebut berasal dari puncak rantai makanan atau predator buas yang menguasai teritorinya.

Keganasan binatang ini pun menarik minat para sineas untuk mengadaptasinya ke dalam sebuah film yang tampilkan kengerian dan bisa memacu adrenalin para penonton. Karenanya, kali ini Showpoiler hadirkan deretan film binatang buas terbaik untukmu. Simak daftarnya berikut ini!

1. Jurassic Park - Movie Series

Jurassic Park_Poster (Copy)

Kisah Jurassic Park adalah peringatan nyata tentang pentingnya tidak macam-macam dengan hewan yang telah lama punah. Seorang pebisnis multi-miliuner, John Hammond (Richard Attenborough) memiliki ide untuk mengkloning DNA dinosaurus lewat fosil yang terkubur jutaan tahun lamanya.

Ide ini pun jadi hal buruk ketika para dinosaurus itu malah jadi lebih pintar daripada manusia. Bahkan, di filmnya yang rilis di tahun 2015 silam, ada satu dinosaurus yang disuntik banyak gen hewan pintar sehingga mereka bisa berkamuflase. Dinosaurus pun akhirnya kembali ‘hidup’.

Puncak kengerian terjadi kala seorang pegawai John Hammond berniat untuk mencuri embrio salah satu jenis dinosaurus. Hal tersebut malah menyebabkan banyak kekacauan. Malfungsi yang ia buat mengacaukan seluruh sistem komputer yang ada dan membuat semua gerbang penjaga dinosaurus terbuka lebar; melepaskan semua binatang yang siap untuk memburu manusia.

2. Anaconda

Anaconda_Poster (Copy)

Sebuah suku dalam Amazon yang terlupakan keberadaannya menarik minat seorang pembuat film, Terri Flores (Jennifer Lopez), untuk menggali lebih dalam tentang keberadaan mereka. Ia dan rekan-rekannya, termasuk seorang antropolog, Dr. Steven (Eric Stoltz) dan kameramennya, Danny (Ice Cube) memulai investigasinya tersebut.

Di tengah perjalanan, mereka bertemu seorang pria, Paul (Jon Voight), yang terdampar di tepi sungai. Begitu melihat Terri yang full amunisi, Paul menawarkan diri untuk membantu mereka menemukan suku tersebut. Namun, Terri merasa ada yang janggal terhadap pria satu itu; dan benar saja, Terri dan yang lain dimanfaatkan Paul untuk menemukan anaconda raksasa yang ganas.

3. Jaws

Jaws_Poster (Copy)

Menjadi salah satu film tentang binatang pembunuh terlaris sepanjang masa, Jaws mengisahkan tentang laporan adanya hiu ganas yang telah membunuh pengunjung di tepi pantai Amity Island, sebuah destinasi pariwisata. Tidak ingin ada korban lebih banyak, kepala polisi Martin Brody (Roy Scheider) pun memutuskan untuk menutup pantai.

Mendengar hal itu, walikota New England tidak sependapat lantaran aksi penutupan pantai akan membuat kotanya bangkrut. Menimbang keputusan itu, Ahli ichthyologist Matt Hooper (Richard Dreyfuss) dan kapten kapal Quint (Robert Shaw) pun menawarkan bantuan untuk menangkap hewan pembunuh tersebut, meski sangat sulit. Mereka harus menghadapi keganasan hiu yang tidak kenal ampun untuk memburu tersebut.

4. 47 Meters Down

47 Meters Down_2017_

Sepasang Kakak Beradik, Kate (Claire Holt) dan Lisa (Mandy Moore), memutuskan untuk berlibur ke Meksiko untuk liburan sekaligus mencoba hal baru. Saat berada di Meksiko, mereka bertemu dengan sekelompok pria lokal yang mengajak mereka untuk melihat hiu putih dari dekat di dalam kandang bawah laut.

Meski awalnya menolak, Lisa pun menuruti keinginan Kate. Mereka masuk ke dalam kandang besi yang ditenggelamkan untuk mengamati hiu putih yang ganas dari jarak dekat. Celaka, kabel penahan kandang itu lepas dan mereka terjun bebas ke dasar laut sedalam 47 meter. Mereka kini berlomba dengan waktu untuk tetap hidup dan selamat dari kejaran para hiu.

5. Snakes on A Plane

Snakes on A Plane_Poster (Copy)

Sean (Nathan Phillips) menjadi salah satu saksi penting dari kasus pembunuhan yang dilakukan oleh boss mafia, Eddie Kim (Byron Lawson), terhadap seorang jaksa saat berada di Hawaii. Seorang agen FBI, Neville Flynn (Samuel L. Jackson) pun diperintahkan untuk melindungi Sean dan membawanya ke Los Angeles.

Mereka menumpang pesawat dari maskapai South Pacific Airlines tanpa tahu kalau Eddie ternyata telah menyimpan ratusan jenis ular beracun untuk membunuh semua orang di pesawat tersebut. Kini, tak hanya bertugas melindungi Sean, Detektif Flynn pun harus bisa menyelamatkan semua penumpang di pesawat penuh ular itu.

6. Slotherhouse

Slotherhouse_Poster (Copy)

Emily (Lisa Ambalavanar) tengah berupaya untuk mendapatkan suara dalam pemilihan presiden dari kelompok perkumpulan mahasiswi yang disebut Sigma Lambda Theta (SLT). Ia bersanding dengan rivalnya, Brianna (Sydney Craven) yang lebih dulu top di semua media sosial. Satu waktu, ia berpikir untuk membuat maskot dari kelompok SLT.

Emily mengadopsi seekor kungkang atau sloth yang imut sekali dari seorang ahli binatang eksotis. Ia menamakan sloth itu Alpha. Celaka, Emily tidak tahu bahwa sloth yang ia rawat merupakan jenis sloth ganas dan pembunuh. Awal indah bersama maskot baru itu berujung petaka ketika satu per satu kelompok SLT di eksekusi maskot mereka sendiri.

7. Cocaine Bear

Cocaine Bear_Poster (Copy)

Diadaptasi dari kisah nyata, seorang penyelundup narkoba bernama Andrew Thornton II (Matthew Rhys) menjatuhkan kokain dari pesawat dan meninggal saat mencoba melarikan diri. Sialnya, seekor beruang menemukan narkoba jenis kokain itu dan memakannya sehingga menjadi sangat agresif dan menyerang siapa pun.

Kala itu, sepasang sahabat, Sari (Keri Russell) dan Henry (Christian Convery), sedang berjalan-jalan di hutan dan bertemu dengan sang beruang. Mereka melarikan diri dan menarik perhatian semua orang sekaligus penjaga hutan, juga para kaki tangan dari gembong narkoba. Mereka semua kini harus berhadapan dengan sang beruang sakau yang siap menyerang.

8. Burning Bright

Burning Bright_Poster (Copy)

John Gaveneau (Garret Dillahunt) memiliki dua orang anak sambung, yakni Kelly (Briana Evigan) dan Tom (Charlie Tahan) yang autistik. Alih-alih menjaga mereka berdua, John malah menguras harta keluarga Kelly untuk membeli binatang eksotis guna rencana pembukaan taman safari pribadi miliknya.

Kelly kesal bukan main dan mendebat John. Tidak terima, John pun memasukan salah satu peliharaan singa laparnya ke dalam rumah, dan menutup seluruh akses rumah dengan alasan badai supaya Kelly dan Tom tewas dikunyah singa miliknya. Alhasil, Kelly dan Tom berusaha untuk tetap bertahan hidup di rumah mereka sendiri.

9. Deep Blue Sea

Deep Blue Sea_Poster (Copy)

Seorang dokter bernama Susan McAlester (Saffron Burrows) tengah dalam misi untuk menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer, dan obat ini diambil dari DNA hiu yang telah dimodifikasi oleh timnya.

Suatu ketika, sebuah prosedur rutin berjalan tak semestinya dan membuat kacau lab di bawah air, bahkan sampai melepaskan hiu-hiu percobaannya bebas berenang di sekitar lab. Mau tidak mau, dokter Susan dibantu oleh penjaga pusat penelitian, Carter (Thomas Jane) harus bisa lepas dari ancaman para hiu pintar tersebut.

10. Arachnophobia

Arachnophobia_Poster (Copy)

Untuk yang fobia terhadap laba-laba, hati-hati saat menonton film ini, ya! Mengisahkan tentang kota kecil yang awalnya tenang, namun tiba-tiba berubah menjadi mencekam ketika satu spesies laba-labamematikan berkembang biak di sana. Laba-laba itu tak sengaja terbawa dari Amazon dan jatuh di sekitar pemukiman warga.

Naas, Dr. Ross Jennings (Jeff Daniels) yang arachnofobia baru saja pindah bersama istrinya, Molly (Harley Jane Kozak), dan putranya yang masih kecil. Ross mulai merasa aneh dengan keadaan kediamannya itu setelah beberapa tetangganya mati secara misterius. Sampai ia tahu bahwa penyebabnya adalah serangan laba-laba. Apakah Ross dan keluarganya bisa selamat dari serangan laba-laba ini?

11. Crawl

Crawl_Poster (Copy)

Haley (Kaya Scodelario) khawatir tentang ayahnya, Dave (Barry Pepper), yang tidak kunjung bisa dihubungi, padahal kota Florida sudah mendapatkan peringatan badai besar. Tidak mengindahkan aturan evakuasi, Haley pun nekat pergi ke kediaman ayahnya yang berdekatan dengan penangkaran buaya kota.

Saat sampai di kediaman sang ayah, Haley menemukan Dave terluka di rubanah. Belum sempat membawa ayahnya ke atas, terjadi banjir besar yang menyebabkan air di tempat penangkaran buaya meluap, memungkinkan buaya-buaya mematikan berkeliaran ke pemukiman warga. Haley dan Dave pun harus bekerja sama untuk bertahan hidup!

12. Rogue

Rogue_Poster (Copy)
Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Megan Fox

Kelompok teroris Al-Shabaab yang bermarkas di Afrika Timur berhasil menyekap putri dari seorang gubernur, Asillia Wilson (Jessica Sutton). Ini membuat sang gubernur menyewa tentara bayaran yang dipimpin oleh Sam O’Hara (Megan Fox) untuk menyelamatkan putrinya. Sam pun langsung bekerja bersama para anggota tim begitu dapat perintah.

Selain harus melawan kelompok teroris, Sam dan anggota timnya juga dipersulit dengan urusan lain yang melibatkan singa buas Afrika. Singa-singa ini berada di sebuah peternakan yang telah ditinggalkan cukup lama. Sam dan anggota timnya pun kini punya double job: berusaha tetap hidup sekaligus harus tetap menyelamatkan Asillia.

13. Beast

Beast_Poster (Copy)

Setelah sang istri meninggal akibat kanker, Dr. Nate Daniels (Idris Elba) yang kini menduda, mengajak kedua putrinya, Meredith (Iyana Halley) dan Norah (Leah Java Jeffries), untuk pergi ke sebuah cagar alam di Afrika Selatan. Selain untuk bertemu dengan teman lama, Martin Battles (Sharlto Copley), Nate juga ingin bernostalgia. Sebab di cagar itulah Martin memperkenalkan Nate dengan istrinya.

Alih-alih mendapat perjalanan juga liburan menyenangkan, mereka malah harus berurusan dengan satwa liar, yakni singa ganas berukuran besar. Nate bersama kedua putrinya pun harus mampu melawan binatang haus darah itu dan keluar dari suaka margasatwa milik Martin.

14. Prey

Prey

Pihak kepolisian Amsterdam mendapatkan laporan mengenai adanya pembunuhan brutal yang dialami sebuah keluarga petani. Ini membuat tim penyelidik langsung bergerak, dan meminta bantuan dari Lizzy (Sophie van Winden), serang dokter hewan dari Kebun Binatang Amsterdam untuk ikut melakukan investigasi.

Hasilnya, Lizzy memastikan bahwa pembantaian itu dilakukan oleh seekor singa besar agresif yang berkeliaran di pemukiman penduduk dan menjadi ancaman besar untuk semua warga. Pihak kepolisian dan Lizzy pun berjibaku untuk menemukan sang singa sebelum melakukan tindakan mengerikan lainnya.

15. Bats

Bats_Poster (Copy)

Di Texas, populasi kelelawar memang dikenal banyak. Bahkan, laporan adanya kelelawar yang menyerang penduduk pun lumrah terjadi, namun burung malam itu tidak pernah sampai menyerang dengan brutal.

Hingga satu waktu, serangan kelelawar itu sudah menimbulkan beberapa korban hingga tewas secara mengenaskan. Hal tersebut otomatis di respon secara cepat oleh salah seorang ahli zoologi, Dr. Sheila Casper (Dina Meyer).

Sheila mulai merasa curiga tentang perilaku agresif kelelawar yang ditemukannya di kota kecil tempat tugasnya. Saat ditelaah lebih lanjut, terkuaklah fakta bahwa bahwa kelelawar berbahaya tersebut sebenarnya merupakan hasil dari kesalahan eksperimen yang dilakukan oleh pemerintah.

Sheila pun berusaha mengehentikan kengerian dari para kelalawar itu dengan bantuan asistennya, Jimmy Sands (Leon), dan seorang sherif lokal, Emmett Kimsey (Lou Diamond Phillips).

16. Black Swarms

Black Swarms_Scene (Copy)

Seorang pembasmi hama, Devin Hall (Sebastien Roberts), dipanggil ke sebuah kota kecil bernama Black Stone. Di kota tersebut baru saja terjadi hal mengerikan di mana seorang tunawisma harus tewas akibat diserang segerombolan tawon. Devin lantas merasa ada yang aneh karena tawon tidak mungkin seagresif itu tanpa alasan.

Begitu diselidiki, Devin menemukan bahwa ada yang aneh dengan perilaku serangga itu. Pemeriksaan lebih lanjut pun dilakukan bersama ahli entomologi Katherine (Jayne Heitmeyer) dan Deputi Kozik (Sarah Allen), mereka menemukan bahwa para tawon tersebut merupakan hasil modifikasi genetik untuk tentara sebagai senjata. Mereka pun kini bekerjasama untuk menghancurkan tawon-tawon tersebut.

17. The Grey

The Grey (Copy)

Para pekerja kilang minyak di Alaska akhirnya mendapat jatah libur setelah lima minggu bekerja. Para anggota pekerja yang dipimpin oleh John Ottway (Liam Neeson) pun diterbangkan pulang ke rumah masing-masing. Sayangnya, cuaca sangat buruk hingga menyebabkan pesawat jatuh di padang gurun beku.

Dari banyak pekerja, hanya tersisa 8 orang yang selamat termasuk Ottway. Mereka pun segera melakukan evakuasi dengan bergegas pergi meminta bantuan ke pemukiman terdekat. Namun, perjalanan mereka terhalang oleh serigala buas yang lapar; luka dan darah yang mengucur dari tubuh penyintas bak undangan makan malam bagi sang serigala. Dalam kondisi seperti ini, bisakah Ottway dan rekan-rekannya selamat?

18. Piranha

Piranha_Poster (Copy)

Liburan musim semi digunakan oleh banyak orang untuk bersantai, khususnya bagi para warga di dekat danau Victoria. Mereka berjemur dan bermain air di sekitar wilayah tersebut. Namun, begitu gempa besar terjadi, acara liburan para warga lokal berubah menjadi pertempuran berdarah dengan kelompok ikan piranha karnivora prasejarah.

Kelompok piranha ini lepas dari dalam bawah tanah dan mulai menyerang para warga yang ada di sekitar resor. Polisi lokal Julie Forester (Elisabeth Shue) bersama sekelompok orang pun akhirnya saling bantu untuk menyelamatkan banyak orang dan mengeliminasi ikan haus darah tersebut.

19. The Reef

The Reef: Stalked_Poster (Copy)

Luke (Damian Walshe-Howling) hendak mengantarkan sebuah pesanan kapal pesiar untuk salah satu pelanggannya di Indonesia. Tidak ingin sendiri, Luke pun mengajak serta teman-temannya untuk ikut berlayar ke sana. Naas, saat dalam perjalanan, kapal menabrak karang hingga terbalik dan tenggelam perlahan.

Luke dan teman-temannya pun berusaha untuk meminta bantuan dengan cara berenang mengitari sebuah pulau. Namun, salah satu teman Luke, Warren (Kieran Darcy-Smith), enggan untuk ikut karena ia percaya ada hiu yang berkeliaran. Apa yang ditakutkan pun benar terjadi, sekelompok hiu mendekati mereka dan siap untuk menyantap. Bagaimana kelanjutan nasib Luke dan kawan-kawan?

20. The Shallows

The Shallows_Poster (Copy)

Nancy Adams (Blake Lively) merupakan seorang mahasiswa kedokteran yang masih bersedih atas meninggalnya sang Ibu. Penat dengan kegiatan kampus dan masalah lain, ia pun berniat untuk melakukan little escape dengan berselancar di laut, tanpa tahu bahwa berselancar di sana merupakan hal yang sangat berbahaya.

Ini karena adanya habitat hiu putih ganas yang berada tidak jauh dari pantai. Namun, kepalang sudah berenang dan berselancar, Nancy menerobos ombak; dan benar saja, gadis muda itu kini jadi incaran hiu. Nancy pun berusaha untuk berlindung di bebatuan karang tajam. Mampukah Nancy keluar hidup-hidup dari pantai itu?

Film dengan premis binatang pembunuh akan selalu seru dan menegangkan untuk ditonton. Entah kenapa, apabila scenenya pas, kita sebagai penonton mampu merasakan apa yang tokoh utama rasakan, mulai dari cemas, takut, dan sudah pasti "deg-degan setengah mampus". Kira-kira, mana nih dari film di atas yang kalian suka?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram