logo web

16 Film tentang Monster Laut yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Kehidupan di bawah laut memang menyimpan fenomena indah sekaligus misterius. Jauh terbenam di bawah sana, mungkin saja hidup berbagai macam spesies dengan beragam bentuk aneh, dan bahkan cenderung menyerupai monster yang menyeramkan.

Karena menyimpan kehidupan yang misterius, tak jarang juga muncul cerita berupa legenda dan mitos tentang keberadaan monster di lautan, seperti Kraken dan Loch Ness.

Untuk menggambarkan keberadaan mereka yang masih menjadi tanda tanya, ada beberapa film yang mencoba menampilkan sosok makhluk misterius tersebut.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan daftar filmnya, Showpoiler di bawah ini merekomendasikan beberapa film tentang monster lautan yang bisa ditonton. Yuk, simak daftar filmnya berikut ini!

Baca juga: 20 Film Tentang Monster yang Seru dan Paling Menegangkan

1. The Sea Beast

The Sea Beast

The Sea Beast (2022) adalah film animasi yang diproduksi oleh Netflix Animation. Disutradarai oleh Chris Williams, film ini mengisahkan usaha seorang pemburu monster laut bernama Jacob Holland.

Dalam kesehariannya, ia dikenal sebagai sosok kapten kapal yang gagah dan pemberani. Jacob Holland hanya memiliki satu misi, yaitu untuk membasmi monster buas yang gentayangan di lautan.

Dalam perjalanannya memburu monster laut yang meresahkan warga, seorang anak kecil tiba-tiba menyusup ke kapalnya. Dari sinilah pandangan hidup Jacob Holland mulai berubah.

Hebatnya, film ini berhasil mendapatkan skor hingga 94% dan berhasil masuk dalam nominasi Academy Awards. Selain itu Karl Urban, Dan Stevens, dan Jared Harris bakalan didapuk sebagai pengisi suaranya.

2. The Shallows

The Shallows

The Shallows (2016) menjadi salah satu film survival yang berhasil membuat para penontonnya bergidik ngeri. Dibintangi oleh Blake Lively, aktris cantik ini harus bertahan hidup di tengah laut yang dikelilingi oleh beberapa ikan hiu yang ganas.

Kisahnya bermula ketika Nancy, seorang dokter muda, pergi berlibur ke sebuah pantai tersembunyi di Mexico. Pantai itu memang spesial, karena Nancy pernah datang kesana bersama mendiang sang ibu.

Saat Nancy surfing di lautan, tiba-tiba saja seekor Hiu Putih menyerangnya. Berhadapan dengan salah satu monster laut yang ganas, bisakah Nancy bertahan hidup di lautan yang luas sendirian?

Fyi, film garapan Jaume Collet-Serra berhasil mendapatkan kesuksesan secara komersial dan mendapatkan pujian dari beberapa kritikus film.

3. Underwater

Underwater

Sebuah fasilitas penelitian bawah laut yang dikenal dengan sebutan Kepler 822 mengalami kerusakan akibat adanya gempa bumi. Insinyur mesin yang bernama Norah Price bersama rekan-rekan lainnya berusaha memperbaiki jalan keluar agar bisa menyelamatkan diri.

Namun, monster laut misterius tiba-tiba menampakkan diri dan menjadi ancaman yang dapat membahayakan nyawa semuanya.

4. Deep Rising

Deep Rising

Gerombolan penjahat yang terdiri dari pria-pria bersenjata api akan melakukan sebuah misi rahasia di tengah laut Cina Selatan. Untuk sampai ke sana, mereka menyewa sebuah kapal milik Kapten John Finnegan beserta awak kapal tersebut.

John yang tidak ingin anak buahnya tewas menuruti permintaan dari mereka untuk berlayar ke tengah lautan. Sementara itu di lautan yang sama, sebuah kapal pesiar mewah tengah berlayar dengan elegan di deru ombak yang tenang.

Akan tetapi, sebuah insiden membuat kapal tersebut mengalami insiden dan menimbulkan kepanikan penumpangnya. Tiba-tiba saja, sesosok monster mengerikan masuk ke dalam kapal dan menciptakan suasana horor yang menyerang penumpang serta awak kapal satu per satu.

5. Leviathan

Leviathan

Perusahaan bernama Tri-Oceanic Corp mempekerjakan seorang ahli geologi bernama Steven Beck untuk mengawasi penambangan di bawah lautan. Selama bekerja ia ditemani oleh rekan-rekannya yang terdiri dari tujuh orang dengan latar belakang keahlian yang berbeda-beda.

Saat bekerja di fasilitas bawah laut, mereka menemukan kapal Soviet yang sudah usang dengan nama Leviathan. Mereka kemudian berhasil menyelamatkan brankas dari kapal tersebut, dan menemukan catatan kematian dari awak kapal Leviathan.

Keesokan harinya, mereka mulai mendapatkan teror misterius sekaligus menyeramkan dari makhluk yang bernama Homo Aquaticus.

6. The Meg

The Meg

Hiu raksasa pra-sejarah yang berukuran sangat besar tidak benar-benar punah dari Bumi. Predator buas yang dikenal dengan sebutan Megalodon tersebut kini tengah hidup di dalam lautan pasifik. Megalodon sudah menampakkan diri dan tengah mengancam para kru di sebuah kapal selam yang tengah berlayar di bawah lautan.

Mantan anggota pasukan khusus Amerika Serikat bernama Jonas Taylor direkrut untuk menyelamatkan seluruh anggota kapal selam tersebut dari serangan Megalodon. Ia kemudian bekerjasama dengan seorang ilmuwan bernama Suyin agar kejadian mengerikan kepada mereka tidak pernah terjadi.

7. The Abyss

The Abyss

Saat sedang berlayar di lautan, kapal selam nuklir milik Amerika Serikat tiba-tiba diserang oleh sesuatu yang misterius. Lalu, Amerika meminta kepada angkatan lautnya agar bekerjasama dengan para pekerja pengeboran minyak bawah tanah agar bisa menyelidiki sumber penyerangan tersebut.

Kedua pihak yang ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat nyatanya sering berselisih dan tidak satu argumen. Para pekerja meyakini bahwa serangan tersebut berasal dari spesies liar yang hidup di dasar lautan. Di sisi lain, pasukan angkatan laut bersikukuh bahwa serangan itu berasal dari kapal selam milik Rusia.

8. Sea Fever

Sea Fever

Monster bawah laut tidak selalu bertubuh besar dan menakutkan, parasit pun bisa menjadi monster bawah laut yang menakutkan. Hal inilah yang terjadi dalam film Sea Fever (2019), film bergenre sci-fiction dan thriller ini digarap dengan sangat baik oleh sutradara Neasa Hardiman.

Sebuah penelitian mengenai dasar laut dipimpin oleh Gerard. Seorang mahasiswi biologi bernama Freya juga ikut dalam penelitian dan meneliti ikan di area laut terlarang. Sesampainya di sana Gerard menemukan sebuah organisme yang dilumuri lendir.

Siapa sangka kalau organisme tersebut adalah sebuah parasite berbahaya yang bisa membunuh manusia dalam waktu yang singkat.

9. Tale of Tales

Tale of Tales

Beralih ke film bergenre fantasi dan horor, kita akan membahas soal film berjudul Tale of Tales (2015). Dibintangi oleh Salma Hayek dan Vincent Cassel, film ini mengisahkan usaha seorang raja untuk memburu seekor monster laut.

Digarap oleh Matteo Garrone, film ini diadaptasi dari cerita fiksi garapan penulis Italia yang dikenal dengan nama Giambattista Basile.

Di kerajaan Longtrellis, Raja dan Ratu merasa cemas karena masih belum memiliki keturunan. Lalu sang Raja mendengar sebuah cerita, bahwa jantung dari seekor monster laut bisa dijadikan obat kesuburan untuk sang Ratu.

Setelah bersusah payah, akhirnya mereka bisa menyuguhkan jantung monster laut untuk disantap oleh Ratu yang tidak lama kemudian mengandung anak pertama mereka.

10. The Lure

The Lure

Beralih ke film asal Polandia, kali ini kita akan membahas film fantasi dan horor berjudul The Lure (2015). Disutradarai oleh Agnieszka Smoczyńska, alur ceritanya diadaptasi dari kisah fairytale berjudul The Little Mermaid karya Hans Christian Andersen.

Kali ini Marta Mazurek dan Michalina Olszańska akan memerankan karakter putri duyung bersaudara. Kisahnya berawal ketika Silver, seekor putri duyung, jatuh cinta pada seorang pemuda. Di sisi lain, saudarinya yang bernama Gold hanya ingin memangsa para manusia.

Mengetahui si pria hanya melihatnya sebagai seekor hewan, Silver pun menghipnotis agar pria itu jatuh cinta padanya. Namun Gold yang tidak setuju berusaha keras mencari cara untuk bisa memakan tubuh pria itu.

11. In the Heart of the Sea

In the Heart of the Sea

Berlatar di tahun 1820, kapten kapal bernama George Pollard Jr, bersama para awak yang terdiri dari Owen Chase, Matthew Joy dan Thomas Nickerson sedang melakukan pelayaran di tengah lautan Inggris.

Mereka tiba-tiba diserang oleh seekor paus berukuran raksasa yang ganas dan siap menghancurkan kapal yang ditumpangi. Para kru kapal harus menerima cobaan yang begitu besar ketika paus tersebut berhasil menyerang satu per satu anggota kapal yang lainnya.

Mereka yang masih selamat mulai memikirkan untuk bertahan hidup dan menyelamatkan diri. Berbagai cara dilakukan, dan mereka pun mesti secepat mungkin untuk menuju perairan Amerika Selatan agar tetap selamat.

12. The Shape of Water

The Shape of Water

Elisa Esposito merupakan seorang perempuan bisu yang berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Dirinya hanya memiliki satu teman, yakni tetangganya bernama Giles yang bekerja sebagai ilustratror.

Elisa sendiri bekerja sebagai pembersih di laboratorium rahasia pemerintah Amerika yang berada di wilayah Baltimore, Maryland. Tempat ia bekerja ternyata menampung sesosok makhluk misterius yang ditangkap dari perairan Amerika Selatan oleh Kolonel Richard Strickland.

Saking penasarannya dengan makhluk tersebut, Elisa pun akhirnya mengetahui wujud sebenarnya yang menyerupai amfibi seperti manusia. Dia mulai mengunjunginya secara diam-diam, dan keduanya membentuk ikatan yang erat satu sama lain.

13. Deep Blue Sea

Deep Blue Sea

Di sebuah fasilitas bawah laut yang terisolasi, tim ilmuwan melakukan penelitan terhadap hiu mako untuk membantu memerangi penyakit Alzheimer. Penelitian tersebut ternyata membuahkan petaka saat hiu yang direkayasa secara genetika semakin pintar dan mengamuk memburu para ilmuwan.

Deep Blue Sea mendapatkan kesuksesan secara finansial dengan meraup lebih dari 164 juta dollar di seluruh dunia. Film ini pada umumnya mendapatkan respon yang beragam dari para kritikus, baik secara positif maupun negatif. Mereka menyukainya karena mampu memberikan elemen ketegangan, survival, dan action di saat yang bersamaan.

14. Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest

Pirates of the Caribbean Dead Man's Chest

Sekuel kedua dari franchise Pirates of the Caribbean ini mengisahkan tentang Will Turner yang berusaha untuk menangkap dan mengambil kompas milik Lord Cutler Beckett yang dicuri oleh Jack Sparrow.

Jika dirinya tidak berhasil menemukannya, maka Lord Cutler Beckett akan menghabisi nyawanya beserta kekasihnya Elizabeth Swann.

Sementara itu ditempat lain, Jack Sparrow ditangkap oleh suku kanibal di sebuah kepulauan terpencil. Dirinya kemudian bertemu dengan ayahnya Will Turner yang bernama “Bootstrap Bill” Turner.

Lalu, ia membawa Sparrow ke kapal Flying Dutchman untuk membayar janji hutangnya. Jack Sparrow harus menjadi budak di kapal Flying Dutchman selama 100 tahun atau mati dimakan

15. Piranha 3D

Piranha_Poster (Copy)

Film ini menceritakan bagaimana segerombolan ikan pra sejarah berjenis Pygocentrus Nattereri (piranha) yang menyerang seluruh perairan di kota kecil dekat danau Victoria. Ikan-ikan super ganas tersebut berhasil keluar dari dalam endapan danau yang terbuka akibat gempa yang terjadi.

Sialnya, ikan predator air tawar tersebut muncul bersamaan dengan adanya event musim semi yang diadakan besar-besaran. Mengetahui hal tersebut, ahli seismologi bernama Novak (Adam Scott) lantas meminta bantuan sheriff Julie (Elisabeth Shue) dan deputi Fallon (Ving Rhames) untuk membantu menginformasikan ke seluruh penduduk untuk menjauhi kawasan perairan.

Belum sempat tersiar kabar darurat tersebut, peyelenggara pesta musim semi di sebuah wahana air terbesar disana yang menyambung dengan danau dibuka untuk umum. Mampukah Novak, Julie dan Fallon mencegah bahaya piranha itu?

16. Sweetheart

Sweetheart_Poster (Copy)

Tidak sepolos judulnya, film ini menceritakan tentang perjuangan seorang gadis bernama Jenn (Kierset Clemons) yang terdampar di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni di wilayah laut pasifik.

Jenn dan teman-temannya sedang berlibur menggunakan kapal namun akhirnya kapal tenggelam akibat badai yang menggulung dan mencerai beraikan kelompok Jenn.

Saat berada di pulau, Jenn merasakan ada sesautu yang mengawasinya. Apa yang ditakutkan oleh Jenn terbukti benar, mayat salah satu teman Jenn yang sudah ia kubur, dibongkar dan mayatnya dimakan. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, Jenn menyiapkan perangkap.

Betapa terkejutnya Jenn ketika mengetahui apa yang harus dihadapinya saat ini adalah monster laut ganas yang siap melumat Jenn kapan saja.

Itulah beberapa film tentang monster lautan yang bisa menghadirkan pengalaman menonton yang tegang, seru, dan membuat jantung deg-degan.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan keseruan jalan ceritanya, jangan tunggu lama-lama lagi, langsung saja saksikan film-filmnya yang kalian sukai. Selamat menonton!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram