logo web

20 Film Tentang Putri Duyung yang Sayang Jika Dilewatkan!

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji

Putri duyung atau mermaid merupakan makhluk mitologis yang digambarkan sebagai wanita memiliki perawakan gabungan antara manusia dengan ikan. Sebagian tubuhnya mulai dari pinggang hingga kepala berwujud wanita, namun dari bagian pinggang hingga kakinya berwujud ikan.

Berkat keunikannya tersebut, banyak orang yang mengangkat kisah tentang putri duyung baik berupa buku hingga film. Beberapa film dari berbagai belahan dunia sukses mengangkat putri duyung sebagai cerita di dalamnya, sehingga menjadi film yang unik dan menarik untuk ditonton.

Penasaran kan film apa saja sih yang berkisah tentang putri duyung? Yuk, simak beberapa film tentang putri duyung yang seru dan sayang jika kamu lewatkan di bawah ini!

Baca juga: Sinopsis & Review The Little Mermaid, Petualangan si Cantik Ariel

1. The Little Mermaid (2023)

The Little Mermaid (2023)

Live action dari kisah fantasi Disney ini membawa kisah tentang putri duyung, judulnya adalah The Little Mermaid (2023). Digarap oleh Rob Marshall, film ini dibintangi oleh aktris cantik bernama Halle Bailey yang berperan sebagai Ariel. Ia beradu akting dengan Jonah Hauer-King, Daveed Diggs, Awkwafina hingga Jacob Tremblay sebagai pemeran pendukungnya.

Film ini mengisahkan kehidupan Ariel, yaitu putri termuda dari Raja Triton sang penguasa Atlantik. Dalam sebuah kecelakaan, Ariel tidak sengaja menyelamatkan Pangeran Eric dan jatuh cinta padanya.

Demi bersama dengan sang pangeran, Ariel sampai berani melawan titah sang ayah. Bahkan, Ariel sampai nekat bertemu dengan penyihir jahat bernama Ursula untuk mendapatkan kaki seperti manusia.

2. The Little Mermaid 1989

The Little Mermaid 1989

Selanjutnya ada film kartun yang berjudul The Little Mermaid yang cukup melegenda sehingga hampir semua orang tahu dan kenal dengan kartun ini. Film kartun bertema putri duyung ini mengisahkan kehidupan seekor putri duyung berumur 16 tahun yang mencintai manusia bernama Eric.

Kisah cinta di antaranya merupakan kisah cinta terlarang antara manusia dengan duyung, maka dari itu di dalamnya banyak menyajikan perjalanan serta perjuangan cinta dari keduanya.

Film berdurasi 85 menit tersebut sukses dikemas dengan alur cerita yang menarik untuk terus diikuti. Hal tersebut menjadi jawaban dari pertanyaan mengapa film ini menjadi film yang wajib untuk kamu tonton!

3. Harry Potter and the Goblet of Fire

Harry Potter and the Goblet of Fire

Jangan membayangkan putri duyung berparas cantik di film Harry Potter and the Goblet of Fire. Putri duyung yang ada di sini berupa makhluk magis mengerikan yang menjadi ‘rintangan’ ketika Harry Potter dan kawan-kawannya mengikuti turnamen.

Di film ini, turnamen legendaris Triwizard digelar dan diikuti oleh tiga sekolah sihir, Hogwarts, Beauxbatons, dan Drumstrang. Harry Potter ikut dalam turnamen tersebut. Ada tiga tugas berbahaya yang harus dilakukan, salah satunya adalah menyelamatkan teman-teman mereka yang dirantai oleh putri duyung berwajah buruk.

4. Miranda

Miranda

Penyuka film klasik pasti akan tertarik menonton “Miranda”. Ya, film tentang putri duyung yang satu ini masih hitam-putih. Namun, pemeran putri duyungnya sangat cantik, yakni Miranda Trewella. Usut punya usut, film “Miranda” ini menjadi salah satu film terlaris di zamannya.

Sinopsis film ini bercerita tentang dokter yang telah menikah dan tiba-tiba menemukan putri duyung. Si putri duyung meminta sang dokter untuk membawanya ke London.

Dokter tersebut menyanggupi dan membawa putri duyung bernama Miranda (Glynis Johns) itu ke London. Tak disangka-sangka, setelah itu mereka berdua jadi memiliki hubungan spesial yang romantis sekaligus kocak.

5. Peter Pan

Peter Pan

Peter Pan adalah sebuah cerita dongeng yang sempat diangkat menjadi film animasi. Tahun 2003 silam, kisah petualangan fantasi ini dibuat versi live action-nya.

Kisah di film ini bermula dari Wendy Darling (Rachel Hurd-Wood), seorang anak perempuan yang gemar membaca cerita dongeng dan menceritakannya kepada adik-adiknya. Wendy sering berimajinasi tentang tokoh dongeng yang ia baca. Salah satu tokoh dongeng favoritnya adalah Peter Pan.

Tak disangka-sangka, imajinasi Wendy menjadi kenyataan ketika Peter Pan (Jeremy Sumpter) berkunjung ke kamarnya. Peter Pan mengajak Wendy dan saudara-saudaranya berkunjung ke Neverland. Di sana, Wendy berjumpa dengan geng Peter Pan yang bernama Lost Boys.

Menariknya, di sana Wendy turut bergabung dengan Peter Pan yang bertarung melawan tokoh jahat yang selama ini hanya ia ketahui lewat dongeng, yakni Kapten Hook (Jason Isaacs).

Scene di film "Peter Pan" yang memunculkan sosok putri duyung terjadi ketika mereka berkunjung ke laguna putri duyung untuk meminta bantuan.

6. Aquamarine

Aquamarine

Aquamarine merupakan film komedi asal Amerika Serikat yang resmi rilis pada tahun 2006. Disutradarai oleh Elizabeth Allen, film Aquamarine menggandeng aktris cantik bernama Sara Paxton, Emma Roberts, dan Jojo.

Berdurasi 110 menit, film ini dikemas dengan alur yang seru tentang kehidupan putri duyung  dengan manusia. Di dalamnya bercerita tentang dua gadis cantik yaitu Claire dan Hailey yang menemukan putri duyung ketika badai terjadi.

Putri duyung tersebut bernama Aquamarine yang ingin mendapatkan hati seorang pria tampan. Tak hanya itu, ia juga ingin membuktikan pada sang ayah bahwa cinta sejati itu benar-benar ada.

7. A Mermaid’s Tale

A Mermaid’s Tale

A Mermaid’s Tale (2017) adalah film petualangan keluarga yang disutradarai oleh Dustin Rikert. Alur ceritanya bakalan digarap oleh Fred Hogge dan Rafael Jordan. Sementara untuk deretan pemeran utamanya, film ini dibintangi oleh Caitlin Carmichael, Sydney Scotia dan Jerry O'Connell.

Film ini menceritakan bagaimana persahabatan manusia dan putri duyung bisa terjalin. Ryan adalah seorang remaja berusia 12 tahun yang dikenal cukup pendiam dan tidak terlalu banyak bergaul dengan orang lain.

Suatu hari ia tidak sengaja bertemu dengan sosok putri duyung muda bernama Coral. Pada awalnya Ryan tidak percaya kalau putri duyung itu nyata. Pertemanan Ryan dan Coral juga tidak hanya membuatnya lebih percaya diri, juga bisa menyelesaikan masalah di masa lalu.

8. Pirates of The Caribbean: On Stranger Tides

Pirates of The Caribbean On Stranger Tides

Film tentang putri duyung yang terakhir ini merupakan bagian keempat dari seri Pirates of The Caribbean. Film ini disutradarai oleh Rob Marshall yang menceritakan petualangan bajak laut. Namun sedikit berbeda dari bagian film sebelumnya, bagian keempat yang berdurasi 137 menit ini juga menyisipkan cerita putri duyung pada alurnya.

Dikisahkan Kapten Jack Sparrow bergabung dengan Angelica untuk melancarkan misinya yaitu berburu air mancur awet muda. Ditengah misinya tersebut, muncul sebuah  kisah cinta antara seorang bajak laut tampan dengan seekor putri duyung bernama Syrena yang berhasil menyelamatkan hidupnya.

9. Mr. Peabody and the Mermaid

Mr. Peabody and the Mermaid

Walaupun judulnya sama-sama Mr. Peabody, tapi film yang satu ini berbeda dan tidak ada hubungannya dengan film animasi berjudul Mr. Peabody & Sherman yang rilis pada tahun 2014. Mr. Peabody and the Mermaid ini adalah film klasik yang masih mengusung format hitam-putih dan dirilis pada tahun 1948.

Hampir sama seperti film Miranda, film ini juga bercerita tentang seorang pria beristri bernama Mr. Peabody (William Powell) yang akhirnya jatuh cinta pada putri duyung. Pria paruh baya tersebut bertemu dengan putri duyung itu pada saat dirinya sedang berlibur ke Karibia bersama istrinya.

Romansa antara Mr. Peabody dan si putri duyung cantik yang diperankan oleh aktris Ann Blyth ini begitu bikin greget. Pasalnya, Mr. Peabody adalah pria beristri dan berani berselingkuh dengan putri duyung saat sedang berlibur dengan sang istri.

10. The Mermaid

The Mermaid

Film tentang putri duyung yang pertama ada “The Mermaid”. Film The Mermaid merupakan film asal Tiongkok-Hong Kong bergenre romantis, komedi, dan fantasi yang resmi rilis pada tahun 2016. Film ini dibintangi oleh Deng Chao dan Lin Yun serta disutradarai oleh Stephen Chow.

Di dalamnya mengisahkan seorang pria playboy (Deng Chao) yang merupakan pengusaha. Bentuk usaha yang dijalankannya menimbulkan kerusakan ekosistem laut sehingga merusak habitat dari putri duyung. Ia jatuh cinta pada putri duyung (Lin Yun) yang sebenarnya memiliki tugas untuk membunuhnya karena ulahnya sendiri.

Dalam film ini kamu akan dibuat tertawa akan humor-humor yang disajikan oleh para pemain. Selain itu, kumpulan misteri dan misi yang dibawa oleh Lin Yun yang menyamar sebagai manusia juga sangat seru untuk dikupas tuntas dalam film The Mermaid ini.

11. Barbie in a Mermaid Tale

Barbie in a Mermaid Tale

Sebagai seorang gadis remaja yang tinggal di tepi Pantai Malibu, Merliah memiliki hobi berselancar (surfing). Kenampuannya berselancar begitu mengagumkan. Namun suatu hari Merliah mengalami keajaiban. Gadis ini bisa bernapas di dalam air dan berbicara dengan hewan-hewan di dalam laut.

Usut punya usut, Merliah adalah keturunan putri duyung. Ayahnya menikah dengan seorang putri duyung bernama Calissa dan lahirlah Merliah. Akan tetapi, Merliah tidak tinggal bersama Calissa di kerajaan bawah laut, ia tinggal bersama kakeknya dan tidak mengetahui rahasia jati dirinya ini.

Suatu saat Merliah harus menerima kenyataan bahwa dirinya adalah putri duyung. Ia harus bergegas menyelamatkan sang ibu dari adiknya, Eris, yang ingin menggulingkan tahta Calissa sebagai ratu di Oceania.

12. Mermaid Down

Mermaid Down

Pernah nonton film tentang putri duyung dengan sentuhan genre horor dan misteri? “Mermaid Down” adalah film putri duyung yang memasukkan dua genre tersebut. Meskipun tak ada jumpscare atau teror hantu berwajah seram, tapi tetap saja cerita di film ini begitu kelam dan mencekam.

Cerita dibuka dengan dua orang nelayan yang percaya bahwa menangkap putri bisa mendatangkan kekayaan. Dengan kesabaran, mereka menunggu kemunculan putri duyung. Benar saja, tak lama mereka melihat sosok makhluk bertubuh manusia dengan ekor layaknya putri duyung yang diceritakan dalam dongeng.

Tak butuh waktu lama, mereka menangkap makhluk itu. Untuk membuktikan bahwa makhluk itu benar-benar putri duyung, dua nelayan itu memotong ekornya. Si putri duyung merasa kesakitan.

Di samping itu, ada seorang dokter yang menyaksikan kejadian itu. Sang dokter langsung membawa makhluk yang diduga putri duyung itu ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

13. The Mermaid: Lake of Dead

The Mermaid: Lake of Dead

Beralih ke film bergenre horor, The Mermaid: Lake of Dead (2019) mungkin bisa menjadi salah satu film mengenai putri duyung yang bisa kamu tonton. Digarap oleh Svyatoslav Podgaevskiy dan Christopher Bevins, film ini mengisahkan kutukan putri duyung untuk para pria.

Film ini dibintangi oleh Viktoriya Agalakova, Efim Petrunin, Sofya Shidlovskaya dan Nikita Elenev sebagai pemeran utamanya. Adapun kisahnya berawal ketika seorang bidadari melakukan sebuah dosa. Sang bidadari jatuh cinta kepada seorang pria yang sudah bertunangan dengan gadis lain.

Karena perbuatan buruknya, sang bidadari di kutuk untuk mendiami lautan dan berubah menjadi sosok putri duyung. Hidup abadi dalam kesendirian, sang putri duyung terus saja menggoda para pria yang melintasi lautan.

14. The Lure

The Lure

Masih bergenre horor dan fantasi, The Lure (2015) juga bisa kamu tonton di waktu luang. Film mengenai putri duyung ini bakalan disutradarai oleh Agnieszka Smoczynska, sementara ceritanya digarap oleh Robert Bolesto. Deretan aktor Polandia, seperti Marta Mazurek, Michalina Olszanska, Kinga Preis dan Andrzej Konopka didapuk sebagai pemeran utamanya.

Semuanya berawal di sebuah kawasan bernama Warsaw, ada dua putri duyung bersaudara yang hidup berdampingan dengan manusia. Suatu saat salah satu putri duyung jatuh cinta kepada seorang pria.

Di sisi lain sang kakak justru hanya ingin menjadikan manusia sebagai mangsa. Memiliki jalan hidup yang berbeda, bagaimana cara kedua kakak dan adik ini menyelesaikan masalah mereka?

15. Killer Mermaid

Killer Mermaid

Film mengenai putri duyung lainnya yang bisa kamu tonton adalah Killer Mermaid (2014). Film bergenre horor dan fantasi ini digarap oleh sutradara Milan Todorovic.

Sementara untuk alur ceritanya diadaptasi dari kisah yang ditulis oleh Marko Backovic. Untuk pemeran utamanya, film ini bakalan dibintangi oleh v Kristina Klebe, Dragan Micanovic dan Natalie Burn.

Dua gadis asal Amerika berpikir untuk pergi berlibur ke Montenegro dan bertemu dengan kawan lama mereka. Sesampainya disana, mereka berpikir untuk pergi ke Mamula, sebuah benteng militer yang terbengkalai di sebuah pulau. Akan tetapi kedua gadis ini tahu bahwa ada sosok makhluk laut yang diam-diam mengawasi mereka.

16. Lady in the Water

Lady in the Water

Sutradara yang kerap kali membuat film psychology-thriller, M. Shyamalan, mencoba membuat film dengan genre drama sekaligus fantasi. Ya, “Lady in the Water” menjadi ajang pembuktian bahwa Shyamalan adalah sutradara serba bisa yang tidak hanya berfokus pada satu genre film.

Cerita film ini bermula dari Cleveland Heep (Paul Giamatti), seorang manajer apartment, yang melihat seorang perempuan berenang di kolam renang apartment pada malam hari.

Cleveland sempat terpeleset hingga kepalanya terbentur lantai dan dirinya jatuh pingsan ke dalam kolam. Perempuan yang dilihatnya tadi menolongnya dan mengatakan bahwa namanya adalah Story (Bryce Dallas Howard).

Story mengatakan bahwa dirinya adalah putri duyung, makhluk yang biasa diceritakan dalam dongeng. Story bercerita dirinya dikejar oleh Strunt dan dirinya harus kembali ke Dunia Biru. Cleveland dan penghuni apartment lainnya memutuskan untuk membantu dan melindungi Story.

17. Mermaid's Song

Mermaid's Song

Film Mermaid Song menjadi salah satu film horror yang wajib kamu tonton. Bukan tentang hantu, melainkan tentang putri duyung! Film karya sutradara Hans Christian Andersen ini berlatar tahun 1930-an, ketika dunia dilanda depresi ekonomi berat.

Film ini berfokus pada Charlotte yang berusaha menjaga bisnis keluarganya agar tetap stabil. Kemudian seorang gangster bernama Randall berusaha memberikan tawaran untuk melunasi seluruh hutangnya dengan syarat melakukan beberapa perubahan illegal pada bisnisnya.

Akan tetapi, Charlotte yang sebenarnya merupakan putri duyung, mampu mengendalikan manusia hanya dengan suara yang dikeluarkannya.

18. Scales: Mermaid Are Real

Scales Mermaid Are Real

“Scales: Mermaid Are Real” menjadi salah satu film bertema putri duyung yang wajib kamu tonton. Film yang berasal dari USA ini disutradarai oleh Kevan Peterson dan resmi rilis pada 21 Juli 2017 dengan durasi 1 jam 32 menit. Film ini dibintangi oleh Emmy Perry sebagai Siren, pemeran utamanya.

Di dalamnya menceritakan kisah Siren yang merasa bahwa dirinya merupakan manusia biasa. Namun tepat pada usianya yang menginjak 12 tahun, ia harus menerima kenyataan pahit bahwa dirinya mengalami perubahan menjadi putri duyung. Kehidupannya sebagai manusia harus ditinggalkan, dan mulai pindah ke dalam air.

19. The Little Mermaid

The Little Mermaid

Selanjutnya ada film “The Little Mermaid” yang merupakan film keluaran tahun 2018. Meski berjudul sama dengan film “The Little Mermaid” pada tahun 1989, akan tetapi keduanya memiliki penyajian alur yang berbeda.

Diperankan oleh aktris bernama William Moseley dan Poppy Drayton, film ini mengisahkan perjalanan seorang putri duyung bernama Elizabeth. Elizabeth merupakan putri duyung yang ingin dibebaskan dari sirkus yang memperbudak dirinya. Ia meminta bantuan kepada manusia bernama Cam Harrison yang merupakan seorang reporter.

20. Fishtales

Fishtales

Fishtales merupakan film asal Inggris yang disutradarai oleh Alki David dan Michael Greenspan. Film yang rilis pada Agustus 2007 ini dibintangi oleh Billy Zane dan kelly Brook dan berdurasi 94 menit.

Film ini menceritakan seorang Profesor bernama Thomas Bradley yang tengah berusaha menyelesaikan penelitiannya. Pada kesempatan terakhir, Thomas pergi ke Pulau Spetses Yunani yang mempertemukannya dengan sosok putri duyung bernama Neried. Neried membantu pekerjaan Thomas dan akhirnya mereka saling jatuh cinta.

Nah itu dia beberapa koleksi film dunia yang menyajikan kisah tentang putri duyung. Pastinya film-film tersebut memiliki alur cerita yang unik, menarik, dan akan membuka imajinasimu terhadap makhluk mitologis  yang hidup di air ini! Maka dari itu, jangan lewatkan film-film tentang putri duyung sebagaimana yang telah kami sajikan di atas, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram