logo web

20 Film Tentang Teknologi yang Terbaik dan Paling Seru

Ditulis oleh Sri Sulistiyani

Teknologi merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia berupa alat untuk mempermudah aktivitas-aktivitas dalam kehidupan. Teknologi juga selalu dikembangkan di setiap masa untuk menciptakan alat-alat yang semakin canggih dan bisa mempermudah berbagai aspek kehidupan.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia teknologi, kamu juga bisa melihat berbagai teknologi-teknologi canggih yang seringkali menjadi ide cerita dalam sebuah film. Berikut beberapa film yang mengangkat tema seputar teknologi yang bisa menjadi rekomendasi tontonan filmmu.

1. Oppenheimer 

Oppenheimer_Poster (Copy)

Film biografi ini menceritakan tentang kisah hidup seorang fisikawan ternama yakni J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy). Semasa hidupnya, Oppenheimer dianggap sebagai penemu paling mutakhir karena mampu membuat teknologi anyar bom atom yang mampu membantu militer saat itu mengalahkan musuh-musuhnya.

Namun Oppenheimer lantas sadar dengan apa yang baru saja ia lakukan. Ia tidak hanya membantu militer negaranya semakin kuat, namun akan ada banyak nyawa tak bersalah ikut tewas karena ciptaannya tersebut. Hal itu membuat psikis Oppenheimer terganggu sangat hebat, dan berpengaruh pada kinerjanya.

2. The Creator 

The Creator_Scene (Copy)

Joshua (John David Washington) merupakan seorang mantan agen pasukan khusus. Ia tengah berduka karena kehilangan istrinya di tengah masa perang antara umat manusia dan kekuatan kecerdasan buatan yang sangat berbahaya. Belum pulih dari masa duka, Joshua direkrut untuk bergabung melawan The Creator.

The Creator sendiri merupakan arsitek A.I. super canggih yang sulit dikalahkan karena ia memiliki kecerdasan sehingga ancaman apapun bisa terdeteksi jauh sebelum dirinya dalam bahaya. The Creator sangat cepat mengembangkan senjata canggih untuk mereset semua hal, mulai dari perang hingga peradaban manusia.

3. The Wandering Earth II

The Wandering Earth II_Poster (Copy)

Manusia tengah berusaha untuk mengeluarkan bumi dari orbit, hal ini dikarenakan akan adanya ancaman pembengkakan ukuran matahari yang mengancam peradaban manusia. Mesin-mesin roket pendorong pun diciptakan untuk mewujudkan hal itu terjadi. Di tengah ancaman tersebut, muncul kembali ancaman lainnya.

Sebuah organisasi bernama Digital Life Project (DLP), ingin membuat manusia menjadi abadi lewat proyek digitalisasi. Proyek yang belum jelas arahnya itu otomatis membuat pemerintah menolak mentah-mentah rencana DLP. Tidak puas dengan keputusan tersebut, pihak swasta dan pemerintah pun akhirnya saling ribut.

4. The Artifice Girl 

The Artifice Girl_Poster (Copy)

Gareth (Lance Henriksen) merupakan seorang programer komputer. Ia dan timnya berhasil menciptakan teknologi revolusioner, yakni kecerdasan buatan untuk menjebak dan menangkap pelaku pencabulan anak secara online. Kecerdasan buatan itu digambarkan sebagai gadis muda yang menarik.

Namun apa yang diproyeksikan, malah berbuntut panjang. Pihak berwenang yang diwakili oleh Agen Dena (Sinda Nichols) dan Agen Amos (David Girard) menyadari bahwa Gareth bukan ingin menangkap pelaku pedofil, ia adalah pelaku kekerasan. Ditambah program A.I. berkembang melampaui tujuan awalnya.

5. M3GAN 

M3GAN_Poster (Copy)

Gemma (Allison Williams) merupakan seorang pengembang di sebuah perusahaan mainan ternama. Saat hendak meluncurkan produk baru, Gemma yang tengah menciptakan sebuah boneka dengan kecerdasan buatan berhasil mendapat perhatian dari para investor. Gemma pun segera menyelesaikan boneka A.I. tersebut.

Sayangnya boneka A.I. yang diberi nama MEGAN itu malah berfungsi di luar kendali. Kecerdasannya menyerap banyak informasi dari manapun sehingga MEGAN punya kendali atas dirinya sendiri. Keponakan Gemma, Cady (Violet McGraw) yang senang dengan MEGAN pun kini menjadi dalam bahaya serius.

6. 65 

65_Poster (Copy)

Mills (Adam Driver) dipercaya untuk menerbangakan pesawat ulang-alik yang membawa koloni untuk menghuni planet baru. Namun di tengah perjalanan, pesawatnya dihajar meteor sehingga ia harus mendarat darurat di sebuah planet misterius, yang akhirnya diketahui sebagai planet bumi 65 juta tahun yang lalu.

Mills berusaha untuk mencari jalan keluar dari planet itu untuk kembali ke planetnya sendiri, bersama seorang anak perempuan bernama Koa (Ariana Greenblatt) yang tidak mengerti bahasa Mills. Meski banyak keterbatasan, mereka berjuang untuk naik pesawat darurat sebelum para dinosaurus menerkam mereka.

7. Finch 

Finch_Poster (Copy)

Bumi sudah sangat rusak akibat bencana suar matahari. Semua orang akhirnya memilih jalan masing-masing untuk bertahan hidup. Tak terkecuali, Finch (Tom Hanks). Ia merupakan seorang insinyur robotika yang tinggal di bawah tanah bersama anjingnya dan sebuah robot pembantu. Sayangnya, dia sedang sakit parah.

Mengetahui ia tidak dapat disembuhkan, ia mengajari sang robot pembantu, Jeff (Caleb Landry Jones) untuk bisa dan mampu merawat anjingnya kelak saat ia meninggal. Sementara itu, perjuangan mereka untuk pergi menjauh dari badai masih panjang, berikut harus menghadapi ancaman dari manusia jahat lainnya.

8. The Adam Projects

The Adam Project_Poster (Copy)

Adam Reed (Ryan Reynolds) merupakan seorang pilot pesawat tempur, ia beruntung masih bisa bertahan dimana seluruh dunia ada dalam keadaan distopia pada tahun 2050. Adam yang kehilangan istrinya di tahun 2018 silam, sangat rindu pada wanita yang ia cintai tersebut. Maka dari itu ia mencuri jet tempur untuk kembali ke masa lalu.

Apa yang diinginkan Adam tidak terwujud, pesawatnya terlontar ke tahun 2022 bukan ke tahun 2018. Hal ini membuat Adam bertemu dengan versi dirinya yang lain, yang lebih muda. Bersama-sama, mereka pun menghadapi serangan dari pemimpin distopia, Maya Sorian (Catherine Keener), untuk mengubah keadaan.

9. Steve Jobs 

Steve Jobs_Poster (Copy)

Siapa yang tak kenal Steve Jobs? Mahakarya yang ia buat berhasil eksis meski dirinya sudah tiada. Untuk mengenang Steve, sutradara Danny Boyle pun merangkum kehidupan Steve selama 14 tahun sebelum & sesudah produk Apple booming.

Dikisahkan, Steve Jobs (Michael Fassbender) hendak meluncurkan produk baru. Produk tersebut adalah Macintosh keluaran pertama yang rilis di tahun 1984. Namun berdampingan dengan masa peluncuran, Steve harus harus berurusan dengan masalah pribadi yang membuat ia terdistraksi, namun Steve tidak menyerah, ia kembali mencoba merakit model komputer baru lainnya.

10. Ready Player One

Real Player One_Poster (Copy)

Wade Watts (Tye Sheridan) merupakan seorang gamer yang hidup di tahun 2045. Ia dan keempat temannya yang lain kerap bergabung dalam sebuah dunia virtual bernama OASIS. Mereka memiliki nama grup High-5. Satu waktu, kabar duka tersiar. Pemilik dunia virtual OASIS telah meninggal dan menyimpan warisan besar.

Warisan itu diberi nama Telur Paskah. Siapapun yang berhasil mendapatkan telur paskah itu, ia akan menjadi pemilik dunia virtual OASIS selanjutnya. Akhirnya High-5 sepakat untuk bersaing dalam tantangan tersebut dan mengalahkan perusahaan IOI yang sangat ingin menguasai OASIS. Mampukah High-5 berhasil?

11. Eagle Eye

Eagle Eye

Pernahkan kamu terpikir mengenai sebuah teknologi yang bisa melacak keseharian semua orang di seluruh dunia? Inilah yang terjadi pada film Eagle Eye. Dalam film tersebut, dikisahkan dua orang asing bernama Jerry dan Rachel tiba-tiba dipertemukan oleh sebuah panggilan telepon misterius dari seorang wanita yang tidak mereka kenal.

Sosok yang menelepon mereka tersebut ternyata adalah Eagle Eye, sebuah program komputer cerdas yang digunakan oleh Badan Intelijen Amerika. Perangkat tersebut diaplikasikan pada telepon seluler hingga pesawat drone sehingga bisa melacak dan mengintai orang-orang di berbagai tempat untuk mengendalikan umat manusia.

12. Tron

Tron

Tron merupakan film yang bercerita tentang software engineer dan computer hacker yang terjebak dalam program yang mereka buat sendiri sehingga mereka tidak bisa kembali ke dunia nyata. Kisah dimulai ketika Sam terobsesi mencari ayahnya yang hilang misterius dua puluh tahun lalu hingga ia mendapat sinyal aneh dari video game yang dulu dibuat ayahnya.

Sinyal tersebut membuat Sam tersedot ke dunia virtual dalam game dan bertemu sang ayah yang sudah terjebak di sana. Sam kemudian harus mengikuti permainan game tersebut untuk bisa membuatnya kembali ke dunia nyata. Dalam film ini, kamu bisa melihat bagaimana teknologi virtual reality atau VR yang saat ini sedang banyak diminati.

13. Her

Her

Saat ini kamu mungkin tidak asing dengan teknologi yang bisa membuatmu bertemu orang-orang baru atau bahkan jodoh seperti aplikasi Tinder. Namun teknologi tersebut masih kalah canggih jika dibandingkan dengan teknologi yang ada di film Her. Dalam film ini, diceritakan seorang penulis duda bernama Theodore yang jatuh cinta terhadap sebuah artificial intelligence.

Theodore yang kesepian membeli sebuah operating system dan jatuh cinta pada suara dari artificial intelligence tersebut yang bernama Samantha. Dalam film ini, kamu akan melihat bagaimana ketergantungan manusia terhadap teknologi bahkan hingga mengalahkan hubungan sosial antara sesama manusia itu sendiri.

14. Minority Report

Minority Report

Teknologi tampilan antarmuka atau user interface yang sering kamu lihat di smartphone saat ini bisa jadi terinspirasi pada teknologi yang diceritakan dalam film Minority Report. Film ini menceritakan mengenai PreCrime, sebuah organisasi yang bertugas untuk mencegah terjadinya peristiwa kejahatan sebelum peristiwa itu terjadi.

Dengan teknologi canggih yang dimiliki organisasi ini, mereka bisa memprediksi ketika ada orang yang akan melakukan kejahatan sehingga mereka akan menangkapnya sebelum orang tersebut melakukan aksinya, termasuk aksi-aksi kejahatan yang tidak direncanakan. Dalam film ini, kamu bisa melihat teknologi layar sentuh serta pendeteksi wajah dan suara.

15. The Matrix

The Matrix

The Matrix merupakan salah satu film dengan tema teknologi yang sangat terkenal di era 90-an. Film ini menceritakan tentang seorang programmer komputer yang hidup dengan dua identitas. Identitas aslinya adalah Thomas Anderson. Ia juga memiliki identitas sebagai hacker benrama Neo, dimana ia berulang kali mendapatkan pesan berulang yang disebut The Matrix.

Neo menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan pesan-pesan tersebut. Bersama Morpheus, Neo mencoba untuk meng-hack The Matrix tersebut dan berusaha untuk menghentikan perbudakan manusia yang dilakukan oleh mesin. Neo kemudian bergabung dengan sebuah kelompok pemberontak untuk mengalahkan teknologi tersebut.

16. A. I. Artificial Intelligence

A. I. Artificial Intelligence

Film A. I. Artificial Intelligence atau yang juga dikenal dengan judul A. I. merupakan film tentang teknologi kecerdasan buatan pada robot yang bisa melayani keinginan manusia. Film ini mengambil setting waktu di akhir abad 22 di mana saat itu pemanasan global telah membuat populasi dunia berkurang sehingga robot menjadi pilihan sumber daya yang praktis dan efisien.

Sebuah robot jenis baru yang dinamakan mecha kemudian menjadi robot humanoid yang mampu berpikir dan juga memiliki perasaan. David, salah satu robot mecha yang mirip anak manusia kemudian dibawa pulang oleh pasangan Henry dan Monica Swinton untuk menjadi pengganti anak mereka, di mana robot David sangatlah menunjukkan sisi manusiawinya.

17. Surrogates

Surrogates

Surrogates merupakan film dengan latar masa depan di mana sistem Android bernama Surrogates digunakan secara luas dalam kehidupan manusia untuk membuat mereka bisa tetap aman berada di rumah. Dengan teknologi ini, orang-orang melakukan aktivitas mereka di luar rumah menggunakan robot Surrogates yang mereka kendalikan dari dalam rumah.

Sistem Surrogates ini digunakan dengan tujuan untuk membuat orang-orang tetap aman berada di dalam rumah ketika tingkat kejahatan di jalanan sudah semakin meninggi. Namun suatu hari seorang agen FBI bernama Greer menerima laporan mengenai pembunuhan sebuah Surrogates yang ternyata juga mengincar untuk membunuh semua Surrogates dengan sebuah virus.

8. Transcendence

Transcendence

Transcendence menceritakan tentang Dr.Will Caster yang terobsesi membuat teknologi komputer canggih. Ia dibantu oleh Evelyn, ilmuwan sekaligus istrinya. Ketika mempresentasikan temuannya, Will tertembak dan membuatnya hanya memiliki waktu hidup sebulan lagi. Sang istri kemudian mencoba untuk memindahkan kesadaran Will dalam program komputer tersebut.

Sebuah algoritma komputer kemudian tercipta dengan kemampuan sesuai dengan kejeniusan manusia. Namun hal ini kemudian menjadi sebuah malapetaka ketika program komputer tersebut bisa mengacaukan dunia melalui pikirannya dalam sebuah komputer.

19. Total Recall

Total Recall

Film Total Recall yang diproduksi tahun 2012 merupakan sebuah remake dari film berjudul sama yang pernah dirilis tahun 1990. Dalam film Total Recall kali ini, kamu akan melihat kehidupan manusia di masa depan ketika Bumi sudah hancur namun manusia masih bisa bertahan dengan kecanggihan teknologi di masa depan tersebut.

Dalam film ini, kamu akan melihat teknologi-teknologi canggih seperti chip yang tertanam di lengan seorang pria bernama Douglas Quaid yang digunakan untuk berkomunikasi atau teknologi untuk melakukan panggilan video hanya dengan menempelkan telapak tangan di kaca mobil hingga mobil yang bisa melayang di udara.

20. A Space Odyssey

A Space Odyssey

Film A Space Odyssey merupakan film klasik yang diproduksi tahun 1968, namun film ini banyak menceritakan mengenai teknologi-teknologi canggih di masa kini hingga masa depan, misalnya saja teknologi komputer tablet, teknologi video call, dan artificial intelligence atau A. I. layaknya yang digunakan pada Siri.

Garis besar film tanpa plot ini menceritakan mengenai tema-tema besar yang menjadi asal mula kehidupan manusia di luar Bumi. Bahkan dalam film A Space Odyssey juga diceritakan tentang bagaimana penggunaan teknologi artificial intelligence yang tidak dapat terkendali dan justru menghancurkan kehidupan manusia.

Dari film-film tadi, kita bisa melihat bagaimana kecanggihan teknologi bisa memudahkan aktivitas manusia namun juga bisa berdampak buruk jika tidak digunakan dengan bijak. Dari semua film tadi, manakah yang menjadi favoritmu dan membuatmu takjub dengan kecanggihan teknologi yang ditampilkan? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram