logo web

20 Film Thriller Korea Terbaik yang Wajib Banget Ditonton

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Bukan rahasia umum lagi kalau Korea saat ini juga merupakan salah satu negara dengan produk-produk entertainment yang berkualitas. Jika kamu memang senang menonton film thriller, mystery, serta suspense adalah kata kunci favoritmu saat menonton, kali ini kamu harus menyimak baik-baik ulasan Showpoiler.com.

Jangan remehkan film-film  thriller-nya negeri Ginseng ini, ya, karena ada beberapa film yang bahkan diikutsertakan dalam event bergengsi di tingkat internasional. Penasaran? Berikut adalah rekomendasi film thriller Korea terbaik yang Showpoiler rangkum untukmu. Let’s check these out!

1. Parasite

Parasite film THRILLER TERBAIK Korea Selatan

Siapa yang tidak kenal dengan film Parasite? Film thriller Korea ini berhasil membawa pulang Piala Oscar, menjuarai kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang Golden Globe dan menjadi salah satu film thriller wajib tonton yang tayang di tahun 2019.

Parasite mengisahkan tentang satu keluarga kurang mampu yang menipu keluarga kaya agar dapat memperoleh penghasilan dan bertahan hidup. Segala cara mereka lakukan demi bisa bekerja di rumah besar milik keluarga kaya itu, termasuk menyingkirkan asisten rumah tangga yang telah dipercaya keluarga tersebut.

Meski masuk dalam kategori film thriller, Parasite tidak hanya menyuguhkan ketegangan semata. Kekonyolan para tokohnya bisa membuat penonton terbahak-bahak. Namun, tawa gelinya tak akan berlangsung lama kala ending dari film yang disutradarai Bong Joon-ho (Okja) ini terkuak.

2. Unlocked

film korea psikopat_ Unlocked_

Seorang gadis bernama Lee Na Mi (Chun Woo Hee) merupakan seorang marketing di sebuah produk kecantikan. Begitu selesai bekerja, ia bersama teman-temannya berpesta hingga larut malam. Naas, begitu di dalam bus, ponsel milik Na Mi terjatuh dan diambil oleh seorang psikopat, Oh Jun Yeong (Im Si-Wan).

Jun Yeong ternyata punya perilaku menyimpang, ia suka membunuh siapapun orang yang ponselnya sempat terjatuh. Ia akan mengambil ponsel itu, menduplikasinya dan mengacak-acak hidup korban sebelum akhirnya ia bunuh. Na Mi pun bernasib sama, beruntung ia sadar di saat kritis sehingga ia bisa selamat.

3. The Gangster, The Cop, The Devil

the-gangster-the-cop-the-devil-5_

Di kota Cheonan, ada kelompok geng terkenal yang ditakuti, geng tersebut dipimpin oleh seorang pria bernama Jang Dong Soo (Ma Dong Seok). Satu waktu, dewi fortuna sedang tidak berpihak padanya sehingga tanpa persiapan, kelompok geng Dong Soo diserang oleh sang pembunuh berantai Kyung Ho (Kim Sung Kyu). 

Meskipun demikian, Dong Soo menjadi satu-satunya yang selamat dari serangan sang pembunuh keji tersebut. Rasa dendam pun muncul untuk dibalaskan pada Kyung Ho. Meski dirinya tidak suka berurusan dengan hukum, ia pun bekerjasama dengan seorang detektif, Jung Tae Sook (Kim Moo Yul) untuk menangkap pelaku.

4. Memories of Murder

Memories of Murder (2003) (Copy)

Film Memories of Murder bisa jadi pilihan yang tepat bila kamu ingin menonton film thriller Korea yang diangkat dari kisah nyata. Film garapan Bong Joon-ho ini mengangkat kasus pembunuhan yang pernah terjadi di Korea Selatan pada tahun 1986. Kasus ini ditangani oleh detektif Park Doo-man (Song Kang-ho).

Detektif Park Doo-man yang tak segan menggunakan kekerasan saat melakukan investigasi, mengalami kendala saat mencari pelaku. Apalagi, teknologi forensik di masa itu belum secanggih sekarang. Naas, pembunuhan kedua terjadi dan banyak orang yang dibuat gempar karenanya.

Saat itulah seorang detektif dari Seoul bernama Soo Tae-yoon (Kim Sang-kyung) datang untuk membantu proses investigasi. Tae-yoon menggunakan cara yang lebih lebih baik dalam melakukan penyidikan. Ditambah lagi ia punya kemampuan analisis yang baik ketimbang Park Doo-man.

Dengan watak dan teknik penyidikan yang berbeda, kedua detektif inipun bahu membahu untuk menyingkap tabir dari kasus pembunuhan tersebut. Di dunia nyata, kasus pembunuhan ini belum terpecahkan hingga sekarang.

5. I Saw the Devil

I Saw The Devil bercerita tentang seorang pembunuh berantai bernama Jang Kyung-chul (Choi Min-sik) yang membunuh Jang Joo-yun (Oh San-ha) secara sadis. Jang Joo-yun adalah tunangan Kim Soo-hyun (Lee Byung-hun), seorang agen rahasia nasional (semacam FBI-nya Korea). Kim Soo-hyun berjanji untuk menemukan pembunuh kekasihnya dan membalas dendam.

Film ini cukup brutal, sadis, dan termasuk ke dalam kategori disturbing karena adegan-adegan kekerasannya: pukulan, bacokan, hingga mutilasi. Meski tergolong film gore, kesadisan I Saw The Devil cukup memukau karena ditampilkan dengan artistik dan stylish, dan sukses membuat film ini berbeda dari film ala kadar.

6. Midnight

Midnight_Poster (Copy)

Kyung Mi (Jin Ki Joo) merupakan seorang gadis tuli. Untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, ia bekerja sebagai salah satu konselor bahasa isyarat di divisi pusat panggilan sebuah perusahaan. Pada satu hari sepulang kerja, ia tidak sengaja menyaksikan aksi penusukan terhadap So Jung Eun (Kim Hye Yoon).

Karena menjadi saksi, Kyung Mi kini menjadi target baru sang pembunuh berantai yang dikenal dengan Jekyll and Hyde alias Do Sik (Wi Ha Joon). Kyung Mi mati-matian berusaha untuk tidak tewas di tangan Do Sik, ia dibantu oleh Kakaknya Jong Tak (Park Hoon) dan Ibunya (Gil Hae-yeon) untuk melindungi Kyung Mi.

7. The 8th Night

The-8th-Night film (Copy)

Dahulu kala, Buddha mengalahkan iblis dengan mengambil salah satu matanya. Dua mata iblis itu memiliki dua warna yakni hitam dan merah yang masing-masing melambangkan kegelisahan dan penderitaan hebat. Ini mengapa Buddha mengambil salah satu matanya dan menguncinya di peti mati yang tersebar di banyak tempat.

Setiap bulan merah, mata tersebut mencoba mencari cara untuk bersatu kembali dan membangkitkan sang iblis. Mengetahui sejarah mengerikan itu, beberapa orang jadi terlibat untuk membantu supaya mata iblis tidak bisa saling bertemu. Beberapa di antara mereka, ada mantan pengusir setan hingga biksu dan detektif.

8. The Chaser

The Chaser merupakan film thriller Korea lainnya yang patut diperhitungkan. Dirilis pada tahun 2008, The Chaser juga menyabet banyak penghargaan. Sebut saja 4th Baeksang Arts Awards, 6th Chunsa Film Art Awards, dan segudang penghargaan lain.

Film ini menceritakan tentang seorang eks polisi yang dipecat dan kemudian beralih haluan karir dengan menjadi germo bernama Joong-ho (Kim Yoon-seok). Joong-ho mengalami masalah karena satu demi satu PSK yang ia pekerjakan hilang.

Joong-ho kemudian mengirim Mi-jin (Seo Young-hee), salah satu PSK-nya, untuk melayani seorang pelanggan yang ia curigai sebagai dalang dari menghilangnya gadis-gadis di tempatnya.

Jika memecahkan misteri merupakan hal yang membuatmu menyenangi sebuah film, maka film ini adalah film yang tepat buatmu. Seperti judulnya, The Chaser merupakan “pengejaran” yang seru antara Joong-ho dan sang pelaku. Dapatkah Joong-ho menangkap pelakunya?

9. Door Lock

Door Lock_Poster (Copy)
Tahun Rilis 2018
Genre
Sutradara
Pemeran Gong Hyo Jin
Review Baca di sini

Kyung Min (Kong Hyo Jin) merupakan seorang wanita yang bekerja di salah satu bank sebagai customer service. Ia tinggal seorang diri di sebuah apartemen. Mengetahui bahwa tinggal sendiri itu berbahaya apalagi ia perempuan, Kyung Min pun suka mendekor kamar selayaknya ada pria yang tinggal bersamanya.

Namun entah sudah berapa pagi, Kyung Min selalu bangun dengan keadaan aneh. Ia seperti habis mabuk hebat semalam dan pusing setengah mati. Ia juga sadar bahwa ada yang salah dari kunci kode rumahnya, puncaknya ketika ada seseorang yang menggedor kediaman Kyung Min menaruh dirinya dalam sebuah bahaya.

10. The Wailing

Sutradara Na Hong-jin menggarap film thriller Korea yang cukup seru untuk ditonton, yaitu The Wailing. Film ini mengisahkan tentang sebuah wabah misterius yang menimpa desa Gokseung.

Wabah tersebut membuat warganya terinfeksi dan membunuh anggota keluarganya sendiri. Santer beredar kabar kalau orang asing asal Jepang (Kunimura Jun) yang datang ke desa tersebut, telah menyebabkan wabah itu terjadi.

Akhirnya polisi melakukan investigasi atas kasus misterius ini dan hendak menginspeksi orang asing asal Jepang yang menetap di gunung itu. Akankah misterinya berhasil terpecahkan? Saksikan langsung kisahnya di film The Wailing.

11. Forgotten

Kisah ini menceritakan tentang kakak beradik, Jin-seok dan Yoo-seok. Jin-seok menyaksikan kakaknya diculik. Kemudian kakaknya kembali setelah 19 hari berlalu seperti tidak terjadi apa-apa.

Akhirnya Jin-Seok mulai curiga bahwa kakaknya menyimpan rahasia. Benar saja, ternyata kakak dan keluarganya ini bukanlah keluarga asli Jin-Seok. Merasa terancam, akhirnya Jin-seok pun mencoba untuk melarikan diri dari rumahnya. Sayangnya pelarian itu gagal dan justru mengungkap misteri lain.

Forgotten cukup memukau para penonton dengan misteri tentang “ingatan yang terlupakan” dan kenyataan apa yang sebenarnya terjadi di balik ingatan tersebut. Disuguhi aktor tampan (Ha-Neul Kang dan Mu-Yeol Kim), Forgotten layak menjadi pilihan untuk menemani akhir pekan.

12. Carter

Carter_Poster (Copy)

Selama pandemi mematikan yang disebabkan oleh virus mirip zombie dari Zona Demiliterisasi Korea, seorang pria terbangun di Seoul dengan keadaan amnesia. Ia tidak bisa mengingat apapun tentang dirinya sendiri atau bahkan namanya. Ia bahkan terkejut ketika dirinya menjadi target pengejaran CIA.

Di masa pelariannya itu, ia mendapatkan sebuah pesan yang berisikan bahwa identitas pria itu adalah Carter (Joo Won). Ia diminta untuk segera menyelamatkan putrinya yang terinfeksi, Ha Na (Kim Bo Min). Samar-samar ia pun mulai bisa mengumpulkan ingatannya dan mendapat nama Michael Bane yang ada dalam bahaya.

13. Pandora

Pandora_Poster (Copy)

Gempa besar terjadi sehingga membuat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di sebuah kota jadi bermasalah. Salah satu pembangkit meledak dan melepaskan banyak radiasi. Hal ini membuat pemerintah mengevakuasi besar-besaran warga sekitar PLTN yang terdampak, beberapa adalah keluarga inti dari Jae Hyeok (Kim Nam Gil).

Jae Hyeok sendiri merupakan petugas PLTN yang tidak bisa pergi karena harus stand by di lokasi kejadian untuk menjaga agar pembangkit lainnya tidak meledak. Namun ada harga yang harus dibayar, dimana semua orang bisa melarikan diri, Jae Hyeok bersama rekan-rekan juga para pemadam lainnya harus bertaruh nyawa.

14. Call

The Call Korean_Poster (Copy)

Film thriller Korea Selatan ini bercerita tentang dua orang wanita dari dua waktu berbeda yang terhubung melalui sebuah telepon tua. Mereka adalah Seo Yeon yang hidup di masa kini serta Young Sook yang hidup di tahun 1999. Keduanya berjarak sekitar 20 tahun tapi bisa saling bicara melalui sambungan telepon misterius.

Dari percakapan tersebut diketahui bahwa sesungguh Young Sook sudah meninggal di tahun 1999 tapi Seo Yeon membantunya agar selamat dari kematian. Sebagai balas budi, Young Sook ingin menyelamatkan nyawa ayah Seo Yeon yang saat itu memang sudah meninggal akibat ledakan gas.

Namun, hubungan yang semula berjalan lancar ini mulai bermasalah sampai-sampai mengancam nyawa. Seperti apa kelanjutan ceritanya?

15. Confession of Murder

Bukan thriller namanya jika filmnya tidak memancing tanda tanya dan jika tidak ada bentuk kriminal atau pun misteri yang disajikan. Nah, begitu pula dengan Confession of Murder.

Film keluaran 2012 ini bercerita tentang seorang laki-laki tampan bernama Lee Doo-seok yang mengaku bahwa dia seorang pembunuh. Dia bahkan menulis sebuah buku, I Am the Murderer, dan buku tersebut laku keras.

I Am the Murderer menceritakan tentang pengakuan pembunuhan 10 wanita dari kisaran tahun 1986 hingga 1990. Kasus ini merupakan kasus yang sudah kadaluarsa karena batas waktunya hanya 15 tahun, dan detektif yang menangani kasus ini, detektif Choi, gagal mengejarnya.

Tentu saja pengakuan pembunuh ini amat mengguncang keluarga korban. Keluarga korban bersekongkol merancang rencana balas dendam, dan Lee malah wara-wiri di layar kaca menikmati ketenaran dan keuntungan dari bukunya yang best seller.

Namun, meski Lee bersikeras mengaku bahwa dialah pelaku pembunuhan berantai, detektif Choi menyangkalnya. Jadi, siapakah pelaku pembunuhan yang sesungguhnya?

16. The Tower

The Tower (2012)

Sebuah pesta natal diselenggarakan di sebuah gedung apartemen elit super mewah, Tower Sky. Sang pemilik ingin memukau tamu undangan dengan menyebar salju dari atas helikopter. Sayangnya, ada kecelakaan yang membuat helikopter oleng dan menabrak sisi gedung hingga terbakar memperangkap tamu di atasnya.

Sang manajer umum, Lee Dae Ho (Kim Sang Kyung), akhirnya bertugas memimpin evakuasi yang melibatkan ratusan orang. Sayang tamu undangan yang panik tidak menghiraukan peringatan sehingga banyak yang meninggal terbakar. Sementara itu, anak dari Dae Ho, Ha Na (Jo Min Ah) terjebak di dalam gedung.

17. Cold Eyes

Akting memukau dari aktris cantik Han Hyo-joo tidak hanya bisa kamu saksikan dalam drama romansa seperti W-Two Worlds atau Shining Inheritance. Ya, Hyo-joo juga pernah membintangi film thriller berjudul Cold Eyes.

Di film ini, ia berperan sebagai Han Yoon-joo, wanita yang direkrut jadi anggota dari sebuah tim intelijen kepolisian Korea karena ia memiliki ingatan yang sangat bagus. Tim ini bertugas untuk mengejar perampok profesional yang dikepalai James (Jung Woo-sung).

Selain dengan aktor Jung W00-sung, Han Hyo-joo beradu akting dengan Sol Kyung-gu dan Junho 2PM, lho. Sudah nonton filmnya?

18. Howling

Howling_Poster (Copy)

Seorang detektif, Sang Gil (Song Kang Ho), sedang mengejar masa promosi. Di saat bersamaan, sebuah kasus muncul melibatkan seorang pria yang tewas di dalam mobil. Namun ia tidak mau terlibat lebih jauh, karena ia yakin itu kasus bunuh diri, sehingga kasus dilimpahkan pada detektif Eun Young (Lee Na Young).

Saat detektif Eun Young mulai menginvestigasi kasus lainnya, ia menemukan adanya kaitan para mayat dengan prostitusi anak, narkoba juga anjing serigala yang mematikan. Merasa tertarik dengan temuan Eun Young, Sang Gil pun berniat until kembali melakukan investigasi lebih lanjut guna membantu masa promosi.

19. Recalled

Seo Yea Ji – Kim Soo Jin_

Seorang wanita bernama Soo Jin mengalami kecelakaan hingga membuatnya hilang ingatan. Setelah sekian lama dirawat di rumah sakit, Ji Hoon, sang suami membawanya pulang. Sejak itu, Soo Jin mulai mendapat ‘penglihatan’ mengenai kejadian di masa depan. Hingga suatu hari dia mendapat penglihatan bahwa suaminya membunuh seseorang.

Sebuah kejutan terjadi ketika pria yang selama ini mengaku sebagai suaminya adalah bukan suaminya, melainkan kakak angkatnya. Suami Soo Jin yang asli justru berencana membunuhnya untuk mendapatkan asuransi.

Asuransi tersebut nantinya dipakai untuk membayar sejumlah hutang pada rentenir. Lalu, apakah Soo Jin akan selamat dari upaya pembunuhan yang direncanakan suaminya sendiri?

20. A Company Man

A Company Man_Poster (Copy)

Hyeong Do (So Ji Sub) merupakan seorang pembunuh bayaran untuk sebuah perusahaan besar. Untuk menutupi bisnis utamanya, perusahaan itu mengelabui publik sebagai perusahaan perdagangan logam. Satu hari, perusahaan meminta Hyeong Do untuk membunuh seorang pria. Sebelum dieksekusi, pria itu memohon satu hal.

Ia hendak mengirimkan uang untuk keluarganya. Menuruti permintaan terakhir korbannya, Hyeong Do pun segera mengunjungi kediamannya dan bertemu sang istri, Yoo Mi Yeon (Lee Mi Yeon) guna menyerahkan uang tersebut. Namun Hyeong Do malah menemukan kedamaian di tengah keluarga tersebut.

Nah, film thriller mana, nih, yang akan kalian tonton dari rekomendasi di atas? Semoga rekomendasi film thriller dari Showpoiler kali ini memuaskan, ya. Ada saran mengenai film thriller Korea lainnya? Jika ada, silakan bagikan di kolom komentar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram