logo web

20 Drama Korea Thriller Terbaik, Kamu Berani Nonton Nggak?

Ditulis oleh Gerryaldo

Semakin hari, kualitas produksi drama yang bisa kita nikmati semakin bagus dan semakin banyak pilihannya. Terutama drama Korea yang perkembangannya memang gila-gilaan. Bisa dibilang, kita tidak akan kehabisan drama Korea yang seru buat ditonton. Kita hanya perlu memilih, genre apa yang ingin kita tonton.

Mau komedi? Ada. Mau aksi? Banyak. Mau thriller? Pastinya ada juga. Nah, kalau bahas drama Korea thriller memang punya sensasi tersendiri. Sepanjang nonton drama, seringkali kita dibikin gemas sendiri. Tegangnya ada, takutnya ada, pastinya adegan emosionalnya juga ada. Inilah 20 drama Korea thriller terbaik yang mesti ditonton. Simak daftarnya berikut ini ya!

1. Squid Game

Ikuti Jejak Kesuksesan Squid Game (2021)

Drama arahan sutradara Hwang Dong Hyuk ini menceritakan tentang sekelompok orang yang punya hidup berantakan, khususnya mengenai finansial mereka. Satu waktu, orang-orang tersebut mendapatkan surat undangan misterius yang isinya ajakan untuk bermain sebuah permainan dengan nilai hadiah jutaan won.

Tergiur, mereka pun ikut mendaftar dan mulai mengikuti permainan yang ternyata imbalan penggantinya adalah nyawa mereka. Mereka semua harus bertahan sampai garis akhir tanpa terbunuh dengan permainan-permainan ‘receh’ namun sadis luar biasa. Siapakah yang akan maju dan bertahan sampai finish?

2. Family: The Unbreakable Bond 

Family: The Unbreakable Bond_Poster (Copy)

Kwon Do Hoon (Jang Hyuk) merupakan seorang agen rahasia untuk NIS (National Intelligence Service). Selama bergabung dengan NIS, Kwon Do Hoon dikenal juga sebagai penembak jitu yang tembakannya selalu akurat. Ia menikah dengan seorang gadis yang ia cintai selama hidupnya, yakni Kang Yoo Ra (Jang Na-Ra).

Banyak kasus yang harus Do Hoon pecahkan sehingga ia kudu menyamar menjadi seorang pegawai di sebuah perusahaan. Ini membuat Do Hoon tidak memiliki banyak waktu untuk bersama istrinya. Padahal Yoo-Ra memiliki harapan untuk bisa memiliki keluarga yang bahagia. Akankah mimpi Yoo-Ra bisa terwujud?

3. Taxi Driver 2

Review Taxi Driver Season 2__

Serupa dengan kisah sebelumnya dalam musim pertama Taxi Driver, drama ini masih menceritakan tentang sekelompok orang yang membantu banyak orang lemah serta tertindas yang mencari dan memperjuangkan keadilan yang berhak mereka dapatkan, sehingga mereka bisa meneruskan hidup.

Kelompok ini bekerja di bawah ‘radar’ dan juga bekerja secara baik. Ini membuat musuh mereka susah melacak keberadaan kelompok tersebut. Mereka bekerja dengan kedok para supir di bawah perusahaan taksi Korea Selatan. Banyak orang yang memanggil kelompok ini sebagai layanan balas dendam.

4. Tale of Nine Tailed: 1938 

Tale of Nine Tailed: 1983_Poster (Copy)

Sebuah kejadian tak terduga membuat Lee Yeon (Lee Dong-Wook) kembali ke masa lalu di tahun 1938. Di masa tersebut, Lee bertemu kembali dengan seorang wanita bernama Ryu Hong Joo (Kim So Yeon) yang dulunya adalah seorang penjaga gunung. Saat bertemu dengan Lee Yeon, Hong Joo sudah menjadi pemilik restoran.

Ryu Hong Joo ternyata memiliki musuh besar, yakni Cheon Mu Young (Ryoo Kyung Soo), seorang penjaga gunung bagian Timur. Awalnya mereka berteman, namun sebuah kejadian membuat mereka terpecah. Di tengah pertengkaran tersebut, Lee Yeon berusaha untuk bisa kembali ke masa sekarang.

5. Island 2 

Island 2_Casts (Copy)

Wonjeong merupakan sosok pahlawan besar; karakter tersebut ditakdirkan untuk menjadi penyelamat bangsa di Pulau Jeju dari gangguan iblis jahat. Predikat tersebut dulunya dimiliki oleh Won Mi Ho (Lee Da Hee). Namun rasa putus asa karena harus kehilangan banyak orang yang dekat dengannya membuat kekuatannya melemah.

Satu kali, Won Mi Ho pun berjanji untuk menjadi Wonjeong kembali. Ia segera mencoba untuk mendapatkan kekuatannya lagi. Hal itu disaksikan oleh Van (Kim Nam-Gil) dan Pendeta Johan (Cha Eun-Woo). Sementara Won Mi Ho mulai menguasai energinya, sosok lain mulai mengintai Won Mi Ho untuk dihabisi.

6. Decoy 

Decoy

Go Du Han (Jang Keun Suk) merupakan seorang mantan pengacara dimana ia mampu menyelesaikan banyak kasus besar. Namun menjadi seorang pengacara tidak membuatnya menjadi puas, sehingga kini ia bekerja sebagai seorang detektif. Sama seperti pekerjaan dulunya, Go Du Han gemar membongkar kasus.

Kasus-kasus yang dihadapinya merupakan kasus yang belum terpecahkan dari masa lalu hingga saat ini. Ia dengan rapi mengumpulkan bukti-bukti pendukung untuk menemukan sang pelaku. Dalam setiap perjalanan guna investigasi, ia bertemu dengan Cheon Na Yeon, seorang reporter yang kadang mampu membantunya.

7. The Glory 

The Glory (2023)_

Moon Dang Eun (Song Hye Kyo) merupakan seorang siswi SMA yang memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang arsitek. Naas, selama dalam masa pendidikan di sekolah, Dang Eun mendapatkan perlakuan kasar dari teman-temannya. Ia menjadi bahan rundungan tanpa henti, parahnya tidak ada satu pun guru yang peduli.

Setelah beranjak dewasa, Moon Dang Eun yang sudah bisa melakukan apa saja, mulai merencanakan aksi balas dendamnya. Aksinya tersebut dilakukan Dang Eun dengan sangat terencana. Ia tidak hanya membuat sang perundung menyesal, namun karir, keluarga serta kehidupan pribadinya ia acak-acak sampai hancur.

8. Big Bet Season 2 

Big Bet 2

Drama lanjutan dari Big Bet (2022) ini masih menceritakan tentang kisah dari Cha Moo Sik (Choi Min Sik). Ia merupakan seorang legenda di dunia kasino yang sangat sukses. Sosoknya diceritakan sebagai pria tangguh yang sudah banyak menghadapi banyak rintangan, mulai dari pengkhianatan hingga percobaan pembunuhan.

Dalam musim keduanya, Cha Moo Sik kini kembali harus menghadapi masalah yang sangat besar. Ia dituduh mencuri sejumlah uang hingga membuat nyawa seseorang yang sangat penting hilang. Setelah menerima hukumannya dan dinyatakan tidak bersalah, kini giliran Cha Moo Sik yang mengejar para pelaku sebenarnya.

9. Pandora: Beneath The Paradise 

Pandora: Beneath the Paradise

Hong Tae Ra (Lee Ji Ah) memiliki hidup yang banyak wanita lain inginkan. Ia telah menikah dengan suami yang sangat mencintainya, Pyo Jae Hyun (Lee Sang Yoon) dan memiliki seorang putri cantik. Ia hidup berkecukupan. Bahkan sang suami hendak dicalonkan sebagai Presiden Korea oleh banyak pendukungnya di dunia politik.

Namun Tae Ra punya satu hal yang flaw. Ia tidak memiliki ingatan tentang masa lalunya. Hal itu akhirnya dibantu oleh sang suami yang merupakan seorang pengembang di bidang neurologi. Begitu ia mulai mendapatkan ingatannya kembali, ternyata Tae Ra punya masa lalu yang mengerikan dan bisa menghancurkan keluarganya.

10. Duty After School 

drakor survival_Duty After School_

Seluruh dunia tiba-tiba kedatangan banyak benda asing yang menggantung di langit. Benda asing itu merupakan sebuah bola misterius yang telah lama tak bisa diungkap. 2 tahun kemudian di saat siswa kelas 3 SMA harus fokus pada ujian penerimaan perguruan tinggi, mereka diminta untuk bergabung dengan militer.

Hal ini disebabkan karena kekuatan militer belum cukup untuk menghadapi benda asing yang kini mengeluarkan makhluk aneh super bahaya. Mereka harus berperang melawan makhluk tersebut bersama pasukan lainnya yang dipimpin oleh Lee Choon Ho (Shin Hyun-Soo) dan Sersan Kim Won Bin (Lee Soon-Won).

11. Payback: Money and Power 

Payback: Money and Power

Drama 12 episode ini menceritakan tentang beberapa orang yang menuntut keadilan dan balas dendam terhadap para penguasa ekonomi yang bekerjasama satu dengan yang lain guna melawan hukum. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pekerjaan kotor mereka supaya tidak terendus publik dan pihak berwenang.

Dari banyak penuntut, kita akan dibawa dalam fokus cerita para tokoh, salah satunya adalah Eun Yong (Lee Sun Gyun), seorang pemilik dana ekuitas global swasta. Eun Yong dibuat repot oleh para kartel uang yang menghambat seluruh proses usahanya. Ia pun meminta dan dapat bantuan dari beberapa orang lain. 

12. Woman in A Veil 

Woman in a Veil (2023)_

Jung Gyeol (Shin Go Eun) merupakan seorang wanita berkelas. Ia berasal dari keluarga multi-jutawan yang memiliki segalanya. Namun satu kali, hidupnya jadi berantakan lantaran keluarganya membuat sebuah perjodohan dengan seorang lelaki bernama Nam Yoo Jin (Lee Chae Young), yang ternyata sangat licik.

Nam Yoo Jin dan selingkuhannya ingin menguasai harta warisan keluarga Jung Gyeol. Tak punya hati, mereka membuat Jung Gyeol dalam keadaan kritis. Bahkan wanita malang itu harus kehilangan penglihatannya juga mengalami locked-in-syndrome. Namun itu tidak membuatnya patah semangat untuk mengungkapkan yang sebenarnya.

13. Celebrity

Celebrity (2023)_

Seo A-Ri (Park Gyu-Young) adalah seorang gadis muda yang punya sejuta ide. Hal itu membuat dirinya terjun ke dunia entertainment sebagai seorang influencer. Bisa ditebak, dengan semua yang Seo A-Ri miliki, maka ia dengan mudah mendapatkan popularitasnya lewat di banyak platform media sosial.

Tidak hanya terkenal, ia pun menjadi miliuner dalam sekejap. Banyak pengikutnya yang selalu mengagumi Seo A-Ri, sampai di satu masa, gadis itu harus menghadapi sisi buruk dari seorang selebriti. Masa hidupnya yang damai tiba-tiba jungkir balik secara drastis; namun Seo A-Ri tidak menyerah untuk membalikan lagi nama baiknya.

14. The Village: Achiara's Secret

The Village: Achiara's Secret [2015]

Achiara adalah nama sebuah desa kecil yang tingkat kriminalitasnya juga kecil. Itulah yang diketahui oleh So Yoon yang diperankan Moon Geun Young. Dia pergi ke Achiara untuk mengajar bahasa Inggris di salah satu sekolah. Hari pertama dia tiba di sana, dia sudah merasa aneh karena selalu diikuti oleh satu sosok misterius.

Keanehan itu terus berlanjut ketika hari pertamanya mengajar disambut oleh penemuan sesosok mayat. Kemudian mayat itu dikenali sebagai guru yang sudah lama menghilang. Ada apa dengan desa ini? Akankah kebenaran dan sisi gelap lainnya terungkap? Selama 16 episode, penonton diberikan ketegangan yang cukup intens dengan cerita yang mudah dipahami.

 15. Criminal Minds

Criminal Minds [2017]

Mau lihat bagaimana tim Investigasi Kriminal Korea bekerja (NCI)? Drama ini akan memuaskan kamu. Criminal Minds punya 20 episode yang akan mengajak kamu ikut berpikir dan merasakan ketegangan. Setiap episodenya menampilkan kasus yang berbeda-beda, tapi ada satu kasus utama yang diusut dari awal sampai akhir yaitu memburu seorang psikopat.

Psikopat itu adalah pelaku dari serangkaian peristiwa pembunuhan. Dia sempat menghilang, tapi beraksi kembali. Disela memecahkan kasus-kasus lain, kasus itu terus menghantui NCI. Aksi psikopat itu juga berkaitan ke kehidupan pribadi anggota tim. Bagaimana cara mereka menghadapi psikopat itu? Siapkan camilan sebelum nonton, ya!

16. Stranger From Hell

Stranger From Hell [2019]

Jong Woo yang diperankan Im Si Wan terpaksa harus tinggal di Goshiwon yang sempit dan padat karena keterbatasan dana. Dia harus bersinggungan dengan penghuni lain termasuk Moon Jo yang diperankan Lee Dong Wook. Moon Jo adalah dokter gigi yang ternyata punya sisi kelam. Kamu akan takjub melihat akting Lee Dong Wook di drama ini.

Masalahnya, para penghuni asing itu mengusik ketenangan Jong Woo. Dia merasa banyak hal ganjil seiring dengan pertemuan dia dengan orang-orang asing yang tinggal di sana. Drama sepanjang 10 episode ini menceritakan bagaimana Jong Woo berhadapan dengan para penghuni lain yang aneh dan cenderung mengerikan.

17. Signal

Signal [2016]

Lee Je Hoon dipercaya untuk memerankan karakter Park Hae Young, seorang polisi dengan catatan masa lalu yang kelam. Waktu kecil kakaknya masuk penjara. Setelah bebas, kakaknya bunuh diri dan kasus itu nggak pernah terungkap seutuhnya. Tahun 2015, dia berurusan dengan kasus penculikan anak yang terjadi di tahun 2000 yang hampir kadaluarsa.

Kasus yang cukup membekas karena yang menjadi korban adalah teman sekolahnya. Melalui sebuah walkie talkie tua dia berkomunikasi dengan detektif yang mengaku kalau dia berada di tahun 2000. Keduanya berusaha untuk mengusut kasus itu menembus ruang dan waktu yang berbeda. Ada 16 episode drama yang akan memacu adrenalin kamu.

18. Defendant

Defendant [2017]

Apa yang akan kamu lakukan kalau ketika bangun tidur kamu tiba-tiba ada di dalam penjara? Kamu tidak ingat apapun sebelumnya. Lebih parah lagi, kamu ada di penjara karena dituduh melakukan pembunuhan terhadap istri dan anakmu. Itulah yang dialami oleh Park Jun Woo yang diperankan Jisung.

Jun Woo dikenal berkepribadian baik sebagai ayah, suami, dan seorang jaksa. Namun tiba-tiba hidupnya jadi serba kacau. Dia hilang ingatan dan divonis mati atas kasus pembunuhan istri dan anaknya. Apa yang sebenarnya terjadi? Kengerian itu bukan satu-satunya yang diceritakan drama sepanjang 18 episode ini. Ada kejutan yang tersimpan di setiap episodenya.

19. Mouse

drama mouse (Copy)

Siapa yang menyangka bahwa sosok Lee Seung Gi yang biasanya selalu berperan sebagai protagonis kini menjadi seorang pembunuh berantai? Diawali dengan cerita tertangkapnya Han Seo Jun, yaitu seorang pembunuh dan juga dikenal sebagai psikopat sadis yang telah menelan banyak korban.

Tertangkapnya Han Seo Jun ternyata hanyalah awal mula dari lahirnya seorang psikopat lain. Tahun berganti, waktu berlalu, kasus pembunuhan serupa pun terjadi dengan ciri khas yang sama seperti kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Han Seo Jun. Dan kecurigaan polisi pun mengarah pada Sung Yo Han yang diketahui sebagai anak kandung Han Seo Jun.

Sayangnya, Sung Yo Han yang akhirnya tewas di tangan detektif pun tidak lantas mengakhiri kasus pembunuhan yang masih berlanjut. Adalah Jung Ba Reum (Lee Seung Gi), seorang polisi yang dikenal baik hati dan suka menolong, kemudian menampakkan jati diri aslinya. Bagaimanakah nasib Jung Ba Reum selanjutnya? Apakah ia akan bernasib sama dengan Sung Yo Han?

20. Trap

Trap [2019]

Untuk drama Korea thriller yang ini, Lee Seo Jin yang dipercaya untuk memerankan karakter utama, Woo Hyun. Dia adalah seorang penyiar yang terjun ke dunia politik. Dia dan keluarganya mau liburan ke villa di pinggiran kota, mereka diserang oleh sosok misterius. Woo Hyun jadi satu-satunya yang selamat dan dimintai keterangan oleh polisi.

Detektif Ko mencoba untuk mengusut kasus itu, di sanalah ketegangan dimulai. Drama ini cuma 7 episode, tapi setiap episodenya akan memberikan penonton pengalaman menonton drama Korea thriller yang berbeda. Ini adalah proyek pertama 'dramatic cinema' OCN, televisi yang dikenal sebagai penghasil drama-drama thriller berkualitas.

Itulah 20 drama Korea thriller terbaik yang mesti kamu tonton. Ada drama favorit kamu nggak? Kalau ada, kamu bisa kasih pendapat kamu di kolom komentar, teman-teman. Kalau belum ada, kamu juga bisa menambahkan drama Korea thriller favorit kamu di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram