logo web

10 Film Vampire Terbaru yang Wajib untuk Ditonton

Ditulis oleh Gerryaldo

Legenda vampire berasal dari daratan Eropa dengan sejarah panjang yang berpangkal sejak era Yunani Kuno. Tetapi, terminologi kata “vampire” sendiri pertama kali muncul di dalam Oxford English Dictionary yang diterbitkan di tahun 1734. Sejak itu, vampire semakin sering diungkit dalam berbagai literatur pada awalnya, hingga merambah ke dunia film.

Berikut ini kami pilihkan deretan film terbaru yang memunculkan sosok vampire dalam berbagai bentuk dan rupa disesuaikan dengan kebutuhan cerita. Ada yang bersumber dari novel klasik yang sangat dekat dengan sosok Count Dracula, dan ada juga yang kekinian disesuaikan dengan zaman yang sudah semakin maju. Mari kita simak bersama!

Jika selama ini kita ketemu vampir dalam film berwujud orang dewasa nan membahayakan, kini kita disuguhkan dengan konsep baru. Tampilan dari vampir tersebut adalah anak perempuan lucu. Namun jangan coba-coba berurusan dengannya, karena ia sangat mematikan. Kalian bisa menemukan vampir tersebut dalam film Abigail.

Mengadaptasi dari film Dracula's Daughter (1936), film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Abigail (Alisha Weir). Ia merupakan anak dari sebuah keluarga kaya raya. Setelah ia menyelesaikan latihan baletnya, Abigail diculik oleh beberapa pelaku dan meminta tebusan sebesar $ 50 juta.

Sebelum tebusan tersebut dipenuhi, Abigail dijaga oleh para pelaku penculikan. Naas, mereka tidak mengetahui bahwa sebenarnya Abigail bukanlah seorang anak perempuan polos biasa. Abigail adalah vampir dengan kekuatan mematikan. Kini para penculik itu lah yang diburu Abigail. Bagaimanakah mereka akan selamat dari kejaran anak perempuan itu?

2. Sunrise

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Alex Pettyfer Guy Pearce William Gao Crystal Yu
Selengkapnya →

Awal tahun 2024 para penggemar film sudah disuguhkan dengan hadirnya sosok vampir ganas dalam film Sunrise. Film asal Amerika dan Inggris ini diproduksi oleh Grindstone Entertainment Group dengan Andrew Baird yang bertanggung jawab sebagai sutradara. Film ini dibintangi oleh Alex Pettyfer dan Guy Pearce sebagai tokoh utamanya.

Di sebuah pedesaan, sebuah legenda mengenai makhluk malam redcoat son dikenal luas oleh warga setempat. Mereka yang percaya akan legenda itu selalu ‘memberi’ makan makhluk tersebut dengan korban, salah satunya manusia.

Pada satu malam di bulan purnama, mereka menculik seorang sheriff bernama Fallon (Alex Pettyfer) untuk dijadikan korban. Alih-alih tewas, ternyata Fallon malah berubah menjadi vampir yang haus darah. 

Lantas, bagaimanakah keadaan desa tersebut selepas Fallon menjadi vampir? Apakah Fallon akan selamanya menjadi vampir?

3. Humanist Vampire Seeking Consenting Suicidal Person

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Sara Montpetit Félix-Antoine Bénard
Selengkapnya →

Humanist Vampire Seeking Consenting Suicidal Person merupakan sebuah film asal Kanada berbahasa Prancis dengan judul asli Vampire Humaniste Cherche Suicidaire Consentant. Film tentang vampir ini merupakan karya dari sutradara Ariane Louis-Seize yang membungkusnya dalam balutan genre drama-komedi.

Sasha (Sara Montpetit) merupakan seorang gadis yang dari luar tampak seperti remaja pada umumnya. Padahal sebenarnya Sasha lahir sebagai seorang vampir. Satu waktu saat sudah dianggap bisa mencari ‘makan’ sendiri, orang tua Sasha memutus suplai darah untuk Sasha, membuat gadis itu harus bisa berusaha untuk mengatasi dahaganya.

Meski demikian Sasha bukan tipe vampir yang langsung skak-mat manusia untuk dihisap darahnya. Ia berjuang untuk jadi vampir yang punya rasa moral tinggi.

Satu waktu ia bertemu dengan seorang remaja pria bernama Paul (Félix-Antoine Bénard) yang depresi dan hendak bunuh diri. Alih-alih memanfaatkan hal itu untuk membunuh Paul, Sasha malah ingin membantunya dengan imbalan yang setimpal.

4. The Last Voyage of the Demeter

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Corey Hawkins Aisling Franciosi Liam Cunningham David Dastmalchian Javier Botet
Selengkapnya →

Pada dini hari tanggal 6 Agustus 1897, di pantai Inggris, ditemukan sebuah kapal bernama Demeter dalam kondisi rusak parah. Kapal tersebut terlihat hancur dengan layar penuh robek dan badan kapal yang terkoyak. Anhenya, tidak ada tanda kehadiran awak di atasnya.

Di antara reruntuhan, petugas menemukan sebuah buku The Captain's Log. Buku ini berisi catatan perjalanan kapten Demeter yang mengungkapkan sebuah peringatan menyeramkan: jika buku ini ditemukan, berarti tidak ada lagi awak yang tersisa di kapal, dan 'dia' yang tidak disebutkan namanya telah selamat.

Cerita ini berawal dari Kapten Elliot, yang memimpin Demeter dari Varna, Bulgaria, menuju London, Inggris. Kapal ini membawa kargo misterius dari pedalaman Romania. Dalam persiapan perjalanan, mereka bertemu dengan seorang dokter bernama Clemens, yang bergabung dengan kru setelah menyelamatkan keponakan kapten dari kecelakaan.

Clemens lalu menemukan seorang wanita, Anna, tergeletak tak sadar di ruangan penyimpanan dan dikelilingi timbunan tanah. Setelah merawat Anna, Clemens pun melihat sosok misterius yang berasal dari salah satu peti dalam kargo yang mereka bawa. Sosok yang sejak itu berusaha meneror seisi kapal.

R.M. Renfield (Nicholas Hoult) merupakan asisten setia Count Dracula (Nicholas Cage). Di tengah keterikatan abadinya kepada Dracula, Renfield mulai merasakan kejenuhan dan mendambakan kehidupan normal seperti manusia pada umumnya. Namun, keinginan ini bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan.

Suatu ketika, di sebuah kafe, Renfield terpesona oleh Rebecca Quincy (Awkwafina). Perasaan ini mendorongnya untuk mengejar kehidupan normal dan melepaskan diri dari bayang-bayang Dracula. Namun, ketika Dracula mengetahui hal ini, ia menjadi marah dan bertekad untuk menghabisi siapa pun yang dekat dengan Renfield.

Film yang disutradarai oleh Chris Mckay ini adalah adaptasi dari kisah orisinal Renfield karya Robert Kirkman. Meskipun terinspirasi, film ini tidak memiliki keterkaitan langsung dengan novel klasik Dracula yang ditulis oleh Bram Stoker dan terbit pada tahun 1897 tersebut.

6. Bloodthirst

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Costas Mandylor Tara Reid Robert LaSardo
Selengkapnya →

Rilis pada tahun 2023, film asal Amerika karya sutradara Michael Su ini mengangkat kisah tentang seorang pemburu vampir yang berkuasa atas dunia baru. Costas Mandylor didapuk sebagai tokoh utama dalam film berdurasi 1 jam 28 menit ini.

Dunia sudah ‘usai’ akibat ulah vampir yang merajalela. Hal ini membuat manusia yang tersisa harus kuat untuk bertahan hidup di tengah kekacauan tersebut. Salah satu penyintas adalah John Shepard (Costas Mandylor). Ia tidak mau hidup dalam ketakutan dan berani untuk melawan balik para vampir yang menguasai wilayah barat tempat ia tinggal.

Satu per satu vampir mampu ia binasakan. Selama misinya tersebut, ia memperkuat barikade dan membuat banyak rencana. John mengincar sang master vampir (Roberto LaSardo) untuk dibunuh, dengan begitu vampir-vampir lain akan lebih mudah dilumpuhkan. Namun sayangnya, sang master sulit untuk ditaklukan. Lantas, akankah rencana John berhasil?

Apa yang akan kalian lakukan apabila menemukan kenyataan bahwa keluarga besar kalian merupakan koloni vampir? Sepertinya kita akan memutus hubungan saja ya? Hal ini terjadi pada tokoh utama dalam film The Invitation. Film dengan premis vampir ini rilis pada tahun 2022 di bawah arahan sutradara Jessica M. Thompson.

Evelyn Jackson atau yang kerap disapa Evie (Nathalie Emmanuel) mendapatkan kesempatan untuk melacak DNA-nya. Ini dilakukan karena Evie ingin tahu apakah masih ada sanak saudara yang ia punya setelah kedua orang tuanya tiada. Hasil DNA pun muncul memberitahu bahwa ia memiliki koneksi dengan seorang pria dari keluarga old money di Inggris.

Pria tersebut segera menemui Evie dan mengajaknya bertemu dengan keluarga yang lain. Sesampainya di Inggris, Evie merasa ada yang aneh. Sebab banyak hal ganjil yang Evie rasakan selama tinggal di mansion keluarga barunya. Selidik punya selidik, ternyata keluarga baru Evie adalah koloni vampir yang hendak mengorbankan Evie.

Siapa bilang film dengan tema vampir pasti akan selalu dark dan menyeramkan? Buktinya film Day Shift ini bisa mematahkan anggapan demikian. Film horor komedi asal Amerika ini merupakan karya J. J. Perry dalam debut penyutradaraannya. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang memburu vampir untuk menafkahi keluarganya. 

Adalah Bud Jablonski (Jamie Foxx), ia merupakan seorang ayah yang bekerja keras untuk menghidupi keluarga kecilnya. Tak main-main, ia bekerja sebagai pemburu vampir jahat namun berkamuflase sebagai jasa pembersih kolam renang supaya tak dicurigai. Satu waktu ia pensiun karena pindah ke Florida, namun di tempat barunya, masalah baru muncul. 

Finansial keluarga Bud tidak terlalu bagus, hal ini membuat dirinya bergabung kembali dengan serikat pemburu vampir jahat. Untuk memulai kembali usahanya itu, ia mendapat bantuan dari teman dekatnya Big John (Snoop Dogg) dan tetangga vampir yang baik bernama Heather (Natasha Liu Bordizzo). Ketiganya kini bersatu untuk memburu koloni vampir jahat.

Karakter Marvel kembali lagi mendapat tempat di sebuah film menarik berjudul Morbius. Film karya sutradara Daniel Espinosa ini merupakan film pahlawan super asal Amerika yang dibintangi oleh Jared Leto sebagai main lead. Film ini menceritakan tentang sosok vampir hidup yang eksis akibat sebuah eksperimen.

Seorang pria bernama Michael Morbius (Jared Leto) merupakan seorang dokter. Ia mengalami sebuah penyakit langka yang belum ditemukan obatnya. Hal tersebut membuat Morbius mencoba melakukan sebuah eksperimen yaitu dengan menggabungkan gen miliknya dengan gen kelelawar vampir. Eksperimennya berhasil, Morbius pun sembuh.

Namun ada harga yang harus dibayar olehnya, Morbius bermutasi menjadi seorang vampir yang haus darah. Ia berjuang mati-matian untuk menahan diri tidak membunuh manusia. Sialnya, saudara Morbius yakni Milo (Matt Smith) ikut bermutasi juga dan tak bisa menahan nafsunya sehingga tindakan Milo membawa konsekuensi yang tragis. 

Lantas, bagaimanakah Morbius menjalani kehidupan barunya sebagai vampir?

10. Dracula: The Original Living Vampire

Tahun Rilis 2022
Genre ,
Sutradara
Pemeran Christine Prouty Jake Herbert Michael Ironside Stuart Packer
Selengkapnya →

Film asal Amerika dengan genre horor-thriller ini mengangkat kisah legendaris drakula si vampir, dengan dibintangi para pemain baru seperti Christine Prouty dan Jake Herbert sebagai bintang utamanya. Di sutradarai oleh Maximilian Elfeldt, film ini digarap oleh rumah produksi The Assylum.

Di sebuah kota kecil jauh di pegunungan, sebuah kasus pembunuhan berantai wanita muda terjadi. Peristiwa mengerikan itu membuat semua orang di kota tersebut merasa takut. Untuk mengungkap kasus tersebut, seorang detektif bernama Amelia Van Helsing (Christine Prouty) terjun ke lapangan. Ia mulai memeriksa satu per satu petunjuk yang ia temukan.

Hasil investigasinya cukup rumit, karena semua mengarah kepada sosok misterius bernama Count Dracula (Jake Herbert) yang tak tersentuh. Count Dracula sendiri dikenal sebagai makhluk penghisap darah atau vampir. Mampukah detektif Van Helsing menangkap Count Dracula?

 

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram