logo web
Cari Film

1980: The Unforgettable Day

Tahun Rilis
:
2024
Durasi
:
1 jam 39 menit
Genre
:
Sutradara
:

PEMAIN

Kang Shin Il_
Kang Shin Il
Cheol Su's grandpa
Kim Gyu Ri
Kim Gyu Ri
Cheol Su's mother
Baek Sung Hyun
Baek Sung Hyun
Cheol Su's uncle
Han Soo Yeon
Young Hee's mother
Lee Jung Woo
Cheol Su's father
Jeon Soo Jin
Jeon Soo Jin
Soo Jin
Song Min Jae
Cheol Su
Park Jun Hyuk
Young Hee's father

PLOT & SINOPSIS

Sama seperti negara lainnya, Korea Selatan juga punya sejarah kelam yang pernah dilalui warganya, seperti halnya yang menjadi inspirasi dalam film ini. The Unforgettable Day mengambil latar waktu saat adanya Gerakan Demokratisasi Gwangju pada 18 Mei tahun 1980.

Gerakan ini terjadi karena presiden Chun Doo Hwan yang diktator mengambil alih kekuasaan dan memberlakukan darurat militer, menyebabkan banyak kerusuhan dan penyerangan dari pihak militer.

The Unforgettable Day sendiri mengambil sudut pandang satu keluarga yang memiliki sebuah restoran di Gwangju. Sebagai kepala keluarga, kakek dari Cheol Su sudah sangat lama mendambakan restorannya sendiri. Namun, kebahagiaannya saat berhasil membuka restoran Cina pertamanya ini tak bertahan lama ketika perlahan mulai terjadi banyak kericuhan di Gwangju.

Tak hanya restorannya saja yang berada dalam bahaya, akibat kericuhan ini kakek pun harus melindungi keluarganya. Apalagi keluarganya sering dicap sebagai komunis oleh warga sekitar dan kabar ini tercium oleh pihak militer.

INFORMASI LAINNYA

Rating
:
PG-13
Bahasa
:
Korea
Penulis Naskah
:
Kang Seung Yong
Judul Lain
:
Aspect Ratio
:

TRAILER

YouTube video

ARTIKEL TERKAIT

FILM TERBARU
Film Lainnya →

ULASAN PEMBACA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram