logo web

6 Fakta The High Table, Organisasi Rahasia di Franchise John Wick

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Bagi penikmat petualangan John Wick yang kembali dari masa pensiun demi membalaskan dendam dan diburu oleh berbagai kelompok kriminal, terselip nama The High Table yang misterius. Organisasi kriminal rahasia ini sepertinya adalah induk dari berbagai kelompok kejahatan yang beroperasi di jalanan.

Kabarnya, organisasi ini memiliki banyak agen dengan keahlian tempur dan bela diri yang sangat tinggi. Hal ini membuat kelompok lain tidak berani melakukan intervensi atas aturan dan keputusan yang dikeluarkan oleh The High Table.

Demi menguak tabir misteri seputar The High Table, berikut ini kami rangkum berbagai fakta tentang kelompok kriminal ini yang bersumber dari tiga film John Wick. Yuk, langsung disimak saja!

1. Sejarah Organisasi yang Panjang

high table john wick_Sejarah Organisasi yang Panjang_

Asal mula berdirinya The High Table masih belum diketahui. Namun, bisa dipastikan bahwa organisasi ini sudah lama berdiri sejak berabad-abad lalu. Kabarnya, organisasi ini sama tuanya dengan peradaban suku Aztec di abad ke-14.

Lokasi markas besarnya tidak diketahui juga, namun para agen dan orang-orang yang berhubungan dengan mereka bisa ditemui di Continental Hotel yang tersebar di seluruh dunia. Jaringan hotel ini berpusat di kota New York di mana biasanya para assassin dan hitman mendapat misi dan pelayanan dalam aksi mereka.

Meski memiliki tamu dari kalangan para pembunuh bayaran, Continental Hotel memiliki aturan dan kode etik yang tidak boleh dilanggar oleh para tamunya. Salah satunya adalah tidak boleh saling membunuh atau membuat kerusakan di hotel.

John Wick melanggar peraturan ini dengan terpaksa, dan dia menjadi buronan yang dihargai $14 juta oleh The High Table.

2. Dipimpin Sosok Kharismatik

high table john wick_Dipimpin Sosok Kharismatik_

The High Table adalah organisasi kriminal yang dibawahi oleh sebuah dewan yang terdiri dari 12 pemimpin kelompok kejahatan. Pemimpin tertinggi mereka disebut The Elder yang misterius. Keberadaannya sulit untuk dilacak, tapi perintahnya adalah hukum tetap bagi seluruh anggota organisasi.

Untuk menemui The Elder, John Wick harus mengarungi gurun pasir di Maroko dengan mengikuti konstelasi bintang Canis Minor. Tapi sebelum sampai, dia sudah kehabisan tenaga dan pingsan karena dehidrasi. John Wick siuman saat sudah berada di tenda The Elder.

The Elder adalah seorang pria dari suku Berber yang mendiami kawasan Afrika bagian utara, seperti Maroko, Aljazair, Tunisia dan Libya. Oleh karena itu, John Wick mengikuti intuisinya dalam mencari The Elder di gurun pasir Maroko.

Dia memiliki pahat dan palu di mejanya yang biasanya digunakan untuk menguji kesetiaan anggotanya dengan memotong salah satu jari tangannya. Dan, John Wick membuktikannya dengan melakukan itu. The Elder akan menghentikan perburuan John Wick apabila dia berkenan membunuh Winston.

Dari tiga film John Wick yang telah dirilis, sudah 3 anggota dewan yang diperkenalkan. Selain The Elder, salah satu anggota dewan lainnya adalah Santino D’Antonio, pemimpin kelompok mafia Italia bernama Camorra.

Dia menempati kursi dewan The High Table setelah merebutnya dari Gianna D’Antonio, pewaris resmi kepemimpinan yang merupakan saudaranya sendiri.

Gianna dibunuh oleh John Wick atas perintah Santino sebagai penebus hutang. Namun, John Wick pun membunuh Santino di Continental Hotel akibat dirinya yang dijadikan buronan The High Table. Lalu ada The Director, pemimpin Ruska Roma. Dia adalah sosok ibu bagi John Wick yang mengasuh dan melatihnya sejak kecil.

Mengingat masih ada setidaknya dua film lagi, satu persatu anggota dewan akan diungkap dalam jalan ceritanya.

Beberapa kelompok kriminal yang pemimpinnya masih belum diungkap antara lain Cosa Nostra (mafia Italia dari Sisilia), ‘Ndrangetha (mafia Italia dari Calabria), Bratva dari Rusia, Triad dari Cina, Yakuza dari Jepang, dan beberapa kartel dari Amerika Latin.

Sementara Tarasov Mob yang juga berasal dari Rusia hanyalah kelompok kriminal kecil milik keluarga Tarasov. Mereka inilah yang bertanggung jawab mengembalikan John Wick sebagai assassin dari tenangnya masa pensiun.

3. Memiliki Agen dengan Keahlian Bela Diri Tinggi

Memiliki Agen dengan Keahlian Bela Diri Tinggi___

Sebagai sebuah organisasi kriminal terbesar dan tertua, sangat wajar apabila The High Table memiliki anggota dan staf dengan kemampuan tempur serta bela diri yang tinggi. Salah satu agen yang menjadi pelaksana perintah The Elder di lapangan adalah The Adjudicator.

Dia menyampaikan titah The Elder kepada Winston di Continental Hotel untuk mundur dari jabatannya karena pernah membantu John Wick. Dia juga mengunjungi The Soup Kitchen dan menitahkan hal yang sama kepada The Bowery King.

Untuk menghentikan langkah John Wick, dia mengutus Zero yang tugas pertamanya adalah menghukum The Director karena telah menyelundupkan John Wick keluar dari Amerika. Zero adalah assassin yang beraksi di bawah naungan The High Table.

Kemampuan bela dirinya sangat tinggi dan setara dengan John Wick. Hal ini diakui John Wick sendiri sesaat sebelum Zero menghembuskan napas terakhir setelah bertarung dengannya.

Fakta unik dari Zero adalah dia sangat mengidolakan John Wick dan hal ini juga dianut oleh para pengikutnya. Hal ini bisa dilihat ketika mereka menyerang John Wick, mereka selalu memberi waktu John Wick untuk berdiri setelah terjatuh.

4. Berhubungan dengan Organisasi Kriminal Lainnya

Berhubungan dengan Organisasi Kriminal Lainnya___

Organisasi sebesar The High Table tentu memiliki organisasi kecil sebagai pelaksananya. Organisasi tertinggi dalam operasional The High Table adalah Administration yang bertugas mendata para assassin dan targetnya, membuat perintah pembunuhan dan mengirimkannya kepada para assassin.

Setiap pergerakan para assassin dipantau oleh para administrator yang mendapat laporan dari para operator. Markas besar mereka yang besar dan terjaga kerahasiaan lokasinya, selalu tertata rapi karena ketelitian dan kedisiplinan para karyawannya dalam menyimpan data.

Lalu, di bawah Administration ada Continental Hotel, di mana para assassin dilayani selama mereka menjalani misi.

Pusat jaringan hotel mewah yang tersebar di seluruh dunia ini ada di New York di bawah kepemimpinan Winston. Manajer hotel lainnya yang sudah diketahui adalah Julius di cabang Roma dan Sofia al-Azwar di cabang Casablanca.

Di hotel ini, para assassin bisa mendapatkan berbagai pelayanan, antara lain perlindungan, persediaan senjata dan amunisinya, pakaian dan pelindung tubuh.

Selain itu, mereka bisa meminta pemetaan yang berguna untuk melacak keberadaan target dan jalan keluar setelah menyelesaikan tugasnya, sehingga aksi mereka berjalan tanpa hambatan.

Layanan transportasi juga tersedia 24 jam, begitu pun layanan medis apabila para assassin kembali dari bertugas dalam keadaan terluka. Dan, untuk tampil elegan, para assassin bisa menata rambut juga busana mereka di dalam hotel.

Meski tidak selalu memiliki afiliasi dengan The High Table, namun The Soup Kitchen taat kepada aturan yang diberikan oleh The High Table.

Organisasi ini dari luar terlihat seperti tempat penampungan para gelandangan dengan pelayanan makan dan tempat menginap. Faktanya, fungsi The Soup Kitchen mirip dengan Continental Hotel, hanya saja dalam versi yang lebih bersahaja.

Pemimpinnya adalah The Bowery King yang membantu memberikan senjata kepada John Wick. Oleh karena itu, dia diminta untuk mundur dari posisinya apabila tidak ingin dibunuh. The Bowery King dan seluruh karyawannya pada akhirnya memilih membela John Wick.

The Bowery King sendiri dahulu adalah salah satu target John Wick. Namun, setelah beberapa kali bertarung, John Wick memaafkannya dan membiarkannya hidup. Dia lalu membentuk The Soup Kitchen yang menjadi salah satu tempat alternatif bagi para assassin dan hitman untuk mendapat pelayanan.

5. Ketat dalam Menjaga Peraturan

high table john wick_Ketat dalam Menjaga Peraturan_

Demi mengatur para assassin dan hitman di bawah naungan mereka, The High Table memiliki peraturan yang mengikat dan dijaga ketat oleh para agennya. Apabila aturan ini dilanggar, sang pelaku akan menjadi buronan dengan harga yang tinggi.

Contohnya adalah ketika John Wick membunuh Santino di Continental Hotel yang jelas melanggar peraturan yang berlaku di dalam hotel.

Hadiah $7 juta yang dipasang oleh Santino atas John Wick, dilipatgandakan menjadi $14 juta oleh The High Table yang membuat John Wick diburu oleh semua assassin dan hitmen dari seluruh dunia.

Dan bagi yang membantu buronan yang dijuluki “excommunicado”, diminta untuk mundur dari jabatannya jika tidak ingin dibunuh. Permintaan ini diajukan oleh The Adjudicator kepada Winston, The Bowery King dan The Director.

Meski mengaku tidak memihak, mereka bertiga melakukan konspirasi rahasia untuk menyelamatkan John Wick meski di bawah ancaman The High Table.

6. Memburu John Wick dengan Kekuatan Penuh

high table john wick_Memburu John Wick dengan Kekuatan Penuh_

Selain memasang hadiah sebesar $14 juta bagi siapa saja yang bisa menangkap John Wick, The High Table juga menurunkan seluruh assassin dan hitmen yang berada di bawah naungannya.

Zero adalah salah satunya. Dia memiliki dua Shinobi, yang diperankan oleh dua aktor laga dari Indonesia, untuk memburu dan menghalangi langkah John Wick.

Bahkan The High Table juga, lewat pendekatan yang dilakukan oleh The Adjudicator, bisa membuat orang terdekat John Wick untuk berbalik melawannya. Hal ini dilakukan oleh Winston yang menembak John Wick hingga jatuh dari atap hotel, sehingga dia tetap bisa duduk sebagai manajer Continental Hotel.

Itulah beberapa fakta yang ada di sekitar The High Table. Seiring masih akan adanya beberapa film John Wick ke depan, fakta di atas bisa bertambah. Mengingat dari 12 anggota dewan baru tiga orang yang diperkenalkan dan salah satunya sudah tewas, semakin membuat kita penasaran dengan anggota dewan lainnya.

Nantikan film terbaru John Wick yang rencananya akan dirilis di bulan Maret 2023 yang akan sedikit menepis rasa penasaran kita tentang The High Table. Juga film spin-off berjudul Ballerina dengan Ana de Armas sebagai bintangnya yang masih menunggu tanggal resmi penayangannya.

Sebelum itu, sebaiknya kita tonton ulang lagi seluruh film John Wick yang sudah ada, ya! Kamu juga bisa membaca artikel review-nya di Showpoiler. Ada sinopsis & review John Wick, John Wick 2 hingga John Wick 3.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram