logo web

10 Jedi Terkuat yang Ada di Saga Film Star Wars

Ditulis oleh Dhany Wahyudi
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Jedi adalah para pendekar galaksi yang menjadi sosok protagonis di saga Star Wars. Mereka adalah jantung cerita franchise karya George Lucas ini, baik di film maupun serialnya. Awalnya mereka adalah para pejuang Galactic Republic yang kemudian membela Rebel Alliance setelah Galactic Empire mengambil alih kekuasaan di galaksi.

Ordo Jedi telah berdiri sekitar tahun 25.000 BBY (Before the Battle of Yavin). Ksatria Jedi memiliki lightsaber masing-masing yang memiliki warna berbeda. Selain memiliki kemampuan bela diri yang tinggi, ksatria Jedi juga memiliki kekuatan super, seperti mampu memindahkan benda dengan kekuatan pikiran.

Dalam kisah Star Wars, terdapat banyak ksatria Jedi. Siapa di antara mereka yang paling kuat? Artikel berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Langsung disimak saja, ya!

Baca juga: Ini Urutan Timeline Saga Film Star Wars yang Wajib Ditonton

1. Yoda

Yoda

Yoda adalah Grand Master Jedi yang memiliki kebijaksanaan dan ilmu yang tinggi. Sosoknya seperti nabi bagi para Jedi. Dia berusia 900 tahun. Dia memiliki dua murid utama, Count Dooku dan Mace Windu. Dalam perjalanannya, dia juga membimbing para Jedi lain, yaitu Qui-Gon Jinn, Obi-Wan Kenobi, dan Luke Skywalker.

Meski bertubuh kecil dan terlihat lemah, kekuatan Yoda tidak boleh diremehkan. Dia sempat menyulitkan Darth Sidious dalam pertarungan lightsaber, namun Yoda terpaksa mundur dan mengasingkan diri.

Dialah yang menentukan jalan hidup bagi Luke dan Leia sesaat setelah mereka lahir agar tidak terkena pengaruh Darth Vader. Aksinya bisa disaksikan di prequel trilogy Star Wars dan Return of the Jedi (1983).

2. Luke Skywalker

Luke Skywalker

Luke Skywalker adalah putra dari Anakin Skywalker. Darah Jedi mengalir di tubuhnya dan dia dididik oleh Obi-Wan Kenobi. Luke adalah sosok penting di Rebel Alliance dalam menggulingkan Galactic Empire. Setelah itu dia membuat Ordo sendiri demi mencetak para Jedi baru. Namun mereka dimusnahkah oleh Supreme Leader Snoke.

Mengasingkan diri, Luke kemudian bertemu dengan Rey sang Jedi terakhir. Dia mengorbankan diri saat melawan Kylo Ren agar Rey bisa menuntaskan misinya mengalahkan Darth Sidious. Luke dan Leia mengizinkan Rey menggunakan nama keluarga mereka.

3. Obi-Wan Kenobi

Obi-Wan Kenobi

Obi-Wan Kenobi adalah Jedi Master yang merupakan murid Qui-Gon Jinn dan guru dari Anakin Skywalker serta Luke Skywalker. Dia ahli strategi, tangguh dalam bertarung, dan lihai di bidang intelijen. Meski muridnya menjadi Darth Vader dan gurunya dibunuh oleh Darth Maul, dia tetap tenang dan tidak terbujuk oleh Dark Force.

Saat para Jedi diburu, Obi-Wan Kenobi mengasingkan diri ke Planet Tatooine dimana dia bertemu Luke. Dia mengajari Luke untuk menjadi Jedi dan mengalahkan Darth Vader suatu saat nanti.

Dia juga yang menyelamatkan Princess Leia dari sekapan Third Sister. Aksinya bisa dilihat di prequel trilogy dan original trilogy Star Wars, serta miniseri Obi-Wan Kenobi.

4. Anakin Skywalker / Darth Vader

Anakin Skywalker

Anakin Skywalker adalah ksatria Jedi murid Obi-Wan Kenobi. Dia dianggap sebagai calon penyeimbang galaksi, “The Chosen One”. Di usia muda, dia dipercaya duduk di Dewan Jedi.

Dia menikah dengan Ratu Padme Amidala dan memiliki dua orang anak, Luke dan Leia. Menjelang Perang Clone, dia masih melatih seorang Padawan bernama Ahsoka Tano.

Dia terkena pengaruh Dark Force dari Darth Sidious dan berubah menjadi Darth Vader, panglima perang Galactic Empire. Dia berkorban demi anaknya, Luke, saat dia menyerang Darth Sidious.

Dia tewas saat membunuh Darth Sidious dan menggenapi ramalan sebagai “The Chosen One” dengan meruntuhkan Galactic Empire. Anakin Skywalker adalah sosok protagonis di prequel trilogy Star Wars dan menjadi sosok antagonis di original trilogy.

5. Grogu

Grogu

Grogu adalah Jedi dari bangsa yang sama dengan Yoda. Dia lahir dan dibesarkan di Kuil Jedi di Coruscant. Saat para Jedi diburu, dia disembunyikan oleh sosok misterius.

Beberapa puluh tahun kemudian, Grogu diadopsi oleh The Mandalorian. Mereka diselamatkan oleh Luke Skywalker saat dalam suasana genting. Atas izin the Mandalorian, Luke membawa Grogu untuk dilatih sebagai Jedi.

Karena hatinya lebih memilih untuk berpetualang bersama The Mandalorian, dia berhenti berlatih dan kembali bersama ayah angkatnya itu. Grogu memiliki kekuatan telekinetik yang tinggi, bisa menyembuhkan penyakit dan luka yang parah. Aksinya bisa disaksikan di serial The Mandalorian.

6. Rey Skywalker

Rey Skywalker

Awalnya Rey adalah anak yatim piatu yang menjadi pemulung di Planet Jakku. Dalam serangan First Order ke planetnya, dia ikut melarikan diri bersama Han Solo. Dia sampai di Planet Takodana untuk berlindung di kastil milik Maz Kanata. Dia tertangkap saat kastil itu diserang oleh Kylo Ren dan pasukannya.

Saat hendak melarikan diri, Rey harus berhadapan dengan Kylo Ren. Menumpang Millenium Falcon, Rey diantar ke markas Resistance dan bertemu Princess Leia.

Dia diwariskan lightsaber milik Luke Skywalker dan Millenium Falcon milik Han Solo. Tujuannya hanya satu, membunuh Darth Sidious. Dalam pertarungan, Kylo Ren yang mencintainya mengorbankan diri agar Rey bisa membunuh musuhnya.

Ternyata Palpatine adalah kakek Rey. Setelah membunuh Palpatine, Rey yang merupakan Jedi terakhir memakai nama Skywalker sebagai penghormatan kepada gurunya. Aksinya bisa disaksikan di sequel trilogy Star Wars.

7. Ben Solo/Kylo Ren

Ben Solo

Ben Solo adalah putra dari pasangan Han Solo dan Princess Leia. Dia menjadi Jedi di bawah arahan Luke Skywalker. Namun karena terkena pengaruh Dark Force dari Supreme Leader Snoke, dia menjadi pejabat tinggi First Order, tirani baru pengganti Galactic Empire.

Dia menghancurkan akademi Jedi milik Luke dan menjadi Supreme Leader di First Order. Akibat Dark Force yang terlalu pekat, dia hampir menjadi pemimpin jahat seperti kakeknya, Darth Vader.

Karena cintanya kepada Rey, Ben rela mengorbankan diri saat membantu Rey mengalahkan Darth Sidious. Kisahnya bisa kalian saksikan di sequel trilogy Star Wars.

8. Mace Windu

Mace Windu

Mace Windu adalah Jedi Master yang merupakan salah satu anggota Dewan Jedi terakhir sebelum runtuhnya Galactic Republic. Dia adalah murid Yoda dan guru dari Depa Billaba. Dia adalah salah satu Jedi yang memiliki kemampuan bertarung yang tinggi dengan lightsaber berwarna ungu.

Mace Windu mencium kecurigaan pada Supreme Chancellor Palpatine, bahwa dia sebenarnya adalah Darth Sidious. Untuk membuktikannya dia menyerang Palpatine dan bertarung dengan sengit. Pertarungan mereka diganggu oleh Anakin Skywalker yang membela Palpatine. Akhirnya Mace Windu tewas di tangan Palpatine.

Kematian Mace Windu menjadi alasan Palpatine untuk memberikan cap pada Ordo Jedi sebagai pengkhianat Galactic Republic. Sejak itu, para Jedi menjadi buronan. Kisah Mace Windu bisa disaksikan di prequel trilogy Star Wars.

9. Qui-Gon Jinn

Qui-Gon Jinn

Qui-Gon Jinn adalah Jedi Master dari Planet Coruscant yang bijak dan sangat kuat. Dia adalah murid Count Dooku dan guru dari Obi-Wan Kenobi. Banyak Jedi yang menghormatinya, namun karena pola berpikirnya yang tidak lazim, dia tidak diangkat menjadi anggota Dewan Jedi.

Saat melindungi Ratu Padme Amidala dari Planet Naboo, dia menyadari kebangkitan kekuatan Sith. Dia kemudian diserang oleh Darth Maul yang berhasil membunuhnya. Meski sudah wafat, jiwanya tetap hidup dan memandu Yoda dan Obi-Wan Kenobi. Qui-Gon Jinn hadir di film Star Wars: Episode I – The Phantom Menace (1999).

10. Ahsoka Tano

Ahsoka Tano

Ahsoka Tano adalah Jedi dari bangsa Togruta di Planet Shili. Dia adalah murid Anakin Sykwalker. Saat Perang Clone pecah, Ahsoka berjuang bersama Steela dan Saw Gerrera melawan Confederacy.

Dia sempat meninggalkan Ordo Jedi setelah disidang atas tuduhan meledakkan hangar di Planet Coruscant. Namun dia kembali memimpin pasukan Clone untuk menangkap Darth Maul.

Setelah dikhianati oleh pasukan Clone yang dipimpinnya, dia menjadi spymaster dan memimpin jaringan intelijen Rebel Alliance. Setelah Galactic Civil War usai, dia pergi mencari keberadaan Ezra Brigder dan Laksamana Agung Thrawn yang menghilang. Ahsoka adalah salah satu Jedi yang selamat dari era Imperial ke era New Republic.

Dia menggunakan lightsaber dengan cahaya putih dan memiliki kemampuan telekinetik yang tinggi. Dia bisa mendorong lawannya hingga terlempar jauh tanpa menyentuhnya.

Dia juga mampu untuk melompat dengan ketinggian yang tidak biasa. Selain itu, dia juga ahli bela diri dan sulit dikalahkan ketika bertarung dengan tangan kosong. Aksinya bisa disaksikan di serial The Mandalorian, The Book of Boba Fett.

Itulah 10 ksatria Jedi yang terkuat di dalam golongannya. Kisah mereka belum berakhir mengingat masih banyaknya petualangan yang belum diceritakan. Saga Star Wars terus berkembang, baik dalam film juga di serial. Meski hadir tidak secara kronologis, namun hal ini tidak mengganggu sama sekali. Justru membuat kita semakin penasaran.

Sambil menunggu film dan serial lainnya di masa mendatang, tidak ada salahnya kita menonton ulang lagi semua film dan serialnya agar bisa semakin memahami perjuangan kebenaran dalam melawan pemerintah tirani yang haus kekuasaan. Selamat menyaksikan!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram