logo web

Inilah 8 Pemain Utama di Film Ayat-Ayat Cinta (2008)

Ditulis oleh Suci Maharani R

Ayat-Ayat Cinta (2008) memang salah satu film yang berhasil menyentuh perasaan banyak orang. Alasannya karena kisah cinta antara Aisha, Fahri dan Maria terasa sangat rumit dan sulit untuk dijalani. Apalagi dengan citra Fahri sebagai pria idaman para perempuan, tak aneh jika banyak yang jatuh cinta pada sosoknya.

Tapi kalau ngomongin film ini, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai karakter-karakternya. Pasalnya dari sekian banyak karakter yang muncul, ada beberapa karakter krusial yang harus kamu perhatikan. Contohnya seperti karakter Bahadur yang diperankan oleh Sellen Fernandez, si troublemaker yang bikin Fahri hampir saja membuat  dijatuhi hukum mati.

Makanya dari pada penasaran, kali ini Showpoiler akan memberikan informasi mengenai para pemain film Ayat-Ayat Cinta (2008) secara lengkap. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. Fedi Nuril (Fahri bin Abdullah Shiddiq)

Fedi Nuril (Fahri bin Abdullah Shiddiq)

Menjadi mahasiswa di negeri orang memang tidak mudah, inilah yang dirasakan oleh Fahri bin Abdullah Shiddiq. Pria yang sedang mengejar gelar master di Al-Azhar ini memilih bekerja sambil sekolah, agar dapat membiayai hidupnya di sana. Fahri sendiri dikenal sebagai karakter yang sederhana, sopan, satun, ramah dan memiliki budi pekerti yang baik.

Jadi memang tidak heran jika sosoknya ini sangat dikagumi dan disukai oleh banyak orang, termasuk para perempuan. Sayangnya Fahri ini bisa dikatakan orang yang polos, jadi ia tidak menyadari ternyata banyak perempuan yang jatuh cinta padanya. Hingga ia menjatuhkan pilihan pada Aisha, wanita yang berhasil menarik perhatiannya pasca insiden di dalam kereta.

Sejujurnya hati Fahri hancur, ketika melihat Aisha yang sudah tidak mempercayai atas kasus pemerkosaan yang dituduhkan padanya. Fahri juga merasa bingung dengan sikap sang istri, yang malah mendekatkannya dengan Maria sampai harus menikahinya. Alhasil Fahri berusaha untuk bisa ikhlas, meski ia tahu tidak mudah untuk menjadi sosok suami yang adil bagi kedua istrinya.

2. Rianti Cartwright (Aisha)

Rianti Cartwright (Aisha)

Sejak awal pertemuan mereka, Aisha diam-diam mengagumi sosok Fahri yang terlihat santun dan pintar. Bahkan Aisha juga tidak menyangka, pada akhirnya ia akan menikah dengan pria tersebut. Tapi pernikahan yang dijalaninya ternyata tidaklah mudah, pasalnya ada banyak perbedaan diantara mereka. Sebenarnya Aisha hanya ingin menjadi istri yang baik dan bisa mendukung sang suami sepenuhnya.

Tapi cara Aisha memperlakukan suaminta, secara tidak sengaja malah melukai perasaan Fahri. Rumah tangga ini makin terguncang, ketika kepercayaan Aisha diuji saat Fahri dituduh sebagai pemerkosa. Hatinya bergejolak dan membuat Aisha merasa, ternyata ia sama sekali tidak mengenal siapa suami yang sudah dinikahinya selama satu bulan itu.

Tapi dari buku diary Maria, Aisha mempelajari karakter dan kisah pertemuan keduanya. Meski berat, Aisha akhirnya merelakan suaminya untuk menikahi Maria di hadapannya. Sayangnya berbagi suami terasa tidak mudah baginya, hingga Aisha sempat berpikir untuk kabur dari situasi ini. Namun bimbingan Fahri pada akhirnya bisa membuat Aisha mengikhlaskan takdir rumah tangganya.

3. Carissa Putri (Maria Kirgiz)

Carissa Putri (Maria Kirgiz)

Maria Kirgiz adalah perempuan beragama kristen yang kebetulan tinggal satu flat dengan Fahri. Sejak awal pertemuan mereka, Maria sudah menaruh hati pada sosok Fahri yang sederhana dan baik hati. Bahkan dari sosok Fahri, Maria mulai memahami bahwa Islam tidaklah se konservatif itu. Makanya mereka bisa sharing ilmu mengenai Islam dan hal ini membuatnya semakin kagum pada sosok Fahri.

Sayangnya belum sempat Maria mengutarakan perasaanya pada Fahri, ia harus pindah ke kota lain. Sekembalinya Maria ke rumahnya, ia dikagetkan dengan kabar bahwa Fahri sudah menikah dengan wanita lain. Tentu saja hal ini membuat Maria sangat terpukul dan patah hati, alhasil ia seperti telah kehilangan cahaya dalam hidupnya.

Hingga lambat laun kondisinya semakin memburuk, apalagi setelah kejadian tabrak lari yang menimpanya. Hingga Maria terbangun, seusai Fahri mengucapkan ijab kabul yang disambut dengan kata syahadat dari Maria. Hingga hidup membuatnya sadar, ternyata keinginannya memiliki Fahri tanpa sengaja telah menyakiti pria yang dicintainya dan Aisha.

4. Melanie Putria (Nurul Azkiya)

Melanie Putria (Nurul Azkiya)

Sebenarnya sudah sejak lama Nurul Azkiya menyimpan perasaan cintanya pada Fahri. Putri dari Kyai besar di Jawa Timur ini dikenal sebagai sosok yang cerdas dan percaya diri. Makanya apapun yang berhubungan dengan Fahri, Nurul akan berusaha untuk membantunya semaksimal mungkin. Saking cintanya, beberapa kali ia memohon agar orang tuanya mau melamarkan Fahri untuknya.  

Sama seperti perempuan lainnya, Nurul juga merasakan patah hati yang mendalam saat tahu Fahri menikah dengan Aisha. Ia sampai merobek buku tempatnya mencurahkan seluruh rasa cintanya pada Fahri dan hampir kehilangan semangat hidup. Setelah berbagai hal yang dilaluinya, Nurul tetap mau membantu Fahri agar pria itu mendapatkan keadilan atas hal yang tidak pernah dilakukannya.

5. Zaskia Adya Mecca (Noura Bahadur)

Zaskia Adya Mecca (Noura Bahadur)

Noura Bahadur bisa dikatakan sebagai gadis paling menyedihkan yang pernah ditemui oleh Fahri. Sejak pertama kali bertemu, Noura adalah gadis pemalu yang harus bekerja keras untuk hidupnya. Pasalnya gadis ini selalu mendapatkan perlakuan yang sangat buruk dari ayahnya. Selain itu Noura juga menyimpan rasa cinta untuk Fahri, sampai-sampai ia menitipkan surat cinta untuk pria itu.

Sayangnya tidak pernah ada balasan dari surat tersebut, yang membuat hatinya merasa sedih. Tapi entah ada angin apa, Noura tiba-tiba saja menuduh Fahri telah memperkosanya sampai hamil. Padahal jika bukan karena Fahri, Noura tidak akan bisa bertemu dengan kedua orang tuanya. Bahkan jika bukan karena Fahri, Noura akan selamanya berada di bawah jeratan ayah angkatnya yang bejat.

6. Sellen Fernandez (Bahadur)

Sellen Fernandez (Bahadur)

Pria yang yang berbadan besar dengan potongan rambut gondrongnya ini bisa dikatakan jagoan di daerah tempat tinggal Fahri. Pasalnya Bahadur memang memiliki sifat yang keras dan tidak segan untuk memakai kekerasan pada siapapun. Saking bejatnya Bahadur, ia dengan teganya menjadikan anak-anak perempuanya sebagai pekerja seks demi mendapatkan uang.

Terlebih lagi, ternyata Bahadur adalah dalang utama dibalik semua sikap aneh yang Noura tunjukan. Ternyata pria ini sudah membuat skenario, supaya Fahri mendapatkan hukuman mati di pengadilan. Jadi Bahadur menyuruh Noura untuk berbohong, bahwa ia telah diperkosa oleh Fahri hingga mengandung. Padahal semua ini adalah perbuatan bejatnya, lalu ia sengaja menjebak Fahri untuk membalaskan dendamnya.

7. Marini (Madam Nahed)

Marini (Madam Nahed)

Karakter lain yang tidak bisa dianggap remeh yaitu Madam Nahed, ibu kandung dari Maria. Jika melihat karakter Maria sekarang ini, semuanya sangat mirip dengan karakter ibunya. Madam Nahed adalah perempuan yang sangat terbuka dan berpikiran luas, dengan kepribadiannya yang ramah. Wanita ini selalu mendukung putrinya, bahkan ia merelakan Maria menjadi mualaf demi kebahagiaannya.

8. Kawan-Kawan Fahri

Kawan-Kawan Fahri

Karakter terakhir yang akan kita bahas adalah kawan-kawan yang tinggal satu flat dengan Fahri. Ada Syaiful (Oka Antara), Rudi (Dennis Adhiswara) dan Hamdi (Andreas Sullivan). Ketiga orang ini tidak hanya teman satu kamar Fahri, tapi sudah terasa seperti keluarga baginya. Alasannya karena ketiganya selalu mendukung dan mempercayai Fahri dalam keadaan apapun.

Ayat-Ayat Cinta (2008) memang menjadi salah satu film paling fenomenal di Indonesia. padahal film ini dirilis tahu 2000-an, tapi filmnya tetap saja berhasil membuat penontonnya menangis. Makanya jangan lupa untuk mengunjungi Showpoiler, supaya kamu bisa membaca review filmnya. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram