logo web

10 Pemeran Dune, Film Sci-Fi Adaptasi Novel Karya Frank Herbert

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Novel Dune karya Frank Herbert diakui sebagai novel fiksi ilmiah terlaris sepanjang masa. Dengan seting kolosal dan penggambaran dunia masa depan yang sangat imajinatif, sejak awal kehadirannya novel ini sudah dicap akan sulit untuk difilmkan.

Terbukti dengan buruknya kualitas film Dune (1984) karya David Lynch dan miniseri Frank Herbert’s Dune (2000) yang ditayangkan di channel Syfy.

Tapi ketika film Dune karya Denis Villeneuve ini hadir memukau para penikmat film sedunia, anggapan itu termentahkan sudah. Film ini tampil dengan segala kelengkapan kualitas di segala sisinya, tidak ada yang terlewatkan.

Hampir semua kategori teknis di ajang Academy Awards dimenangi oleh film ini, membuktikan bahwa kualitas yang ditampilkan di layar tidak terbantahkan lagi.

Meski dari sisi akting tidak ada yang mewakili di pentas Oscar, bukan berarti para pemerannya bermain dengan buruk. Semua aktor dan aktris di film ini terasa sesuai dengan karakter yang mereka bawakan, meski beberapa diantaranya hanya singkat saja. Siapa saja para pemerannya? Langsung simak artikel berikut ini, ya!

1. Timothée Chalamet (Paul Atreides)

Timothée Chalamet (Paul Atreides)

Paul Atreides adalah putra mahkota Kerajaan Atreides. Dia adalah putra Duke Leto dari selirnya, Lady Jessica. Sedari kecil, Paul sudah dilatih untuk menjadi pewaris tahta. Beberapa orang kepercayaan Duke Leto menurunkan ilmu mereka kepadanya.

Tidak hanya kemampuan bela diri dan keahlian strategi saja, tapi juga ilmu pengetahuan dan wawasan yang dapat menunjang saat dia siap memimpin pada waktunya.

Paul juga diajari oleh ibunya ilmu mempengaruhi orang lain yang merupakan keahlian kelompok Bene Gesserit. Seolah semua yang diajarkan padanya memang untuk mempersiapkannya ketika saatnya tiba bagi Paul untuk menjadi sosok yang diramalkan oleh kaum Fremen.

Mereka menyebutnya “Lisan al-Ghaib”, sosok penyelamat yang akan membebaskan mereka dari penindasan.

Sosok Paul diambil dari eskatologi Islam tentang Al-Mahdi, tokoh penyelamat umat manusia di akhir zaman. Apalagi kaum Fremen adalah penghuni planet yang topografinya adalah gurun pasir, mengingatkan kita akan bangsa Arab.

Paul sering bermimpi tentang kejadian-kejadian yang belum pernah dia lihat, tapi terasa sangat nyata. Mimpi itu antara lain tentang sosok wanita bangsa Fremen yang akhirnya dia temui saat terdampar di Planet Arrakis. Selain itu, Paul juga bermimpi tentang perang besar dimana dia bertempur di sisi kaum Fremen.

Timothée Chalamet yang menjadi idola baru di Hollywood berkat performa aktingnya yang memukau di semua film yang dibintanginya, terasa sangat tepat untuk memerankan karakter Paul. Usia muda dengan wajah tampan penuh kharisma memang adalah pilihan tepat untuk menjadi tokoh utama dari kisah kolosal ini. Perannya akan lebih besar di film lanjutannya.

2. Rebecca Ferguson (Lady Jessica Atreides)

Rebecca Ferguson (Lady Jessica Atreides)

Ibu dari Paul dan selir Duke Leto ini bukanlah permaisuri biasa. Dia dididik dan ditempa di kelompok Bene Gesserit yang memiliki kemampuan khusus dan pengaruh besar terhadap politik di galaksi mereka. Lady Jessica mengajari ilmu yang dimilikinya kepada Paul yang berguna untuk perjuangannya di masa depan.

Ketika terjadi penyerangan, Jessica tertangkap dan hendak dibuang. Dia menggunakan ilmunya kepada pasukan pengawal yang membuat ornithopter yang mereka kendarai terjatuh. Bersama Paul, Jessica memulai petualangan demi menyelamatkan diri dan berjuang melawan tirani yang menghancurkan bangsanya.

Rebecca Ferguson berhasil menampilkan sosok permaisuri misterius yang memiliki ilmu kanuragan tinggi. Saat bersama Paul, terlihat jelas di wajahnya rasa cinta seorang ibu kepada putranya tersayang.

3. Oscar Isaac (Duke Leto Atreides)

Oscar Isaac (Duke Leto Atreides)

Sebagai pemimpin tertinggi bangsanya, Duke Leto adalah sosok yang berwibawa dan tegas dalam memerintah. Ketika dipercaya untuk melanjutkan tugas mendulang spice di Planet Arrakis, dia menerimanya dan berusaha menjalankannya dengan baik.

Semua persiapan langsung digelar. Dan saat dia mendarat di planet tersebut, semua operasional sudah siap dijalankan.

Duke Leto bukanlah seorang pemimpin yang zalim seperti penguasa sebelumnya dari bangsa Harkonnen. Dia ingin menciptakan kehidupan yang damai di planet itu. Dia mencanangkan bangsa Atreides bisa hidup berdampingan dengan kaum Fremen.

Dan dia juga memikirkan untuk meningkatkan taraf hidup bangsa gurun itu yang sebelumnya berada dalam ketertindasan.

Sayang, pengkhianatan terjadi dan bangsanya diserang. Dia harus berkorban dan tewas setelah berusaha menebarkan racun ke ruangan yang dipenuhi para pejabat bangsa Harkonnen. Kharisma Oscar Isaac terlihat jelas sebagai sosok pemimpin yang adil. Ketegasan sikapnya dalam mendidik Paul, mampu dia tampilkan dengan baik.

4. Josh Brolin (Gurney Halleck)

Josh Brolin (Gurney Halleck)

Gurney Halleck adalah ahli persenjataan, panglima perang bangsa Atreides, dan guru bagi Paul. Sebagai orang kepercayaan Duke Leto, dia sealu ada di sisi pemimpinnya itu.

Ketika serangan dari bangsa Harkonnen datang, Gurney melawan semampunya, meski akhirnya kalah juga. Walau hanya singkat saja, tapi akting Josh Brolin cukup baik dan bisa menampilkan kharismanya sebagai seorang panglima perang.

5. Jason Momoa (Duncan Idaho)

Jason Momoa (Duncan Idaho)

Duncan Idaho adalah seorang ahli pedang dan ksatria utama bangsa Atreides. Dia sering dikirim untuk memimpin pasukan ke planet lain. Salah satu tugas utamanya adalah mempersiapkan keamanan bagi Duke Leto di Planet Arrakis dengan melakukan negosiasi kepada kaum Fremen.

Dalam mimpi Paul, Duncan berperang di sisi kaum Fremen. Ini terbukti ketika Duncan berhasil menjalin pertemanan dengan pemimpin kaum Fremen, Stilgar. Ketika bangsa Harkonnen menyerang, Duncan berusaha mencari keberadaan Paul dan Lady Jessica. Dia berhasil menemukan mereka di gurun dan membawanya ke tempat yang aman.

Tapi ternyata tempat itu diserang oleh pasukan Sardaukar. Duncan harus mengorbankan diri agar Paul dan Lady Jessica bisa pergi dari tempat itu dengan selamat.

Rasanya tidak ada aktor yang pantas memerankan karakter ini selain Jason Momoa. Sosoknya yang gagah dan berkharisma cocok memerankan karakter yang menjadi salah satu guru bagi Paul ini.

6. Stellan Skarsgård (Baron Vladimir Harkonnen)

Stellan Skarsgård (Baron Vladimir Harkonnen)

Pemimpin bangsa Harkonnen ini memiliki fisik yang sangat menakutkan. Sikapnya sangat intimidatif, terutama kepada lawannya, yaitu Duke Leto.

Dia tidak setuju dengan keputusan Padishah Emperor yang menggantikan bangsanya dengan bangsa Atreides untuk menjadi penguasa dan pengelola spice di Planet Arrakis. Tapi ternyata itu hanyalah rekayasa saja untuk sebuah rencana keji yang akan dijalankan.

Padishah Emperor sebenarnya ingin memusnahkan bangsa Atreides yang dianggapnya sebagai ancaman. Oleh karena itu, beliau menitahkan bangsa Harkonnen menyerang bangsa Atreides di Planet Arrakis dengan bantuan pasukan Sardaukar milik Emperor.

Baron Vladimir adalah satu-satunya orang yang selamat dari racun yang disebar oleh Duke Leto menjelang kematiannya. Kebenciannya semakin menjadi begitu mengetahui putra mahkota Atreides selamat. Stellan Skarsgård yang memerankan karakter ini nyaris tidak dikenali karena penggunaan riasan dan kostum yang menyelimuti tubuhnya.

7. Dave Bautista (Beast Rabban Harkonnen)

Dave Bautista (Beast Rabban Harkonnen)

Keponakan Baron Vladimir ini dipercaya untuk memimpin penyerangan bangsa Atreides di Planet Arrakis. Berikutnya, dia dipercaya oleh pamannya untuk kembali menguasai planet tersebut dan mengolah spice seperti sebelum bangsa Atreides datang.

Fisiknya yang besar dan menakutkan, pasti bisa membuat gentar lawan-lawannya. Apalagi dia tangguh dalam berkelahi dan memiliki otak yang licik.

Dave Bautista yang sukses memerankan Drax di Marvel Cinematic Universe, melanjutkan karir filmnya yang sedang gemilang lewat film ini. Penampilannya cukup mengesankan, meski hanya hadir di beberapa adegan saja. Mungkin di film sequel-nya nanti, dia akan menjadi lawan utama Paul dan kaum Fremen.

8. Zendaya (Chani)

Zendaya (Chani)

Sosok misterius yang selalu hadir di mimpi Paul, Chani selalu mengganggu pikirannya hingga Paul bertemu dengannya di Planet Arrakis. Chani memberikan pedang milik keluarganya kepada Paul saat dia ditantang duel oleh Jamis. Dia menyambut Paul setelah kemenangannya, dan mendampingi dalam petualangannya.

Termasuk salah satu aktris yang sedang laris di Hollywood, Zendaya mulai terbiasa bermain di film-film besar. Perannya sebagai MJ di Marvel Cinematic Universe berhasil dibawakannya dengan baik, dan dia akan memperpanjang karirnya lewat film Dune yang kemungkinan akan memiliki dua film sequel.

9. Javier Bardem (Stilgar)

Javier Bardem (Stilgar)

Pemimpin kaum Fremen ini memiliki pos di Sietch Tabr. Dia bertemu dengan Paul dan Lady Jessica ketika mereka melakukan pelarian dari serangan pasukan Sardaukar. Stilgar baru memulai kerja sama yang baik dengan bangsa Atreides setelah berteman dengan Duncan Idaho. Oleh karena itu, dia menerima Paul dengan tangan terbuka.

Karakter yang dibawakan oleh aktor peraih Oscar lewat film No Country for Old Men (2007) ini memang belum terlihat perannya di film ini. Tapi bisa dipastikan, dia akan menjadi pemimpin utama perjuangan kaum Fremen dalam menghadapi bangsa Harkonnen yang menguasai kembali planetnya.

10. Charlotte Rampling (Reverend Mother Mohiam)

Charlotte Rampling (Reverend Mother Mohiam)

Pimpinan organisasi Bene Gesserit ini adalah sosok yang sangat misterius. Dia memiliki kemampuan untuk membuktikan kejujuran seseorang. Dia menggunakan ilmunya ini untuk mengetahui mimpi-mimpi yang dialami oleh Paul.

Reverend Mother Mohiam adalah orang kepercayaan Padishah Emperor. Keterlibatannya dalam pemusnahan bangsa Atreides masih menjadi tanda tanya.

Charlotte Rampling, aktris senior yang pernah masuk nominasi Oscar lewat film 45 Years (2015) ini berhasil menghadirkan kharisma misterius yang bisa membuat siapa saja bergidik dan gemetar di hadapannya, termasuk Paul.

Perannya mungkin hanya sepintas, tapi bisa jadi akan memegang posisi penting dalam jalan cerita di film selanjutnya, mengingat dia adalah orang kepercayaan Padishah Emperor.

Itulah 10 aktor dan aktris yang bermain di film Dune. Nama-nama besar mereka semakin menambah bobot kualitas film yang sangat bagus di sisi teknis ini. Ada beberapa karakter diantaranya yang masih mendapat porsi adegan yang sedikit, tapi menyimpan potensi untuk berperan lebih besar di film sequel-nya kelak.

Salah satu nominasi Best Picture Oscar ini adalah film yang wajib kalian tonton. Tidak ada alasan untuk menundanya lagi. Selamat menyaksikan!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram