logo web

7 Pemeran Penting dalam Film Horor-Fantasi Jagat Arwah (2022)

Ditulis oleh Suci Maharani R

Jagat Arwah (2022) menjadi salah satu film horor dan fantasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Film garapan Ruben Adrian ini menyuguhkan kisah yang dekat dengan mitos horor di tanah Jawa.

Untuk melengkapi filmnya, sang sutradara menambahkan efek visual yang sangat menjanjikan. Tak heran filmnya dapat memanjakan mata para penontonnya dan memberikan kesah fresh bagi penonton.

Namun ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, yaitu penampilan dari seluruh pemeran utama dan pendukungnya.

Ruben Adrian mendapuk deretan aktor populer, seperti Oka Antara, Ari Irham, Ganindra Bimo, Sheila Dara Aisha hingga Cinta Laura. Tak hanya aktingnya saja yang terlihat luar biasa, tapi penjiwaan karakter dan emosi yang mereka berikan bikin penonton merinding.

Makanya, kali ini Showpoiler akan menjelaskan lebih detail lagi mengenai karakter dan siapa saja pemeran yang ada di film Jagat Arwah (2022). Sudah pada penasaran dong? Kamu bisa mencari tahu informasi lengkapnya hanya di bawah ini.

1. Raga (Ari Irham)

Raga (Ari Irham)

Tahun 2022 sepertinya menjadi tahun keemasan untuk karir akting Ari Irham. Dalam waktu yang berdekatan, aktor kelahiran tahun 2001 ini berhasil memukau para penonton dengan kemampuan aktingnya.

Ari irham menunjukkan, bahwa ia tidak hanya mengandalkan ketampanannya saja. Ari menunjukkan bahwa ia benar-benar melatih bakat akting dan penjiwaan karakternya dengan baik.

Hal ini terlihat dari cara Ari Irham memerankan karakter Raga dalam Jagat Arwah (2022). Dilihat dari penampilan luarnya, penambahan kumis dan warna kulitnya yang gelap bikin pangling banget.

Namun hal yang lebih mencolok, Ari terlihat memiliki pengendalian emosi dan ekspresi yang jauh lebih baik. Aktor muda ini berhasil mengimbangi kebrilianan akting Oka Antara dan Ganindra Bimo.

Adapun karakter Raga yang diperankannya adalah sosok anak muda yang memiliki pasion soal musik. Namun semua cita-citanya itu harus terhalang oleh takdir yang membuatnya jadi Aditya ke tujuh.

Sejak hari itu, Raga harus melepaskan mimpinya dan fokus menjadi penjaga batu jagat dan dua alam. Ada banyak hal yang dirasakan oleh Raga, hingga ia bisa yakin dengan jalan hidup yang dipilihnya.

2. Jaya (Oka Antara)

Jaya (Oka Antara)

Kehadiran Oka Antara dalam Jagat Arwah (2022) memang jadi playmaker yang paling menjanjikan. Kalau soal akting, Oka Antara memang jago banget bikin penonton fokus pada karakternya.

Kali ini, Oka Antara akan memerankan sosok antagonis yang tidak akan diduga oleh siapapun. Karakter yang diperankannya bernama Jaya atau dikenal juga dengan nama Kanjeng Jaya.

Pria ini bekerja sebagai pengusir hantu seperti ayah Raga, hanya saja ia tidak memiliki keturunan Aditya. Paman dari Raga ini awalnya berusaha membuat keponakannya menguasai kekuatan Aditya ke tujuh. Tapi di akhir, Jaya justru berkhianat dan berusaha menggunakan batu jagat untuk kepentingannya.

Ia bertekad untuk mengubah tatanan dua dunia dengan menggunakan kekuatan batu jagat. Hal yang paling disayangkan dari karakter yang diperankan oleh Oka Antara ini adalah development karakternya.

Dalam Jagat Arwah (2022) karakter Jaya kurang di eksplore, sehingga penonton mungkin kurang bisa merasakan emosi dan bonding Jaya dengan Raga. Tak hanya itu, karakter satu ini sangat misterius karena tidak ada background story yang mendukungnya.

3. Genderuwo / Dru (Ganindra Bimo)

Genderuwo / Dru (Ganindra Bimo)

Ganindra Bimo mungkin menjadi aktor yang penampilannya paling mencolok dalam Jagat Arwah (2022). Bayangkan saja, Ganindra Bimo sampai rela duduk di ruang make up selama berjam-jam untuk tampil serba hitam selayaknya genderuwo asli.

Pemasangan ornamen yang digunakannya butuh waktu sekitar 1,5 jam dan waktu yang hampir sama juga dibutuhkan untuk melepaskannya.

Tapi tak hanya penampilan luarnya saja yang terlihat sangat menjanjikan. Penjiwaan karakter yang diberikan oleh Ganindra Bimo sebagai Genderuwo atau Dru ini patut diacungi jempol. Pasalnya, sang aktor benar-benar terlihat seperti sosok astral yang hobi menjahili manusia.

Ternyata, Ganindra Bimo melakukan riset karakter dengan memperhatikan tingkah anjing peliharaannya. Adapun karakter Dru yang diperankannya adalah sosok genderuwo yang bertugas menjadi pengawal Aditya.

Ia berteman baik dengan Aditya keenam, namun memiliki hubungan yang agak buruk dengan Aditya ke tujuh atau Raga. Sebenarnya Dru ini sosok yang sangat setia dan berbakti, tapi perbuatannya kadang sulit untuk dipahami dan agak nakal.

4. Kuntilanak (Sheila Dara Aisha)

Kuntilanak (Sheila Dara Aisha)

Beralih ke sosok Kuntilanak anti serem, inilah sosok Kunti yang diperankan oleh Sheila Dara Aisha. Jika menelaah aktingnya, sebenarnya Sheila Dara Aisha menampilkan akting yang sangat baik.

Sebagai sosok Kuntilanak, ada rasa sedih dan sisi menggoda yang ditampilkan olehnya. Sayangnya, development karakter untuk Kunti memang sangat minim dan bikin penonton bingung.

Pasalnya, Kunti mengutarakan bahwa ia memiliki masa lalu dengan Raga. Namun, tidak perlihatkan, masa lalu seperti apa yang membuat Kunti sampai menanti selama puluhan tahun.

Sisi mellow dalam diri Kunti ini terasa kurang menyentuh, karena penonton tidak tahu se tragis apa kisah mereka. Setidaknya, penampilannya dalam film ini memang berbeda dari karakter yang pernah diperankannya.

5. Nonik (Cinta Laura)

Nonik (Cinta Laura)

Karakter lainnya yang harus banget dinantikan oleh para penonton adalah Nonik yang diperankan oleh Cinta Laura. Aktris cantik ini akan memerankan sosok hantu yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit manusia bernama Nonik.

Sosok satu ini memang tidak banyak berbicara, ia hanya melakukan segalanya dengan tindakan yang jelas dan pasti. Kekuatan lainnya yang dimiliki oleh Nonik adalah ia bisa melihat kilasan masa depan. Karakter Nonik ini diperankan dengan sangat baik oleh Cinta Laura.

Aktris cantik ini memang tidak banyak berbicara, tetapi sikap diam dan keseriusannya yang membuat penampilannya luar biasa. Akting seperti ini memang jauh lebih sulit, karena Cinta Laura benar-benar harus berkonsentrasi penuh memerankan Nonik.

6. Sukmo (Kiki Narendra)

Sukmo (Kiki Narendra)

Karakter lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Sukmo atau bapak kandung dari Raga. Meski terkesan menyeramkan, sebenarnya bapak Sukmo adalah sosok ayah yang penuh kasih sayang dan baik hati.

Sukmo sendiri diketahui sebagai Aditya keenam yang tidak ingin putranya mengalami masa-masa sulit yang sama sepertinya di masa lalu. Karakter bapak Sukmo ini diperankan oleh aktor senior dan pastinya sudah dikenal oleh banyak orang yaitu Kiki Narendra.

Aktor satu ini memang kerap jadi langganan di berbagai film horor, salah satunya KKN Di Desa Penari (2022). Dalam film ini, Kiki Narendra memberikan vibes seorang ayah yang penuh kasih sayang dan Aditya ke enam yang teguh dengan takdirnya.

7. Kus (Muhammad Khan)

Kus (Muhammad Khan)

Muhammad Khan sebenarnya salah satu aktor hebat dan underrated banget di Indonesia. Sayangnya, Jagat Arwah (2022) tidak memberikan panggung yang pas untuk bakat aktingnya.

Pasalnya, karakter Kus yang diperankannya dalam film ini, tidak memiliki fungsi yang jelas. Sang aktor hanya muncul di awal dan pertengahan film, development karakternya sangat buruk.

Inilah penjelasan lengkap mengenai karakter yang ada dalam film Jagat Arwah (2022). Jika dilihat dari penjelasan di atas, sebenarnya setiap karakter memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, akting yang mereka berikan memang sangat berkelas. Makanya, para penonton pasti 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram