logo web

7 Pemeran Film National Treasure: Book of Secrets (2007)

Ditulis oleh Siti Hasanah

National Treasure tadinya tidak direncanakan untuk dibuat sekuel. Namun, pencapaian yang luar biasa film ini membuat sutradara Jon Turteltaub melanjutkan petualangan Ben (Nicolas Cage) mencari harta karun Templar lainnya. Di National Treasure 2, Ben mengalami kondisi yang sulit. Ia juga harus membersihkan nama keluarga Gates yang dituduh membunuh Presiden AS terdahulu.

Ia kembali meminta Riley (Justin Bartha) dan Abigail (Diane Kruger) membantunya kembali menemukan harta terpendam sekaligus menguak misteri pembunuhan Presiden. Perjalanan Ben tidak lebih berliku saat ini. Dirinya harus menghadapi lebih banyak pihak yang mencoba menghentikannya. Lalu, siapa saja pemeran yang muncul dalam National Treasure: Book of Secrets ini? Ini dia infonya!

1. Benjamin “Ben” Gates (Nicolas Cage)

Benjamin “Ben” Gates (Nicolas Cage)

Aktor kawakan Amerika, Nicolas Cage, kembali dipercaya untuk memerankan karakter Benjamin Gate. Dia adalah generasi kedelapan keluarga Gates yang terkenal sebagai pemburu harta. Pria yang akrab disapa Ben itu kini menjadi orang penting di AS. Karena penemuan harta karun itu, dirinya kerap diminta untuk berbicara di forum resmi.

Di satu forum, Ben bertemu seorang pria yang ternyata adalah keturunan dari saksi yang melihat pembunuhan presiden di masa silam. Pria itu menyanggah pembicaraan Ben dengan menunjukkan bukti otentik bahwa Thomas Gates (Joel Gretsch) adalah orang yang melakukan pembunuhan terhadap presiden dulu. Menurut catatannya, Thomas membunuh demi harta karun Templar.

Mendengar hal itu, publik merasa dibohongi oleh keluarga Gates sehingga Ben dan keluarganya kembali dianggap sebagai keluarga bermasalah. Hal itu mendorong Ben untuk mencari harta karun itu demi mengembalikan nama baik keluarga Gate.

Ben pun kembali mendatangi Riley dan Abigail agar mau membantunya. Namun, di sini rupanya bukan harta karun yang ia cari, melainkan kota emas. Lokasi kota tersebut sangat tersembunyi dan dipenuhi kode-kode serta sandi yang rumit.

Apakah tantangan yang harus dihadapi Ben hanya sekadar mengumpulkan orang-orang dan memecahkan kode? Oh, tentu tidak! Ben kali ini menghadapi orang-orang yang lebih lihai dan lebih sulit diyakinkan, termasuk Abigail sendiri. Selain itu, ia harus berusaha menemukan lokasi kota emas dan ingin keluarga Gates dipandang sebagai keluarga pahlawan seperti dulu.

2. Riley Poole (Justin Bartha)

Riley Poole (Justin Bartha)

Nah, Justin Bartha adalah salah satu pemeran yang dipertahankan sebagai salah satu pemeran utama National Treasure. Pada sekuel filmnya, Riley masih digambarkan sebagai teman Ben dalam mencari harta karun Templar. Namun, situasinya kini berbeda.

Di film ini, Ben bukan satu-satunya orang yang menghadapi kesulitan. Riley tengah menghadapi masa-masa sulit. Ia bangkrut karena ditipu oleh karyawannya sendiri dan kehilangan mobil ferarinya karena menunggak pajak. Selain itu, dia ingin buku mengenai harta karun Templar yang ditulisnya laris.

Ketika Ben memintanya untuk membantu mencari harta karun yang ternyata adalah sebuah kota emas, Riley dengan senang hati membantunya. Kemampuannya sebagai ahli komputer banyak membantu Ben dalam proses pencarian kota emas.

Tulisan di dalam buku yang ditulis Riley bahkan membantu proses pencarian lebih mudah. Riley memang tidak seberani Ben dan mengambil risiko, namun kejeliannya melihat simbol dan menerjemahkan maknanya banyak membantu Ben.

Keberhasilannya memecahkan kode-kode kota emas itu pun mengubah hidup Riley. Ia kembali berjaya dan dibebaskan dari pajak. Yang tidak kalah penting adalah bukunya yang masih menumpuk, kini laris di pasaran.

3. Abigail Chase (Diane Kurger)

Abigail Chase (Diane Kurger)

Abigail Chase yang di film ini berstatus istri Ben kembali mendapatkan posisinya sebagai pemeran utama. Meskipun pernikahan mereka tidak berjalan lancar, Abigail ujung-ujungnya kembali ke dalam line up orang-orang yang membantu Ben mencari harta karun.

Abigail awalnya menolak membantu Ben, ia melihat bahwa pria itu tidak bisa menjaga pernikahannya. Maka dari itu, ia merespons sikap manis Conor (Ty Burrell), koleganya. Namun, toh pada akhirnya ia ikut membantu Ben. Dia bahkan tanpa sadar ikut dalam “drama” yang diciptakan suaminya itu ketika berhadapan dengan tim keamanan presiden.

Abigail membantu Ben mengakses kantor-kantor pemerintah demi mendapatkan petunjuk ke lokasi kota emas. Sialnya, lokasi-lokasi tersebut merupakan bagian dari teritorial pemerintah di mana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Maka dari itu, Abigail memanfaatkan koleganya, termasuk Conor agar dapat masuk ke tempat-tempat khusus.

4. Patrick Gates (Jon Voight)

Patrick Gates (Jon Voight)

Patrick Gates di sekuel National Treasure ini tidak lagi meragukan Ben. Ia bahkan memberikan kontribusi yang besar dalam proses pemecahan kode-kode yang menunjukkan lokasi kota emas.

Dirinya kini sudah sepenuhnya menjadi support Ben. Terlebih saat keluarga Gates dituduh sebagai pembunuh presiden dulu, Patrick menjadi semakin bersemangat untuk memulihkan nama keluarga.

Ketika Ben membawa sebuah petunjuk berbentuk potongan kayu bersimbol, Patrick berusaha membaca simbolnya. Namun, Patrick tidak punya pengetahuan banyak mengenai simbol itu. Ia hanya berhasil membaca satu simbol pertama.

Meski begitu, Patrick tidak putus asa. Dia tetap membantu Ben dengan cara menyambungkan putranya itu pada pihak-pihak yang memang lebih punya kapasitas untuk membantu Ben. Yang tidak kalah penting adalah, Patrick tetap menemani Ben dan yang lainnya ke lokasi kota emas. Sampai akhirnya kota tersebut ditemukan, Patrick tetap mengawasi penelitiannya.

5. Emily Appleton Gates (Helen Mirren)

Emily Appleton Gates (Helen Mirren)

Emily merupakan salah satu karakter baru di sekuel film ini. Dia adalah ibu Ben. Di film perdananya, Emily tidak disebutkan. Baru di film ini dia diceritakan punya hubungan yang buruk dengan ayah Ben, Patrick. Bahkan keduanya tidak saling menyapa selama 32 tahun.

Dengan adanya petunjuk yang diberikan Ben, Patrick terpaksa menuruti permintaan Ben untuk menghubungi Emily demi menguak makna di balik potongan kayu bersimbol itu. Di luar dugaan, Emily bersedia membantunya.

Rupanya Ben dan Patrick punya musuh yang sama-sama mengejar kota emas. Rival Ben kali ini berhasil menemukan Emily dan memaksa wanita itu untuk memberitahukan simbol itu. Pada Emily, Rival Ben mengungkapkan bahwa dia ingin Emily menyesatkan Ben dengan cara memberitahukan informasi yang salah.

Namun, Emily punya strategi demi membantu putranya itu sampai akhirnya kota itu ditemukan dan diserahkan pada pemerintah. Emily dan Patrick bekerja sama mengawasi penelitian kota emas untuk diekspos ke publik.

6. Mitchell “Mitch” Wilkinson (Ed Harris)

Mitchell “Mitch” Wilkinson (Ed Harris)

Secara garis besar, Mitchell “Mitch” Wilkinson adalah orang yang menggantikan Ian Howe di National Treasure pertama, yakni karakter antagonis. Mitch adalah orang yang mengejar Ben demi harta karun itu. Pria itu adalah keturunan Wilkinson yang menyanggah fakta keluarga Gate. Menurutnya, fakta yang diungkap Ben itu tidak benar dan menyesatkan.

Thomas Gates, leluhur Ben, adalah orang yang membunuh presiden, bukan orang yang menerima petunjuk terakhir dari Charles Carroll dulu. Keyakinan Wilkinson ini didukung oleh bukti yang kuat sehingga banyak pihak yang menuduh Ben berbohong.

Selanjutnya, Mitch menjadi rival Ben. Ia mengikuti Ben dan mencari berusaha menjegal jalan pria itu agar gagal sampai di lokasi kota emas. Ben dan Mitch berlomba sampai di tempat yang disinyalir kota emas.

Di sini terungkap bahwa Mitch sesungguhnya tidak mengejar bongkahan emas di kota itu, melainkan ingin membersihkan nama Wilkinson di mata publik Amerika. Maka dari itu, ia rela berkorban terjebak di kota emas asal Ben mau menyebut keluarga Wilkinson dan menceritakan hal baik mengenai keluarganya.

7. President USA (Bruce Greenwood)

President USA (Bruce Greenwood)

Nah, Presiden AS ini pun adalah karakter baru di sekuel National Treasure. Dia tahu mengenai sepak terjang Ben dan perjalanannya menemukan harta karun Templar dulu. Ketika Ben menghampiri presiden, dirinya sudah tahu bahwa pria itu punya maksud khusus.

Beruntung sekali Presiden bersikap kooperatif dan mendukung upaya Ben. Pemimpin AS itu mau membantu Ben dengan cara mengungkap petunjuk di The Book of President. Buku itu merupakan buku yang hanya bisa dibaca oleh Presiden AS dan berisi penggalan kata yang akan mengarahkan Ben ke lokasi kota emas.

Presiden percaya Ben akan berhasil mengungkapnya. Dan dirinya hanya berpesan pada Ben untuk memberitahukan kode-kode yang didapatkan Ben dari buku istimewa itu.

Demikianlah informasi pemeran di film National Treasure: Book of Secrets. Dalam film ini, sejujurnya tidak ada kompetisi merebut harta karun. Pasalnya baik Ben dan Mitch ingin nama keluarga mereka bersih.

Keduanya juga sama-sama ingin mengungkap kebenaran tentang potongan petunjuk yang ditemukan. Jadi, seperti apa ending dari National Treasure: Book of Secrets? Tonton langsung keseluruhan ceritanya melalui layanan streaming favoritmu, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram