logo web

10 Pemeran Film Parker, Jason Statham sebagai Jagoan dari Novel

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Parker adalah karakter fiktif yang diciptakan oleh penulis novel asal Amerika, Donald E. Westlake. Sudah 28 novel yang ditulis oleh Westlake dibawah nama aliasnya, Richard Stark.

Terentang sejak tahun 1962 hingga 2008, rangkaian novel ini digandrungi oleh pembaca yang menyukai kisah action thriller.

Sudah berkali-kali kisah Parker diangkat ke dalam film, tapi baru lewat film inilah Parker menggunakan nama yang sesuai dengan di novelnya.

Hal ini terjadi karena Westlake tidak memberikan izin penggunaan nama Parker untuk seluruh film itu. Dia memberikan syarat yang cukup berat untuk dipenuhi, yaitu jika ingin mengadaptasi satu novelnya maka harus mengadaptasi seluruh novel Parker lainnya.

Persyaratan ini menjadi renggang ketika Westlake telah wafat dan hak ciptanya dipegang oleh istrinya. Dia memberikan izin dengan satu syarat yang hampir serupa, yaitu adaptasi atas keseluruhan novelnya jika film Parker ini sukses.

Tapi sayangnya, ekspektasi tersebut tidak terpenuhi dan masa depan Parker di dunia film menjadi buram kembali. Meski begitu, performa Jason Statham sebagai Parker diakui sangat pantas.

Selain Statham, masih ada beberapa pemeran lainnya yang beberapa diantaranya memiliki nama besar di dunia film. Siapa saja mereka? Yuk, langsung disimak saja artikel berikut ini.

Baca juga: Sinopsis dan Review Parker (2013), Balas Dendam Sang Pencuri

1. Parker (Jason Statham)

Parker (Jason Statham)

Parker adalah seorang pencuri profesional. Dia berguru kepada Hurley, yang juga sering memberikannya tugas pencurian. Dia sebenarnya terbiasa bekerja sendirian, maka ketika dibawa bergabung dalam sebuah tim, dia merasa kesulitan dengan perbedan pemikiran anggota lainnya.

Meski seorang pelaku kriminal, Parker memiliki kode etik tersendiri. Dia tidak pernah melakukan pembunuhan dalam aksinya.

Maka ketika aksi Melander dan timnya menyebabkan ada nyawa yang melayang, Parker langsung berkonfrontasi dengan mereka yang membuatnya nyaris mati.

Sebagai seorang profesional, Parker sangat pandai dalam membuat rencana untuk membalaskan dendamnya kepada orang yang pernah menyakitinya.

Dia sampai membeli apartemen hanya untuk bisa mengintai pergerakan Melander dan timnya. Dan tentu saja, dia menguasai bela diri dan tangkas dalam berkelahi.

Dan satu hal menarik dari kepribadian Parker ialah dia sosok yang sangat menghargai orang-orang yang telah membantunya. Dia tidak pernah melupakan jasa baik seseorang.

Dia memberikan sebagian dari hasil pencurian Melander yang disabotase olehnya kepada Leslie, juga kepada keluarga petani yang telah menolongnya ketika dia nyaris mati atas perlakuan Melander dan timnya.

Performa Jason Statham dalam membawakan karakter ini dianggap cukup berhasil. Meski tidak jauh berbeda dari peran tipikal yang biasa dibawakannya, pujian kepadanya cukup banyak, salah satunya dari istri sang penulis novelnya sendiri.

2. Leslie Rodgers (Jennifer Lopez)

Leslie Rodgers (Jennifer Lopez)

Leslie Rodgers adalah seorang agen real estate. Dia bertemu dengan Parker ketika dia menyabotase penawaran properti milik rekan kerjanya. Leslie adalah seorang janda yang sedang mengalami kesulitan finansial, sehingga dia tinggal di rumah ibunya.

Tidak banyaknya penawaran properti yang masuk kepadanya membuatnya semakin terpuruk dan nyaris putus asa.

Begitu dia tahu rencana yang hendak dijalani Parker, Leslie menawarkan dirinya untuk membantu rencana itu. Tapi dia ragu untuk melakukan aksi pencurian dan mundur teratur.

Leslie sebenarnya terpikat dengan kharisma Parker dan sempat jatuh hati padanya, tapi kemudian dia tahu bahwa Parker sudah memiliki kekasih yang membuatnya urung melanjutkan niatnya.

Leslie juga adalah wanita yang baik hati. Dia tidak tega membiarkan Parker melakukan aksinya sendirian dan mencoba membantu dengan caranya sendiri. Justru karena inilah dirinya terjebak dalam penyanderaan Melander.

Jennifer Lopez tampil cukup baik di film ini dan terlihat cantik sebagai agen real estate. Kesan agen profesional berhasil dia tampilkan dan sisi kerapuhan seorang janda juga cukup apik dibawakannya.

3. Melander (Michael Chiklis)

Melander (Michael Chiklis)

Sebagai pimpinan dari timnya, Melander memang sosok kriminal yang tidak punya hati. Dia berani menghalalkan segala cara agar aksinya sukses, meski itu harus memakan korban jiwa.

Dia juga seorang ahli strategi yang ulung dan detail dalam merencanakan aksi pencuriannya. Sayang, kali ini aksi pencuriannya disabotase oleh Parker dan Leslie.

4. Carlson (Wendell Pierce)

Carlson (Wendell Pierce)

Carlson adalah salah satu anggota tim pimpinan Melander. Diceritakan mereka sudah lama berteman dan banyak melakukan aksi pencurian. Carlson selalu memiliki pemikiran yang sama dan selalu berada di sisi Melander ketika terjadi perselisihan paham.

Sebenarnya wajah Wendell Pierce terlalu baik untuk berperan sebagai penjahat, tapi chemistry-nya dengan Michael Chiklis cukup padu menyiratkan pertemanan yang sudah lama diantara mereka.

5. Ross (Clifton Collins Jr.)

Ross (Clifton Collins Jr.)

Aktor yang memang terbiasa bermain sebagai sosok antagonis ini tampil apik sebagai salah satu dari anggota tim pencuri pimpinan Melander.

Dia termasuk seorang yang gesit dalam bertindak meski suka sedikit lalai dari tugas yang diberikan kepadanya. Ross termasuk anggota lama yang sudah sering beraksi bersama Melander dan Carlson.

6. August Hardwicke (Micah Hauptman)

August Hardwicke (Micah Hauptman)

August adalah anggota termuda yang baru bergabung ke dalam tim pimpinan Melander. Jadi wajar saja dia membuat banyak kesalahan dan masih canggung dalam melakukan aksi pencurian.

Ditugaskan untuk menembak mati Parker yang sudah tidak berdaya saja dia gagal, membuat Parker menuntut balas kepada mereka. Dia dibawa oleh Melander karena August adalah keponakan dari Danzinger, bos mafia di Chicago.

7. Jake Fernandez (Bobby Cannavale)

Jake Fernandez (Bobby Cannavale)

Jake adalah seorang polisi yang diam-diam menyimpan perasaan cinta kepada Leslie. Sempat menyelidiki kecurigaan kehadiran Parker di wilayahnya, karakter Jake tidak digali lebih dalam sehingga dia hanya hadir dalam dua adegan saja. Hal ini menyia-nyiakan talenta akting pemeran Paxton di MCU ini saja.

8. Claire (Emma Booth)

Claire (Emma Booth)

Claire adalah putri dari Hurley, mentor dari Parker. Dia memiliki hubungan asmara yang cukup rumit dengan Parker. Dia tahu bahwa Leslie menyukai Parker, tapi dia tidak marah dan bersikap santai saja dengan keadaan ini.

Meski bukan bagian dari kejahatan ayah dan kekasihnya, Claire cukup gesit saat menyelamatkan diri dari pembunuh bayaran yang datang hendak membunuhnya.

9. Hurley (Nick Nolte)

Hurley (Nick Nolte)

Aktor senior ini memerankan sosok mentor bagi Parker. Dia sering memberikan tugas pencurian kepada Parker. Menganggap Parker sebagai anaknya, Hurley sudah berusaha melindungi Parker dari buruan Danzinger yang menuntut balas atas kematian keponakannya di tangan Parker.

10. Kroll (Daniel Bernhardt)

Kroll (Daniel Bernhardt)

Kroll ditugaskan untuk membunuh Parker oleh Danziger. Dia memburu Claire di rumah, namun gagal. Dan saat berhadapan dengan Parker, dia menemui ajalnya dengan terjatuh dari teras apartemen.

Tidak ada latar belakang yang jelas tentang karakter yang diperankan oleh aktor spesialis film action yang sering bermain di film-film kelas blockbuster ini.

Itulah 10 aktor dan aktris yang bermain di film Parker. Tentunya kita berharap petualangan Parker tidak hanya terhenti di film ini saja, mengingat nama besarnya di dunia novel. Sambil menunggu kejelasan akan masa depan Parker, ada baiknya simak dulu film yang satu ini. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram