logo web

10 Pemeran The Gray Man, Perseteruan Ryan Gosling & Chris Evans

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Sejak sukses mengarahkan film Captain America: The Winter Soldier (2014), The Russo Brothers kemudian identik dengan film-film Marvel Cinematic Universe.

Satu film Captain America dan dua film Avengers berhasil menancapkan reputasi mereka sebagai sutradara film blockbuster. Namun film mereka selanjutnya, Cherry (2021), dianggap tidak tampil sesuai harapan.

Mengajak kembali duet penulis naskah yang berkolaborasi dengan mereka di empat film Marvel Cinematic Universe, Christopher Markus dan Stephen McFeely, harapan sebuah film aksi dengan cerita yang kuat sudah terbayang di depan mata.

Apalagi film ini memiliki deretan pemeran mentereng, tentu saja semakin menguatkan kesan tersebut. Bersumber dari novel The Gray Man yang terbit di tahun 2009, film ini memiliki banyak karakter di dalamnya.

Meski tidak didukung latar belakang yang cukup di dalam film, ada baiknya kita mengenal para karakter di dalamnya beserta pemeran yang membawakannya. Yuk, langsung disimak saja!

Baca juga: 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Ryan Gosling

1. Sierra Six (Ryan Gosling)

Sierra Six (Ryan Gosling)

Sierra Six adalah pembunuh profesional yang bekerja bagi CIA dalam menjalankan berbagai misi rahasia. Awalnya, dia adalah seorang tahanan yang dijebloskan ke penjara karena membunuh ayahnya.

Sejak menerima tawaran dari Donald, dia bekerja sebagai bagian dari operasi CIA selama 18 tahun lamanya.

Sikapnya yang dingin dan tenang, bahkan saat beraksi, menjadi andalannya dalam menyelesaikan tugas demi tugas yang dibebankan padanya. Ketika menemukan bukti kebobrokan oknum di CIA, Six tetap penuh perhitungan dalam menanganinya.

Komunikasi dengan Donald, sebagai sosok yang dipercaya, adalah prioritas utamanya, dan terputus saat Donald disandera oleh Lloyd. Sebagai pembunuh berpengalaman, Six dipercaya tidak hanya oleh Donald, juga oleh Margaret.

Mereka berdua layaknya orang tua bagi Six yang hidup sebatang kara dan tumbuh menjadi sosok pembunuh berdedikasi tinggi karena didikan mereka. Six dekat dengan Claire sejak ditugaskan oleh Donald untuk menjaga keponakannya itu.

Ryan Gosling adalah aktor yang memiliki kualitas akting yang baik dan berada di deretan papan atas aktor top Hollywood. Dua nominasi Oscar lewat film Half Nelson (2006) dan La La Land (2016) adalah buktinya.

Karakter Sierra Six yang dibawakannya di The Gray Man terlihat seperti kombinasi antara perannya di film Driver (2011) dan Holland March di film The Nice Guys (2016).

Ekspresinya yang terlihat kaku dengan lebih banyak diam hampir serupa dengan apa yang pernah diperankannya di film Driver.

Sedangkan kesan komedi, meski tidak banyak, ditampilkannya di The Gray Man secara cukup walau tidak sampai memancing tawa seperti di The Nice Guys. Tapi kita harus mengerti lelucon yang dia ucapkan dan lakukan supaya kita mengerti kelucuannya.

Tentunya kita sangat setuju Ryan Gosling melanjutkan peran Sierra Six ini jika rencana sekuelnya jadi diwujudkan. Tapi dengan catatan latar belakang hidupnya lebih digali lagi dan tidak ditampilkan secara acak.

2. Lloyd Hansen (Chris Evans)

Lloyd Hansen (Chris Evans)

Lloyd Hansen adalah mantan agen CIA yang diberhentikan karena memiliki mental sosiopat. Kini dia menjadi pembunuh bayaran yang memiliki pasukan bersenjata dengan teknologi mutakhir.

Jasanya disewa oleh Denny Carmichael untuk membunuh Sierra Six supaya kebobrokannya tidak terbongkar. Dan dia menjalaninya dengan senang hati, meski terus menerus menemui kegagalan.

Bisa dibilang Lloyd bukanlah lawan yang sepadan bagi Six. Setiap serangan yang dilancarkan olehnya selalu berhasil dimentahkan oleh Six.

Bahkan dalam sebuah misi, pasukan tentara bayaran dalam jumlah besar berhasil dilumpuhkan semuanya oleh Six tanpa sisa.

Tapi anehnya, Lloyd ini selalu ditampilkan memiliki keahlian dan senjata pamungkas CIA. Chris Evans sepertinya mencoba untuk mengasah kemampuan aktingnya dengan menjadi sosok antagonis.

Hanya saja karakter yang dibawakannya tidak dibuka latar belakangnya sehingga terkesan lurus dan hanya menampilkan emosi belaka.

Kita berpikir mungkin dalam alur cerita nanti akan dibuka satu persatu. Ternyata tidak, dan ini menjadi lubang yang terlalu menganga dalam ceritanya.

3. Dani Miranda (Ana de Armas)

Dani Miranda (Ana de Armas)

Dani Miranda adalah agen CIA yang ditugaskan untuk mengawasi dan membantu pekerjaan Sierra Six. Tapi karena tidak mau melaporkan misi terakhir mereka, dia dinonaktifkan oleh atasannya.

Dani adalah sosok yang jujur dan tidak menyukai adanya penyelewengan yang terjadi di dalam organisasinya. Oleh karena itu, dia bermaksud mengorek informasi dari Six dengan menangkapnya.

Dan ketika kebusukan Denny mulai terbongkar, Dani berada di sisi Six untuk membantunya membebaskan Donald dan Claire dari sekapan Lloyd.

Dani adalah seorang agen yang tangkas dalam beraksi, baik dengan senjata atau tangan kosong. Nyali yang besar membuatnya sanggup bertarung dengan Lone Wolf, meski perkelahian mereka berakhir imbang.

Ana de Armas tampil apik sebagai agen CIA yang bersih. Ekspresi penuh rasa penasaran berhasil dia tampilkan di sepanjang film, hingga dia akhirnya menemukan fakta sebenarnya. Dia juga cukup tangkas saat beradegan aksi, meski latar belakang karakternya tidak diceritakan sama sekali.

4. Suzanne Brewer (Jessica Henwick)

Suzanne Brewer (Jessica Henwick)

Salah satu agen CIA yang lebih banyak memantau operasi dari markas ini adalah wakil dari Denny Carmichael.

Dia sebenarnya tidak setuju dengan tindakan Denny memakai jasa Lloyd dan cukup sabar melihat berbagai kegagalan dalam misi yang dijalankan oleh Lloyd. Tapi dia tidak tahan untuk terus mengomentarinya dengan bahasa yang pedas.

Jessica Henwick termasuk aktris muda dengan segudang potensi. Dalam kurun dua tahun ini kita sudah dibuat kagum dengan aktingnya di film Love and Monsters (2020) dan The Matrix Resurrections (2021), ditambah dengan The Gray Man ini.

Faktor utama yang mengundang kekaguman adalah penampilannya yang selalu berbeda secara signifikan di setiap film, baik secara fisik juga karakternya.

5. Denny Carmichael (Rege-Jean Page)

Denny Carmichael (Rege-Jean Page)

Direktur Operasional CIA ini adalah sosok antagonis sebenarnya di The Gray Man. Dia menduduki jabatan yang dulu dipegang oleh Donald Fitzroy dan membungkamnya setelah dia menjabat.

Tidak hanya Donald, Margaret pun diperlakukan sama. Denny bermaksud menghabisi semua pembunuh yang tergabung dalam program Sierra dengan cara menitahkan Six untuk melakukannya.

Dan ketika Six mengetahui fakta sebenarnya, dia menyewa jasa Lloyd untuk memusnahkan Six dan mengambil data yang ada padanya.

Setelah semua fakta terungkap, anehnya dia tidak dipecat atau dinonaktifkan dari CIA karena Dani dan Six tidak menuntut dirinya dengan syarat tetap bungkam.

Kita mengenal aktor Inggris ini lewat serial Netflix Bridgerton sebagai Simon Basset. Dia juga tampil apik di film Sylvie’s Love (2020).

Penampilannya cukup apik sebagai pejabat kotor CIA yang menghalalkan segala cara agar keburukannya tidak terbongkar. Hanya saja dia tidak ikut beraksi dan lebih banyak berada di markas.

6. Laszlo Sosa (Wagner Moura)

Laszlo Sosa (Wagner Moura)

Laszlo Sosa adalah informan Six di Wina. Dia adalah orang kepercayaan Six yang biasa memberikannya dokumen atau data dalam sebuah misi.

Tapi sayang, dia tergiur hadiah dari Lloyd dan menjebak Six di sebuah sumur. Karakter ini diperankan oleh aktor Brasil yang sudah sering bermain film dan serial Netflix. Kita mengenalnya sebagai Pablo Escobar di serial Narcos dan pemeran utama di film Sergio (2020).

7. Claire Fitzroy (Julia Butters)

Claire Fitzroy (Julia Butters)

Claire adalah keponakan Donald yang pernah dijaga oleh Six di rumahnya. Dia memiliki penyakit yang membuatnya membutuhkan alat pacu jantung.

Saat dia diculik oleh Lloyd, Six menemukan lokasinya lewat sinyal dari alat kesehatan tersebut. Dia sangat menyayangi Donald dan sangat sedih ketika pamannya itu tewas dalam sebuah ledakan bom.

Julia Butters adalah aktris muda yang namanya terangkat lewat aktingnya di dua serial populer, Transparent dan American Housewife.

Setelah itu dia beradu akting dengan Leonardo DiCaprio di Once Upon a Time…In Hollywood (2019). Aktingnya cukup bagus di The Gray Man, hanya saja porsinya lumayan minim, sehingga performanya tidak begitu terlihat.

8. Lone Wolf (Dhanush)

Lone Wolf (Dhanush)

Saat Lloyd tidak ingin mengotori tangannya dalam sebuah misi, dia mengutus Lone Wolf, pembunuh profesional dari Tamil.

Dia tangguh dan tangkas dalam beraksi dan sangat sulit dikalahkan, bahkan oleh Six dan Dani sekaligus. Dalam pertemuan berikutnya, Dani bisa saja terbunuh apabila Lone Wolf tidak menghentikan pertarungan itu. Dia tidak menyukai orang-orang dengan jiwa yang jahat.

Dhanush adalah aktor India yang lebh banyak bermain di perfilman Tamil. Kita bisa melihat akting memukaunya di film Raanjhanaa (2013).

Di The Gray Man dia tampil trengginas sebagai pembunuh profesional yang selalu berhasil menyelesaikan misinya. Tampil tangguh dan misterius, Dhanush cukup meyakinkan dalam membawakan perannya.

9. Margaret Cahill (Alfre Woodard)

Margaret Cahill (Alfre Woodard)

Margaret Cahill adalah mantan pejabat CIA yang kini tinggal di Wina dalam kondisi sakit parah. Dia adalah orang yang dipercaya oleh Six untuk mendekripsi data dari flash drive pemberian Sierra Four.

Dia mendukung aksi Six dan memberikannya sebuah mobil. Namun dia memilih mengorbankan diri agar Six dan Dani berhasil melarikan diri dari serbuan pasukan kiriman Lloyd.

Aktris yang pernah masuk nominasi Oscar lewat film Cross Creek (1983) ini memiliki akting yang kuat meski hanya sebagai pemeran pendukung saja. Alfre Woodard berhasil menggambarkan mantan pejabat CIA yang tangguh dan taktis di masa baktinya.

10. Donald Fitzroy (Billy Bob Thornton)

Donald Fitzroy (Billy Bob Thornton)

Donald Fitzroy adalah mantan pejabat CIA yang merekrut Six dari penjara 18 tahun silam. Dia mendidik dan menganggap Six layaknya anak sendiri.

Dia sangat percaya kepada Six, bahkan pernah menugaskannya untuk menjaga Claire di rumah. Meski sudah pensiun, dia tetap tangguh meski disiksa oleh Lloyd. Dia berjiwa patriotik dan rela mengorbankan diri demi keselamatan Six dan Claire.

Aktor yang pernah masuk nominasi Oscar lewat film Sling Blade (1996) dan A Simple Plan (1998) ini tampil apik meski hanya mendapat porsi adegan yang minim. Meski begitu, perannya sangat penting bagi jalan cerita dan pembentuk psikologis karakter utamanya.

Itulah 10 aktor dan aktris yang bermain di film The Gray Man. Seluruh pemeran membawakan karakternya dengan cukup baik, hanya saja kita dibuat kecewa dengan kurangnya latar belakang sehingga emosinya tidak begitu terasa.

Meski begitu, adegan aksi yang dahsyat mampu mengobati itu semua dan menempatkan film ini layak masuk dalam watchlist kalian. Jangan lupa menontonnya, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram