logo web

6 Pemeran Tomb Raider (2018), Kisah Lara Croft yang Baru

Ditulis oleh Siti Hasanah

Sebelumnya kita tahu bahwa Tomb Raider (2001) diperankan oleh Angelina Jolie. Dia berperan sebagai Lara Croft, si pemburu harta karun makam yang cantik. Peran Lara Croft di film itu menjadi begitu melekat pada diri aktris satu ini.

Lalu, lebih dari satu dekade setelah perilisan Tomb Raider pertama, Roar Uthaug me-reboot Tomb Raider dengan cerita yang berbeda. 

Dalam film garapannya, sutradara asal Norwegia itu mendapuk Alicia Vikander sebagai Lara Croft yang baru. Sang aktris antusias menerima peran tersebut sebab dirinya adalah penggemar video games Tomb Raider.

Demi memerankan Lara Croft, Vikander menambah massa ototnya. Nah, dalam film Tomb Raider ini, Uthaug menghadirkan beberapa peran baru, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Lara Croft (Alicia Vikander)

pemeran-tomb-raider-1_

Dalam film ini, Lara Croft mendominasi cerita. Ia adalah putri Richard Croft, seorang pebisnis yang punya ketertarikan terhadap artefak. Lara pergi dari rumah selepas ayahnya dikabarkan meninggal saat tengah mencari makam Ratu Himiko. 

Ia menolak menandatangani surat kematian ayahnya sebab ia yakin ayahnya masih hidup. Namun, keadaan memaksanya untuk menandatangani dokumen tersebut agar tidak dijual ke perusahaan lain.

Akhirnya, ia datang ke perusahaan ayahnya dan menemui notaris. Ketika hendak menandatangani dokumen itu, Lara melihat pengacara mengeluarkan sebuah puzzle Jepang kuno. 

Di dalam puzzle itu, tersimpan sebuah petunjuk yang mengarahkan Lara pada petunjuk mengenai keberadaan ayahnya. Melalui barang-barang pribadi ayahnya, Lara bertekad untuk menelusuri keberadaan ayahnya di Yamatai, sebuah pulau kecil tak berpenghuni di Jepang. 

Hal pertama yang Lara lakukan adalah pergi ke Hong Kong dan menemui Lu Ren. Ia yakin dirinya akan mendapatkan petunjuk lebih banyak dari orang itu. Bersama dengan Lu Ren, Lara datang ke pulau Yamatai dan mencari ayahnya lewat petunjuk jurnal milik sang ayah. 

Jurnal milik sang ayah menyimpan informasi yang penting. Dari buku itu pula ia tahu bahwa ada organisasi rahasia yang mengincar makam kuno Ratu Himiko. Richard, ayah Lara, berusaha lebih dulu mengetahui lokasi makam. Apabila ia terlambat, organisasi rahasia yang bernama Trinity itu akan mengambilnya demi mewujudkan tujuan pribadi mereka. 

2. Richard Croft (Dominic West)

pemeran-tomb-raider-2_

Richard Croft adalah salah satu karakter penting dalam cerita film Tomb Raider. Ia adalah ayah dari Lara Croft yang dinyatakan hilang dalam misi pencarian makam Ratu Himiko.

Richard selalu bepergian mengelilingi dunia tanpa sepengetahuan putrinya. Ia hanya memberitahu putrinya bahwa ia sedang mengerjakan satu tugas mulia demi menyelamatkan dunia.

Richard merahasiakan pekerjaan yang dilakukannya. Ia menyimpan rapi hasil pekerjaannya dalam sebuah ruang rahasia di kastil Croft. Sebelum berangkat ke Pulau Yamatai, Richard membuat sebuah rekaman video berisi penjelasan tentang siapa Ratu Himiko itu. 

Dalam rekaman video tersebut, Richard menceritakan perihal legenda Ratu Himiko yang dikenal sebagai Ratu Kematian. Ia meminta Lara untuk menghapus semua dokumen yang berkaitan dengan makam Ratu Himiko. Richard menerangkan bahwa jika Lara melihat rekaman itu, ia kemungkinan sudah mati dan dokumen tentang Ratu Himiko harus dilenyapkan.

Namun, di Pulau Yamatai, ia bertemu dengan Lara yang berniat mencari dirinya melalui petunjuk di jurnal. Di Pulau itu, putrinya berhasil menemukan makam Ratu Himiko. Namun, ia bersama penjahat yang juga mengejar makam itu. 

Dari penemuan makam itu terungkap bahwa Ratu Himiko bukanlah Ratu Kematian, melainkan seorang carrier virus mematikan. Sang Ratu mengorbankan dirinya untuk melindungi manusia agar tidak terkena virus yang sangat menular itu. 

Richard tewas di makam itu sebab ia meledakkan diri dengan bom ketika tubuhnya terkena virus Himiko. Tindakan itu dilakukannya karena ia tidak ingin virus tersebut dijadikan sebagai senjata biologis yang memusnahkan umat manusia. 

3. Mathias Vogel (Walton Goggins)

pemeran-tomb-raider-3_

Mathias Vogel merupakan karakter antagonis di film ini. Ia adalah seorang utusan dari kelompok Trinity yang diberi tugas untuk mendapatkan makam Ratu Himiko. Sayangnya, Vogel kesulitan mencari jejak makam sebab minimnya informasi yang didapatkannya. Oleh sebab itulah, tujuh tahun pencariannya tidak membuahkan hasil. 

Vogel kemudian bertemu dengan Lara yang tengah mencari ayahnya di Pulau Yamatai. Ia memerintahkan anak buahnya untuk menangkap Lara dan Lu Ren. Dari barang-barang Lara yang disitanya, Vogel menemukan jurnal Richard yang berisi petunjuk makam Ratu Himiko. 

Berkat jurnal itu, pencarian makam selama tujuh tahun itu menemukan titik terang. Ia memerintahkan Lara untuk membawanya ke makam. Bersama Richard yang juga ditangkapnya, Lara diperintahkan untuk membuka pintu utama yang menuju makam. 

Lokasi makam Ratu Himiko dipenuhi jebakan. Jika salah melangkah, nyawa bisa melayang. Ruangan-ruangan di makam pun dikunci dengan teka-teki sulit. 

Untuk masuk ke ruangan makam utama, Lara harus memecahkan maksud dari teka-teki dan menghindari jebakan di dalamnya. Banyak anak buah Vogel yang tewas karena ceroboh dan tidak sabaran. 

Ketika mereka menemukan tubuh Ratu Himiko pun, anak buah Vogel buru-buru mengangkat mumi Ratu Himiko. Padahal tubuh itu adalah sumber virus yang sangat mematikan. Akibatnya tubuh keduanya perlahan membusuk. Mereka pun lepas kendali dan menjadi zombie

Vogel mengerti bahwa kutukan Ratu Himiko yang dimaksudkan dalam sejarah adalah virus. Maka, ia memotong satu jari Ratu dan memasukkannya ke dalam plastik. Vogel ingin meneliti lebih jauh mengenai virus untuk untuk Trinity. Namun, sebelum ia berhasil keluar dari makam, Lara menghadangnya dan membuatnya tidak bisa kembali dari ke makam utama. 

Meskipun Vogel menghajar Lara dengan membabi buta, tapi gadis itu tetap berdiri kuat. Vogel malah dibuat bertekuk lutut. Ia mati terjatuh ke jurang yang berada di dalam makam. Di dalam mulutnya terdapat potongan jari Ratu Himiko yang mengandung virus. 

4. Lu Ren (Daniel Wu)

pemeran-tomb-raider-4_

Lu Ren yang diperankan oleh Daniel Wu ini adalah rekan seperjalanan Lara ke Pulau Yamatai. Ia dicari oleh Lara lantaran gadis itu menemukan namanya di surat keterangan jual beli perahu.

Namun, rupanya Lu Ren yang dimaksud Lara adalah ayahnya, bukan Lu Ren dirinya. Ayah Lu Ren dulu pernah mengantarkan ayah Lara ke Pulau Yamatai. Namun, mereka tidak pernah kembali.

Lara meminta Lu Ren Jr. untuk menemaninya untuk mencari ayah mereka ke Pulau Yamatai. Namun, ia lebih tertarik untuk berjudi ketimbang berlayar ke pulau misterius itu. Dan ketika Lara menyodorkan segepok uang, ia pun berubah pikiran. 

Lu Ren dan Lara akhirnya berangkat berlayar ke Pulau Yamatai. Namun, setibanya di sana, mereka ditangkap oleh anak buah Mathias Vogel. Ia memperlakukan Lu Ren sebagai budak bersama dengan yang lainnya tapi Lu Ren tidak diam saja.

Di sini, ia banyak membantu Lara kabur dan mencari ayahnya. Kehadiran Lu Ren merupakan sebuah keberuntungan. Berkat dirinya, ia bisa keluar dari makam yang ambruk karena bom bunuh diri Richard, ayah Lara. 

5. Ana Miller (Kristin Scott Thomas)

pemeran-tomb-raider-5_

Di awal film, Ana Miller muncul sebagai dewa penyelamat yang membantu Lara keluar dari masalahnya di kantor polisi. Melihat kedekatan Lara dengan Ana, kita pasti mengira bahwa Ana adalah satu-satunya orang yang bisa dipercayai Lara di dunia ini. 

Selain itu, posisinya sebagai tangan kanan Richard membuat Lara yakin bahwa ia bersama orang yang tepat. Wanita itulah yang mengurusi perusahaan dan harta Richard setelah Richard menghilang. Selama lima tahun ini, Ana berusaha membujuk Lara untuk menandatangani surat kematian Richard agar harta peninggalannya tidak dijual. 

Sebelum Lara mengetahui perihal makam Ratu Himiko, ia tidak menyadari bahwa Ana terlibat di dalam kelompok Trinity yang sama-sama mengejar Ratu itu. Namun, sekembalinya Lara dari Pulau Yamatai, ia baru menyadari bahwa Ana adalah orang di balik Trinity. Jadi, ia pasti mengetahui tentang Richard dan hobinya berburu artefak. 

6. Pamela (Jaime Winstone)

pemeran-tomb-raider-6_

Pamela adalah istri Alan, seorang pemilik rumah gadai tempat Lara menggadaikan kalung warisan ibunya. Di sini, Pamela adalah salah satu karakter kecil yang menghiasi cerita. Pamela punya pengaruh terhadap Alan, termasuk saat memutuskan harga gadai suatu barang. Jadi, jelas sekali bahwa ia adalah istri yang mendominasi suaminya. 

Tidak heran jika ia berada di posisi itu, sebab Pamela memang jago bernegosiasi. Ia pun seorang penjual yang meyakinkan. Ketika Lara kembali ke toko gadai untuk mengambil kalungnya, ia melihat senjata di lemari display. Pamela dengan gaya persuasifnya menjelaskan bahwa senjata yang ditunjuk oleh Lara adalah senjata yang paling cocok untuknya. 

Demikian 6 pemeran Tomb Raider (2018) yang muncul dalam cerita. Film laga yang sudah punya beberapa sekuel cerita ini adalah salah satu film yang banyak dinanti oleh penggemarnya. Baik itu penggemar film atau pun penggemar video game-nya, Tomb Raider selalu dinantikan.

Tomb Raider versi Alicia Vikander ini menghadirkan nuansa baru yang menarik. Ia adalah karakter Lara Croft yang sangat berbeda. Dengan ketenangan dan wajah sendunya, Vikander berhasil menghidupkan Lara yang jauh dari bayang-bayang Angelina Jolie. Nah, menurutmu, kalau Tomb Raider versi mana yang lebih menarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram