logo web

Review dan Sinopsis Dangerous Lies, Misteri Rumah Warisan

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Dangerous Lies
2.3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Bayangkan jika saat kamu sedang tidak memiliki uang untuk membayar semua tagihan, lalu tiba-tiba kamu mendapat warisan dari seseorang yang membuat hidupmu berubah kaya raya namun juga menempatkanmu dalam bahaya? Apa yang akan kamu lakukan?

Kisah ini merupakan cerita yang ada dalam sebuah film berjudul Dangerous Lies. Lalu bagaimana nasib si karakter utama yang mengalami hal tersebut? Berikut review dan sinopsisnya!

Sinopsis

dangerous-lies-1_

Film berdurasi 96 menit ini dimulai saat Adam menjemput istrinya Katie (Camila Mendes) yang tengah bekerja sebagai pelayan. Tiba-tiba malam itu terjadi peristiwa perampokan di restoran itu namun Adam berhasil menggagalkannya dan sang perampok tertangkap.

Empat bulan kemudian, Katie sudah pindah pekerjaan menjadi pengasuh seorang kakek tua kaya raya bernama Leonard yang tinggal sendirian.

Adam dan Katie mulai mengalami masalah keuangan karena Adam tak kunjung mendapat pekerjaan. Katie kemudian menceritakan hal tersebut pada Leonard.

Leonard yang begitu menyayangi Katie seperti anaknya sendiri mengizinkan Adam untuk bekerja sebagai tukang kebunnya. Kemudian saat Katie menerima cek gaji, Leonard diam-diam menambahkan uang yang cukup banyak untuk Katie.

Katie ingin mengembalikannya, namun Adam bersikeras untuk mencairkannya terlebih dulu karena mereka butuh membayar tagihan malam itu.

Keesokannya saat hendak mengembalikan kelebihan cek, Katie dan Adam menemukan Leonard yang sudah tewas di rumahnya. Di dekat Leonard, Adam juga menemukan sebuah peti yang berisikan uang ratusan juta dollar.

Adam dan Katie melaporkan kematian Leonard ke polisi, namun tidak memberi tahukan uang yang mereka temukan. Adam dan Katie berencana untuk menyimpan sementara uang itu di deposit box sebuah bank.

Mereka kemudian mengurus semua pemakaman dan kremasi Leonard. Saat acara kremasi, tiba-tiba muncul seorang wanita bernama Julia yang mengaku sebagai pengacara Leonard.

Julia mengatakan bahwa Leonard sempat menulis surat wasiat. Dalam surat tersebut, Leonard mewariskan rumahnya untuk Katie. Katie pun pindah ke rumah tersebut. Namun ia sering kali diganggu dan didatangi oleh seorang pria bernama Hayden yang mengaku sebagai agen real estate dan ingin membeli rumah itu untuk kliennya.

Hayden sangat bersikeras membeli rumah tersebut, namun Katie tetap menolak. Sementara itu, Detektif Chesler yang menyelidiki kasus Leonard mulai menaruh curiga pada Adam karena semua kebetulan yang terjadi. Chesler mengutarakan hal itu pada Katie.

Katie pun mulai curiga, namun ia tak mau menduga-duga jika Adam memanfaatkannya untuk mengambil uang.

Katie sering menceritakan semua yang ia rasakan aneh pada Julia. Hingga suatu hari, Katie dan Adam menemukan sosok mayat di gudang rumah Leonard dengan berlian yang cukup banyak.

Rupanya, mayat itu adalah sosok mantan tukang kebun yang tiba-tiba menghilang. Hal ini pun pernah diceritakan Leonard. Setelah itu, Adam juga mulai terlihat ingin mengambil keuntungan dari semua harta yang ditemukannya.

Katie dan Julia kemudian mengecek uang yang mereka simpan di bank, namun uang itu sudah dibawa pergi oleh Adam. Julia kemudian meminta Katie pulang ke rumah dan menunggu Adam.

Saat di rumah, Katie menemukan Adam yang hendak mengajaknya kabur membawa uang dan berlian. Saat itu Adam sudah mengetahui jika Hayden adalah orang dibalik itu semua.

Katie akhirnya menyadari jika Adam tidak bersalah, namun justru Hayden yang merupakan penjahat sebenarnya. Hayden bukanlah agen real estate, namun merupakan perampok toko berlian yang bekerja sama dengan tukang kebun Leonard. Ia berusaha menyusup ke rumah Leonard untuk mencari berliannya yang hilang tersebut.

Katie juga menyadari bahwa Hayden pernah diam-diam masuk ke rumah dan meracuni Leonard hingga akhirnya Leonard tewas. Sebelum Katie dan Adam kabur, Hayden pun sudah masuk rumah tersebut hingga terjadi baku tembak antara Adam dan Hayden. Adam dan Hayden sama-sama tertembak dan tewas. Saat itu, Julia muncul dan menenangkan Katie.

Namun, Julia mengungkap jati dirinya. Surat wasiat yang dibuatnya ternyata palsu dan ia gunakan untuk bekerjasama dengan Hayden. Saat Julia hendak membunuh Katie, Detektif Chesler muncul dan menembaknya. Katie pun selamat. Ia akhirnya tinggal di rumah tersebut sembari mengandung anaknya dari Adam.

Karakter Antagonis yang Tak Terduga

dangerous-lies-2_

Sepanjang alur cerita film Dangerous Lies, kita mungkin akan bertanya-tanya mengenai siapakah karakter antagonis atau penjahat sebenarnya dalam film ini. Semua karakter dalam film ini tampak memiliki misteri dan hal yang mereka sembunyikan masing-masing.

Hingga menjelang akhir film, kamu mungkin masih akan menebak-nebak siapakah sebenarnya penjahat di film ini.

Bahkan hingga menuju akhir film, cerita mengenai siapakah karakter antagonis sebenarnya di film ini masih menjadi misteri. Setelah cukup lama menebak jika Adam adalah sosok yang jahat pada Leonard, tiba-tiba saja muncul sosok Hayden yang sebelumnya tidak memiliki peran cukup penting dalam cerita namun menjadi penjahat utama.

Namun jika kamu cukup jeli, clue mengenai hal ini sebenarnya sudah dijelaskan di beberapa adegan awal dan pertengahan film. Dalam beberapa scene, sering kali kamera mengambil teknik sinematografi menggunakan subjective angle, seolah ada orang lain yang memperhatikan Katie dan Adam dan melihat dari sudut pandang kamera.

Konflik yang Berubah-Ubah dan Tidak Mendalam

dangerous-lies-3_

Film Dangerous Lies juga tampak memiliki konflik yang terus berubah-ubah dan tidak mencapai klimaks. Di awal film, kita melihat konflik mengenai Katie dan Adam yang terlibat dalam insiden perampokan di sebuah café.

Namun setelah itu alur cerita seketika berubah pada kehidupan Katie dan Adam empat bulan setelahnya yang tampak tidak memiliki kesinambungan sama sekali.

Konflik dalam film pun seakan berubah saat Katie dan Adam menemukan Leonard yang tewas dan mewariskan rumahnya.

Namun konflik ini juga tak terasa mencapai klimaks hingga kemudian kita menemukan konflik lain yaitu mengenai peristiwa perampokan toko berlian yang dilakukan oleh Hayden. Hal ini membuat konflik dalam film tidak terasa menegangkan.

Plot Twist yang Tak Mengejutkan

dangerous-lies-4_

Seperti selayaknya film misteri, film Dangerous Lies tampaknya juga ingin menampilkan plot twist tak terduga menjelang bagian akhir filmnya. Namun sayangnya, plot twist ini tak terasa mengejutkan bahkan cenderung tidak masuk akal karena seolah terlalu dipaksakan. Misalnya saja plot twist mengenai Julia yang tiba-tiba bekerja sama dengan Hayden.

Selain itu, ada pula plot twist yang kemudian tak dikembangkan lagi bagaimana kelanjutannya. Seperti di pertengahan film saat diketahui jika perampok di café adalah pekerja di tempat kuliah Adam, namun setelah itu tak dijelaskan lagi apa kesinambungan dari plot tersebut dengan kasus Leonard yang menjadi plot utama.

Itulah review dan sinopsi dari film Dangerous Lies yang mengisahkan tentang misteri sebuah rumah warisan. Meski beberapa konflik terasa hambar dan beberapa plot twist terkesan dipaksakan, namun kamu masih bisa tetap menikmati film ini sembari menebak-nebak siapakah sosok penjahat sebenarnya.

Atau kamu sudah pernah menonton film ini? Bagaimana tanggapanmu dengan alur ceritanya? Ceritakan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram