logo web

Sinopsis & Review Detective Conan: Captured in Her Eyes

Ditulis oleh Gerryaldo
Detective Conan: Captured in Her Eyes
3.7
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Petualangan para detektif cilik bersama dengan Ran dan yang lainnya kembali lagi hadir di film animasi Detective Conan yang keempat berjudul Captured in Her Eyes. Film ini menyita banyak perhatian para pecinta Detective Conan mengingat korban paling parah adalah Ran Mouri yang sejatinya salah satu tokoh utama dari film animasi ini.

Baca Juga: Sinopsis & Review Detective Conan: Magician of The Silver Sky

Conan dan yang lainnya sama-sama mencari jalan keluar; mengungkap kebenaran dan mencari pelaku dan membuat keadaan Ran pulih kembali seperti sedia kala. Seluruh jalan cerita tersebut membuat film ini sukses besar dan menjadikannya sebagai film animasi dengan pendapatan kotor tertinggi di Jepang tahun 2000.

Sinopsis

Detective Conan_Captured in Her Eyes_Poster (Copy)

Film dimulai dengan kenangan Ran tentang Shinichi saat mereka berdua bermain air mancur di Tropical Land. Lantas cerita berpindah, Ran menerima telepon dari Conan yang sudah menyamar sebagai Shinichi menggunakan dasi kupu-kupu yang bisa merubah suara. Conan biasa menggunakannya untuk memecahkan kasus lewat Kogoro setelah ia membuatnya tidur.

Ran dan Conan a.k.a. Shinichi mengobrol lumayan banyak. Ran menanyakan kepada Shinichi kapan mereka bisa bertemu kembali dan bermain bersama di Tropical Land. Belum sempat menjawab, Conan melihat para gerombolan detektif cilik melintasi bilik telepon umumnya langsung pamitan pada Ran dan menyusul Ayumi, Genta dan Mitsuhiko.

Conan menyapa teman-temannya dan sama-sama akan bermain ke rumah Profesor Agasa. Saat hendak menyeberang, lampu hijau sudah berubah jadi kuning, seorang petugas polisi lantas melarang Conan dan kawan-kawan menyeberang. Conan akhirnya menunggu lampu hijau berikutnya sementara sang polisi tadi pergi ke bilik telepon umum.

Saat lampu berubah hijau, Conan dan yang lainnya menyeberang. Conan sempat melihat ke belakang kembali. Ia melihat seseorang misterius menggunakan jaket berdiri tepat di depan bilik telepon dan menembak sang polisi. Conan langsung mengejar pelaku tersebut lewat jembatan penyeberangan namun tak berhasil. 

Conan akhirnya memeriksa keadaan polisi tersebut. Polisi itu terengah-engah, meraih buku catatannya dan akhirnya tewas. Para detektif cilik pun dibawa ke markas polisi untuk dimintai keterangan; namun kesaksian Ayumi, Genta & Mitsuhiko berbeda-beda. Beruntung Conan berhasil memberitahu detailnya. Kesimpulannya adalah pelaku adalah seseorang yang kidal.

Malam harinya, kasus pembunuhan terhadap polisi terjadi. Seorang wanita menemukan petugas polisi lain, Yoichiro Shiba, dibunuh di tempat parkir sebuah gedung apartemen.. Shiba memegang buku catatan polisi di tangan kirinya. Polisi akhirnya mencurigai seorang pembunuh berantai menargetkan petugas kepolisian.

Keesokan paginya, Kogoro menanyakan tentang keadaan penyelidikan kepada Inspektur Megure. Belum menjawab, Megure sudah pamit pergi dan mengatakan bahwa dirinya sibuk.

Kogoro lantas berpikir kalau tingkah Inspektur Megure ini aneh. Saat pergi dari hadapan Kogoro, Megure bertemu dengan Shiratori dan langsung memintanya untuk merahasiakan kasus ini dari Kogoro

Saat malam menjelang, para polisi, Conan, Ran, Kogoro, Sonoko dan Eri menghadiri pesta resepsi pernikahan adik perempuan Shiratori yang baru saja menikah. Kogoro merasa atmosfernya agak melunak disini, ia pun kembali menanyakan tentang penyelidikan pada Megure. Lagi-lagi, baik Kogoro dan Conan sama sekali tidak mendapatkan informasi yang jelas.

Mereka hanya mendapat sedikit petunjuk dari Takagi karena dipaksa oleh Kogoro atau perasaan sukanya terhadap Miwako Sato akan dibeberkan. Kogoro dan Conan hanya bisa menyimpulkan bahwa pelakunya bisa menjadi polisi. Tak lama, Ran dan Miwako pergi ke toilet. Saat selesai, lampu hotel mendadak mati. 

Ran melihat ada senter di bawah rak lantas mengambilnya. Miwako yang sadar itu jebakan berlari ke arah Ran namun terlambat. Pelaku menembak Miwako membabi buta hingga tersungkur di depan Ran. Ran yang melihat darah dan tubuh Miwako luka-luka langsung berpikir kalau itu salahnya karena mengambil senter yang ternyata adalah jebakan.

Ran berteriak dan memancing perhatian semua orang. Miwako dan Ran lantas dibawa ke rumah sakit. Naas, Miwako mengalami luka serius sedangkan Ran harus kehilangan ingatannya karena shock berat. Dokter Kyousuke Kazato, seorang psikolog dan dokter keluarga Shiratori mengatakan bahwa Ran mengalami amnesia. 

Kogoro akhirnya mendesak Megure untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Megure lantas menceritakan kronologis sebuah kasus. Bermula dari kematian seorang dokter bedah bernama Tamotsu Jinno yang ditemukan tewas di rumahnya. Polisi akhirnya menyelidiki kematian Jinno. Penyelidik itu dikepalai oleh Inspektur Nobukatsu Tomonari.

Sedangkan bawahannya adalah Narasawa, Shiba, dan Sato. Saat sedang mengintai, Tomonari mengalami serangan jantung dan meninggal setelah ia memaksa bekerja sendiri dalam keadaan seperti itu. Narasawa dan Shiba yang tetap melakukan penyelidikan menyadari bahwa putra Kepala Inspektur Odagiri, Toshiya, termasuk di antara target mereka.

Setelah kematian Tomonari, kasus Jinno tiba-tiba dinyatakan sebagai bunuh diri. Akhirnya penyelidikan dibuka kembali setelah Narasawa dan Shiba terbunuh dan Sato diserang. Conan dan Kogoro menjaga Ran lantas menyadari bahwa ada kemungkinan Ran telah melihat wajah pelakunya dan khawatir Ran bisa menjadi target berikutnya.

Benar saja, saat Ran dibawa kembali ke rumah karena dirasa lebih aman nyatanya tidak. Pertama ia didorong jatuh dari atas peron, beruntung Conan ada bersama dengannya. Ingatan Ran tidak kunjung membaik namun entah kenapa kalau mendengar kata Shinichi, rasanya ingatannya flashback

Mencoba peruntungan ia memutuskan untuk pergi ke Tropical Land dengan harapan ia bisa sembuh dengan pergi ke tempat yang ia sempat kunjungi dengan Shinichi. Sesampainya disana Ran lagi-lagi dalam bahaya. Beruntung Conan berada di dekatnya dan bisa menyelamatkannya dari sang pelaku, Dokter Kyousuke Kazato.

Alasan Membunuh

Detective Conan_Captured in Her Eyes_Killer (Copy)

Alasan Dokter Kyousuke membunuh para polisi adalah karena kasus Dr. Jinno dibuka kembali. Kyousuke yang sengaja membunuh Jinno karena Jinno mengakui bahwa ia memang sengaja melukai tangan Kyousuke supaya ia tidak bisa lagi menjadi dokter muda ahli bedah paling dikagumi. Ini membuat Kyosuke naik pitam. Sehingga ketika kasusnya ditutup ia tenang.

Namun setelah ada berita kalau kasus itu naik lagi, ia khawatir kalau semuanya diketahui; sehingga ia mengincar semua polisi yang waktu itu ditugaskan untuk menginvestigasi kasus Dr. Jinno yakni petugas Narasawa, Shiba, dan Miwako. Miwako tidak meninggal namun Ran sudah sempat melihatnya maka dari itu ia pun menyerang Ran supaya bisa tutup mulut.

Amnesia Psikogenik

Detective Conan_Captured in Her Eyes_Amnesia (Copy)

Dalam film ini, Ran mengalami gangguan psikologis yang mengakibatkan dirinya terkena amnesia psikogenik yakni kondisi dimana seseorang hilang ingatannya akibat gangguan psikologis yang terbentuk dari insiden trauma psikis dan stres yang dialami. Salah satunya ya si Ran ini. Psikisnya terganggu karena ia merasa bertanggung jawab atas tertembaknya Miwako.

Ran benar-benar  tertekan secara emosi sehingga memicu pengalaman traumatis dalam diri. Pada kasus seperti ini, Ran akhirnya kehilangan ingatan-ingatan pribadi, termasuk identitasnya sendiri.

Meski demikian, amnesia psikogenik tidak akan berlangsung lama. Di dunia nyata, penderita amnesia ini bisa sembuh dengan melakukan psikoterapi rutin oleh dokter ahli.

Adegan Paling Menarik

Detective Conan_Captured in Her Eyes_Plot (Copy)

Dari semua adegan yang ada selama film berlangsung, 10 menit terakhir menjadi bagian paling seru dan super menarik. Apalagi ketika Conan mencoba untuk menyembunyikan Ran dari bidikan Kyousuke. Awalnya Conan ingin membawa Ran untuk sembunyi di balik air mancur yang dulu ia lakukan untuk mengejutkan Ran.

Namun begitu air mancur muncul, seluruh ingatan Ran kembali pulih. Ran yang lemah lantas ingat bahwa ia adalah juara karate nasional, dan dengan mudahnya ia mematahkan pisau yang akan dipakai Kyousuke untuk membunuh Conan. Aksi karate Ran pun disajikan saat melumpuhkan Kyousuke sampai ambruk tak bergerak lagi.

Film Detective Conan ini terus berlanjut dengan kasus-kasus baru di setiap filmnya. Jadi jangan lewatkan film animasi Detective Conan selanjutnya ya! Showpoiler memberi skor 3.7/5 untuk film Detective Conan ke 4 berjudul Captured in Her Eyes ini. Apakah kalian para pecinta Conan sudah menontonnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram