logo web

Sinopsis & Review Evil Dead Rise, Naturom Demonto Pembawa Sial!

Ditulis oleh Gerryaldo
Evil Dead Rise
4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

"Evil Dead Rise" merupakan film horor supernatural yang tayang di tahun 2023, film ini juga menjadi seri ke 5 dalam franchise Evil Dead. Disutradarai oleh Lee Cronin, film rumah produksi Warner Bros dengan anggaran $ 19 juta ini berhasil menerima ulasan positif setelah penayangannya di seluruh dunia.

Baca Juga: Sinopsis & Review Evil Dead (2013), Bangkitnya Iblis dari Neraka 

Film yang dibintangi oleh Lily Sullivan dan Alyssa Sutherland ini menceritakan tentang sepasang adik kakak yang harus menghadapi teror iblis yang menguasai kediaman mereka hingga merasuki semua member keluarga. Mampukah mereka melawan hasut iblis untuk jadi kaki tangannya? Simak ulasan dan sinopsis berikut ini ya!

Sinopsis

Evil Dead Rise_Poster (Copy)

Film dibuka dengan karakter Teresa (Mirabai Pease) yang sedang bersantai di tepi danau. Ia menghabiskan waktu liburannya bersama teman dekatnya, Jessica (Anna-Maree Thomas) dan kekasih baru Jessica, Caleb (Richard Crouchley). Sayangnya Jessica mendadak sakit sehingga tidak bisa bergabung bersama Teresa dan Caleb bermain.

Merasa canggung karena ditinggal sendiri oleh Calbe, Teresa kembali ke kabin untuk melihat keadaan Jessica. Namun saat masuk kamar, Teresa kaget karena Jessica tiba-tiba mengeluarkan suara aneh. Saat didekati, Jessica tiba-tiba mencabut kulit kepala Teresa dan menyerang Caleb hingga keduanya tewas.

Cerita lantas mundur sehari sebelumnya, dimana seorang gadis yang bekerja sebagai teknisi gitar sebuah band besar, Beth (Lily Sullivan) merasa kesal akibat mengetahui kalau dirinya tengah mengandung. Butuh teman bercerita, Beth lantas mengunjungi Kakaknya, Ellie (Alyssa Sutherland) di Los Angeles.

Ellie bersama ketiga anaknya, Danny (Morgan Davies), Bridget (Gabrielle Echols) juga si kecil, Kassie (Nell Fisher) terkejut mengetahui Beth datang ke kediaman mereka. Beth disambut dengan baik, Ellie yang juga butuh teman cerita selepas diceraikan oleh suaminya akhirnya bisa meluapkan kesedihannya.

Beth yang semula mau menceritakan tentang kehamilannya mengurungkan niatnya setelah mendengar Ellie sedang dalam keadaan terpuruk, belum lagi Ellie harus pindah dari apartemennya karena gedung tersebut hendak di runtuhkan sebulan lagi. Merubah suasana sedih, Ellie meminta anak-anaknya untuk membeli Pizza.

Sekembalinya mereka dari toko Pizza, gempa bumi terjadi. Danny, Bridget dan Kassie yang baru saja turun dari mobil di basement langsung menyelamatkan diri. Saat gempa berhenti, Danny menemukan ada sebuah ruangan rahasia di bawah basement mereka. Bukannya pergi menyelamatkan diri, Danny malah masuk ke ruangan itu.

Ruangan itu adalah bank tua, namun anehnya, Danny menemukan sebuah ruangan lain yang dihiasi banyak kalung salib dan sebuah peti misterius. Rasa penasaran Danny mengalahkan rasa takutnya, ia malah membongkar isi peti tersebut dan menemukan sebuah piringan hitam dan buku besar yang aneh.

Danny membawa semua benda misterius itu ke dalam kamarnya lantas mencoba membuka buku yang tampilannya mencolok, dan seperti dikunci oleh taring. Bridget yang melihat Danny berusaha membuka buku tersebut berkali-kali melarang Danny namun tak diindahkan. Danny mulai kesal karena bukunya tak mau terbuka sampai ia tergores.

Darah dari jari yang luka pun menetes ke permukaan buku dan buku itu mulai terbuka. Danny dan Bridget melihat ke dalam buku tersebut dan menemukan banyak gambar mengerikan dan simbol-simbol aneh. Bridget muak dan meminta Danny untuk mengembalikan buku tersebut kembali ke tempatnya, namun Danny tidak mendengarkan.

Danny malah melanjutkan dengan memainkan piringan hitam 3 jilid yang ternyata mengandung mantra untuk membangkitkan iblis dari buku misterius. Buku itu ternyata adalah kitab orang mati yang dikenal dengan nama Naturom Demonto. Iblis yang terpanggil lantas menghampiri gedung apartemen Danny dan merasuki sang Ibu, Ellie.

Ellie yang sedang turun ke basement untuk membuang barang-barang mantan suaminya terdorong masuk kembali ke dalam lift yang ‘menyiksa’ nya. Tubuh Ellie tertarik hingga patah. Iblis mulai mengambil alih tubuhnya. Tak lama setelah itu seluruh gedung mati listrik. Ellie pun kembali ke kediamannya di lantai 15.

Anak-anak Ellie bersama dengan Beth sadar ada yang aneh dari Ellie, ia tiba-tiba bersuara parau dan mukanya jadi menyeramkan penuh memar dan darah. Saat Beth mendekati Ellie, dia menyerang semua orang. Beth lantas membawa kabur Danny dan Kassie, sialnya Ellie berhasil menangkap Bridget dan merasuki gadis malang itu.

Keadaan jadi kacau, tetangga Ellie yang mencoba untuk membantu menenangkan Ellie pun tewas satu per satu. Saat hendak kabur dari gedung apartemen, mereka terjebak karena tangga darurat sudah runtuh akibat gempa sebelumnya dan lift pun rusak. Mereka mencoba kembali ke dalam apartemen memblok akses Ellie.

Danny akhirnya mengaku pada Beth soal temuan Naturom Demonto, disaat Bridget mulai menyakiti dirinya sendiri dan Ellie hampir berhasil masuk karena menipu Kassie untuk membukakan pintu untuknya. Bridget menyerang Kassie namun berhasil dilumpuhkan, naas, Bridget tidak mati, ia kembali bangkit.

Beth mendengarkan rekaman ketiga untuk mempelajari cara mengusir iblis, namun ternyata mereka harus memusnahkan sang inang yang terasuki. Setelah selesai mendengarkan rekaman itu, Ellie yang berhasil masuk lewat lubang angin mulai menyerang Beth dan Bridget pun merasuki Danny setelah berhasil melukainya.

Ellie mulai mencoba menyerang Beth, namun Kassie berhasil menghentikannya. Beth dan Kassie pun kabur menaiki lift yang rusak. Aliran darah muncul di setiap penjuru lift hendak menenggelamkan mereka berdua. Beruntung lift berhasil turun dan mereka keluar menuju basement. Sementara Ellie, Danny dan Bridget mengejar.

Tubuh Ellie, Danny dan Bridget yang menyatu mulai menyerang Beth dan Kassie. Mereka berusaha sekuat tenaga hingga akhirnya berhasil melumat mereka dengan memancing dan memasukan tubuh mereka ke dalam mesin penggiling hingga hancur. Beth dan Kassie pun pergi setelahnya dan menjauh dari kota.

Keesokan paginya, Jessica yang merupakan penghuni apartemen yang sama, turun ke basement dan hendak pergi liburan bersama Teresa dan Caleb. Saat hendak keluar, ia melihat lokasi kejadian dimana tubuh tetangganya itu hancur, begitu akan melarikan diri, iblis masuk ke dalam badannya dan merasukinya.

Seram

Evil Dead Rise_Creepy (Copy)

Untuk urusan franchise yang satu ini sudah tidak usah lagi diingatkan bahwa semuanya seram sih. Menang total deh kalau soal urusan ngeri sama bisa bikin nightmare. Evil Dead Rise benar-benar dibuat untuk membuat penontonnya jadi tidak nyaman selama menyaksikan Ellie memburu seluruh keluarganya supaya bisa dirasuki iblis.

Plotnya bahkan dibuat sudah masuk masa puncak di awal film. Awal film! Kita dibikin meringis dan bergidik saat lihat bagaimana iblis bisa melakukan apa saja supaya keinginannya terkabul. Dalam film ini juga, jarang sekali melawan iblis dengan doa atau simbol agama seperti film-film horor supernatural pada umumnya. 

Gore Parah

Evil Dead Rise_Gore (Copy)

Bagi kalian yang suka sekali dengan film dengan adegan darah muncrat sana-sini, maka Evil Dead Rise bisa jadi bahan pertimbangan. Sang sutradara, Lee Cronin tidak menyediakan jeda waktu untuk para penonton siap dalam segala kemungkinan buruk. Serangan berdarah terus muncul dan tidak putus selama film berlangsung.

Bahkan adegan sadis seperti mengunyah beling, tulang-tulang patah, memarut kaki dengan serutan keju, tusukan gunting, dan lainnya bisa kalian nikmati sepanjang Ellie menyerang. Puncaknya adalah saat Beth berhasil memasukan seluruh tubuh Ellie, Danny dan Ellie ke dalam mesin penggiling hingga tubuhnya terberai. Ouch!

Pengambilan Gambar yang Oke

10 Film Supernatural Terbaik_Evil Dead Rise (Copy)

Kerja bagus sekali! Pengambilan gambar dalam film Evil Dead Rise bisa dibilang cantik. Tidak berlebihan dan bisa membuat keadaan mencekam bahkan sebelum iblis menyerang dan membuat kekacauan di kediaman Ellie sekeluarga. Khususnya saat pengambilan gambar peep hole, cukup membuat kita teringat muka seram Ellie.

Secara keseluruhan, film Evil Dead Rise punya daya tarik yang oke, mulai dari poster hingga trailernya. Filmnya pun juga tidak mengecewakan. Konsepnya kalau di Indonesia sama seperti film besutan sutradara, Joko Anwar, Pengabdi Setan (2017). Selama 97 menit film ini tayang, Showpoiler merasa cukup terhibur. 4/5 untuk Evil Dead Rise!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram