logo web

Sinopsis & Review The Marvels, Rusaknya Sistem Portal Waktu

Ditulis oleh Gerryaldo
The Marvels
4.3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Penggemar Kapten Marvel pasti bersorak kegirangan nih saat ini! Bagaimana tidak? Mereka bisa kembali melihat penampilan Kapten Marvel lagi bersama dua teman barunya yang juga sama-sama pahlawan, yakni Monica dan Kamala. Dalam filmnya kali ini, Kapten Marvel harus bisa menjaga keseimbangan planet-planet dari musuhnya, Dar-Benn.

Film The Marvels sendiri merupakan film ke 33 dalam seri MCU (Marvel Cinematic Universe) dengan menghadirkan kembali aktris Brie Larson, Samuel L. Jackson dan lainnya. Kita juga akan dapat kejutan nih, dengan hadirnya bintang Korea Selatan, Park Seo Joon! Penasaran bagaimana keseruan kisahnya? Simak dalam ulasannya berikut ini, ya!

Sinopsis

The Marvels_Poster (Copy)

Setelah pertarungan serunya menyelamatkan kota Jersey, Kamala Khan (Iman Vellani) kembali menjadi seorang gadis berusia 16 tahun pada umumnya. Ia menghabiskan waktu di kamar sembari memikirkan sang idola, Kapten Marvel (Brie Larson). Kamala berharap, bahwa suatu saat nanti ia bisa bertemu dengan Kapten Marvel dan menjadi teman.

Di sisi lain, seorang pejuang revolusioner bangsa Kree yang memegang palu Accuser, Dar-Benn (Zawe Ashton), tengah berusaha mencari sebuah gelang kuantum peninggalan bangsa Clandestine yang punya kekuatan besar. Hal ini ia lakukan untuk menyembuhkan kembali planet Hala yang rusak akibat ulah Kapten Marvel sebelumnya.

Namun, gelang yang seharusnya 1 pasang itu malah ditemukan hanya sebelah. Dar-Benn pun mulai mencari gelang pasangannya yang dimiliki oleh Kamala. Sementara pencarian dilakukan, Dar-Benn dan pasukan dari bangsa Kree mulai mencari wilayah yang hendak mereka invasi untuk ditinggali, salah satunya adalah wilayah milik bangsa Skrull.

Tak hanya menginvasi bangsa lain, Dar-Benn bersama pasukannya pun merusak sistem portal waktu yang membuat Nick Fury (Samuel L. Jackson), yang bekerja di stasiun angkasa S.A.B.E.R., jadi kelimpungan. Pasalnya, akibat rusaknya portal waktu, sebuah gelombang spektrum misterius muncul dan dirasa cukup membahayakan.

Mengetahui adanya anomali, Nick mencoba menghubungi Kapten Marvel untuk memeriksanya. Di saat bersamaan, astronot S.A.B.E.R. yakni Monica (Teyonah Parris) pun segera mendatangi portal tersebut untuk memeriksanya. Saat mereka menyentuh gelombang tersebut, keduanya tiba-tiba saja bertukar tempat. 

Tak hanya mereka berdua! Kamala yang sedang berada di kamarnya pun ikut ‘lenyap’ setelah gelangnya menunjukkan cahaya ungu aneh. Ketiganya bertukar tempat. Monica bergeser ke lokasi Kapten Marvel, Kapten Marvel ke lokasi Kamala, dan Kamala pindah ke lokasi Monica. Hal itu jelas membuat ketiganya bingung bukan main.

Tak lama kemudian, mereka berhasil kembali ke tempat mereka semula. Setelah diinvestigasi, Kapten Marvel menyadari bahwa kerusakan portal waktu yang disebabkan oleh Dar-Benn telah mempengaruhi kekuatan cahaya yang dimiliki oleh ketiganya. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya teleportasi saat mereka menggunakan kekuatan masing-masing.

Kapten Marvel pun menyusup ke dalam pesawat milik Dar-Benn untuk memecahkan masalah tersebut. Sialnya, Kapten Marvel kepergok oleh prajurit yang segera membawanya ke hadapan Dar-Benn.

Belum sempat bertemu dengan Dar-Benn, Kamala yang tak sengaja menggunakan kekuatannya malah menyeret Monica berteleportasi ke tempat Kapten Marvel berada.

Ketiganya pun terlibat pertarungan melawan para prajurit Dar-Benn dan berhasil kabur. Kemampuan perang mereka mulai berantakan akibat teleportasi itu. Kapten Marvel, Kamala dan Monica lantas mencari cara supaya bisa mengendalikan teleportasi tersebut agar bisa jadi keuntungan bagi mereka saat melawan musuh.

Kini Monica dan Kamala hidup bersama dengan Kapten Marvel di dalam pesawatnya untuk mencari keberadaan Dar-Been. Saat berdiskusi, Kapten Marvel yakin bahwa Dar-Been mencari sumber kehidupan untuk planet Hala, sehingga prajurit bangsa Kree pasti mendatangi planet-planet yang memiliki elemen penyokong kehidupan, seperti udara, dan air.

Tebakan Kapten Marvel ternyata tepat, invasi Dar-Been berikutnya adalah planet air, Aladna, yang dipimpin oleh ‘suami’ Kapten Marvel, Pangeran Yan (Park Seo Joon). Kapten Marvel pun segera memperingati Pangeran Yan. Bersama, mereka berusaha melawan Dar-Been yang datang membawa para prajuritnya. 

Ketiga pahlawan yang sudah mampu mengendalikan teleportasi itu akhirnya menggunakan kekuatan tersebut untuk melawan Dar-Been yang juga hendak merebut gelang kuantum dari tangan Kamala. Begitu berhasil memojokkan Dar-Been, Monica mencoba memberi tahu bahwa bangsa Kree dan Planet Hala bisa sembuh tanpa harus menggunakan kekuatan dari gelang.

Menurut penelitian Monica, kekuatan yang dimiliki oleh Kapten Marvel sendiri sudah bisa melakukan semuanya. Bukannya melunak, Dar-Been malah menyerang Kamala dan merebut gelangnya. Menggunakan gelang yang kini sudah sepasang, Dar-Been mulai menghisap kekuatan matahari untuk menyelamatkan planet Hala.

Alih-alih berhasil, ternyata gelang itu punya kekuatan yang tak bisa Dar-Been kendalikan sehingga membuat dirinya tewas. Kedua gelang itu pun akhirnya kembali ke tangan Kamala. Monica lalu menjelaskan bahwa kekuatan gelang yang dipakai secara benar mampu menutup portal waktu yang rusak dan mengembalikan keadaan seperti semula.

Setuju untuk memperbaiki keadaan, Kamala akhirnya membagi kekuatan gelang itu pada Monica dibantu oleh Kapten Marvel. Begitu kekuatan Monica dirasa cukup penuh, ia pun segera menutup portal waktu yang rusak, namun ia harus berkorban supaya portal bisa tertutup sempurna, membuat Monica terjebak di garis waktu yang lain. 

Kapten Marvel sudah berusaha untuk mencegahnya, namun gagal. Portal waktu sudah lebih dulu tertutup dan Kapten Marvel tidak bisa berbuat apa-apa. Hal ini membuat sedih Kamala. Namun, dirinya bersama Kapten Marvel berjanji bahwa mereka akan hidup bersama dan menjaga bumi sampai waktunya tiba untuk bertemu kembali dengan Monica. 

Dalam post-credit, kita akan dibawa pada garis waktu di mana Monica kini berada. Monica diceritakan bertemu kembali dengan sang Ibu yang sudah meninggal sejak ia masih kecil, namun wanita yang dianggap Ibu oleh Monica itu tidak mengenali gadis tersebut, mengindikasikan bahwa akan ada petualangan berikutnya yang akan dihadapi. 

Rasa Baru

The Marvels_Story (Copy)

The Marvels menawarkan rasa baru dalam menonton film. Biasanya MCU mentok menyajikan film aksi dibalut komedi ringan. Namun dalam film ini, kalian akan merasakan sedikit bumbu musikal yang cukup membuat shock. Bak film india, seluruh cameo, berikut Brie Larson dan Park Seo Joon, menari ke sana-kemari dengan busana meriah.

Tak hanya itu, para penonton pun bisa mendengar Brie menyanyi! Hal ini terjadi saat Kamala dan Monica menemani Kapten Marvel untuk bertemu ‘suaminya, Pangeran Yan di Aladna, untuk memperingatkan tentang ancaman Dar-Been. Kapten Marvel menjelaskan bahwa menyanyi adalah bahasa utama dan cara komunikasi di Aladna.

Vibes Charlie’s Angels

The Marvels_Charlie's Angels (Copy)

Masih ingat dengan tiga cewek jagoan yang tergabung dalam kelompok Charlie’s Angels? Ya, seperti itu kira-kira gambaran Kapten Marvel, Kamala, dan Monica saat bersama melawan para musuh-musuh mereka. Selain punya sejuta akal, ketiganya mahir berkelahi sampai lawan mereka knock out alias K.O.

Belum lagi mereka bekerja di bawah pengawasan Nick Fury yang seperti tokoh Charlie di kisah Charlie’s Angels. Cocok sekali deh vibes-nya! Ketiganya pun punya sifat berbeda, Kapten Marvel si pemberani, Kamala si periang dan Monica si pintar. Menyaksikan mereka bersama berpetualang dijamin seru banget!

Cukup Membingungkan

The Marvels_Plot (Copy)

Bagi kalian yang bukan fans Marvel, dan kepingin nonton film ini, disarankan banget nih untuk setidaknya paham jalan ceritanya lebih dulu. Soalnya film ini akan banyak menarik kisah lama dari Kapten Marvel, Kamala, dan Monica bahkan si kucing, Goose. Apabila kalian tidak menonton kisah mereka sebelumnya, mungkin kalian akan sedikit bingung.

Pasti di tengah-tengah film, kalian akan bertanya mengenai beberapa tokoh yang tiba-tiba saja muncul dan hilang begitu saja. Namun untuk kalian yang merasa "bodo amat, yang penting terhibur", maka film ini rekomendasi sekali untuk disaksikan bersama teman, keluarga atau pasangan kalian. So, tunggu apalagi? Ayo ikuti kisah Kapten Marvel!

Catatan tambahan, saya suka sekali momen di saat kucing milik Nick Fury, Goose, yang entah jenis kelaminnya apa, tiba-tiba saja bertelur banyak sekali. Anak-anak kucing lantas lahir dan mulai memenuhi stasiun S.A.B.E.R., yang ternyata bertujuan untuk membantu para staf melakukan evakuasi setelah kehancuran yang ditimbulkan Dar-Been. Lucu dan seru deh!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram