logo web

Review dan Sinopsis Forever Rich, Hancurnya Karir Sang Bintang

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Forever Rich
2.3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Kehidupan artis selalu berkaitan dengan hal-hal glamor dan mewah. Namun, bagaimana jika semua itu hancur di satu malam akibat ulah para haters dan juga kesembronoan si artis tersebut? Kisah ini bisa kita saksikan pada film yang berjudul Forever Rich.

Film bertema kriminal ini akan mengajak kita mengikuti kehidupan seorang artis rap bernama Richie yang karirnya sedang menanjak, namun harus hancur hanya dalam satu malam. Berikut review dan sinopsis dari film Forever Rich.

Sinopsis

forever-rich-1_

Film Forever Rich mengisahkan tentang kisah kehidupan Richie, seorang penyanyi rap yang tengah berada di puncak kesuksesannya. Ia telah meniti karirnya dari nol hingga akhirnya bisa sukses seperti saat ini.

Richie tengah mempersiapkan konsernya yang akan berlangsung esok hari. Di tengah-tengah persiapan konser, manager-nya, Jess juga memberi kabar bahwa ia mendapat kontrak dari Sony.

Setelah selesai gladi resik konsernya, mereka pun hendak pergi menuju tempat makan malam. Seluruh kru beserta istri dan ibu Richie sudah berangkat lebih dulu.

Richie yang hendak berangkat bersama manajer turnya, Tony, kemudian dihadang oleh sekelompok gangster yang merampas jam tangan emas milik Richie dan tas milik Tony.

Richie sempat melapor pada polisi, namun prosedur kepolisian mengatakan jika kasusnya baru akan dilanjutkan esok hari. Richie pun kembali ke tempat makan malam bersama keluarganya.

Saat ia bersenang-senang di sana, ia melihat sebuah video berupa penganiayaan dirinya oleh gangster tadi menjadi viral di internet.

Hal itu memicu komentar-komentar negatif dari para fans Richie yang menyebutnya pengecut dan pecundang. Richie pun merasa nama baiknya akan hancur.

Ia dan Tony kemudian mulai mencari gangster tersebut. Mereka bisa menemukan lokasi mereka dengan melacak GPS handphone Tony yang ikut dicuri dalam tas oleh para gangster.

Saat mereka berhasil menangkap mereka di sebuah klub, gangster tersebut berhasil kabur. Richie kemudian meminta bantuan krunya yang lain, Appie, untuk menghajar mereka.

Namun Appie yang berniat menghajar mereka nyatanya justru ditusuk oleh para gangster hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Namun Richie berhasil menangkap seorang anggota gangster yang bernama Bilal.

Di rumah sakit, Appie meminta Richie untuk menengok anak-anaknya yang sendirian di rumah. Richie dan Tony kemudian menyekap Bilal di rumah Appie sekaligus untuk menemani anak-anak Richie.

Richie mulai membalas dendam dengan mengunggah video bahwa ia sudah menangkap salah satu anggota gangster yang mempermalukannya.

Namun para gangster itu kembali membalas dengan mengunggah video pribadi Richie saat ia berhubungan seks dengan seorang wanita. Video itu pun kembali menjadi viral dan dilihat oleh Anna, istri Richie.

Rupanya salah satu handphone Richie yang berisikan banyak video pribadinya ada dalam tas milik Tony yang dirampas gangster tersebut.

Kini, hubungan Richie dengan Anna pun terancam hancur. Jess sang manajer juga menelepon dan mengatakan bahwa Sony memutuskan untuk mengakhiri kontrak.

Sementara gangster tersebut meminta tebusan 50 ribu dollar untuk mengembalikan handphone milik Richie. Richie pun terpaksa menyiapkan uang tersebut.

Setelah berkejar-kejaran dengan polisi hingga berpisah dari Tony, Richie berhasil menemui gangster tersebut untuk melakukan pertukaran.

Adegan kejar-kejaran dan perkelahian pun terjadi hingga akhirnya Richie berhasil menyudutkan sang ketua gangster. Richie pun melakukan siaran langsung di instagram-nya dan mengatakan bahwa ia telah mengalahkan gangster tersebut.

Di pagi hari, Richie pun akhirnya tetap melakukan konsernya tanpa istrinya yang sudah memilih pergi. Ia pun kembali merenungkan perjalanan karirnya sejauh ini.

Sesaat sebelum konser, Jess mengatakan jika Sony kembali ingin berdiskusi mengenai kontrak, namun Jess menolaknya karena ada banyak label lain yang juga ingin memberi kontrak pada Richie.

Setting Waktu Cerita Hanya di Satu Malam Saja

forever-rich-2_

Alur cerita film yang berdurasi 90 menit ini hanya menceritakan mengenai peristiwa di satu malam saja. Setting waktu yang terjadi di satu malam ini membuat kita merasakan tempo waktu yang sebenarnya dan menonton secara langsung bagaimana perjuangan Richie untuk mempertahankan karir dan nama baiknya.

Film ini juga terasa memiliki tempo yang begitu cepat dari satu adegan ke adegan lainnya. Hal ini membuat film terasa cukup tegang dan tidak membosankan.

Namun penonton seolah tak bisa mendalami bagaimana latar belakang dari para karakter di film ini. Di awal film, hanya diceritakan sedikit cuplikan mengenai bagaimana Richie bercita-cita menjadi artis terkenal.

Namun tak diceritakan lebih lanjut bagaimana karakter Richie bisa menjadi seperti saat ini, begitu pula hubungan emosional antara Richie dengan ibu atau istrinya. Alur cerita film hanya berkutat mengenai bagaimana Richie mengejar para gangster di malam tersebut untuk mengembalikan nama baiknya.

Gabungan Pengambilan Gambar yang Variatif

forever-rich-3_

Tak seperti film-film lainnya, film Forever Rich memiliki teknik sinematografi yang cukup unik di sepanjang ceritanya. Ada banyak teknik pengambilan gambar yang cukup variatif, misalnya teknik pengambilan gambar ala kamera amatir saat awal adegan. Pada adegan ini, diceritakan video tersebut direkam oleh ibu Richie saat Richie masih kecil.

Selain itu, ada pula adegan-adegan saat layar memperlihatkan format seolah-olah kita sedang menyaksikan video live Instagram dengan format portrait lengkap dengan komentar-komentar dari para warganet.

Atau, ada adegan saat layar berubah seolah-olah menunjukan tampilan YouTube dan kita tengah menyaksikan video tersebut dari YouTube lengkap dengan berbagai tombol di sampingnya.

Teknik sinematografi ini terbilang cukup unik dan membuat film Forever Rich tak seperti film-film biasanya. Kamu seolah ikut menyaksikan hal yang sama seperti yang ditonton oleh orang-orang yang ada di film ini.

Pesan Moral Mengenai Dampak Buruk Sosial Media

forever-rich-4_

Dari film Forever Rich ini kita bisa mengambil pelajaran mengenai bagaimana dampak buruk media sosial bisa berpengaruh begitu besar terhadap hidup seseorang. Kehidupan Richie yang sempurna seolah hancur begitu saja saat semua rahasianya diungkap oleh orang-orang dan disebar melalui sosial media.

Kita bisa melihat bagaimana media sosial bisa memiliki pengaruh besar untuk mencari massa hingga menyebarkan berita yang mungkin saja bisa merusak kehidupan seseorang.

Di film ini kita juga bisa melihat bagaimana orang-orang begitu ketergantungan dengan sosial media, seperti Richie yang begitu panik saat melihat followers-nya terus berkurang.

Dari kisah Richie kita juga bisa mengambil pelajaran untuk lebih berhati-hati dalam menyimpan jejak digital dan informasi pribadi kita, karena kita tidak akan pernah tahu peristiwa buruk apa yang mungkin akan terjadi dan membuat rahasia pribadi kita tersebar dengan luas.

Itulah review dan sinopsis dari film Forever Rich, film mengenai seorang bintang yang berusaha mengembalikan nama baik dan karirnya yang dihancurkan dalam satu malam.

Kamu sudah selesai menonton film ini? Adakah pesan moral lain yang kamu dapatkan setelah selesai menontonnya? Ceritakan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram