logo web

Sinopsis & Review Film Imperfect The Series 2 (2022)

Ditulis oleh Suci Maharani R
Imperfect The Series 2
3.7
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Bagaikan dunia terbalik, kehidupan anak-anak penghuni kos Ibu Ratih tengah menjalani hidup baru mereka. Pasca usaha bunuh diri yang dilakukannya, Neti mencoba peruntungan di bidang lain sambil melupakan Dondon. Sementara Maria tengah dibuat bimbang dengan pekerjaan barunya menjaga kios hijab dan dihadapkan dengan cinta segitiga.

Sementara Prita kembali disibukkan dengan masalah keluarga dan sikap childish Endah membuat frustasi anak kosan lainnya. Masih ditulis oleh Ernest Prakasa dan disutradarai oleh Naya Anindita, kisah yang disampaikan terasa jauh lebih intense dan rumit.

Apalagi Cinta Laura, Melly Goeslaw dan Abun Sungkar juga akan memeriahkan drama seri yang bisa kamu tonton di WeTV.

Lalu masalah dan ulah apa lagi yang akan dilakukan oleh Neti, Prita, Endah dan Maria di kosan Bu Ratih? Biar nggak penasaran lagi, kamu bisa mencari tahu sinopsis dan ulasan singkat dramanya hanya di Showpoiler.

Sinopsis

Pasca kejadian terakhir, Neti dan Maria memutuskan untuk menjalani hidup baru, tidak hanya gantian kamar tidur, keduanya berusaha mencari pekerjaan baru. Sementara Prita sedang dibuat geram dengan kelakuan Endah. Pasalnya kecanduan Endah pada drama Korea, membuat Prita geram karena gadis itu semakin hari semakin menyusahkan anak-anak lainnya.

Baca juga: Sinopsis & Review Imperfect The Series, Anak Kos dan Realita Hidup

Episode 1-4

Episode 1-4

Berusaha untuk move on, Neti (Kiky Saputri) sangat berterimakasih pada Maria (Zsa Zsa Utari) yang bersedia untuk bertukar kamar dengannya.

Sambil menikmati hidup barunya, Neti berusaha untuk mencari pekerjaan baru. Ia ingin keluar dari lingkungan entertainment agar bisa jauh dari Don Don (Bintang Emon), Neti kebingungan karena belum mendapatkan pekerjaan baru.

Di sisi lain, Maria dihadapkan dengan pekerjaan barunya menjaga toko hijab. Ada beberapa hal yang membuatnya bimbang, salah satunya soal pengendalian emosi.

Maria meminta bantuan Endah (Neneng Wulandari) agar ia bisa bekerja dengan baik. Sialnya lagi, Maria memiliki rekan kerja yang bermuka dua yang selalu saja bertingkah seperti bos dan memerintah Maria seenaknya.

Imperfect

Berbeda dengan sebelumnya, kini kosan milik Ibu Ratih diawasi oleh orang baru. Tante Ratna (Riafinola Ifani Sari) menggantikan Ibu Ratih yang sedang umroh. Sejak awal kedatangan Tante Ratna, Neti, Prita, Endah dan Maria merasa kurang nyaman. Pasalnya, Tent Ratna ini sosok yang bawel dan selalu saja memprotes berbagai perilaku anak-anak kosan setiap saat.

Berbagai masalah rumit mulai mendatangi satu persatu anak kosan. Kali ini Prita (Aci Resti) dihadapkan dengan sang adik yang berniat untuk kuliah ke Jogja dan Endah yang semakin sehari makin menyebalkan.

Bukannya tidak mau, tapi Prita tidak rela jika adiknya hidup sendiri di Jogja. Di kosan, Prita merasa kesal dengan sikap Endah yang selalu mengambil makanan dan kuota miliknya tanpa izin.

Imperfect 2

Bahkan saat Prita tahu Endah sakit karena terlalu sibuk menonton drama Korea, Prita adalah sosok yang paling tegas memberikan pelajaran pada gadis itu.

Prita sampai menggembok laptop Endah, sambil merawat Endah yang sakit asam lambung. Sialnya, Endah malah mempermainkan perhatian yang diberikan Prita dan Neti hingga gadis ini akhirnya kena batunya sendiri.  

Kejutan tidak berhenti disitu saja, siapa sangka kalau Tante Ratna adalah ibu kandung dari Bima (Ari Irham). Kembalinya Bima ke kosan juga membuat Maria bingung, pasalnya di tempat bekerja Maria dekat dengan cowok ganteng bernama Adit (Abun Sungkar).

Kedua pria itu berusaha untuk mendekatinya, sedangkan Maria bingung siapa yang benar-benar ia sukai, antara Bima atau Adit?

Imperfect 3

Hidup baru juga sedang dijalani oleh Dika (Reza Rahadian) yang kini memutuskan menjadi fotografer di Jakarta. Pekerjaan pertamanya Dika dihadapkan dengan seorang selebgram viral bernama Cika Cihuy (Cinta Laura).

Sejak awal Dika memang tidak nyaman dengan gadis itu, pasalnya Cika terlihat fake, bossy sok famous dan memiliki kepribadian yang sangat buruk di mata Dika.

Episode 5-8

imperfect the series 2_Episode 5-8_

Hari berganti hari, semua orang sudah kembali pada realita kehidupannya lagi. Pasca Endah sembuh dari sakit lambungnya, ternyata kecanduannya pada drama asal Korea Selatan semakin parah.

Bayangkan saja, bukan cuma menghabiskan waktu untuk menonton dramanya saja, akhir-akhir ini Endah selalu kerap berlakon seperti dirinya adalah karakter dalam drama tersebut. Saking cintanya Endah pada drakor, gadis ini sampai berdandan seperti karakter yang ada di dalam drama.

Sebut saja usahanya menjadi Dokter Kang Mo Yeon dalam drama populer berjudul Descendants of the Sun. Tapi yang paling parah, saat Endah terinspirasi memiliki kekasih seorang preman sampai-sampai gadis ini berusaha mendekati Bang Ali.

Untungnya, kecanduan Endah kali ini tidak lagi membuat gadis ini sakit. Justru Endah malah bersemangat untuk belajar bahasa Korea.

Ternyata gadis ini memiliki impian untuk mendapatkan calon suami seorang pria Korea. Makanya Endah ikut kelas bahasa Korea. Dan setelah mencari-cari, akhirnya ia menemukan sekolah yang benar-benar diajarkan oleh orang Korea Selatan asli.

Di tempat lain, Maria dihadapkan dengan rasa bimbang untuk memilih antara Adit atau Bima. Setelah berkencan singkat dengan Adit, Maria semakin nyaman bersama teman satu pasarnya itu.

Di sisi lain, Maria juga masih belum bisa melupakan perasaannya pada Bima. Hingga suatu hari, Bima dan Adit meminta bantuan Neti, Prita dan Endah untuk mendekati Maria.

Tiga bersahabat ini terbagi jadi dua kubu, Neti memilih untuk membantu Bima dengan iming-iming agar Neti bisa bertemu dokter kulit. Sementara Prita diberikan iming-iming mendapatkan kaos gratis dari Adit, asalkan ia bisa membantunya memacari Maria.

Ketika kedua sahabatnya berusaha meyakinkan Maria, justru kedua pria itu malah membuatnya merasa kesal. Bayangkan saja, Bima membuat Maria dimarahi oleh Bonita karena menumpahkan makanan yang ia beli untuk Maria. Sedangkan Adit yang berniat untuk mengungkapkan perasaannya, malah memilih baju yang salah.

Ternyata quote yang ada dalam baju buatannya malah berisikan hinaan, bukannya ungkapan untuk mengajak Maria berpacaran dengannya.

Selain dipusingkan soal Bima dan Maria, Neti masih bingung mencari pekerjaan baru. Saat kedua sahabatnya meminta Neti untuk ke lokasi syuting lagi, gadis ini malah diminta jadi salah satu talent.

Sialnya, Neti malah beradu akting dengan sang mantan kekasih, Dondon. Meski sempat merasa tidak enak, hari itu Neti menyelesaikan pekerjaannya dengan sangat baik.

Selain itu, kosan juga kehadiran anak baru yang bernama Michelle (Fanny Ghassani). Gadis yang terlihat modis dengan bentuk tubuh bak gitar spanyol ini bikin Neti dan lainnya insecure.

Ternyata Michelle adalah seorang instruktur senam. Setiap harinya, ia selalu mengajak Neti dan Prita untuk senam bersama sampai kedua gadis ini kewalahan dan kelelahan. Alhasil Neti dan Prita berusaha mencari cara untuk mengusir Michelle dari kosan.

Pasalnya, mereka sudah tidak kuat kalau harus senam tiap hari. Ide cemerlang pun muncul, dengan pura-pura menggerebek Michelle dengan pacarnya di kosan. Namun yang bikin mereka terkejut, ternyata pacar yang dibawa oleh Michelle adalah suami orang alias “sugar daddy.”

Prita yang Tidak Pernah Bisa Mengutarakan Perasaannya

Prita yang Tidak Pernah Bisa Mengutarakan Perasaannya

Setelah menonton dua episode awal Imperfect The Series 2, saya baru paham kalau prita adalah sosok yang tidak pernah bisa mengutarakan perasaanya.

Hal ini terlihat ketika Prita lagi-lagi dihadapkan dengan konflik dengan sang adik. lagi-lagi bukan karena iri, melainkan Prita khawatir bagaimana hidup adiknya di Jogja dan bagaimana bapaknya hidup sendiri di rumah.

Prita juga sosok yang sangat dan paling peduli dengan teman-teman satu kosannya. Gadis ini tidak pernah mengatakannya lewat lisan, tapi semuanya terlihat dari perilakunya. Ia mengurus Endah sama seperti mengurus adiknya. Ia merawat gadis itu saat sakit dan memberikan pelajaran ketika Endah ketahuan terlalu berlebihan saat nonton drama Korea.

 Untuk Neti dan Maria, Prita kerap memberikan nasihat yang terkesan nyeleneh tapi pas dengan realita. Bisa dikatakan Prita adalah satu-satunya orang yang memiliki kondisi mental terbaik. Gadis ini memiliki wawasan yang luas, ia membantu Neti membuat CV dan iklan makeup yang cukup baik.

Balada Lembaran Baru Neti dan Maria

Balada Lembaran Baru Neti dan Maria

Imperfect The Series 2 mengisahkan balada kehidupan baru yang sedang dijalani oleh Maria dan Neti. Seperti yang kita tahu, Neti berusaha untuk menghilangkan memori cintanya pada Don Don.

Mulai dari bertukar kamar dengan Maria, hingga mencari pekerjaan baru. Neti merasa bingung, pasalnya keputusannya meninggalkan lokasi syuting membuat hidupnya agak sulit.

Apalagi kenyataannya, Neti tidak memiliki keahlian lain yang menjanjikan selain makeup. Ia mencoba pekerjaan baru, namun tidak ada yang berhasil. Di sisi lain, Maria mengalami banyak masalah saat bekerja di toko hijab. Sudah berusaha untuk menghafal jenis hijab, Maria harus berurusan dengan rekan kerja yang menyebalkan dan bossy.

Belum lagi Maria bertemu dengan pembeli yang rasis, memandang Maria aneh karena ia beragama Kristen. Sialnya lagi, Maria dihadapkan dengan cinta segitiga yang membuatnya sangat bingung.

Pasalnya, semenjak Maria bekerja di kios hijab ia dekat dengan pria bernama Adit yang bekerja di kios kaos. Di waktu bersamaan, Bima kembali ke kosan Bu Ratna dan membuat Maria terkejut.

Endah dan Praharanya sebagai Kpopers

Endah dan Praharanya sebagai Kpopers

Siapa nih yang lagi keranjingan dengan K-Pop seperti Endah? Dari beberapa episode di atas kita bisa melihat bagaimana jadinya kalau kamu tidak bisa mengatur waktu.

Endah adalah anak kuliahan yang sedang demam Korean Wave. Sebenarnya tidak ada yang salah jika kamu seorang penggemar K-Pop, kita bisa menganggap hal ini sebagai “me time” untuk menghilangkan stres.

Namun hobi ini bisa jadi buruk, jika kamu tidak bisa membagi waktu untuk merawat diri sendiri. Dari Endah kita bisa melihat, kalau marathon drakor sampai lupa makan itu membahayakan. Ada banyak yang harus dikorbankan, terutama soal uang. Endah boros kuota hingga ia tidak bisa membeli makanan, bahkan gadis ini kerap mencuri makanan Prita, Maria dan Neti.

Terlalu fokus maraton drama, Endah sampai lupa untuk makan dan belajar. Gadis ini terkena asam lambung yang membuatnya tidak bisa beraktivitas.

Menonton drama Korea dan menyukai grup K-Pop sebenarnya bukan hal yang salah, asalkan tidak berlebihan. Bagilah waktu untuk nonton dan keseharian mu dengan baik, jangan sampai kewalahan seperti Endah.

Alur ceritanya semakin kompleks, Imperfect The Series 2 memang tidak pernah terasa membosankan. Bahkan hadirnya karakter baru, memberikan banyak nilai positif yang kadang diabaikan oleh banyak orang.

Neti dan Usahanya Mencari Pekerjaan

imperfect the series 2_Episode 5-8_Neti dan Usahanya Mencari Pekerjaan_

Melihat nasib Neti yang terus-terusan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan membuat saya merasa kasihan padanya.

Memang betul, zaman sekarang sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan apalagi jika kamu hanya memiliki satu skill saja. Hal ini diperlihatkan dengan jelas oleh Neti, kalau kariernya sebagai Makeup Artist tidak bertahan lama dan tidak bisa diandalkan selamanya.

Meski begitu, saya menyukai sikap Neti yang tidak pernah berhenti untuk mencari pekerjaan. Dia selalu berusaha menghubungi semua kenalannya dan melamar pekerjaan tanpa henti. Neti juga tidak segan mengambil pekerjaan serabutan, selama itu memberikannya penghasilan.

Gadis ini selalu berusaha melakukan pekerjaannya sebaik mungkin, meski pada akhirnya tidak ada yang benar-benar menghasilkan.

Endah Menjadi KPopers yang Berpendidikan

imperfect the series 2_Endah Menjadi KPopers yang Berpendidikan_

Seperti yang dikatakan oleh Prita, kini Endah sudah menjelma menjadi seorang K-Popers yang lebih profesional lagi. Setelah melewati masa-masa halu, Endah akhirnya tahu bagaimana menyalurkan hobinya itu.

Demi memahami perkataan oppa-oppa yang ia sukai, Endah memutuskan untuk belajar bahasa Korea, meskipun tujuan utamanya adalah untuk mencari suami pria asal Korea Selatan yang asli. Tapi bagi kalian yang sudah menjadi penggemar K-Pop selama bertahun-tahun, pasti merasakan fase yang sama dengan Endah.

Awa-awal kecanduan K-Pop sampai menghabiskan waktu dan materi untuk menikmati berbagai konten si oppa. Lalu ada fase di mana kamu berkhayal bagaimana rasanya menjadi tokoh utama dalam drama-drama Korea yang kerap ditonton.

Hingga akhirnya kamu menyadari, ternyata mempelajari bahasa Korea memiliki banyak manfaat untuk masa depan. Ada yang akhirnya menjadi guru bahasa Korea hingga berhasil mendapatkan pekerjaan yang pasti di Korea. Dari hobi jadi hoki, hal-hal seperti ini bukanlah mimpi.

Di dunia nyata, banyak penggemar K-Pop yang akhirnya bisa menjadikan hobinya ini sebagai batu loncatan menuju kesuksesan. 

Adaptasi Korea yang Bikin Ngakak

imperfect the series 2_Adaptasi Korea yang Bikin Ngakak_

Hal lainnya yang membuat saya menyukai episode lima hingga delapan ini karena scene adaptasi drama Korea-nya. Berlatar soal Endah dan imajinasinya sebagai aktris utama dalam drama, scene reka ulang yang ditampilkan oleh Imperfect The Series 2 ini sangat menghibur.

Padahal hanya bermodal mencari kostum yang mirip dengan dialog Korea seadanya, namun adegan romantis yang jenaka ini dijamin bikin para penontonnya tertawa geli.

Agak cringe, tapi buka cringe karena adegannya terlalu romantis. Justru karena Uus dan Neneng Wulandari berusaha menampilkan mimik wajah dan dialog Korea semirip mungkin dengan aslinya. Adegan seperti ini di luar ekspektasi. Bahkan dengan kesederhanaannya, scene ini malah terlihat pas dengan realita.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram