logo web

Sinopsis & Review Serial Lockwood & Co. Kisah Pemburu Hantu

Ditulis oleh Gerryaldo
Lockwood & Co.
3.8
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Di awal tahun 2023 ini, kita dapat drama series baru di Netflix yang cukup seru untuk diikuti. Menceritakan tentang pasangan investigator yang bekerja untuk memecahkan kasus tertentu, kasus tersebut bukanlah kasus kriminal biasa, namun kasus tentang hantu yang membuat ulah di beberapa tempat dan harus segera dibersihkan.

Baca Juga: 15 Serial Netflix Terbaru yang Wajib Ditonton di 2023

Drama series Netflix berjudul Lockwood & Co. ini merupakan tokoh cerita yang diambil dari buku karya Jonathan Stroud. Buku tersebut ada 5 seri dengan judul The Screaming Staircase, The Whispering Skull, The Hollow Boy, The Creeping Shadow, dan The Empty Grave. Kesuksesan lima buku inilah yang jadi ide drama.

Sinopsis

Lockwood & Co. - Poster (Copy)

Episode 1 - This Will Be Us

Lockwood & Co. - Episode 1 (Copy)

Seorang gadis bernama Lucy Carlyle (Ruby Stokes) tidak bisa menikmati waktu mudanya secara damai bak anak-anak seusianya. Sedari kecil ia mempunyai bakat untuk ‘mendengar’ orang mati dan bakatnya itu digunakan Ibu Lucy untuk mempekerjakan paksa dirinya sebagai salah satu anggota investigasi hantu.

Satu kali begitu sedang bekerja, kekuatan roh yang harus dilawan sangatlah besar, bahkan hingga membuat teman-teman Lucy lain tewas bahkan jiwa teman baiknya sendiri terjebak di dunia lain. Hal ini membebani Lucy namun Ibunya sendiri tidak peduli dan hanya ingin mendapatkan uang. Ia pun kabur & bertemu Lockwood (Cameron Chapman).

Episode 2 - Let Go Of Me

Lockwood & Co. - Episode 2 (Copy)

Lockwood & Lucy mulai bekerja sebagai tim dan memulai kasus pertama mereka, namun kasus itu langsung memiliki roh dengan kekuatan penuh hingga membuat Lockwood dan Lucy dalam bahaya. Mereka bahkan dipanggil oleh DEPRAC (Department of Psychical Research and Control); organisasi pemerintah yang mengawasi agen investigasi psikis.

Roh tersebut bernama Annabel Ward, seorang calon artis Hollywood yang tewas lebih dari 40 tahun dan mayatnya berada di kediamannya sendiri. Roh itu termasuk tipe dua (membahayakan). Lucy, Lockwood dan George (Ali Hadji-Heshmati) lantas melakukan penyelidikan yang mengarah pada seorang pria bernama Hugo Blake.

Episode 3 - Doubt Thou The Stars

Lockwood & Co. - Episode 3 (Copy)

Bukti yang memberatkan Hugo ada di tangan Lucy, Lockwood dan George. Mereka berhasil menyelamatkan barang bukti berupa cincin milik Annabel Ward sebelum dicuri oleh seorang misterius yang masuk ke dalam kediaman mereka. Satu kali, Lockwood menerima sebuah pekerjaan investigasi psikis dari klien bernama Sir John Fairfax.

Sir John mengajak mereka untuk melibas para roh yang ada di sebuah mansion mewah miliknya bernama Combe Carey Hall. Investigasi pun dimulai dan ternyata mengarah kepada pelaku pembunuhan Annabelle, yakni Sir John sendiri. Alih-alih mendapatkan penghargaan telah mengusut tuntas kasus Annabelle, trio Lockwood malah ditangkap.

Episode 4 - Sweet Dreams

Lockwood & Co. - Episode 4 (Copy)

Pasca terbukanya satu barang bukti berbahaya yang digunakan untuk mengurung roh akibat tersangkut tangan Lucy membuat gadis itu sedikitnya lebih sensitif. Namun ia tetap mau bekerja begitu Lockwood & Co., mendapat tawaran pekerjaan tentang investigasi roh tipe dua yang ‘baru’ muncul. The Trio made it! Mereka mampu mengerjakan kasus itu.

Begitu kembali pulang, tengkorak yang tak sengaja Lucy buka penutupnya, mulai mengajak Lucy berbicara tentang kematian dan itu membuat Lucy takut. Ternyata tengkorak itu menyimpan hantu tipe tiga yang sangat berbahaya. Masalah lain pun muncul ketika kasus investigasi tentang hantu ‘baru’ tipe dua diambil alih oleh DEPRAC.

Episode 5 - Death is Coming

Lockwood & Co. - Episode 5 (Copy)

Sebuah relik cermin yang sebelumnya ada di dekapan mayat Edmund Bickerstaff (Lockwood menyebutnya hantu tipe dua) hilang dicuri. Hal ini membuat geger banyak pihak. DEPRAC pun akhirnya mengutus tim agensi lain yang dipimpin oleh Kipps (Jack Bandeira) untuk ikut mengusut kasus pencurian relik bersama tiro Lockwood.

Pencarian relik itu mengarah kepada Julius Winkman (Ben Crompton), pebisnis yang doyan menjual barang antik namun jahat. Ini membuat Lockwood dan Lucy datang ke tempat Julius namun malah tertangkap. Beruntung mereka dapat kabur tepat waktu namun itu membuat Julius semakin murka. Begitu mereka pulang, kejutan lain menunggu.

Episode 6 - You Never Asked

Lockwood & Co. - Episode 6 (Copy)

Pasca pembunuhan Jack Carver, pria yang terlibat dalam pencurian relik cermin, di kediaman Lockwood, DECAF langsung mendatangi Lockwood untuk dimintai keterangan. Inspektur Barnes (Ivanno Jeremiah) meminta Lockwood menghentikan pencarian relik dan kasus dilimpahkan pada agensi Fittes.

Lockwood, Lucy dan George tidak mau kasus tersebut lepas begitu saja. Mereka akhirnya merencanakan untuk mencari petunjuk baru soal relik itu. Kini petunjuk mengarah pada sebuah buku yang berada di pusat agensi Fittes. Memanfaatkan undangan perayaaan agensi itu berdiri selama 50 tahun, Lockwood dan Lucy pergi memulai aksinya.

Episode 7 - Mesmerised

Lockwood & Co. - Episode 7 (Copy)

George merasa tidak diperlukan di Lockwood & Co., ini karena semua misi selalu dipegang oleh Lockwood dan Lucy, ia merasa sebagai orang buangan yang diperintah saja. Hal ini membuat George mencari teman baru dan ia mendapatkannya yakni Pamela Joplin (Louise Brealey), asisten dari klien yang meminta untuk membongkar makam Edmund.

Sementara itu Lockwood dan Lucy berusaha mencuri relik cermin yang sedang di lelang oleh Winkman dan berhasil meskipun mereka harus melawan banyak musuh. Begitu cermin itu di dapatkan dan diserahkan pada George untuk diberikan pada DEPRAC, George malah memberikannya pada Pamela dan berujung chaos.

Episode 8 - Not The Eternal

Lockwood & Co. - Episode 8 (Copy)

Lockwood & Lucy yang menyadari bahwa George akan menyalahgunakan relik itu bersama Pamela lantas pergi menyusul George yang ada di makam Edmund. Naas, ternyata Pamela hanya memanfaatkan George untuk mendapatkan cermin, bukan sebagai teman. George pun ditumbalkan untuk melihat ke dalam cermin; sebuah pantangan.

Beruntung Lockwood, Lucy dan anggota Kipps bersatu untuk membantu menghancurkan relik tersebut sebelum jatuh ke tangan yang salah lagi sebelum akhirnya diberikan pada DEPRAC. Mereka berhasil melakukannya dan kini Lockwood & Kipps jadi berteman. Kembali ke rumah, Lockwood akhirnya membuka rahasia besarnya. 

Mirip dengan Film Ghostbusters

Lockwood & Co. - Hunters (Copy)

Film besutan sutradara William McGregor, Catherine Morshead, dan Joe Cornish ini mirip sekali dengan film Ghostbusters yang fenomenal itu; dimana beberapa orang yang bergabung dalam sebuah kelompok memiliki pekerjaan untuk membasmi para hantu yang meresahkan banyak pihak dan mereka terkenal sekali.

Perbedaannya adalah Lockwood & Co., tidak terkenal sama sekali sebelumnya sampai Lucy bergabung dengan dua pria yang wujudnya seperti anak lelaki yang bermain selagi orang tuanya pergi bekerja. Begitu Lucy datang, permintaan untuk investigasi beberapa kasus besar berdatangan. Sepertinya Lucy jadi lucky-charm untuk Lockwood ya?

Lockwood Si Ceroboh

Lockwood & Co. - Anthony Lockwood (Copy)

Sangat setuju dengan apa yang dipikirkan Lucy di episode terakhir. Lucy yang sudah muak dengan kelakuan Lockwood akhirnya buka suara. Ia merasa Lockwood sangat ceroboh dan memutuskan banyak keputusan tanpa melihat konsekuensi. Lucy benar-benar ketakutan akibat ulah Lockwood untuk mendapatkan relik, hampir saja membunuhnya.

Lockwood awalnya pria kalem dengan ambisi besar utuk membuat kantor investigasi psikis warisan orang tuanya tetap bertahan. Namun begitu Lucy datang dengan ‘gift’ yang dimiliki sehingga membuat Lockwood & Co., ini sukses secara cepat, sikap Lockwood berubah, ia menjadi serba yakin kalau dia bisa melakukan apa saja. 

Investigator Psikis Rangkap Detektif

Lockwood & Co. - Investigators (Copy)

Meski pekerjaan mereka adalah sebagai investigator psikis yang biasa menangkap roh jahat yang menganggu layaknya dalam film Ghostbuster, The Trio nyatanya berperan sebagai detektif juga untuk mengusut kasus mulai dari kasus pembunuhan hingga kasus pencurian relik yang menyimpan petaka akibat perangkap roh yang tertanam di sana.

Hal tersebut yang menjadi daya tarik dari drama series Lockwood & Co., karena ceritanya tidak berputar pada penangkapan hantu yang mungkin kalau ditayangkan berulang kali akan membuat penonton jadi cepat bosan.

Hantu-hantu yang mereka lawan pun bukan hantu menyeramkan yang bikin kita tahan nafas tiap menontonnya, bahkan mungkin anak-anak remaja 13 tahun juga bisa menontonnya.

Ending dari drama ini ya sudah pasti mengindikasikan bahwa akan ada Lockwood & Co. musim kedua; karena saat penutup, Lockwood masih hutang cerita tentang keluarganya yang ia simpan rahasiakan dan dibungkus rapat-rapat di ruangan lantai 2 kediamannya, membuat Lucy, George dan kita semua jadi penasaran. Kita tunggu saja ya season 2 nya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram