logo web

Sinopsis & Review Film Look Both Ways, Kehidupan 2 Paralel

Ditulis oleh Gerryaldo
Look Both Ways
3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Netflix kembali lagi membuat film yang cukup asyik ditonton khususnya untuk para gadis-gadis muda di luar sana yang sedang mencari jati diri. Film original Netflix tersebut berjudul Look Both Ways yang disutradarai oleh Wanuri Kahiu dan dibintangi oleh deretan artis dan aktor ternama seperti Lili Reinhart dan Danny Ramirez.

Film ini menceritakan tentang kehidupan satu orang gadis bernama Natalie Bennett yang ada di dua dunia paralel yang berbeda. Kehidupan di masing-masing dunia sama-sama kompleks dan penuh kejutan. Di dunia yang satu, Nate merupakan seorang ibu satu anak, dan di dunia lain, Nate merupakan seorang lajang yang berjuang untuk karirnya.

Sinopsis

Look Both Ways_Poster (Copy)

Natalie Bennett (Lili Reinhart) atau yang dikenal dengan nama Nate merupakan seorang mahasiswi tingkat akhir. Ia berteman baik dengan seorang pria bernama Gabe (Danny Ramirez) yang selalu ada untuknya. Suatu hari, Nate dan Gabe berhubungan badan karena mereka terbawa suasana yang romantis.

Di hari pesta perpisahan, Nate mendadak tidak enak badan sudah selama 3 hari. Cara (Aisha Dee), teman baik Nate, lantas membawanya ke toilet untuk beristirahat sejenak, ia pun meminta Cara untuk mencoba tes kehamilan karena khawatir alasan kenapa ia tidak enak badan beberapa hari tersebut karena ia mengandung.

Nate pun mengikuti saran dari Cara untuk mencoba tes kehamilan tersebut. Nate sangat nervous dengan hasilnya nanti begitu pula dengan Cara yang harus bersiap untuk hasil tes teman baiknya itu baik ia hamil atau tidak. Dimulai dari sinilah, dunia paralel Nate terjadi. Begitu tes kehamilan terlihat, Nate di masing-masing dunia, hamil dan tidak hamil.

Nate yang hamil lantas segera berbicara pada Gabe tentang hal itu. Gabe terkejut bukan main karena mereka menggunakan pengaman selama berhubungan badan, namun terlanjur terjadi, Gabe mengatakan pada Nate bahwa ia akan bertanggung jawab dan akan support apapun keputusan Nate terhadap calon anak mereka nanti.

Sedangkan Nate yang tidak hamil merasa lega bukan main dan melanjutkan pesta. 5 tahun rencana yang sudah disusun oleh Nate akan kehidupannya kelak sudah jelas di depan mata. Ia akan pindah dari Texas ke Los Angeles untuk meniti karirnya sebagai seorang animator dan tinggal disana bersama sahabatnya, Cara.

Nate yang mengandung akhirnya pulang ke rumah orang tuanya dan membuat Ayah Ibunya shock bukan main, apalagi pria yang membuat anak mereka hamil bukanlah pria sukses yang Ayah dan Ibu Nate bayangkan. Hal ini menjadi masalah besar bagi Nate dan Gabe yang padahal sudah berjanji bahwa berhubungan badan is not a big deal.

Nate dan Gabe pun akhirnya bekerja sama untuk melahirkan dan membesarkan anak mereka tepat disaat Gabe sudah memulai karirnya sebagai musisi. Nate terpaksa harus mengubur impiannya menjadi seorang animator sukses karena nantinya, Nate akan berjuang untuk menjadi seorang Ibu yang baik untuk anaknya.

Tidak berbeda dengan kehidupan Nate yang hamil, Nate yang tidak hamil pun kini berjuang keras untuk karirnya. Ia insecure pada Cara yang sudah mendapatkan kerja. Ia pun mencoba peruntungan dengan melamar menjadi seorang asisten untuk animator ternama lain bernama Lucy Galloway (Nia Long).

Apa yang diharapkan Nate untuk menjadi seorang asisten dari Lucy pun terwujud. Hal baik lainnya pun terjadi, ia bertemu dengan produser animasi bernama Jake (David Corenswet) yang punya misi hidup yang sama dengan Nate, alhasil mereka berhubungan dan saling dukung untuk mengejar impian mereka masing-masing.

Menyeberang ke kehidupan Nate dan Gabe, kini mereka sudah dikaruniai seorang anak perempuan cantik bernama Rosie. Gabe merasa ini waktu yang tepat untuk pindah dari rumah orang tua Nate dan menjadi satu keluarga utuh bersama Rosie, namun Nate menolaknya dan meminta Gabe untuk kencan dengan wanita lain saja.

Nate yang melontarkan kalimat tersebut lantas menyesal bukan main, ia menceritakannya pada Cara saat Nate berkunjung ke Los Angeles untuk berlibur setelah 4 tahun lamanya tidak pergi mengurus Rosie. Namun keesokan harinya Nate kembali pulang karena mendengar Gabe tidak menjaga Rosie malah dititipkan pada adik tunangan Gabe, Miranda.

Menyebrang ke dunia paralel lain, Nate dan Jake yang hubungannya semakin kuat lantas mantap untuk tinggal bersama, namun mendadak hal itu tidak terwujud lantaran Jake menerima pekerjaan di Nova Scotia selama setahun. Hubungan jarak jauh ternyata tidak bisa diteruskan dan membuat hubungan Nate dan Jake kandas.

Bak jatuh tertimpa tangga, Lucy pun meminta Nate untuk mencari jati dirinya mengingat karya Nate yang tidak orisinal sehingga ia berhenti dari pekerjaannya dan merasa gagal. Kehilangan pacar dan pekerjaan sekaligus membuat Nate drop. Hal ini pun terjadi pada Nate yang menjadi seorang ibu. Ia akhirnya mengetahui bahwa Gabe akan menikah.

Merasa kacau di masing-masing dunia, Nate akhirnya mencoba untuk bangkit dengan upgrade skillnya dalam karir. Nate single mencoba untuk membuat animasi orisinalnya sendiri dan Nate yang sudah menjadi ibu mencoba untuk membuat film animasi pendek dan berhasil. Kedua karya mereka akan tampil di festival film South by Southwest.

Festival tersebut ternyata mempertemukan Nate lagi dengan Jake yang kembali dari Nova Scotia untuk melihat karya Nate single dan Gabe yang akan segera menikah. Sedangkan Mom Nate akhirnya bisa bertemu lagi dengan Gabe yang sukses menjadi musisi, namun kisah cintanya dengan Miranda juga kandas.

Nate single akhirnya berjalan-jalan menyusuri kota bersama Jake, ia mengaku bahwa bertemu kembali dengan Jake membuatnya senang. Di sisi lain, Mom Nate mencoba kembali terbuka pada Gabe dan mau membuka kembali hatinya untuk berhubungan dengannya. Keduanya setuju dan mau untuk kembali berkomitmen.

Mereka berdua (Nate single dan Mom Nate) akhirnya saling bertemu di asrama tempat dimana Nate kebingungan atas hasil tes kehamilan. Ia mengenang memori lama tersebut dan lantas berkata pada mereka sendiri bahwa semua akan baik-baik saja baik bagi Nate single ataupun Mom Nate. Lantas masing-masing Nate pergi bersama pasangan mereka.

Plot Berbelit tapi Asyik Diikuti

Look Both Ways_Plot (Copy)

Mengetahui bahwa film ini menganut premis Dr. Strange dimana ada dua paralel di dunia, penonton pasti tertarik untuk menonton; namun disisi lain pasti berpikir apakah bisa mengikutinya dengan baik mengingat jalan ceritanya yang pindah-pindah dengan setting, tokoh bahkan drama yang berbeda namun tetap fokus pada main character.

Beruntung bagi sang penulis skenario, April Prosser, ia bisa bekerjasama dengan sang sutradara untuk membuat film risky seperti ini dengan pembawaan yang baik sehingga penonton bisa terus mengikutinya tanpa banyak bertanya mengapa satu cerita dengan cerita lain tidak saling menyambung.

Hubungan Nate dan Gabe

Look Both Ways_Nate & Gabe (Copy)

Bisa dibilang hubungan Nate dan Gabe merupakan hubungan adem ayem apabila Gabe lebih kuat untuk mengambil hati Nate yang sempat menolak untuk tinggal bersama karena ia takut mereka berdua akan berakhir buruk apabila mengambil keputusan tersebut. Nate benar-benar takut hubungan mereka akan kandas.

Namun hal itu menjadi senjata untuk Gabe guna mengambil hati Nate kembali. Dengan meminta Gabe mencari wanita lain saja ketimbang terjebak bersama Nate, Gabe secara tidak langsung memberi waktu pada Nate untuk berpikir matang-matang atas keputusannya tersebut, dan hal itu berhasil. Nate menyesal dan akhirnya mau kembali pada Gabe.

Fair Ending

Look Both Ways_Fair Ending (Copy)

Untuk beberapa film yang mengusung premis dua paralel seperti ini pasti berakhir dengan satu tokoh bernasib tidak beruntung. Namun film ini menyuguhkan cerita sang tokoh utama yang hidup di masing-masing dunia mendapatkan ending yang adil. Meskipun berawal kacau balau, mereka akhirnya mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Pesan yang paling ngena dalam film ini juga ada di scene akhir film, dimana Nate kembali mengingat situasi kritis akan nasibnya nanti apabila ia hamil atau tidak. Nate menunjukan bahwa apapun yang terjadi, mau bagaimanapun kedepannya, ia membuktikan bahwa semua akan baik-baik saja.

Film berdurasi 110 menit ini lumayan oke nih buat ditonton bareng sama pasangan atau teman-teman kalian karena ceritanya yang tidak terlalu berat dan sepertinya akan relate sekali dengan banyak orang. Overall, film ini mendapatkan skor 3/5 dari Showpoiler, untuk kalian yang belum menontonnya, let’s watch!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram