logo web

Sinopsis & Review Lookism, Pria Gemuk yang Bisa Bertukar Tubuh

Ditulis oleh Lady S
Lookism
3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Apakah kamu suka membaca Webtoon? Kalau kamu suka membaca webtoon, kamu pasti tahu kalau serial animasi satu ini diangkat dari webtoon. Yup! Lookism berasal dari webtoon atau Manhwa karya Park Tae Joon. Dirilis pertama kali pada tahun 2014, Manhwa ini sudah tayang hingga lebih dari 400 episode dan masih berlanjut hingga sekarang, lho.

Saking populernya, Lookism akhirnya diadaptasi menjadi sebuah serial animasi original Netflix. Serial animasi ini tayang pada 8 Desember 2022 dalam 8 episode. Lalu apakah ceritanya dibuat mirip dengan versi webtoon-nya? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Sinopsis

Lookism-1_

Park Hyung Seok adalah seorang remaja SMA bertubuh gemuk. Karena penampilannya ini, ia sering menjadi sasaran perundungan teman-teman sekolahnya. Tindakan bully yang dilakukan teman-temannya pun benar-benar sudah di luar batas. Hyung Seok kerap dihina, dipukuli, dan diminta melakukan hal-hal yang merendahkan dirinya.

Di rumahnya, Hyung Seok hanya tinggal di sebuah rumah kecil di lingkungan kumuh bersama ibunya. Ibunya hanya seorang pekerja serabutan. Meskipun begitu, ia sangat perhatian pada Hyung Seok dan berusaha membanting tulang demi Hyung Seok bisa terus bersekolah.

Suatu hari, Hyung Seok tengah dibully teman-temannya di sela-sela pelajaran olahraga. Hyung Seok dipukuli. Ternyata kejadian itu dilihat oleh ibu Hyung Seok.

Ibu Hyung Seok langsung menerobos kerumunan dan meneriaki anak-anak yang membully Hyung Seok. Sontak, teman-teman sekolah Hyung Seok terkejut dan bergunjing. Mereka menganggap Hyung Seok seperti 'anak mama' karena dianggap telah memanggil ibunya ke sekolah.

Mendengar gunjingan itu, Hyung Seok merasa sangat malu. Alih-alih membela sang ibu, Hyung Seok malah memarahi ibunya. Setelah kejadian itu, Hyung Seok bersikeras minta dipindahkan ke sekolah lain. Ia tak peduli dengan keadaan ibunya yang tak memiliki biaya. Hyung Seok hanya ingin memulai hidup baru.

Dengan susah payah, ibu Hyung Seok mengabulkan permintaan sang anak. Hyung Seok dipindahkan ke SMA Jaewon, Namun beberapa hari sebelum ia masuk sekolah, Hyung Seok mengalami kejadian yang sangat aneh. Ia terbangun dalam tubuh yang sangat berbeda. Tubuhnya menjadi lebih tinggi dan berotot. Yang paling mengejutkan, wajahnya pun ikut berubah menjadi lebih tirus dan tampan.

Anehnya, di saat yang sama, Hyung Seok juga melihat tubuh lamanya tengah tertidur. Mendapat tubuh yang berbeda, Hyung Seok mencoba mencari tahu apa yang membuatnya bisa berada dalam tubuh yang berbeda.

Hyung Seok akhirnya menyadari kalau kondisi ini bisa terjadi saat ia tertidur. Saat ia tertidur dengan tubuh yang gemuk, tubuh yang lain akan berfungsi. Begitupun sebaliknya.

Hyung Seok lalu bisa dengan tenang menggunakan tubuh barunya ke sekolah yang baru juga. Ia bertemu dengan teman-temannya yang baru. Semua teman-temannya memandang Hyung Seok dengan sangat berbeda.

Para siswi perempuan terpesona dengan ketampanan Hyung Seok, sedangkan siswa laki-laki bersikap baik padanya. Tak ada satupun orang yang menggunjingkannya.

Keadaan ini sangat berbanding terbalik dengan ketika ia menjadi sosok Hyung Seok yang gemuk. Hyung Seok pun terkejut dengan perubahan besar yang terjadi di hidupnya. Meskipun begitu, perundungan masih terjadi walau tak secara langsung dialami Hyung Seok. Kini, bukan Hyung Seok yang dirundung, melainkan siswa lain yang dianggap 'jelek'.

Di sekolahnya yang baru, ada salah satu siswa bernama Pyeon Deok Hwa. Deok Hwa bertubuh gemuk dan suka menyanyi. Deok Hwa sering menjadi sasaran perundungan oleh teman-temannya. Saat Deok Hwa tengah dirundung anak-anak yang berbadan besar, Hyung Seok berhasil mencegah agar perundungannya tidak terjadi semakin parah.

Karena itu, meskipun penampilannya sudah berubah drastis, di dalam dirinya, masih ada Hyung Seok yang lama. Ia hadir untuk membantu teman-teman yang memiliki nasib buruk seperti yang pernah dialami Hyung Seok.

Lalu apa yang akan terjadi pada Hyung Seok? Bisakah dia menghentikan aksi perundungan di sekolah barunya? Kamu bisa menonton serial ini sampai selesai untuk tahu jawabannya!

Angkat Isu Perundungan yang Cukup Parah

Lookism-3_

Film-film maupun Manhwa bertema sekolah buatan Korea memang sering mengangkat isu perundungan. Tak terkecuali serial anime Lookism ini.

Konflik utama yang coba diangkat dari serial ini juga soal perundungan di mana sang pemeran utama, Hyung Seok, dirundung teman-teman sekolahnya akibat berbadan gemuk. Makanya, sepanjang serial ini berlangsung, kamu akan sering melihat adegan-adegan perundungan.

Namun sejujurnya, adegan perundungan yang ditunjukkan sedikit kurang realistis dan terlalu jahat sehingga agak sulit merelasikan kejadian dalam serial ini dengan kehidupan nyata. Adegan-adegan seperti penghinaan dan pemukulan memang sering diperlihatkan, tapi pemicu perundungan itu terasa sedikit berlebihan.

Selain itu, semua perundungnya digambarkan berbadan besar seperti preman sedangkan yang dirundung selalu orang-orang berbadan gemuk dan bergaya cupu. Di era-era terdahulu, adegan-adegan ini mungkin terasa biasa saja. Namun di jaman sekarang, adegan-adegan tersebut terasa tak masuk akal.

Cerita Kurang Terfokus

Lookism-5_

Manhwa Lookism memang sangat populer di webtoon karena premisnya yang unik dimana seorang remaja berbadan gemuk yang tiba-tiba punya kemampuan menukar tubuh dengan tubuh yang tinggi dan tampan.

Lewat ide cerita yang menarik ini, sebenarnya serial ini sangat berpotensi untuk berkembang menjadi anime yang seru. Sayangnya, entah kenapa penulis seakan kebingungan mencari arah cerita serial ini.

Awalnya, cerita berjalan seru saat Hyung Seok menyadari dirinya bisa bertukar tubuh. Penonton tentu berharap perubahan apa saja yang akan terjadi pada hidup Hyung Seok dan mengapa ia bisa tiba-tiba memiliki kemampuan bertukar tubuh.

Tapi sepanjang 8 episode yang tersaji, teka-teki itu tak langsung terbongkar. Alur cerita tidak fokus pada Hyung Seok, tapi malah pada orang-orang di sekitarnya.

Mungkin Lookism ini memang akan dibuat berlanjut sampai season berikutnya sehingga cerita dibuat sedikit menggantung di akhir.

Terlalu Banyak Karakter Baru yang Muncul

Lookism-7_

Selain cerita yang nampak kurang terfokus, saya cukup dibuat bingung dengan kemunculan beberapa karakter baru di setiap episodenya. Ada karakter yang dimunculkan dengan screentime cukup lama, tapi ternyata sama sekali enggak ada hubungannya dengan karakter utama.

Banyaknya karakter baru yang muncul tanpa background story yang jelas cukup membingungkan dan terasa overwhelmed, sehingga di pertengahan, serial ini cukup terasa membosankan.

Lookism versi serial anime ini hadir dalam 8 episode saja dengan rata-rata durasi tayang selama 25 menit per-episode. Namun sejujurnya, hanya di episode pertama saja, excitement menontonnya terasa seru. Selebihnya, serial ini terasa hanya ekedar menampilkan Hyung Seok yang dirundung dan membela teman-teman yang dirundung.

Buat kamu yang cuma pengen menonton tayangan ringan tanpa beban, Lookism ini masih oke untuk sekedar hiburan atau untuk menemani makan siang. Dan kalau kamu mau lihat bagaimana sebuah webtoon diwujudkan dalam bentuk serial anime, Lookism bisa jadi pilihan yang pas. Kamu tertarik menontonnya? Kasih tahu kita kalau kamu udah nonton juga ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram