logo web

Sinopsis & Review Love in the Air, Cinta di Sirkuit Balapan

Ditulis oleh Syuri K.N.
Love in the Air
2.2
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Tahun 2022 banyak banget series BL Thailand terbaru dan semuanya tampak seru untuk ditonton. Salah satunya "Love in the Air" yang sering jadi trending topic di Twitter.

Walau diperankan oleh 100% rookie actor dan actress, serial ini digandrungi banyak orang. Terus, apa yang menarik dari "Love in the Air", ya? Showpoiler sinopsis dan ulasannya di bawah ini.

Sinopsis

Love in the Air (8)_

Episode 1

Namanya mungkin membawa kesialan. Pasalnya, Rain (Noeul Nuttarat Tangwai) selalu terjebak dalam hujan. Ketika mengendarai mobil seorang diri, tiba-tiba mobilnya mogok, dan dia tipe orang yang cuma bisa pakai mobil tapi nggak mengerti urusan perawatan dan reparasi.

Untung aja ada seseorang baik hati yang rela membetulkan masalah pada mobilnya dan mengganti bannya yang kempes. Setelah kejadian itu, Rain merasa sangat hormat pada orang tersebut, walau mereka belum berkenalan.

Nggak lama, mereka bertemu lagi di acara get to know jurusan. Rupanya cowok yang membantunya tempo hari merupakan kakak tingkatnya di kampus. Phayu (Boss Chaikamon Sermsongwittaya) namanya.

Love in the Air (2)_

Phayu adalah kating yang sangat dipuja-puja, baik oleh adik kelas maupun seangkatannya, perempuan maupun laki-laki. Sifatnya yang ramah, pintar di bidangnya, keren dan kaya raya juga, pokoknya Phayu paket lengkap yang membuat siapa aja ingin jadi kekasihnya.

Tadinya Rain sangat senang mengetahui Phayu adalah katingnya, karena menurutnya Phayu sangat baik. Setelah acara perkenalan jurusan pun, Phayu lagi-lagi menolong Rain yang mobilnya nggak bisa dinyalakan.

Love in the Air (1)_

Phayu menawarkan mobil Rain untuk dibetulkan di bengkelnya. Rain mengiyakan tanpa pikir panjang, padahal Phayu udah bilang biaya perbaikan di bengkelnya itu mahal.

Rain berakhir menginap di tempat Phayu. Tadinya nggak ada masalah, hingga Phayu tiba-tiba merayunya. Rupanya, 'bayaran mahal' yang Phayu katakan sebelumnya bukan mengacu pada uang. Phayu berencana mengajak Rain tidur dengannya.

Love in the Air (7)_

Rain yang bukan gay tentu aja sangat terkejut. Dia terus-terusan berusaha kabur yang akhirnya membuat Phayu dongkol dan membatalkan niatnya. Keesokan harinya, Rain berencana memberitahu semua orang di kampus tabiat Phayu yang sebenarnya. Dia memulainya dengan berbicara pada Ple (Nan Sujitra Hemhiran), gadis yang dia sukai.

Episode 2

Love in the Air (4)_

Scene dimulai dengan Sky (Peat Wasuthorn Chaijinda) yang memandang Rain aneh karena mengendap-endap di kampus. Ternyata Rain berusaha menghindari Phayu. Nggak mengetahui kalau Phayu sedang bertanya pada anak-anak jurusan tentang dirinya, karena nggak tahu namanya.

Merasa dipermalukan di kampus, Rain dan sahabatnya, Sky, nekat menerobos ke sirkuit balapan motor 'rahasia' bernama Street Racing Circuit yang diurus oleh Phayu.

Sky mengetahui sirkuit itu karena mantan pacarnya, Prapai (Fort Thitipong Sengngai), merupakan pebalap utama di sana. Tapi, kisah Sky-Prapai belum dimulai, baru di-mention aja di episode ini.

Untuk menghadiri event balapan tersebut, nama kamu harus terdaftar. Bahkan banyak bodyguard yang berjaga dan hapal wajah orang-orang yang biasa datang. Jadi, ketika Rain menerobos masuk, dia langsung ketahuan dan dikejar oleh para bodyguard.

Love in the Air (1)_

Untung aja Phayu melihat kejadian itu dan segera menolong Rain. Semenjak kejadian di sirkuit dan di bengkel, semua orang jadi mengetahui status Rain sebagai 'cowoknya Tuan Phayu'. Rain dibawa ke condo Phayu dan 'dimarahi' di sana.

Anehnya, Rain yang asalnya sebal karena Ple, cewek gebetannya, nggak percaya ketika Rain menjelek-jelekkan Phayu, malah berbalik memiliki misi lain. Yaitu membuat Phayu jatuh cinta pada dirinya dalam kurun waktu satu bulan. Ini dilakukan Rain untuk membuktikan pada Ple kalau Phayu cowok yang nggak baik.

Menurut Rain, itu adalah balas dendam paling masuk akal karena telah membuat hidup Rain jadi kacau. Saat pergi dari sirkuit, Rain sepertinya lupa dengan Sky. Mungkin di episode ketiga kita akan melihat adegan Sky yang berpapasan dengan Prapai?

Episode 3

Prapai sky_

Sepertinya teori saya benar terjadi. Pagi harinya, Prapai mengunjungi Phayu di bengkel. Prapai mengatakan kalau semalam ia mengalami hal menyenangkan. Sepertinya ia bertemu dengan Sky! Tapi, kita masih belum mendapatkan kisah mereka di episode ini.

Sementara itu, di kampus, Rain bertemu dengan Sky yang tampak nggak kenapa-kenapa walau ditinggalkan Rain malam sebelumnya. Rain juga meminta tolong pada Sky untuk melancarkan misinya, yaitu membuat Phayu jatuh hati.

Sky nggak diberitahu siapa cowok yang lagi didekati Rain. Walau begitu, Sky tetap memberinya saran.

love in the air ep 3 1_

Sayangnya bulan itu jadwal kuliah dan tugas Rain sangat padat. Ia jadi khawatir nggak akan bisa menjalankan misinya. Menurut Sky, langkah pertama yang harus Rain lakukan adalah selalu muncul di hadapan mas crush.

Tapi, Rain nggak pernah berhasil menemui Phayu di bengkelnya walau udah berhari-hari datang ke sana. Rupanya Phayu ingin Rain jadi sedikit lebih sopan dan meneleponnya terlebih dahulu.

Dan, benar aja setelah Rain melakukan itu, Phayu langsung bersedia menemuinya. Walau mengatakan 'akan segera ke bengkel', Phayu baru datang dua jam kemudian.

love in the air ep 3 2_

Rain sempat diberi wejangan oleh kembaran Phayu, kalau mendekati Phayu itu sulit. (Saya justru kaget Phayu punya kembaran, mungkin kesalahan terjemahan atau teman Phayu hanya bercanda). Walau ditakut-takuti, Rain tetap semangat dengan misinya.

Rain dan Phayu semakin dekat. Sepertinya semua orang tahu kalau Phayu sebenarnya tertarik pada Rain, hanya Rain seorang yang nggak tahu. Rain juga jadi jatuh cinta betulan, bukan cuma mendekati Phayu demi misi solonya, tapi tentu aja dia nggak menyadari hal ini.

Lagipula Rain bukan 'menjalankan misi', selama beberapa hari ini dia malah merepotkan Phayu aja. Tapi, Phayu tampak nggak keberatan sama sekali, tuh.

love air

Suatu hari, Rain terlambat mengumpulkan tugas, yang membuat tugasnya ditolak oleh dosen. Padahal Rain udah mengerjakan tugasnya selama seminggu. Dan, malam sebelumnya ia membereskan tugasnya di bengkel Phayu (ditemani Phayu juga).

Sakit hati kerja kerasnya nggak diterima, Rain langsung lari hujan-hujanan ke bengkel Phayu. Seniornya itu pun menerima Rain dengan tangan terbuka.

Setelah menenangkan Rain, Phayu tetap memberi masukan sebagai senior dan orang yang udah bekerja (Phayu kan menjalankan bisnis bengkel, ingat?), kalau terlambat deadline itu bukan hal yang baik.

Saya suka bagian ini, karena menggambarkan pola kehidupan anak kuliahan banget, di mana ada drama dengan dosen, juga meminta saran dari kakak tingkat. Jadi kesannya lebih relate sama dunia nyata.

air

Episode 3 ditutup dengan Phayu yang ketahuan oleh temannya, kalau ternyata dia udah mengincar Rain lebih dulu, bahkan sejak zaman orientasi angkatan baru. Phayu mengingat Rain sebagai cowok manis yang memayunginya ketika ia membetulkan ban mobil Rain.

Snippet untuk episode minggu depan, Phayu tiba-tiba meminta Rain jangan datang ke bengkel lagi dan terlihat mejauhi Rain. Ada apa, ya? Jangan-jangan Phayu tahu kalau selama ini Rain punya crush ke Ple, teman sekelas Rain? Soalnya Rain juga belum yakin akan perasaannya, lebih berat ke Ple atau Phayu.

Episode 4

love in the air ep h_

Phayu melarang Rain datang ke bengkel lagi. Bukan karena nggak suka dengan kehadiran Rain, tapi Phayu ingin Rain lebih bertanggung jawab untuk pelajaran dan hidupnya sendiri. Karena, kalau untuk diri sendiri aja Rain nggak bisa konsisten, apalagi untuk berhubungan serius dengan Phayu.

Maka itu, Rain nggak menemui Phayu lagi untuk sementara waktu. Dia fokus belajar dan berinteraksi dengan teman-temannya. Dia juga mengobrol hati ke hati dengan Sky, yang membuatnya berpikir ulang siapakah yang sebenarnya ia sukai, Ple atau Phayu.

love in the air ep v_

Setelah beberapa hari nggak bertemu, Phayu dan Rain disibukkan dengan kegiatan masing-masing. Rain benar-benar nggak menghubungi Phayu selama mengerjakan tugas kuliah, itu membuat Phayu merindukannya dalam diam.

Selagi Phayu menolak bertemu Rain, Shaifa, kembaran Phayu, menjaga Rain dengan baik. Ternyata Shaifa betul-betul saudara kembar Phayu. Terus, walau Shaifa brewokan dan terlihat lebih dewasa, rupanya Phayu lah yang 'kakak', sementara Shaifa yang 'adik'.

love in the air ep 4 l_

Akhirnya semua tugas Rain selesai! Ia senang sekali karena bisa bertemu lagi dengan Phayu. Saking nggak sabarnya, Rain sampai berdiri di tengah hujan, menunggu Phayu di depan rumahnya. Phayu sempat marah karena Rain hujan-hujanan, karena Phayu nggak mau Rain sakit. Tapi, kemudian hubungan mereka malah jadi selangkah lebih maju lagi.

Episode ini berakhir bahagia. Rain sangat senang, kating kesayangannya itu memuji kerja kerasnya karena telah melakukan tugas dengan baik. Dia udah bukan si anak bodoh lagi, tapi anak pintar. Hubungan Rain dan Phayu juga jadi lebih jelas, walau mereka belum official.

Episode 5

rain

Setelah menghabiskan malam bersama Phayu, Rain pulang ke rumahnya sendiri karena ditelepon ibunya. Tapi, ia nggak pamit terlebih dulu, jadi Phayu pergi mencarinya.

Rupanya segera setelah sampai di rumah sendiri, Rain jatuh sakit. Anehnya, Phayu sampai di rumah Rain dan bisa masuk ke kamarnya begitu aja. Bahkan Phayu tampak sangat akrab dengan ibunya, dan memanggil ibu Rain dengan sebutan 'Mama'.

prapai

Adegan berganti ke saudara kembar Phayu, Saifah, dengan Prapai, sahabat Phayu yang pebalap itu. Mereka mengobrol singkat, dan Prapai hendak menanyakan tentang teman Rain yang ikut bersamanya ketika mereka menyusup ke sirkuit. Tapi, karena Phayu nggak ada, jadi Prapai harus bersabar.

Dimanakah Phayu berada? Dia masih di rumah Rain, merawat Rain, ikut makan malam di rumah Rain, mengakrabkan diri dengan keluarga Rain. Semua tampak berjalan dengan baik, bukan? Namun tiba-tiba aja Phayu mengatakan waktu Rain mengejarnya selama satu bulan udah selesai.

Phayu bahkan mengatakan Rain nggak perlu berusaha lagi, seolah-olah hubungan mereka akan berakhir begitu aja. Rupanya, Phayu mau gombal. Sekarang, waktunya Phayu yang mengejar Rain. Terus akhirnya mereka official pacaran, deh. Dasar, anak muda.

phayu

Setelah ujian selesai, Ple tiba-tiba mengajak Rain untuk mengobrol berdua aja. Sky mengira akhirnya Ple suka juga pada temannya itu dan akan confess. Rain juga berpikiran sama, tapi sekarang dia udah punya Phayu, dan tampaknya udah nggak suka lagi sama Ple. Sekarang Rain kebingungan gimana caranya nolak gadis yang selama ini dia sukai itu.

Eh, ternyata Ple malah mau minta nomor Phayu. Rain jadi balik sebal pada Ple. Dia masih menyimpan kekesalan itu hingga siang hari ketika janjian kencan dengan Phayu untuk nonton di bioskop. Phayu menjemput Rain menggunakan moge-nya. Aksi manis dimana Phayu memakaikan Rain helm sambil membetulkan poni Rain sangat menggemaskan untuk ditonton.

sky

Selesai menonton saat keluar studio, Phayu dan Rain nggak sengaja bertemu dengan Sky. Ternyata sahabat Rain itu habis menonton juga seorang diri. Rain jadi gugup karena belum mengatakan pada Sky tentang hubungannya dengan Phayu.

Mereka bertiga pun makan bersama. Ketika Rain jujur pada Sky, tanggapan Sky malah santai. Selama ini Sky udah paham kalau Rain suka betulan pada Phayu, bahkan mungkin mereka udah jadian, jadi Sky nggak kaget. Sky juga bukan tipe orang yang homopobik, jadi nggak punya masalah sama sekali dengan hubungan Rain dan Phayu.

Saat ke toilet, Phayu bertemu dengan dua orang asing yang menyebutkan tentang balapan liar yang biasa diurus oleh dirinya. Langsung dua orang itu diberi 'pelajaran' oleh Phayu, kalau membicarakan Street Circuit di ruang publik sangat dilarang. Setelah itu, Phayu membawa Rain pulang ke condo-nya dengan meminta izin pada Mama Rain.

boss

Scene selanjutnya sangat sweet, di mana pada pagi harinya Phayu bernyanyi akapela tanpa musik untuk Rain, tapi tetap merdu untuk didengar. Lagu itu merupakan pernyataan cinta, perasaan Phayu yang begitu mendalam untuk Rain.

Phayu, Rain, dan Saifah sarapan bersama. Saifah ternyata ada di kondo itu juga, karena mereka kan anak kembar dan kondo itu diberikan orang tua mereka untuk ditinggali bersama. Saifah memberi saran Phayu untuk mengajak Rain datang ke Street Circuit malam itu, supaya Rain lebih mengenal dunia Phayu.

sky

Rain dijelaskan oleh Phayu ketika sampai di tempat. Street Circuit merupakan balapan liar, yang diadakan dengan cara menutup jalan raya selama beberapa jam. Tapi, nggak akan ada pihak berwajib yang berani membubarkan mereka, karena Pakin si bos besar Street Circuit adalah orang yang memiliki power.

Semua orang dapat bertaruh apa aja, mulai dari ketenaran, kekayaan, hingga kekasih mereka pun bisa dijadikan barang pertaruhan. Episode ditutup dengan flashback ketika Rain masih SMA. Ia mendatangi kampus Phayu, jurusan arsitektur, karena Rain berminat masuk ke sana juga.

rain

Phayu nggak sengaja melihat selebaran yang ditinggalkan Rain di meja. Di brosur itu ada ungkapan doa Rain yang sangat berharap bisa masuk ke jurusan itu. Phayu membalas tulisan Rain dengan menyemangatinya. Ia juga meninggalkan ziegel ruler (penggaris segitiga) miliknya sebagai kenang-kenangan.

Jadi, walaupun mereka nggak pernah ketemu secara langsung dulu, tapi Phayu udah jadi orang penting bagi hidup Rain tanpa mereka berdua sadari. Phayu melihat penggarisnya ada di kamar Rain ketika ia mengunjungi Rain yang sakit, jadi Phayu udah tahu tentang hal ini!

Episode 6

prapai

Rain diajak Phayu ke sirkuit balapan! Nggak cuma berdua, ada Saifah juga ikut bersama mereka. Rain bertemu pertama kalinya dengan Chai, kepala ajudan di sirkuit balapan. Orang yang dihormati, tapi bukan bos besar yang dikenal dengan sebutan 'Tuan Pakin'.

Prapai mendekati Rain karena ingin bertanya tentang teman Rain yang waktu pertama kali datang dengannya, yaitu Sky. Tapi, keburu terpotong kedatangan Saifah yang menawarkan Stop untuk balapan dengan Prapai.

sky

Ya, di sana hadir pula Stop, cowok pembual yang sebelumnya Phayu marahi ketika membicarakan sirkuit balapan di tempat umum. Stop balapan dengan Prapai, yang kemudian kesal karena kalah dan menyalahkan motor Phayu, soalnya Phayu mekaniknya.

Stop juga menghina Phayu yang 'bukan siapa-siapa melainkan seorang mekanik rendahan'. Sempat hendak bertengkar, Chai melerai mereka dan mengusir Stop.

balap

Nggak terima dipermalukan, Stop meminta race dengan Phayu. Yang, tentu saja, dimenangkan dengan mudah oleh Phayu. Stop semakin kesal ketika Phayu nggak peduli dengan kemenangannya, dan malah pergi begitu saja dengan Rain. Mereka pun berhubungan panas setelahnya.

love 2

Keesokan harinya, Phayu harus pergi bekerja, meninggalkan Rain seorang diri di condo. Sambil menunggu Phayu pulang, Rain membeli makanan untuk kekasihnya itu. Namun, ada truk besar yang mengaku mengantarkan paket untuk Phayu, yang ternyata merupakan kamuflase untuk menculik Rain.

Penculiknya tentu saja Stop yang masih dendam pada Phayu. Rain disekap di gedung terbengkalai, dan Phayu harus segera menolongnya.

Episode 7: Sky After Rain

phayu

Mendapatkan firasat buruk, Phayu menelepon kekasihnya, tapi Rain nggak kunjung mengangkat panggilannya. Ia pun pulang lebih awal dari kantornya tanpa memikirkan pandangan heran dari rekan-rekannya.

Setelah mencari di condo-nya, Rain nggak ada di sana. Yang ada hanya Saifah saja. Saudara kembarnya itu kebingungan melihat Phayu kelabakan mencari Rain. Nggak lama setelah itu, Phayu mendapat telepon dari nomor Rain, yang ternyata diculik dan disekap oleh Stop.

Phayu pun menyusul Rain seorang diri, seperti yang diminta Stop. Di gudang terbengkalai, ada beberapa teman Stop yang diajak untuk memukuli orang. Tapi, mereka semua nggak menyangka kalau harus sampai melakukan penculikan juga. Salah satu teman Stop, Bas, mundur dan memilih pergi.

so

Nggak lama, Phayu sampai. Pemandangan yang menyambutnya adalah Rain yang diikat di kursi dan mulut kekasihnya disumpal. Stop meminta Phayu untuk merangkak dan bersujud di hadapannya, dan Phayu melakukannya begitu aja.

Belum puas, Stop menghajar Phayu terus menerus. Sementara Phayu nggak melawan karena diancam kalau Rain akan dilukai oleh teman-teman Stop. Untungnya, Saifah dan Phayu telah memanggil bala bantuan, yaitu dari Tuan Chai, salah satu petinggi di sirkuit balapan.

phayu_

Ketika Chai dan antek-anteknya sampai, mereka pertama kali bertemu dengan Bas. Karena Bas masih di kawasan gudang, tampaknya ia memilih menunggu di luar bukannya pulang. Chai pun menerobos masuk dan dengan mudah menangkap Stop CS.

Stop baru sadar kalau dia membuat masalah dengan orang yang salah. Chai memberi tahu Stop kalau Phayu adalah satu-satunya orang yang diizinkan menyentuh kendaraan di garasi pribadi Tuan Pakin, bos besar sirkuit. Karena Phayu mekanik kesayangan Tuan Pakin, tentunya Stop bukan apa-apa di mata Tuan Pakin.

ep 7_

Phayu dan Rain pun pulang dengan selamat. Cinta mereka semakin besar untuk satu sama lain setelah kejadian itu. Waktu dipercepat hingga liburan semester beres. Tapi para senior ada yang kembali ke kampus lebih awal untuk orientasi mahasiswa baru, termasuk Rain, Sky, Ple, dan beberapa orang lainnya.

Phayu tiba-tiba menghampiri Rain dan kawan-kawan yang lagi makan siang di kafe. Rupanya Phayu cemburu karena di sana ada Ple, gadis yang sempat Rain sukai. Phayu dan Rain pun mempublikasikan hubungan mereka di hadapan orang-orang untuk pertama kalinya.

ep 7 c_

Setengah episode ini menjadi penutup cerita Rain dan Phayu, karena selanjutnya akan menjadi kisah Sky dan Prapai. Sepertinya waktu mundur sedikit dari ending Phayu-Rain, karena Sky masih ada di rumah ayahnya alih-alih di dorm kampus selama libur musim panas.

collage3_

Hari Sky dan Prapai dimulai dengan berbeda. Sky tinggal di rumah sederhana bersama ayahnya yang single parent. Sementara Prapai tinggal di condo mewah seorang diri. Dia adalah bos di perusahaan ayahnya. Walau berusaha agar nggak dipecat ayahnya sendiri, Prapai masih suka seenaknya dengan pekerjaan.

Buktinya, Prapai membatalkan salah satu meeting-nya demi datang ke rumah Phayu, karena tahu di sana ada Rain. Bukan mau merebut Rain dari Phayu, loh, tapi Prapai ingin meminta nomor HP teman Rain, alias Sky.

rain

Rupanya ketika Rain dan Sky pertama kali menerobos masuk ke sirkuit balapan, Rain kan tertangkap (dan ditolong) oleh Phayu. Nah, nggak pernah diceritakan bagaimana nasib Sky. Ternyata Sky diselamatkan oleh Prapai!

Dari potongan post credit, tampaknya Sky dan Prapai menghabiskan malam bersama, tapi Sky menolak berhubungan lebih lanjut. Makanya Prapai penasaran banget sama Sky. Teori saya kalau Prapai-Sky mantanan ternyata nggak benar, hehe.

Episode 8

pai

Episode ke delapan ini penonton dibawa kembali ke scene awal, ketika Rain dan Sky menyusup ke Street Racing Circuit. Rain 'diselamatkan' Phayu, sementara Sky 'diselamatkan' oleh Prapai.

Prapai mencurigai Sky karena terlihat seperti anak hilang. Berarti dia bukan tamu eksklusif sirkuit, dan akan segera ditangkap oleh para security guard. Prapai pun berbaik hati menghampiri Sky dan mengatakan pada security kalau anak itu 'cowoknya'.

fort

Ada beberapa menit yang memperlihatkan adegan Phayu dan Rain, tapi itu sama persis dengan yang pernah ditayangkan di episode awal. Agaknya cukup disayangkan membuang waktu dengan pengulangan scene walaupun itu cuma 2-3 menit.

Di saat Rain bersama Phayu, Prapai menghabiskan malam yang panas berdua dengan Sky. Setelah one night stand itu, Sky bahkan nggak menginap dan langsung pulang. Prapai meminta nomor HP Sky, tapi bahkan Sky nggak mau memberi tahukan namanya.

purple

Prapai nggak pernah berpikir kalau Sky akan mengisi benaknya selama berbulan-bulan lamanya. Pasalnya, dia (dan adiknya, mungkin memang seluruh keluarganya seperti itu) bukan tipe orang yang berkomitmen dengan satu orang. Dia dan adiknya mengaku senang jadi jomblo karena mereka bisa tidur sama siapa aja dengan bebas.

Tapi, kegiatan Prapai terganggu karena ketika lagi kerja, meeting, nge-gym, Sky selalu menghantuinya. Setelah berbincang singkat dengan Saifah, Prapai pun memutuskan untuk mengejar Sky. Itulah mengapa ia datang ke condo Phayu untuk meminta nomor Sky dari Rain.

pai

Waktu dipercepat ke tiga bulan kemudian. Hari pertama semester baru dimulai. Sekarang Sky, Rain, Ple, Sig, dan kawan-kawan udah jadi senior. Mereka bertanggung jawab sebagai panitia ospek mahasiswa baru.

Sebelumnya, Prapai udah menghubungi Sky beberapa kali dan mengatakan kalau dia serius mau mendekati Sky. Pada awalnya Sky nggak percaya cowok seperti Prapai bisa suka pada dirinya. Tapi, ternyata Prapai benar-benar datang ke kampus untuk menjemput Sky.

sky

Dengan mengancam akan memberi tahu ONS yang mereka lakukan pada Rain, Sky pun setuju diantar pulang oleh Prapai. Sky sama sekali nggak mau berurusan dengan Prapai, akhirnya ia pun menyerah. Tapi, rupanya ia bukan menyerah mengejar Sky, melainkan ingin memulai dari awal lagi.

Dari perkenalan, kencan, ya pokoknya Prapai ingin mendapatkan Sky secara benar. Bukan cuma sekedar hubungan intim, tapi sebagai kekasih.

Esoknya di kelas, Rain bersujud di hadapan Sky karena tahu telah melakukan kesalahan dengan seenaknya memberikan nomor Sky pada Prapai. Sahabatnya itu mau memaafkan Rain dengan memberikan tugas kampus untuk dikerjakan Rain seorang.

sky_

Pulang kampus, Joy (Zani Nipaporn) si pemilik dorm yang Sky tinggali, bilang ada cowok ganteng pakai mobil bagus datang untuk memberikan buket bunga matahari pada Sky. Tentu aja itu dari Prapai.

Walau jadi bos perusahaan yang sibuk, Prapai kekeuh mengantarkan sendiri bunga itu pada Sky, walau pada akhirnya mereka nggak ketemu langsung karena Sky pulang agak sore. Snippet untuk episode selanjutnya, Rain mencoba melobi Rain untuk menerima PDKT-an Prapai. Akankah hati Sky luluh?

Episode 9

sky

Hari berganti. Prapai masih terus mengejar Sky tanpa henti. Ketika Prapai kebingungan memilih baju untuk dipakai hari ini, Sky bingung karena kehabisan bahan makanan. Sambil menghitung uang recehannya, Sky berjalan keluar kost-an hanya untuk menemukan Prapai telah menunggunya.

Prapai membuat Sky mengingat masa lalunya dengan mantannya yang toxic, sehingga ia sangat menghindari Prapai karena percaya mereka tipe pria yang sama. Tapi, Prapai nggak menyerah. Ia mengajak Sky sarapan bersama.

prapai

Prapai terus menerus 'memuji' Sky, mengatakan apa yang ia sukai dari anak kuliahan itu. Prapai juga menanyakan kenapa Sky melepas piercing di dadanya, yang saya pikir mungkin berhubungan dengan kekasih lama Sky, tapi ia enggan menjawab. Jadi, Prapai yang terus berbicara selagi Sky hanya makan dalam diam.

Setelah Prapai selesai membicarakan tentang dirinya sendiri, Sky pergi keluar kafe dan meninggalkan uang untuk makanannya. Di luar kafe, Sky mengatakan yang selama ini ada di pikirannya, kalau tipikal cowok seperti Prapai hanya mengejar-ngejar seseorang karena penasaran. Dan sekalinya sudah dapat, pasti bakal pergi.

rain

Di kampus, Sky dicecar oleh Rain. Sahabatnya itu sedikit kesal karena Sky nggak cerita kalau lagi dideketin Prapai. Tapi, rupanya bukan itu alasan Rain marah. Rain masih memikirkan ketakutannya sewaktu cerita pada Sky soal hubungannya dengan Phayu. Karena ia khawatir Sky tidak suka jika sahabatnya berhubungan dengan sesama cowok.

Eh, padahal Sky juga sama sepertinya, menyukai pria. Rain terus mempromosikan Prapai sebagai pria yang baik, tapi Sky nggak mau dengar. Rain kemudian membahas mantan pacar Rain, yang membuat Sky balik marah pada Rain.

red

Malamnya, Sky bermimpi buruk. Sepertinya mantannya dulu 'menjual' Sky pada banyak pria, sehingga ia memutuskan untuk nggak mencintai siapapun lagi, dan nggak percaya pada pria manapun yang mendekatinya. Prapai menyadari kalau ada sesuatu yang nggak beres pada Sky, dan ia berusaha mencari tahu sendiri.

Sementara itu, Sky menyibukkan diri dengan tugas kampus. Ia tampaknya mahasiswa pintar di kelas, karena teman-temannya banyak yang meminta tolong padanya untuk mengerjakan tugas. Sky juga sibuk dengan kegiatan mahasiswa di luar pelajaran. Pokoknya apapun agar ia nggak menghiraukan Prapai yang masih terus menghubunginya.

sky 1

Semakin hari, mimpi buruk Sky semakin sering datang. Trauma masa lalunya pun kembali menggerogoti jiwa Sky. Di kampus, udah ada Rain, Sig (Tonnam Piamchon), dan Por (Nut Nattapong), teman sekelas Sky. Beberapa hari ke belakang Sky memang nggak enak badan, tapi hari ini ia pingsan di kelas yang membuat semua temannya panik.

Seharusnya Sky dirawat di rumah sakit, tapi ia menolak dan akhirnya beristirahat di kost-an. Prapai yang iseng menelepon Sky setelah kembali dari dinasnya senang akhirnya Sky mengangkat telepon dan nggak memblokir nomornya lagi. Tapi, ternyata yang mengangkat teleponnya adalah Rain.

sakit

Dari Rain ia mengetahui Sky sakit, ia pun segera datang ke kost-an gebetannya itu. Tadinya Rain ingin merawat sahabatnya sendiri, tapi ia punya deadline tugas yang harus segera dikerjakan, dan itu ada di condo-nya Phayu. Rain pun dengan berat hati mempercayakan Sky pada Prapai.

Walau anak orang kaya yang terkesan semena-mena dan manja, rupanya Prapai piawai merawat Sky dengan baik. Ia bahkan merapikan kost-an Sky, hingga mencuci pakaian kotor Sky yang menumpuk!

Mungkin karena di awal episode diperlihatkan kalau Prapai itu kakak tertua dari tiga bersaudara. Terus, dua adik Prapai mengatakan 'dia yang membesarkan kita', yang membuat saya berpikir kedua orang tua mereka jarang hadir, sehingga Prapai sebagai yang tertua sering berlaku sebagai ayah dan ibu bagi adik-adiknya.

Episode 10

prapai

Prapai menepati janjinya untuk merawat Sky. Malam itu Sky terus mengigau karena traumanya, dan Prapai dengan sabar membuat Sky tenang. Tadinya Sky berpikir ia merasa tenang dengan adanya Prapai di kost-an karena sedang sakit saja. Tapi, setelah sembuh pun, ia nggak mau Prapai pergi. Saat itulah ia menyadari kalau ia telah jatuh hati.

prapai

Prapai harus pergi ke kantor, tapi ia berjanji akan pulang ke kost-an untuk mengecek keadaan Sky lagi. Sebelum benar-benar pergi, Sky mencium pipi Prapai tanda terimakasih. Malamnya, Prapai mendapat undangan dari Tuan Pakin untuk balapan motor. Di sana juga ada Phayu, sahabatnya.

rain

Tapi, karena cuaca nggak mendukung, balapan dibatalkan. Phayu senang karena ia ingin menghadiri Last Cheer (hari terakhir ospek) jurusan Arsitektur kampusnya, Rain, dan juga Sky.

joy

Sementara itu, Sky juga ikut acara Last Cheer tapi hanya diam aja, karena teman-temannya seperti Rain, Sig, dan Ple khawatir dia sakit lagi. Ternyata Sky sakit karena kecapekan mengurus ospek jurusan.

pai

Bukan cuma teman-teman Sky yang khawatir, ternyata Prapai juga demikian. Mengetahui acara Last Cheer akan berakhir pagi hari, Prapai langsung melesat hujan-hujanan ke kampus Sky.

Benar saja, Sky demam lagi tapi nggak mau ngaku ke teman-temannya karena nanti disuruh pulang. Prapai pun menemani Sky tidur di kampus supaya gebetannya itu nggak kedinginan.

Sky merasa berhutang budi pada Prapai yang telah sangat baik padanya selama beberapa hari ini. Sky pun menerima permintaan Prapai untuk mengosongkan waktunya seminggu ke depan. Tadinya Sky nggak tahu maksud Prapai apa, ternyata Prapai cuma mau ngajak Sky kencan.

collage3_

Pulangnya, Prapai nggak balik ke condo sendiri tapi mengekori Sky ke kost-an mungilnya itu. Mereka sempat berbincang cukup akrab yang memperlihatkan kalau mereka semakin dekat.

Selanjutnya Sky membuat tugas kuliah, sementara Prapai santai membaca komik. Kalau nggak tahu dia bos perusahaan, orang mungkin akan mengira dia pengangguran.

prapai

Akhirnya tugas Sky selesai juga. Prapai langsung menawari makan malam yang udah dibelinya dari tadi. Selagi makan, mereka mengobrol tentang keluarga Prapai. Dia menjelaskan kalau dia punya dua adik. Sementara Sky cerita dia anak satu-satunya dan dia anak broken home.

Ketika di Bangkok untuk kuliah, dia sendirian. Tapi kalau lagi pulang kampung, dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan ayahnya. Prapai pun berniat mengenalkan Sky pada adik-adiknya supaya nggak kesepian lagi.

angin

Semua berjalan lancar hingga malam harinya Sky menyuruh Prapai tidur di lantai. Agak ngeri melihat anak orang kaya rela tidur di lantai seperti itu, tapi Prapainya mau-mau saja karena sudah bucin.

Sebelum tidur, Sky dan Prapai sama-sama melihat telapak tangan yang mereka gambar tadi siang. Sky menggambar di telapak tangan Prapai, dan begitu pula sebaliknya.

Episode 11

prapai

Di episode sebelumnya, Prapai dan Sky sama-sama menggambar lambang angin di telapak tangan Sekarang gambarnya sudah memudar, tapi mereka masih senang memandangi telapak tangan masing-masing. Walau bekerja, Prapai enggak merasa kerepotan untuk membelikan Sky makanan. Bahkan menyuapi Sky yg mengantuk dan mencucikan piring untuk Sky.

prapai sky

Kelelahan karena tugas kampus, Sky pun disuruh tidur di kasur oleh Prapai. Sebenarnya Sky udah sangat mengantuk sejak lama, tapi karena tahu Prapai mau berkunjung, ia menahan rasa kantuknya. Setiap harinya berjalan seperti itu hingga Sky merasa nyaman dengan kehadiran Prapai di sisinya.

Suatu malam, Prapai mendapatkan telepon dari Sky yang terdengar panik dan menangis. Itu membuat Prapai sangat khawatir hingga sedikit marah karena khawatir Sky kenapa-kenapa.

sky prapai

Padahal Sky hanya meminta Prapai untuk membantunya mengerjakan tugas. Kemudian Sky meminta maaf karena telah membuatnya khawatir.

Saat sedang senggang, Prapai meneliminasi nomor-nomor yang enggak penting di ponselnya. Seperti nomor hook up-nya jaman dulu. Adik Prapai sampai takjub karena kakaknya tiba-tiba jadi cowok setia.

sky

Dia juga mengatakan pada Sky kalau dia rela melakukan apapun demi cowok idamannya itu. Sky pun mengisengi Prapai dan menyuruhnya membereskan kostan, seperti menggosok kamar mandi dan mengelap lemari.

Malamnya, Sky bertanya apa Prapai akan segera bosan padanya, dan Prapai mengatakan ia enggak bakal pernah bosan karena setiap hari ia hanya makin jatuh cinta pada Sky. Mereka pun menghabiskan malam bersama. Walau enggak ada 'tembak-menembak', bisa dikatakan mereka resmi berpacaran setelah itu.

collage__

Suatu siang, Prapai tiba-tiba muncul di kampus untuk menjemput Sky. Teman-temannya, Rain dan Sig, melihat kejadian itu. Tapi, hanya Rain yang enggak mengerti apa yang terjadi antara Sky dan Prapai. Sementara Sig langsung paham kalau mereka berdua pacaran.

Episode 12

a

Lagi-lagi Prapai kedapatan membantu tugas kuliah Sky. Kurang hati-hati, tangan Pai terkena cutter tajam sehingga berdarah. Sky panik dan segera mengobatinya. Setelah lukanya ditempeli plester, Pai berkunjung ke bengkel Phayu dan Saifah. Pai terlihat sangat tergila-gila dengan Sky, dia menceritakan semuanya tentang Sky dengan antusias.

Saifah mengajak Prapai datang ke pesta ulang tahun teman mutual mereka, Off, tapi Pai menolak karena ingin kencan saja dengan Sky. Modus dengan dalih membeli peralatan menggambar, padahal dia hanya ingin berkencan dengan pacarnya itu. Mereka benar-benar sehati, ya?

b

Saat sedang makan siang, Pai mendapatkan telepon dari Off yang memaksanya datang ke pesta ulang tahunnya. Pai pun akhirnya setuju datang dengan Sky, tapi hanya untuk memberikan kado saja dan kemudian mengantarkan Sky pulang.

Sky tadinya hanya akan menunggu Prapai di mobil, tapi dia kebelet pipis, jadi akhirnya dia masuk ke pesta. Dia mendengar dua gadis membicarakan Phayu dan Prapai. Kemudian gadis-gadis itu mengatakan kalau Prapai gampang didekati, hanya saja jangan pernah meminta dia untuk jadi kekasih, karena Pai enggak akan mau.

FgpyUwWVUAABTBF_

Mendengar itu, Sky enggak jadi ke toilet, tapi malah mencari keberadaan Prapai. Sangat kebetulan sekali, Sky melihat Prapai sedang duduk rangkulan dengan seorang cowok. Suasana pesta, serta pacarnya yang dia pikir berselingkuh, membuat trauma Sky ke-trigger lagi.

Sebelumnya, saat Prapai keluar dari pesta, ada seseorang yang melihatnya. Dia adalah temannya Gun, mantan Sky. Dia langsung menelepon Gun ketika melihat Sky bersama Prapai. Sepertinya mereka akan melakukan sesuatu lagi pada Sky setelah ini.

fort_

Sementara itu, di mobil, Sky tertidur setelah kelelahan mengalami mental breakdown. Tapi, ketika mobil bergerak, Sky terbangun lagi. Walau begitu, dia tetap berpura-pura tertidur agar Prapai enggak curiga.

Dua minggu berlalu, Sky selalu menghindari Prapai. Hingga akhirnya Pai menelepon Sky dengan nomor lain. Barulah setelah itu Pai mengangkat telepon dari Prapai, karena enggak tahu itu adalah dirinya. Prapai emosi, tapi dia berhasil menahannya dan bertanya di mana Sky berada. Sky malah memutuskan hubungannya dengan Pai saat itu juga.

Fgp5ezTUUAIzpMX_

Untungnya, Prapai enggak percaya begitu saja dengan yang diucapkan Sky. Dia tahu Sky bukan tipe orang yang kejam mengaku telah bosan dengan Pai dan mencampakannya begitu saja.

Selama ini ternyata Sky tinggal dengan Sig. Setelah putus dengan Pai, Sky pulang ke kostannya untuk beres-beres karena dia berpikir untuk pindah. Dari awal masuk pintu depan pun, Sky sudah terbayang-bayang Prapai karena memori yang mereka buat di sini sangatlah banyak. Ternyata Pai sudah ada di dalam kostan (dia punya kunci cadangan, ingat?)

Fgp5ezSUYAEi6EV_

Tapi, Sky belum menyadari ada Pai di sana. Ketika dia mencari buku yang dia gunakan sebagai diari, barulah Pai memunculkan diri, "Kamu mencari buku ini?", katanya. Di dalam buku itu tertulis perasaan Sky yang sesungguhnya, kalau dia sangat menyukai Pai. Bahkan banyak kata-kata yang menunjukkan kalau Sky sebenarnya insekyur dan takut Pai pergi.

Setelah dikonfrontasi, akhirnya Sky mengaku kalau dia mencintai Prapai dan enggak ingin putus. Mereka pun berbicara hati ke hati, namun Sky masih belum siap menceritakan semua yang terjadi padanya hingga dia jadi seperti ini. Dan, Pai pun siap menanti Sky kapan saja untuk bercerita.

collage_

Hari beralu, akhirnya Sky mengenalkan Prapai pada Rain sebagai pacarnya. Rain tampak enggak setuju dan berpikir kalau Pai memaksa temannya itu. Tapi, Sky membela Pai di hadapan Rain dan Phayu. Mungkin akan ada banyak agenda double date di antara mereka setelah ini!

Episode 13

FhN0wW7VUAkDUaY_

Di kelas, Sky terlihat senyum-senyum sambil chatting-an dengan Prapai. Rain memberi tahu kalau malam ini akan ada balapan lagi di sirkuit. Tapi, dia engak bisa datang karena belum mengerjakan PR.

Rain mengajak Sky untuk datang ke balapan selanjutnya saja. Setelah itu, Rain, Sky, dan Sig membicarakan hari-hari kuliah mereka yang akan segera selesai di semester ini.

Adegan beralih ke flashback, Sky mengingat awal mula dia datang ke Bangkok untuk sekolah SMA. Sayangnya dia bergaul dengan teman-teman yang salah. Dia mulai merokok dan minum-minum, padahal masih underage. Ketika di bar, dia bertemu dengan seorang cowok cakep yang lebih tua darinya. Cowok itu, Gun, mengajak Sky mengobrol. Keduanya pun jadi dekat.

TW:// Rape, Non-Con, Abuse

FhPDHMsXgAU7mQi_

Time skip ketika Gun dan Sky terlihat habis melakukan hubungan badan. Tampaknya hubungan mereka telah berlangsung cukup lama. Sky jatuh cinta pada Gun, sementara Gun bahkan enggak menganggap Sky pacarnya.

Teman-teman nongkrong Sky mulai menyadari ada yang enggak beres dengan hubungan Sky dan Gun. Pasalnya, ada beberapa luka memar di leher Sky. Juga ada luka sundutan rokok di tangan teman mereka. Walau nakal, tapi teman-teman Sky care padanya. Tapi, mungkin sudah terlalu bucin, Sky malah balik marah ke teman-temannya ketika diperingatkan.

FhPDHnFXoBAj1e7_

Gun abusif dan manipulatif. Sebenarnya Sky sudah enggak kuat dengan Gun, tapi dia enggak bisa lepas. Hingga suatu ketika dua teman Gun tiba-tiba menerobos masuk ke kamar. Rupanya Gun 'meminjamkan' Sky pada teman-temannya.

End of Trigger Warning.

Sky terbangun. Rupanya flashback tadi merupakan bagian dari mimpi buruknya. Dia segera menelepon pacarnya, Prapai. Sky mengatakan kalau dia bermimpi buruk dan membutuhkannya. Prapai yang kebetulan sedang bersama Phayu di arena memutuskan untuk pulang ke kost-an Sky. Sebelum pulang, ada dua orang menghampirinya.

FhOCfEDXoAIyO2p_

Mereka adalah Gun dan temannya. Mereka memuji pacar Prapai sangatlah lucu. Awalnya Pai merasa aneh, tapi mereka bilang tahu dari Instagram Prapai. Saat berjalan menjauh, Gun menyuruh Pai membawa pacarnya ke arena lain kali.

Setibanya di kost-an Sky, Prapai langsung dipeluk oleh kekasihnya itu. Keadaan Sky sudah lebih baik, enggak kacau seperti ketika dia terbangun tadi. Waktu dipercepat hingga hari balapan tiba.

Rupanya dari episode awal hingga sekarang, rentang waktunya adalah sekitar 6 bulan. Rain lari menghampiri Phayu, sementara Pai mengejutkan Sky dengan memeluknya dari belakang.

FhOClI6aYAAwtoG_

Balapan segera dimulai. Tapi, Sky lupa meninggalkan ponselnya di mobil Rain. Dia pun meminta kunci mobil Rain untuk mengambil HPnya sendiri. Rain tadinya mau menemani Sky, tapi Sky bilang enggak perlu. Benar saja, di dekat mobil Rain ada seseorang. Orang yang selama ini menjadi mimpi buruk Sky, yaitu Gun.

Prapai menyelesaikan race pertamanya. Tiba-tiba teman Gun datang menghampirinya dan meminjam kamar condo Prapai yang biasa dipakai untuk membawa ONS-nya. Awalnya Pai enggak mau, tapi orang itu terus berbicara sehingga membuat Pai jengah. Dia pun memberikan kunci condo dan kembali balapan lagi.

FhN0WwLUAAAmd2l_

Setelah bertemu dengan Gun, Sky kembali ter-trigger. Rain menyadari itu, tapi Sky enggak mau cerita. Rain tadinya mau membawa Sky ke rumah sakit karena sahabatnya itu jelas enggak baik-baik saja. Tapi, ketika akan izin ke Prapai, salah satu guard di sana mengatakan kalau Pai titip pesan untuk membawa Sky ke condo-nya saja.

Rain dan Sky yang enggak tahu apa-apa pun pergi ke sana. Sky ingin sendiri, jadi Rain kembali ke arena balapan karena Phayu masih di sana. Setelah Prapai selesai balapan, dia mencari keberadaan Sky. Rain bilang dia membawanya ke condo, dan Pai langsung tahu ada kalau Sky dalam bahaya. Prapai, Rain, dan Phayu segera pergi.

FhOIz2PUUAAWYKX_

Setibanya di sana, teman Gun mengira yang menggedor-gedor pintu adalah teman mereka yang mau 'mencicipi' Sky juga. Setelah pintu dibuka, ternyata itu Prapai CS. Pai langsung menerobos ke kamar. Dilihatnya Gun dan Sky yang telah bertelanjang dada. Panik, Gun memanipulasi keadaan, mengatakan Sky yang menggodanya.

Rain langsung menyela, "Sky bukan tipe orang yang seperti itu" katanya. Prapai melihat keadaan Sky yang diam dan bengong saja. Dia pun membentak Sky, menanyakan ada apa. Kemudian melihat Sky yang breakdown, Pai mengerti kalau yang diucapkan Gun enggak benar. Dia pun pergi menghajar Gun yang belum sempat keluar condo.

FhN5MxzWQAIGHS8_

Setelah itu, Prapai mengajak Sky ke rumahnya supaya lebih tenang. Di kamarnya, Sky kemudian menceritakan tentang traumanya, tentang Gun dan masa lalunya. Itu membuat Prapai menangis, dia menyesal kenapa enggak bertemu Sky sejak dulu, sehingga Sky enggak perlu melalui itu semua. Prapai dan Sky berjanji untuk saling mencintai satu sama lain sepanjang hidup mereka.

collagew_

Sky terbangun pagi harinya dengan keadaan yang sudah lebih baik. Sky tiba-tiba khawatir keluarga Prapai akan terkejut karena tiba-tiba anak pertama di rumah itu membawa seseorang pulang. Tapi, Prapai meyakinkan Sky justru semuanya akan senang, karena akhirnya ada orang yang bisa menyadarkan Prapai agar enggak playboy lagi.

Satu bulan kemudian, Sky terlihat lebih ceria dari sebelumnya. Dia membawakan kopi untuk Prapai atas permintaan ibu Prapai. Sepertinya Prapai sedang bekerja di private office-nya di dalam rumah, bukan di kantor. Ini menandakan Sky sudah sering datang ke rumah Prapai, atau justru tinggal di sana, karena dia disiratkan sangat akrab dengan ibu dan adik Prapai.

#LoveinTheAirFinale pun tamat!

Episode Spesial

Fi9eB-LaAAAoME6_

Episode dibuka dengan Sky dan Rain yang saling berkeluh kesah. Plerng (adik Prapai) menemani Sky yang lagi datang ke kantor Prapai. Plerng memarahi Prapai kenapa bisa membiarkan Sky menunggu di lantai bawah, bukannya langsung naik ke atas atau ditemani oleh Prapai.

Padahal Sky memang baru datang, dan kebetulan bertemu dengan Plerng. Prapai enggak suka melihat Plerng yang selalu nempel-nempel sama pacarnya. Ternyata Sky memiliki masalah, yaitu seluruh keluarga Prapai menyukainya.

Sampai-sampai orang tua dan adik-adik Prapai semuanya berebut untuk dekat dengan Sky. Itu membuat Sky bingung membagi waktu, juga bingung bagaimana menenangkan pacarnya yang jealous.

FiekplnUoAAGDzF_

Kemudian giliran Rain yang curhat. Di kampus ada kegiatan yang mengharuskan Rain pakai hanbok Korea. Dia sebal karena P'Phayu miliknya sangat ganteng.

Ya, walau senior (enggak diceritakan Phayu sudah lulus atau belum), Phayu masih suka main ke Fakultas Arsitektur, buat menengok pacarnya tentunya. Karena enggak sengaja bertemu Ple, Phayu diminta menggunakan hanbok juga soalnya lawan main Rain enggak bisa datang untuk fitting kostum.

Pakai hanbok membuat Phayu jadi semakin kelihatan tampan. Semua orang ingin berfoto dengannya. Bahkan foto Phayu dengan hanbok 'viral' di kalangan anak kampus sampai-sampai followers media sosial Phayu meningkat drastis.

Apalagi Rain pernah memergoki ada seorang perempuan seksi di condo. Walau ternyata itu rekan kerja Phayu, tapi Rain tetap merasa cemburu. Ternyata kejadian serupa menimpa Sky. Ketika sedang kencan dengan Prapai, ada seorang perempuan yang mendekati Prapai. Sky langsung maju menunjukkan diri kalau dia pacar Pai.

Fifq8NMXgAAtN6o_

Itulah yang membuat Rain dan Prapai 'kabur' dari pacar masing-masing, healing berdua saja. Phayu dan Prapai mencari-cari keberadaan pacar mereka, yang ternyata nihil. Sky dan Rain hanya mengirim chat akan pergi liburan berdua saja. Mereka juga mengancam agar Phayu dan Pai enggak menyusul karena mereka 'masih marah'.

Beruntung, Prapai dan Phayu bertemu Sig, teman Sky dan Rain. Di group chat kelas, Rain mengabari teman-temannya ke mana dia dan Sky akan pergi, yaitu ke Rayong. Bahkan Rain sampai memberi tahu hotel dan kamar tempat mereka menginap, padahal Sig itu kan ember banget. Tentu saja Sig akan membocorkan lokasi Rain dan Sky kepada kedua kekasih mereka.

Fifq8NMXgAAtN6o_

Sebenarnya Sky dan Rain merindukan pacar mereka, tapi masing-masing sudah berjanji untuk melupakan mereka barang sejenak. Enggak perlu waktu lama, Pai dan Phayu sampai di resort tempat kekasih mereka menginap.

Phayu langsung menarik Rain pergi untuk bicara di kamar, sementara Pai dan Sky stay di pinggir pantai. Baik Rain dan Sky memberi syarat pada pacar mereka kalau mau dimaafkan. Walau belum mengerti kenapa pacar mereka marah, tapi Phayu dan Pai tetap mengikuti permainan mereka.

Untuk dimaafkan, Rain meminta Phayu menggunakan seragam pilot. Setelah berganti pakaian, Phayu menebak Rain marah karena kostum hanbok yang dia kenakan di kampus tempo hari. Akhirnya Rain keceplosan kalau dia marah karena ada perempuan di condo Phayu.

Untitled design_

Phayu pun menjelaskan kalau itu adalah Ms. Natsu, teman Phayu yang membantunya mendapatkan liburan di villa, kejutan untuk Rain. Natsu juga ingin minta tolong dikenalkan pada Tuan Pakin lewat Phayu, karena cuma Phayu yang dekat dengan orang hebat itu.

Sementara itu, Sky menghukum Pai dengan 'enggak boleh menyentuh dan merespon apapun' dengan apa yang Sky lakukan. Sambil berendam bersama di bathtub, mereka akhirnya berbicara tentang apa yang membuat Sky marah. Akhirnya kedua pasangan itu berbaikan.

Fig5jeWWAAQBJTU_

Besoknya, Phayu membahas liburan di villa di pulau pribadi yang dijanjikan Natsu. Rain sangat senang mendengarnya. Kata Phayu, itu hadiah karena Rain sudah berusaha keras di kampus. Selama ini memang enggak terlalu suka belajar, tapi dia berjanji akan menjadi first class of honor setiap tahunnya agar Phayu bangga padanya.

Kalau Prapai dan Sky obrolannya lebih serius lagi, nih. Mungkin karena usia Pai yang lebih tua dibandingkan mereka semua, ya. Pai ingin melamar Sky! Entah itu setelah Sky lulus kuliah, dapat pekerjaan, atau setelah Sky menjalani kehidupan yang dia inginkan. Jika Sky siap, Pai akan langsung melamarnya.

#LoveinTheAirSpecialEP selesai, dan kisah Love in the Air sungguhan tamat untuk kali ini.

Tipikal University Love, tapi Masih Enjoyable

Love in the Air (5)_

Ini preferensi pribadi, tapi saya kurang suka genre school love, karena menurut saya jalan ceritanya mirip-mirip dan ending-nya ketebak bakal gimana. Sama seperti serial BL kebanyakan, "Love in the Air" juga mengusung latar cinta di sekolah. Terus, jurusan teknik pula. Kayaknya semua yang BL harus dari jurusan teknik, gitu, ya?

Protagonis utamanya juga basic banget, yaitu cowok cool dan cowok tsundere tukang marah-marah. Sepertinya kalau disuruh mengatakan serial Thailand yang inti ceritanya seperti ini, saya bisa menyebutkan 10 series dalam satu kedipan mata.

Tapi, "Love in the Air" masih bisa ditonton oleh saya yang notabene nggak suka kisah school dan university love. Soalnya, ada yang berbeda. Mereka menambahkan latar sirkuit balapan 'ilegal' yang membuat cerita semakin menarik.

Side couple-nya, PrapaiSky, juga tampak menjanjikan dalam artian backstory mereka adalah mantanan bukan yang baru mau PDKT. Berarti sebelumnya mereka punya sejarah bersama! Biasanya di cerita BL belum ada yang membahas ex lovers kembali jadi lovers. Jadi ini cukup membuat saya makin penasaran sama serialnya.

Akting Oke Walau Rookie

ep 3

Pemain "Love in the Air" pendatang baru semua dan kebanyakan merupakan aktor dari agensi dan production house Me Mind Y. Walau begitu, akting para pemainnya cukup bagus, terutama untuk Boss Chaikamon sebagai salah satu protagonis utama. Bahkan Boss juga piawai bernyanyi (tonton episode 5).

Akting Prapai (Fort Thitipong Sengngai) ketika menenangkan Sky yang habis dilecehkan bagus sekali menurut saya. Bagaimana dia menangis, berbicara, intonasi dan penekananya, hingga sorot matanya, penonton bisa melihat kalau dia kesakitan on behalf of his boyfriend. Sebaliknya, Sky (Peat Wasuthorn Chaijinda), yang mengalami pengalaman traumatis, justru belum bisa menunjukkan performa terbaiknya.

Dialog Hambar

pai sky

Biasanya cerita BL memiliki line yang ikonik. Sebut aja "Keep talking like that and I'll kiss you till you drop" dari serial "2gether". Tapi, sampai episode ketiga, serial ini belum menyuguhkan kalimat yang memorable. Bahkan dialog antar couple maupun antar teman pun nggak ada yang menarik kalau menurut saya.

Bahkan sampai episode 8 pun, nggak ada dialog yang wah banget. Kayak obrolan cheesy setingkat teenlit? Bahkan banyak sekali dialog dan scene yang menurut saya terlalu panjang tapi nggak ada intinya dan nggak bikin plot develop jadi sesuatu yang lebih bermakna.

Satu-satunya BL yang Benar-benar 'Belajar'

love in the air ep 4 c_

Kalian semua pengamat BL Thailand ngeh, nggak, kalau tema school love itu cuma diceritain jurusannya aja. Anak teknik lah, anak seni lah, dan segala jurusan lainnya. Tapi, nggak pernah ada scene yang benar-benar memperlihatkan kalau para aktornya mempelajari jurusan yang mereka ambil.

Nah, yang saya sukai dari serial ini adalah, para aktornya menunjukkan struggle sebagai mahasiswa arsitektur itu bagaimana. Sering begadang ngerjain tugas, drama tugas ditolak dosen, kerja kelompok, semuanya dimasukkan ke dalam adegan. Jadi latar anak sekolahan/kuliahannya lebih terasa.

Plotless & Alur Terlalu Cepat

FhPCt5PXoAgZXaY_

Kalau ada orang yang nanya, "Love in the Air" ceritanya tentang apa? Jujur saya bingung menjelaskannya. Pasalnya, ini cerita romansa anak muda saja. Berlatarkan kampus, di mana dua 'seme'nya anak orang kaya dan seenaknya, terus 'uke'nya tipe galak tapi ujung-ujungnya jadi penurut. Intinya, plot ceritanya nggak jelas.

Latar belakang balapan liarnya padahal sangat menarik. Tapi, sampai episode 7 yang menjadi akhir kisah Phayu-Rain aja nggak dibahas banget tentang balapannya. Bahkan penonton masih nggak tahu siapa 'Tuan Pakin' yang selalu disebut-sebut sebagai bos besar sirkuit ilegal tersebut.

Jadi rasanya cerita serial ini terlalu dangkal, seperti FTV yang durasinya cuma sejam tapi diperpanjang dengan drama ecek-ecek. Seperti penculikan Rain gara-gara Stop nggak sudi dipermalukan Phayu, scene ini seperti ditambahkan hanya agar ada 'drama' aja di series ini, karena sejujurnya tokoh Stop sangat nggak penting.

Mau Dibawa Ke Mana?

love in the air ep 8_

Karena series ini dibagi jadi dua, yaitu 7 episode pertama untuk Phayu-Rain dan sisanya untuk Prapai-Sky, ceritanya terkesan diselesaikan secara buru-buru. Nggak ada konflik yang bermakna, nggak ada ketegangan yang membuat penonton penasaran untuk menonton episode selanjutnya.

Terutama pemotongan cerita yang tiba-tiba berpindah fokus ke protagonis selanjutnya itu agak maksa. Mungkin karena sebelumnya pihak Me Mind Y nggak memberi tahu kalau serial ini akan dibagi jadi dua bagian untuk dua couple, kali, ya.

Padahal dalam 7 episode juga sebenarnya udah cukup untuk membuat kisah yang lebih kuat, tapi pihak penulis dan sutradara nggak bisa memanfaatkannya dengan baik. Jadi saya sebagai penonton biasa (bukan nonton karena nge-fans sama aktornya, tapi memang ingin tahu ceritanya) menemukan bahwa serial ini nggak enjoyable karena ceritanya terlalu dangkal.

Balapan Liar + Cuaca, Tema yang Nggak Singkron

prapai

Sebenarnya di luar cinta-cintaan anak kuliahan, drama ini punya dua tema menarik. Pertama cuaca. Dari pemilihan nama 4 karakter utamanya: Rain, Sky, Prapai, dan Phayu, semuanya bertemakan cuaca. Tapi, pihak screen writer-nya kurang mengemembangkan sisi cuaca ini selain menambah scene hujan, mendung, badai, dan cerah.

Kadang ada weather forecast juga yang senada dengan suasana hati protagonis utama di episode tersebut. Tapi, hanya itu aja. Jadi sama temanya kurang dapet, gitu. Kecuali mereka kuliahnya jurusan Meteorologi. Lah, ini mereka semua anak Arsi.

Kecuali Prapai yang nggak tahu jurusan apa karena dia lebih tua dari ketiga protagonis lainnya. Prapai juga cuma pernah bilang kalau dia kuliah di luar negeri. Tapi karena sekarang meneruskan bisnis keluarga, bisa dianggap dulu dia mengambil jurusan bisnis.

Terus tema kedua adalah balapan liar. Sama seperti drama Cutie Pie, balapannya nggak terlalu disorot. Tapi, masih mending di sini sih. Soalnya kalau di Cutie Pie cuma diceritakan si protagonis utamanya suka naik motor gede. Sementara Love in the Air benar-benar membahas tentang balapan liar.

Cuma, sayang banget sampai serial hampir berakhir belum ada kejelasan tentang arena balapan liar ini. Kenapa, kok bisa, siapa yang punya, itu semua belum jelas. Penonton cuma tahu balapan liar itu milik Tuan Pakin yang sampai episode 10 belum menunjukkan batang hidungnya.

Tim Wardrobe Pilih Kasih

collagea_

Outfit semua orang di serial ini bagus banget. Pas sama tiap karakternya. Tapi, coba lihat apa yang dipakai Sky? Kaos, celana pendek, kaos + kemeja lengan pendek yang membuat dia terlihat seperti sedang pakai seragam kuliah.. Enggak banget.. Memang sih diceritakan kalau kondisi ekonomi Sky paling kurang jika dibandingkan Rain, Phayu, apalagi Prapai. Tapi, kenapa fashion style dia paling jelek?

Mungkin kalau di real life gaya orang memang beda-beda ya.. Kita enggak boleh judge selera berpakaian orang. Tapi ini kan series, kesannya cuma Sky doang yang pakaiannya B doang, sementara yang lain sangat necis. Kan jadinya enggak adil.

Cerita Prapai-Sky Lebih Menarik

FhPCwhoXoAUetVc_

Mungkin ini lebih pada opini pribadi saya. Menurut saya, cerita Prapai dan Sky lebih menarik dibandingkan Phayu dan Rain. Memang, pada awalnya kisah Prapai dan Sky terkesan diburu-buru. Tapi, setelah mengalir, cerita mereka lebih ada plot-nya.

Terutama Sky memiliki masalah psikologis karena kejadian traumatis, sehingga bisa membuat penonton lebih penasaran ingin tahu apa penyebab dan jalan keluar dari problem Sky. Karakter Sky juga jadi terlihat lebih manusiawi, memberikan titik berat pada keseluruhan serial Love in the Air yang ceritanya ringan.

PTSD & RTS yang Kurang Dieksplor

ptsd

TW:// Rape

Memiliki masa lalu yang paling berat, Sky mengalami Rape Trauma Syndrome (RTS) dan gangguan stres paska trauma (PTSD). Sepertinya itu ulah mantan pacar Sky sewaktu SMA. Tapi, selama beberapa tahun ini dia sepertinya sempat melupakan kejadian mengerikan itu, hingga Prapai datang ke kehidupannya.

Pertemuan pertama mereka adalah ketika Sky dan Prapai melakukan ONS. Masalahnya, bukankah Sky mengalami RTS dan PTSD yang membuatnya trauma dengan 'cinta'. Tapi, dia bisa melakukan hubungan satu malam dengan Prapai begitu mudahnya?

Walau begitu, trauma Sky ke-trigger setelah Prapai menyatakan cinta dan mengejarnya. Yang, pada akhirnya setelah perjuangan Prapai menujukkan kalau ia tulis, Sky pun gives in dan menerima Prapai. Saya kurang tahu jeda waktu hubungan mereka itu berapa lama karena enggak ditunjukkan di serial.

Tapi, karena hanya berjarak 2-3 episode saja, membuat saya berpikir tim penulis cerita kurang mengeksplorasi kesehatan mental seseorang yang pernah mengalami kejadian traumatis.

Saya memang awam tentang itu, tapi saya pikir untuk seseorang yang trauma berat, penyelesaian masalahnya enggak seperti yang diperlihatkan oleh Sky dan Prapai di series ini.

The Most Unserious CEO

FhPCsVKXoAYgeOg_

Apa posisi Prapai di perusahaan keluarganya? Direktur? CEO? Entahlah, enggak ada statement jelas selama serial ini tayang. Pokoknya ayahnya pemilik perusahaan dan sekarang Prapai yang memimpin. Walau begitu, enggak pernah ada scene dimana Prapai sungguh-sungguh bekerja.

Pai tampak menghabiskan waktunya pacaran, membantu Sky mengerjakan tugas kuliah, hangout sama Phayu dan Saifah, atau balapan motor. Titel CEO paling enggak becus bisa disandang oleh Prapai.

Padahal untuk karakter Phayu sempat diperlihatkan ketika bekerja sebagai montir maupun insinyur. Tapi, kenapa untuk Prapai sama sekali enggak ada scene ketika dia bekerja? Bahkan perusahaannya bergerak di bidang apa juga penonton enggak tahu sampai episode terakhir.

Logikanya, perusahaan sesukses dan sebesar apapun bakal kolaps kalau pemimpinnya macam Prapai yang cuma main-main doang. Detail kecil yang sangat disayangkan karena terlewatkan, bukan?

Coping Mechanism Sky

FhNzefIX0AEAOy1_

Pengalaman masa lalu Sky sangat mengerikan. Sayangnya, semua itu dibeberkan dalam satu episode saja, mana cuma sebentar, di episode terakhir pula! Rasanya enggak pas jadinya.

Apalagi saat scene Gun yang akan memberikan 'pelajaran' lagi pada Sky, music score yang digunakan sangat enggak masuk! Musiknya seharusnya mencekam, bukan yang 'asik'. Karena musiknya itu upbeat seperti lagi di kafe.

Anyway, saya masih berpikir kalau pengarang cerita Love in the Air kurang melakukan research tentang penderitaan psikologis yang dirasakan oleh korban kekerasan seksual seperti Sky.

Orang-orang yang menonton mungkin akan ada yang salah paham. Atau juga menganggap Sky kurang menunjukkan sisi traumatisnya. Tapi, mungkin saja itu cara Sky untuk bertahan. Dia disebut enggak bisa menangis, karena baginya menangis enggak membuat dia keluar dari masalah.

Setelah putus dengan mantan abusifnya, Sky diceritakan pulang ke rumahnya (enggak tinggal di Bangkok untuk sementara waktu). Penyemangat hidupnya adalah ayahnya dan aktor favoritnya.

Sky ingin membuat ayahnya senang dan bangga padanya, sehingga dia berusaha untuk 'sembuh'. Sementara itu, Frost Patheera, aktor favoritnya, menjadi motivasi dalam hidupnya.

Karena, Frost pernah mengalami hal yang sama seperti dirinya. Dan, dia berpikir jika Frost bisa move on dalam hidupnya, berarti dia juga bisa. Plot twist, ternyata Frost merupakan pamannya Prapai! Saat duduk di pangkuan Prapai (epilog episode 13), Sky melihat foto keluarga di meja kerja pacarnya itu. Ternyata artis favorit Sky adalah paman kandung Prapai.

Adegan Action & Balapan yang Nanggung

FeASpIZaYAMmZhG_

Anggaplah serial ini punya dua adegan aksi. Yaitu ketika Rain diculik Stop dan Sky hendak 'diberi pelajaran lagi' oleh Gun. Tapi, baik keduanya sama-sama nanggung. Kesan heroiknya cuma sedikit banget. Phayu si pemeran utama di episode 1-7 malah surrender dengan berlutut dan enggak membalas pukulan Stop sama sekali.

Malah Rain yang menendang Stop di akhir ketika setelah diselamatkan oleh P'Chai, ajudan kepercayaan Tuan Pakin. Nah, pada adegan kekerasan selanjutnya, yaitu saat Sky hendak diperk*sa Gun, Prapai memukuli Gun pada akhirnya. Tapi, adegannya terlalu singkat dan kurang legit. Phayu bilang 'hentikan, kau bisa membunuhnya'.

Padahal Prapai cuma menonjok Gun berkali-kali dengan gerakan yang sama. Enggak mungkin dong gitu doang bakal mati? Apalagi darah yang ada di wajahnya cuma sedikit. Serius deh, kayaknya makeup artist serial ini enggak bagus.

Tapi, bukan itu yang bikin saya sebagai penonton emosi. Tahu enggak, Phayu dan Rain ngapain saat kejadian itu? Ya, mereka diam saja. Padahal badan Phayu besar dan terlihat jago berantem. Tapi enggak ada scene dimana dia menghajar antek-anteknya Gun. Phayu dan Rain seakan-akan ngumpet ketika scene di condo tersebut.

Untuk balapan motornya juga enggak banyak disorot. Cuma diperlihatkan beberapa kali mereka ada di sirkuit. Tapi, scene naik motornya sendiri paling cuma sekali dua kali saja ditampilkan. Jadi bingung, ini serial temanya apa sih? Balapan motor? Anak kuliahan? Bisnis? Psikologis? Cuaca? Segala ingin dimasukin tapi enggak dieksekusi dengan matang.

Alur yang Enggak Mengalir

FhOKYa9akAAoTVL_

Mungkin pihak pembuat serial ini ingin mengikuti alur linear, tapi cara pengemasannya jelek kalau menurut saya. Ada beberapa serial yang menggunakan taktik dua couple dipisahkan juga.

Contohnya Star and Sky: Star in My Mind dan Star and Sky: Sky in Your Heart, mini series GMMTV dengan masing-masing 8 episode ini ada di satu universe. Star in My Mind menceritakan couple Daonuea dan Khabkluen. Kemudian Sky in Your Heart couple-nya adalah Khuafah dan Prince. Daonuea dan Khuafah kakak beradik.

Ketika di Star in My Mind, Khuafah muncul beberapa kali, begitu pula di Sky in Your Heart, Daonuea muncul di sana-sini. Tapi, plot serial mereka lebih bagus daripada Love in the Air.

Mungkin karena Star and Sky dibagi menjadi benar-benar dua serial terpisah, tapi saling berhubungan. Sementara Love in the Air cuma satu serial saja, yang tiba-tiba ditengah terjadi pergantian protagonis.

Kalau seperti itu, seharusnya di akhir cerita diberi snippet bagaimana kedua couple bersama-sama, enggak sih? Seperti yang Star and Sky lakukan. Tapi, Love in the Air enggak begitu. Seakan-akan cerita Phayu-Rain ya berhenti di episode 7, sementara episode 8-13 isinya khusus untuk Prapai-Sky.

Kalau begini, pembagian episodenya pun enggak adil. Seharusnya cerita tamat di episode 14 sehingga masing-masing couple punya 7 episode. Jadi, ada tambahan satu episode lagi untuk membahas trauma Sky, bagaimana dia bangkit dari keterpurukan, dan masa sekarang dimana dia menjadi lebih baik bersama Prapai.

Prapai juga janji akan mengenalkan Sky pada keluarganya karena Sky anak tunggal dan hanya tinggal dengan ayahnya (ibu dan ayahnya telah bercerai).

Sky selalu ingin punya saudara supaya enggak kesepian. Tapi, hingga ending pun enggak ada scene interaksi antara Sky dengan ayah ibu dan adik-adik Prapai. Cuma implied kalau Sky dekat dengan mereka.

Sukses Secara Komersial

FijZVnXWYAId40F_

Walau dari segi cerita banyak sekali yang 'bolong', enggak bisa dipungkiri kalau kepopuleran Love in the Air melampaui batas. Untuk episode spesialnya pun ditayangkan bersamaan dengan fan meeting keempat protagonis utamanya.

Acara dan nama masing-masing aktor juga turut jadi trending topic di Twitter. Bisa dibilang serial ini sangat sukses, dan orang-orang pasti akan menanti proyek drama keempat aktor itu selanjutnya.

Itulah sinopsis per episode untuk Love in the Air berikut ulasannya juga. It's a wild ride! Akhirnya serial ini tamat juga pada 10 November 2022. Ketika awal menonton series ini saya mengharapkan banyak adegan aksi di arena balap motor. Tapi, ternyata itu hanya 5% dari keseluruhan cerita.

Bahkan sampai detik terakhir, ada sosok yang enggak pernah diperlihatkan sama sekali, yaitu si Tuan Pakin empunya sirkuit balapan. Saya penasaran banget se-powerful dan sekaya apa dia sampai bisa bikin balapan ilegal tapi legal itu?

Kenapa dia sayang banget sama Prapai dan Phayu? Semuanya enggak terjawab dan meninggalkan tanda tanya besar.

Secara keseluruhan, serial ini enggak terlalu menarik untuk diikuti. Entah kenapa antusiasme penonton begitu besar. Bahkan diantara series BL lainnya yang punya masa tayang sama, Love in the Air lah yang paling tinggi rating-nya. Menurut kamu, kira-kira faktor apa yang membuat Love in the Air begitu disukai?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram