logo web

Sinopsis dan Review Anime My Stepmom's Daughter Is My Ex

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
My Stepmom's Daughter is My Ex
1.5
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Dalam bahasa Jepang, salah satu anime musim panas ini dikenal dengan judul Mamahaha no Tsurgo ga Motokano datta. Sesuai dengan judulnya, anime ini menceritakan kisah sepasang mantan kekasih yang tiba-tiba menjadi saudara tiri.

Serial animenya di sutradarai oleh Yanagi Shinsuke dan diproduksi oleh studio Project No.9. Anime adaptasi ini ditayangkan perdana pada 6 Juli 2022. Penasaran dengan kisah dua karakter utama yang tiba-tiba menjadi saudara tiri ini? Berikut ulasan selengkapnya, selamat membaca!

Sinopsis

Mizuto dan Yume adalah dua siswa SMP yang menjadi sepasang kekasih. Namun, karena suatu hal, mereka akhirnya putus saat kelulusan.

Sebelum masuk SMA, mereka kembali bertemu dalam pertemuan yang tak terduga. Kini mereka menjadi saudara tiri dan harus menghormati perasaan orang tua mereka.

Episode 1-3

review my stepmoms daughter is my ex_Episode 1-3_

Yume dan Mizuto menjadi saudara tiri setelah orang tua mereka menikah. Sayangnya, orang tua mereka tidak menyadari kalau mereka pernah berpacaran ketika masih SMP. Demi menjaga perasaan orang tua mereka, Yume dan Mizuto memutuskan untuk membuat aturan terkait hubungan mereka.

Di sekolah, secara kebetulan Yume dan Mizuto satu kelas. Beberapa siswa laki-laki berusaha mendekati Mizuto agar bisa dekat dengan Yume. Semua itu terjadi karena di hari pertama masuk sekolah telah tersebar kalau mereka bersaudara.

Keesokan harinya, karena Yume merasa kesal pada anak laki-laki yang merendahkan Mizuto, dia bersikap seolah-olah memiliki brother complex. Ketika Mizuto sedang duduk di kelas, ia didekati oleh Kawanami Kogure yang menyatakan ingin menjadi teman Mizuto tanpa ada maksud lain.

Sementara itu, Minami Akatsuki sangat kagum pada Yume yang terlihat sempurna. Tapi, setelah ujian kebugaran, Akatsuki jadi mengetahui kalau Yume tidaklah sesempurna yang dia bayangkan. Dan setelahnya, mereka memutuskan menjadi teman.

Pada keesokan harinya, Yume jatuh sakit dan tidak bisa masuk sekolah. Akatsuki yang telah menjadi temannya merasa khawatir pada Yume dan memutuskan untuk menjenguknya.

Ketika Akatsuki dan Mizuto membuatkan makanan untuk Yume, Akatsuki menyimpulkan kalau Mizuto pernah memiliki pacar. Dan dia bertanya apakah Mizuto melihat Yume lebih dari sekedar saudara perempuan, tapi Mizuto menyangkalnya.

Enam bulan sebelumnya, ketika Yume masih berpacaran dengan Mizuto, Yume dengan obsesif menyimpan setiap barang yang diberikan oleh Mizuto. Namun, pada hari ini dia menemukan pakaian dalam milik Mizuto dan bertekad untuk mengembalikannya. 

Ketika Yume berusaha menyelinap ke kamar Mizuto, dia melihat kalau Mizuto melakukan hal yang sama dengan dirinya. Terlepas dari kecurigaan masing-masing, mereka berdua mengakui telah melanggar aturan dan dapat dengan bebas menuntut sesutu. 

Keesokan harinya, Yume melihat Mizuto sedang dengan seorang gadis. Ketika pulang, dia mendapati ada sepasang sepatu gadis yang satu sekolah dengan mereka di rumah. Yume ingin memastikan siapa gadis yang tengah dekat dengan Mizuto, tapi gadis itu menghilang.

Episode 4

review my stepmoms daughter_Episode 4_

Yume kebingungan dengan rencana Mizuto yang mengajaknya untuk berkencan, Mizuto menggunakan kesempatan ini untuk ‘hukuman’ karena kejadian pakaian dalam. Tanpa Yume ketahui, Mizuto sebenarnya memiliki maksud lain dengan mengajaknya berkencan.

Saat hari yang ditentukan telah tiba, Yume terpana melihat ketampanan Mizuto. Tidak hanya itu, pada saat mereka ‘kencan’ Mizuto bersikap sangat manis, tidak seperti biasanya yang terlihat kasar. Hal itu pun membuat hati Yume berdegup kencang.

Di saat yang bersamaan, Kwanami dan Akatsuki memantau Mizuto dan Yume dari belakang. Akatsuki yang terobsesi pada Yume, benar-benar memperhatikan mereka. 

Sementara itu, Mizuto sebenarnya bingung harus bersikap seperti apa pada Yume. Dia berusaha untuk menarik hati Yume, padahal sebenarnya perasaan sukanya pada Yume telah hilang sejak mereka putus. Tapi, di sisi lain, Yume semakin bingung dengan sikap Mizuto selama berkencan.

Episode 5-6

my stepmom daughter_Episode 5-6_

Pada hari ibu, Yume mengajak Mizuto untuk bersama-sama mencari hadiah yang cocok. Meski awalnya malas, akhirnya Mizuto pun pergi bersama dengan Yume untuk membeli hadiah. Kemudian, mereka memberikan bunga krisan pada Ibu mereka dan membuatnya terharu. 

Mizuto juga memberikan sebuah ide untuk memberikan waktu berdua saja untuk kedua orang tua mereka. Berhubung kedua orang tua mereka secara teknis merupakan pengantin baru.

Lalu, karena tak bisa pergi menginap ke hotel dan sebagainya, Mizuto meminta izin pada Kawanani untuk menginap dirumahnya. Dan secara kebetulan, rumah Kawanami bertetangga dengan Minami, sehingga Yume bisa menginap di sana.

Mizuto tidak mengetahui kalau dinding pemisah rumah Kawanami dan Minami itu tipis. Lalu, Kawanami mengusili Mizuto dengan meneriakkan hal memalukan. Karena merasa kesal, Mizuto pun membalas perlakuan Kawanami dengan hal yang serupa. 

Setelah makan malam di restoran, ketika Kawanami sudah tidur, Mizuto pergi ke balkon untuk melihat bulan. Dan ternyata, di sebelahnya ada Yume yang juga sama-sama tengah melihat bulan. Saat itu keduanya teringat dengan kenangan ketika masih berpacaran.

Scene beralih ke sekolah. Ujian tengah semester hampir tiba, Yume terus berusaha untuk mempertahankan peringkat tertatasnya dan mengalahkan Mizuto. Namun, setelah ujian hari pertama selesai, dia merasa marah karena mengetahui Mizuto tampak sengaja mengalah agar Yume menjadi peringkat pertama.

Dan yang mengejutkan adalah setelah ujian tengah semester usai, Mizuto berhasil mengalahkannya dan menjadi peringkat pertama. Namun, Yume tidak merasa tertekan dan bisa bersantai berkat perkataan Mizuto. 

Saat ingin mencari Mizuto, Yume menemukan Mizuto tengah berbicara dengan gadis lain bernama Higashira Isana di perpustakaan. Mizuto menganggap Isana sebagai teman, meski mereka baru berteman karena memiliki ketertarikan yang sama.

Saat pulang sekolah, Yume berusaha untuk menyembunyikan rasa cemburunya pada Isana. Lalu, pada keesokan harinya, Yume bersikap aneh pada Mizuto yang membuatnya kebingungan.

Episode 7-11

stepmum daugther my ex_Episode 7-11_

Higasgira di interogasi oleh Yume dan Minami karena mereka curiga kalau dirinya menyukai Mizuto. Minami mengatakan kalau dia dan Yume akan membantu Higashira bisa berkencan dengan Mizuto.

Namun, Higashira hanya ingin berteman dengan Mizuto karena sudah merasa nyaman. Lalu, Yume menyadarkan Higashira yang terlihat tampak tak percaya diri.

Setelah membuat rencana, Higashira pun mulai mengikuti arahan dari Yume dan Minami. Setelah melakukan beberapa cara untuk menarik perhatian Mizuto, akhirnya Higashira diminta untuk segera mengungkapkan perasaannya pada Mizuto. 

Pada keesokan harinya, akhirnya Higasgira berhasil mengatakan kalau dia menyukai Mizuto. Namun, Mizuto menolak perasaan Higashira dengan lembut. Mizuto menjelaskan lebih lanjut bahwa dia masih memiliki urusan yang harus diselesaikan sebelum akhirnya memiliki pacar kembali. 

Meski sudah ditolak oleh Mizuto, Higashira dan Mizuto masih tetap berteman baik bahkan bisa lebih dekat tanpa ada beban. Sementara itu, Yume merasa kesal pada Mizuto yang masih memiliki perasaan yang kuat dan dia sembunyikan.

Higashira meminta izin untuk melihat koleksi buku milik Mizuto karena sudah merasa aman dengan perasaannya. Yume dan Minami merasa kalau Higashira masih memiliki harapan untuk menjadi pacar Mizuto. Alhasil,  mereka bersikeras untuk makeover pakaian Higashira. 

Tapi, setiap kali Higashira mencoba pakaian yang dipilihkan oleh Minami dan Yume, semua pakaiannya terlihat sangat seksi. Minami pun berpikir untuk menutupi kesan tersebut, Higashira harus berpakaian seperti Yume. Akhirnya Higashira pun menemukan pakaian yang menurutnya menarik.

Pada saat kunjungan ke rumah Mizuto, Higashira tercengang melihat koleksi buku Mizuto. Saat itu, Yume bersikeras ingin bergabung untuk mendampingi mereka dan terkejut melihat Higashira juga Mizuto yang sangat santai. 

Secara pribadi, Higashira mengakui pada Yume kalau dia tetap akan menyukai Mizuto dan tetap akan  menjadi teman baiknya. Saat melihat kedekatan Higashira dan Mizuto, sebenarnya Yume merasa cemburu.

Di masa lalu, Yume merasa gugup ketika pertama kali memasuki kamar Mizuto. Berpikir kalau mereka mungkin siap untuk melakukan hubungan yang lebih, tapi yang mereka lakukan hanyalah membaca buku. Hal ini membuat Yume dan Mizuto kesal pada diri mereka sendiri.

Yume semakin kesal ketika kenaikan kelas sudah tidak sekelas lagi dengan Mizuto. Tapi seiring berjalannya waktu, Yume jadi lebih sering bermain dengan teman-teman barunya. Hal ini pun lantas membuat Mizuto merasa cemburu dan membentak Yume.

Ketika Mizuto mencoba meminta maaf pada Yume, dia malah mendapat tuduhan selingkuh dengan gadis lain. Dan semenjak itu, hubungan mereka mulai semakin merenggang.

Beberapa minggu kemudian, mereka berusaha untuk berdamai. Tapi, ego mereka yang masih tinggi menyebabkan mereka tetap bersikap dingin hingga tak berbicara selama berbulan-bulan.

Hingga akhirnya saat lulus SMP, mereka putus karena Mizuto tidak bisa menangani lagi perasaan cinta dan benci di waktu yang bersamaan.

Setelah kejadian tersebut, secara mengejutkan pada dua minggu selanjutnya orang tua mereka mengumumkan pertunangan. Hingga akhirnya Mizuto dan Yume menjadi saudara tiri.

Pada masa sekarang, baik Mizuto dan Yume saling menyalahkan diri sendiri karena tidak melanjutkan ke hubungan yang lebih dalam saat mereka masih berpacaran.

Pada malam harinya, Yume melihat ada kecoa di dalam kamarnya. Dia bersikeras untuk berbagi tempat tidur dengan Mizuto. Walau akhirnya mengalah, Mizuto berjuang dengan perasaannya agar bisa melupakannya.

Keesokan harinya, orang tua mereka menggoda tingkah mereka. Lalu, Mineaki mengatakan bahwa mereka akan mengunjungi keluarga besar Iirido. Dan karena mereka akan berenang di sungai, Yuni mendekas Yume dan Mizuto untuk membeli pakaian renang.

Higashira kembali berkunjung ke rumah Mizuto dan Yume. Yume pun kembali merasa cemburu melihat kedekatan mereka. Tak disangka Higashira pun merasa cemburu pada hubungan Yume dan Mizuto.

Setelah selesai menonton, Mizuto tertidur di pangkuan Yume. Higashira tergoda untuk menciumnya tapi berhasil dicegah oleh Yume. Setelah Higasgira pulang, Yume sadar harus melupakan perasaannya pada Mizuto demi kebaikan dirinya dan keluarganya.

Akhirnya Mizuto, Yume, dan orang tua mereka berkunjung ke rumah nenek Mizuto. Di sana, mereka disambut dengan gembira oleh sepupu Mizuto, Madoka.

Yume sempat berpikir kalau Madoka merupakan cinta pertama Mizuto. Menyadari ada sesuatu di antara Yume dan Mizuto, Madoka sengaja memberikan waktu untuk mereka berdua di suatu tempat di rumah nenek mereka.

Episode 12

stepmom daughter is my ex_Episode 12_

Mizuto dan Yume pergi ke festival musim panas di pedesaan keluarga Irido. Yume tampak tegang menggunakan yukata, apalagi ketika melihat Mizuto juga menggunakan yukata

Saat akan pergi bersama dengan sepupu mereka, Madoka dan Chikuma, Yume melihat Madoka memegang tangan Chikuma. Lalu, ia pun melakukan hal yang sama pada Mizuto.

Dia mengatakan kalau hal tersebut adalah wajar bagi saudara dan perkataan Yume pun dibenarkan oleh Madoka. Mereka berempat pun pergi bersama menuju tempat festival.

Sesampainya di sana, Madoka dan Chikuma mencoba salah satu permainan untuk mendapatkan hadiah. Dilanjutkan dengan Mizuto yang mencoba untuk mendapatkan hadiah, yang kemudian dia berikan pada Chikuma.

Selama festival itu, Yume mulai mempelajari lebih dalam mengenai Mizuto yang sebelumnya tidak diketahuinya. Semakin lama, Yume menyadari kenapa sikap Mizuto tampak anti sosial.

Kisah Mantan Pacar Menjadi Saudara Tiri

review my stepmoms daughter is my ex_Episode 1-3_Kisah Mantan Pacar Menjadi Saudara Tiri_

Apa jadinya jika kamu dan mantan pacarmu jadi saudara tiri? Ketika membaca judulnya saja sudah membuat saya ngeri.

Tapi, inilah yang dialami oleh Mizuto dan Yume, tiba-tiba menjadi saudara tiri karena pernikahan orang tua mereka. Setiap harinya terlintas bayang-bayang ketika masih menjadi sepasang kekasih, tapi jadi canggung karena perubahan ‘status’ yang drastis. 

Sejauh ini alur ceritanya masih terlihat cukup klise, apalagi ketika Yume dan Mizuto sedang di sekolah. Mereka berusaha ‘terlihat’ layaknya saudara, padahal kenangan masa lalu tentu tak mudah untuk dilupakan.

Ada beberapa adegan yang terasa cringe, tapi kadang-kadang ada juga scene yang cukup menghibur. Lalu ada juga beberapa adegan yang menjurus ke ecchi, seperti ketika Yume dengan sengaja ‘menggoda’ Mizuto, walaupun niatnya hanya bercanda.

Yume Kebingungan dengan Rencana Mizuto

review my stepmoms daughter_Episode 4_Yume Kebingungan dengan Rencana Mizuto_

Episode empat terasa cukup manis karena keakraban Yume dan Mizuto, meski sebenarnya agak membingungkan juga melihat hubungan mereka berdua. Di sepanjang episode ini, Yume sangat kebingungan dengan Mizuto yang tiba-tiba mengajaknya kencan. 

Bagaimana tidak, padahal mereka sudah jelas-jelas membuat peraturan ‘persaudaraan’ agar tidak melukai kedua orang tua mereka. Ditambah lagi karena hubungan mereka di masa lalu dan hubungan mereka sekarang, situasi itu menjadi sangat membingungkan.

Lalu ada satu hal yang bisa digaris bawahi pada episode ini yakni Mizuto mulai terlihat sedikit lebih dewasa. Meskipun hubungannya dengan Yume tidak terlalu bagus di masa lalu, tapi kini dia bisa melihat sisi yang lebih baik. 

Dulu mungkin mereka saling membenci, ditambah mereka cukup canggung dengan kejadian yang tak disangka-sangka. Keduanya masih berusaha menyesuaikan diri dengan ‘status’ baru mereka. Sejauh ini, masih belum jelas akan dibawa kemana status dan hubungan antara Yume dan Mizuto.

Karakter Baru yang Membuat Yume Bingung

my stepmom daughter_Episode 5-6_Karakter Baru yang Membuat Yume Bingung_

Pada episode lima dan enam, Yume dan Mizuto masih bersikap ‘biasa’. Namun, sebenarnya terlihat sekali kalau mereka memiliki gejolak hati yang membingungkan. Terlebih lagi karena mereka menjadi saudara tiri.

Sesekali kenangan masa lalu ketika mereka masih berpacaran muncul. Dan tentu saja hal itu membuat keduanya merasa canggung. Jika dibandingkan Yume, Mizuto bisa bersikap lebih tenang dan sedikit lebih dewasa.

Mulai muncul sedikit permasalahan pada dua episode ini. Walaupun sejauh ini baik Mizuto maupun Yume masih bisa mengatasinya.

Pada episode ini juga muncul karakter gadis baru yang berteman dengan Mizuto. Yume terlihat bingung, apakah hal yang wajar jika ‘saudara tiri’ merasa cemburu pada teman perempuan saudaranya tirinya itu.

Dan sebenarnya menurut saya wajar kalau Yume merasa cemburu pada gadis tersebut, mengingat hubungan masa lalu dirinya dengan Mizuto.

Menurut saya dengan kemunculan karakter baru ini akan membuat ceritanya lebih berwarna. Dan mungkin saja akan lebih banyak konflik yang harus Yume dan Mizuto hadapi ke depannya. Mari kita pantau terus perkembangan mereka berdua, ya!

Kilas Balik Masa Lalu Mizuto dan Yume

stepmum daugther my ex_Episode 7-11_Kilas Balik Masa Lalu Mizuto dan Yume_

Pada beberapa episode ini cukup banyak diungkap masa lalu Mizuto dan Yume. Mulai dari pertama kali Yume menyatakan cinta pada Mizuto, kemudian saat mereka mulai berpacaran, hingga akhirnya putus hubungan. 

Mizuto dan Yume melalui masa-masa pacaran yang cukup manis, terutama pada awal-awal mereka berpacaran. Tapi karena ego mereka masih sama-sama tinggi, akhirnya mereka tidak bisa menyelesaikan masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan.

Karena itu pula pada akhirnya mereka akhirnya putus hubungan, meski mungkin sebenarnya masih saling menyukai.

Hubungan yang Rumit

stepmum daughter_Episode-11_Hubungan-yang-Rumit_

Setelah cukup banyak diperlihatkan kilas balik, hubungan Mizuto dan Yume di masa kini jadi semakin rumit. Terutama karena keduanya menjadi saudara tiri setelah pernikahan kedua orang tua mereka.

Orang tua mereka tidak mengetahui hubungan Mizuto dan Yume sebelumnya. Sehingga, mereka berdua sama-sama berusaha menutupi hubungan tersebut demi kebahagian orang tua mereka.

Seiring berjalannya waktu, Yume semakin memahami Mizuto, begitu pun dengan Mizuto yang merasa bersalah pada Yume. Meski dari luar tampak biasa saja, tapi sebenarnya mereka sedang berjuang untuk memperbaiki hubungan di masa lalu.

Entah akan seperti apa jadinya hubungan mereka ke depannya karena di episode kali ini tampaknya mereka sedang mencoba melupakan status saudara tiri masing-masing. Mungkin mereka sedang mencoba berdamai dengan perasaan mereka dan rasa bersalah yang dirasakan. 

Ending yang Ambigu

orient s2_Ending yang Ambigu_

Sejauh ini, hubungan antara Mizuto dan Yume mengalami perkembangan lagi. Keduanya mulai bisa menerima masa lalu. Mereka akhirnya bisa menerima kesalahan mereka di masa lalu dan mengambil pelajaran dari hal tersebut. 

Sisisi lain, terlihat mereka masih memiliki perasaan saling suka. Apalagi ketika ada adegan dimana tiba-tiba Yume mencium Mizuto. Entah apakah ciuman itu pertanda untuk memulai hubungan romantis lagi. Atau apakah ciuman itu sebagai tanda perpisahan dari hubungan sebelumnya?

Akankah mereka terus berinteraksi sebagai saudara tiri atau malah menjalin hubungan cinta diam-diam? Sehingga, bagi saya ending anime ini masih sangat ambigu, terlebih belum ada informasi apakah anime ini akan ada musim keduanya atau tidak. Kalau menurut kalian bagaimana?

My Stepmom's Daughter Is My Ex ini sebenarnya adalah anime bergenre romantis, lho. Nah, kalau ingin rekomendasi anime bregenre serupa, Showpoiler punya rekomendasinya di 10 Anime Komedi Romantis yang Bikin Baper & Ketawa Ngakak.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram