logo web

Sinopsis & Review Film Night Swim, Teror Kolam Impian

Ditulis oleh Gerryaldo
Night Swim
2
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Film-film karya James Wan sudah banyak malang melintang di pasar film internasional dan kebanyakan memiliki reputasi bagus dalam seluruh aspek yang bisa disebutkan dalam sebuah film top. Di awal tahun 2024, James Wan memproduksi film horor baru yang diharapkan mampu menghibur para penggemarnya.

Kisahnya berputar pada sebuah keluarga kecil bahagia yang baru saja pindah ke sebuah rumah besar dengan kolam renang super asyik di halaman belakang. Naas, kehadiran kolam itu ternyata memberikan bencana besar bagi satu keluarga tersebut. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Sinopsis

Night Swim_Poster (Copy)

Film dimulai dengan kisah seorang gadis kecil tiba-tiba saja tercebur ke dalam kolam renang di belakang rumahnya. Gadis malang itu mencoba meraih tepian tetapi makhluk tak kasat mata menyeretnya hingga hilang. Para penonton pun lantas dibawa ke masa kini di mana satu keluarga bahagia sedang mencari rumah baru mereka.

Keluarga itu terdiri dari sang ayah, Ray (Wyatt Russell), istrinya, Eve (Kerry Condon), dan kedua anak mereka, Izzy (Amélie Hoeferle) dan Elliott (Gavin Warren). Ray adalah mantan pemain baseball profesional, namun di tengah masa kejayaannya, penyakit saraf menyerang Ray sehingga ia harus mendapat perawatan.

Bertepatan dengan berakhirnya kontrak bermain Ray karena sakit, ia sekeluarga mencari tempat tinggal baru untuk ditempati dalam jangka waktu yang lebih lama. Setelah mencari ke banyak tempat, agen properti, Kay (Jodi Long), menawarkan mereka sebuah rumah besar dengan kolam renang di belakang rumah.

Kebetulan, dokter Ray mengatakan bahwa Ray harus mulai melakukan terapi ringan seperti berjalan dan berenang. Atas alasan tersebut, mereka pun membeli rumah tersebut dengan harapan kehidupan mereka lebih baik. Ray bisa kembali pulih, dan Eve bisa kembali bekerja di sekolah anak-anaknya sebagai tenaga administrasi.

Beberapa hari berlalu setelah mereka pindah, semua menjadi sangat baik. Apalagi setelah mereka semua menghabiskan waktu bersama di kolam renang. Ray menjadi pulih meski belum 100%, Eve bisa berolahraga, dan Izzy juga Elliot bisa bermain bersama. Senyum lebar menghiasi wajah keempat anggota keluarga ini.

Sampai di satu malam, ketika Eve sedang berenang. Ia dikejutkan dengan penampakan Ray yang ada di depannya. Namun begitu keluar dari air, Ray yang sama sekali tidak ada di sana membuat Eve bergidik ngeri. Tak hanya Eve, Izzy dan Elliot juga mengalami hal serupa. Mereka melihat ada hal aneh muncul dari dalam kolam renang.

Namun masing-masing dari mereka menutup mulut karena tidak mau merusak kebahagiaan yang baru saja mereka dapat. Lama kelamaan, hal tersebut pun membuat Eve khawatir. Untuk membuyarkan rasa gundahnya, Eve dan Ray juga Izzy dan Elliot mengajak semua kenalan mereka untuk berpesta di kolam.

Pesta berlangsung dengan sangat menyenangkan, namun tidak bagi Elliot. Ia merasa kalau kolam itu berbahaya. Di saat teman-temannya nyemplung ke kolam, Elliot lebih memilih diam di atas kamarnya dan merekam apa yang terjadi di kolam. Elliot merasa pasti ada hal buruk yang akan terjadi.

Di sisi lain, Ray yang sudah bisa bergerak penuh mencoba untuk mengajak anak tetangganya bermain di kolam. Bukannya bersenang-senang, Ray malah menyeret anak itu ke bagian kolam yang dalam bersamaan dengan aliran air busuk berwarna hitam masuk ke dalam tubuhnya. Ya, Ray dirasuki sesuatu dari kolam.

Pesta yang meriah itu akhirnya berhenti, Eve kini membuka semua ketakutannya pada Ray yang tampaknya baik-baik saja. Eve meminta mereka semua untuk pergi dari rumah itu karena merasa ada yang tidak beres. Celaka, begitu mereka hendak keluar dari garasi, Ray malah muntah-muntah dan mengalami kejang.

Anehnya, di kondisi Ray yang sudah gawat seperti itu, ia masih meminta masuk ke kolam yang membuat Eve ketakutan. Eve pun akhirnya mencari tahu sejarah rumah tersebut dan menemukan informasi mengenai adanya anak gadis bernama Rebecca yang hilang 15 tahun sebelum mereka pindah ke sana. 

Untuk menemukan jawaban, Eve mengunjungi keluarga Rebecca yang tersisa. Alih-alih mendapatkan informasi guna membantu suaminya, Eve malah diberitahu bahwa kolam rumahnya merupakan sebuah kolam harapan yang apabila seseorang berhasil mendapatkan apa yang diinginkan, maka ada nyawa yang harus dibayar.

Mengetahui hal tersebut, Eve segera pulang karena sadar anak-anaknya berada di rumah bersama sang suami yang sedang dirasuki air kolam harapan itu. Benar saja, begitu sampai di rumah, kekacauan sudah terjadi. Elliot jatuh ke dalam kolam dan diseret masuk jauh ke dalam, sementara Izzy dikejar-kejar Ray untuk dibunuh.

Sekuat tenaga, Eve pun masuk ke dalam kolam untuk menyelamatkan Elliot. Ia melihat banyak sekali korban dari kolam itu yang ingin menarik mereka berdua. Namun arwah Rebecca muncul membantu Eve dan Elliot kembali ke permukaan. Saat berada di tepi kolam, Eve segera diserang oleh Ray.

Beruntung, Izzy yang sempat sembunyi dari serangan Ray, segera memukul Ray dan melumpuhkannya. Bersama Eve, Izzy mencoba menyadarkan Ray dan berhasil, namun kini air kolam itu merasuki Elliot. Mengetahui bahwa ada nyawa yang harus dibayar, Ray pun mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Elliot.

Ray akhirnya tewas dan hilang di dalam kolam. Eve lantas bersama Izzy dan Elliot segera menutup kolam tersebut demi keselamatan banyak orang dan mematahkan kutukan air kolam harapan. Meski demikian, mereka memutuskan untuk tidak pindah dari rumah tersebut supaya bisa tetap bersama dengan Ray.

Film yang Membosankan

Night Swim_Boring (Copy)

Begitu menonton trailernya, kalian akan disuguhkan dengan kisah seram dari film Night Swim, sehingga muncul harapan besar bahwa film ini bisa jadi tontonan horor awal tahun yang oke. Apalagi film ini diproduseri oleh James Wan yang bekerja sama dengan sutradara  Bryce McGuire.

Namun, begitu menyaksikan selama 10 menit pertama, kita akan dibuat bertanya-tanya maksud dari film ini apa. Hal yang bisa ditebak hanyalah kolam renang di rumah keluarga Ray dan Eve itu berhantu. Sisanya ya kisah klise, di mana sebuah keluarga yang awalnya bahagia harus jadi runyam karena pindah ke rumah misterius.

Dipaksa Seram

Night Swim_Seram (Copy)

Buat saya pribadi, film ini seperti dipaksa jadi seram. Kehadiran hantu selama film berlangsung tidak jadi menyeramkan sama sekali, bahkan untuk jumpscare pun tidak bikin saya terkejut. Lantas color grading yang dipakai selalu redup dibuat biar seram. Sayangnya meski sudah dibuat seperti itu, film ini ya "B" saja.

Baru 20 menit film akan berakhir, jalan cerita mulai bisa dibilang seru; ketika Ray mengejar-ngejar Izzy, dan Eve yang menyelamatkan Elliot yang dikejar-kejar oleh korban dari kolam harapan itu. But that’s it, bahkan ending film ini dibuat tidak mulus, jadi seperti terputus begitu saja. Duh.

PR Besar James Wan

Night Swim_Ticket (Copy)

FIlm ini bisa dibilang jadi PR besar untuk James Wan dalam tugasnya memproduseri atau menyutradarai di masa mendatang. Jangan sampai reputasi karya James Wan yang bagus malah mulai diragukan oleh para penggemarnya. Honestly, film ini bisa dibilang film kelas 3 yang pernah James Wan produseri.

Sedangkan untuk Bryce McGuire sebagai sutradara, seharusnya semua orang dapat memakluminya karena film Night Swim ini merupakan debut fiksi pertamanya dalam karier sutradara Bryce. Jadi Showpoiler tidak akan mengomeli keseluruhan filmnya. Night Swim sendiri mendapat rating 2/5 nih dari Showpoiler.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram