logo web

Sinopsis & Review Queenmaker, Upaya 2 Wanita Menangkan Seleksi

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Queenmaker
3.7
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Hwang Do Hee merupakan ahli strategi yang bekerja untuk Grup Eunsung. Tugasnya adalah membereskan kebobrokan-kebobrokan anggota keluarga Grup Eunsung tersebut. Loyalitasnya tak perlu diragukan, tapi suatu hari Do Hee yang menghalalkan banyak cara saat bekerja, terketuk nuraninya.

Kematian seorang wanita muda karena dilecehkan Baek Jae Min, anggota keluarga Grup Eunsung memantik sisi baik dalam dirinya. Sejak itu dia bertekad mengalahkan Grup Eunsung melalui pemilihan wali kota Seoul yang akan diikuti oleh Baek Jae Min.

Baca Juga: 20 Drama Korea Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2023

Dia percaya diri mendorong seorang pengacara HAM yang terkenal gigih untuk ikut bersaing. Mampukah dia memenangkan pertarungan?

Sinopsis

Queenmaker_Sinopsis (Copy)

Direktur Pelaksana Grup Eunsung, Eun Chae Ryoung, memicu kritik publik karena menyerang karyawan dan sopirnya. Dia dijadwalkan hadir di kejaksaan guna menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan.

Serikat Buruh Grup Eunsung & beberapa grup sipil berkumpul di depan kejaksaan untuk memprotes & menuntut hukuman bagi Eun Chae Ryoung.

Eun Chae Ryoung memiliki sifat yang tempramen. Bukan kali ini saja dia membuat masalah yang merepotkan Hwang Do Hee selaku Manajer Umum Strategi Korporasi Grup Eunsung. Pada setiap masalah yang dibuat oleh Chae Ryoung, Do Hee adalah pihak yang bertanggungjawab membereskannya.

Sebagai ahli strategi, Do Hee sangat mengandalkan kekuatan media. Dia memanfaatkannya untuk mengaburkan perhatian masyarakat terhadap kasus yang menimpa Chae Ryoung. Do Hee bisa ‘memesan’ berita, mengalihkan fokus publik pada barang-barang mewah yang dipakai Chae Ryoung selama menjalani pemeriksanaan.

Strateginya terbukti berhasil; barang-barang yang dipakai Chae Ryoung saat muncul di depan publik bahkan laris di pasaran. Pada kasus yang dibuat anggota keluarga atasannya kali ini, Do Hee menggunakan strategi berbeda.

Do Hee menjual kisah pribadi Chae Ryoung yang berjuang menyeimbangkan pekerjaan dengan tanggungjawabnya sebagai ibu yang masih harus menyusui.

Do Hee kembali memesan berita untuk mengangkat masalah tersebut agar masyarakat berbalik iba pada Chae Ryoung. Upayanya lagi-lagi berhasil dan dia sukses menyelamatkan muka Grup Eunsung untuk ke sekian kali. Selesai dengan urusan di kejaksaan, Do Hee ditemui oleh seorang pemuda bernama Yoon Dong Joo.

Pemuda tersebut menyerahkan satu sepatu Do Hee yang sempat lepas saat mengawal Chae Ryoung di kejaksaan tadi. Tujuan Dong Joo menemui Do Hee sebenarnya untuk mengabarkan bahwa di atap gedung Grup Eunsung, seorang pengacara hak buruh, Oh Kyung Sook, sudah berkemah selama 1 bulan sebagai bentuk protes atas nama buruh.

Do Hee cukup penasaran dengan informasi tersebut dan mulai mencari info tentang Oh Kyung Sook di internet. Oh Kyung Sook yang dijuluki Badak Gila merupakan pengacara HAM, Kepala Perwakilan Buruh Wanita, & Anggota Dewan Kota Seoul. Dari semua informasi, Kyung Sook tampaknya lumayan membuat Do Hee khawatir.

Pasalnya wanita itu sangat gigih memperjuangkan hak asasi manusia dan para buruh. Saking dapat merasakan kegigihannya, Do Hee memerintahkan bawahannya untuk menjaga agar Kyung Sook tidak sampai bersinggungan dengan Chae Ryoung.

Do Hee adalah orang kepercayaan pemilik Grup Eunsung. Dia bukan dari keluarga berada dan tidak pula punya koneksi di dunia kerja. Namun, pada pertemuan pertamanya dengan pemilik Grup Eunsung, Son Young Sim, Do Hee memperlihatkan tekad dan loyalitasnya. Berkat hal tersebut Young Sim menawari Do Hee posisi berharga, yaitu melayani keluarganya.

Masalah yang menimpa Chae Ryoung membuat suaminya, Baek Jae Min, yang sedang tidak ada di Korea harus pulang. Dia sampai membuat klarifikasi sesuai arahan Do Hee. Sesampainya di rumah, Song Young Sim meminta Jae Min untuk bantu menangani Chae Ryoung.

Namun, belum sempat Jae Min melakukan apa pun untuk membantu istrinya, Chae Ryoung yang baru pulang dari kejaksaan kembali mengamuk dan histeris. Dia tak terima suaminya meminta maaf pada karyawan dan supir yang dia marahi. Dia tak terima suaminya membungkuk pada wartawan.

Bagaimana pun, emosi Chae Ryoung tidak dapat menghambat Son Young Sim untuk mengunjungi gedung baru yang dia buat setelah menyuap wali kota. Namun, Young Sim tampak kesal dengan wali kota tersebut karena dinilai terlalu serakah. Dia pun berencana menggulingkan dan mengganti wali kota tersebut dengan Baek Jae Min.

Untuk mewujudkan impiannya itu, Young Sim menugaskan Do Hee menyusun strategi. Jika berhasil Do Hee akan mendapatkan cuti selama satu tahun. Di tengah-tengah diskusi, perhatian Young Sim teralihkan oleh unjuk rasa di depan Toserba Eunsung.

Ia juga teralihkan oleh unjuk rasa yang dilakukan Oh Kyung Sook di atas gedungnya. Lantas, akankah perjuangan Kyung Sook dapat membuahkan hasil atau nihil?

Strategi Perempuan Cerdas Menangkan Pemilihan

Queenmaker_Strategy (Copy)

Kecerdasan Hwang Do Hee banyak membantu Grup Eunsung yang kotor dalam menyelamatkan reputasi mereka. Namun, ketika salah satu stafnya tewas karena dilecehkan oleh Baek Jae Min atau menantu grup tersebut, Do Hee melawan. Sisa-sisa hati nuraninya mendorong wanita ahli strategi itu untuk menjadi lawan yang tangguh bagi Grup Eunsung.

Do Hee tidak sendirian karena dia me-lobby Oh Kyung Sook, seorang pengacara HAM dan Buruh Wanita untuk maju dalam pemilihan wali kota Seoul yang akan diikuti pula oleh Baek Jae Min. Dari sini, konflik drama Queenmaker (2023) dimulai.

Proses conflict development pada dua episode awal drama ini sudah langsung bertensi. Kecerdasan Kwang Do Hee pun segera ditampilkan tanpa buang waktu.

Kwang Do Hee dan kecerdasannya sebagai ahli strategi menjadi salah satu atraksi paling menarik yang bisa disaksikan sejak episode pertama. Dia wanita yang berpikir dengan kepala dingin, menghalalkan cara apa pun untuk menutupi kebusukan sebuah korporasi, tetapi masih ada hati nurani yang tersisa karena sebuah kematian yang sia-sia.

Cara-cara yang Do Hee pilih untuk mengalahkan Baek Jae Min dalam sebuah pemilihan akan membuatmu kagum. Dia menggunakan semua informasi yang dimiliki sebagai senjata ampuh untuk menghadang laju musuh.

Do Hee juga pandai membaca langkah berikutnya dan segera melakukan antisipasi. Aktris Kim Hee Ae membawakan karakter yang penuh emosi ini dengan sangat apik. Selain Kim Hee Ae, aktris Moon So Ri sebagai Oh Kyung Sook juga tak kalah memukau.

Berperan sebagai pengacara HAM dan Buruh Wanita, dia sosok yang jujur dan gigih. Kyung Sook menjadi penyeimbang untuk Do Hee yang ambisius. Pergolakan emosi antara dua karakter wanita hebat ini membuat Queenmaker (2023) semakin berkesan.

Drama Politik yang Relevan dan Detail

Queenmaker_Politics (Copy)

Queenmaker (2023) menyuguhkan perjuangan wanita-wanita hebat dan cerdas dalam memenangkan sebuah pemilihan umum. Sesuai judulnya, di sini Do Hee yang berhasil ‘membuat’ Kyung Sook maju ke posisi ‘queen’ atau sosok berkuasa. Dengan plot yang konsisten dan relevan, unsur politik terasa sangat kental dalam drama 11 episode ini.   

Urutan pada sistem pemilihan ditulis secara detail, begitu pula dengan konflik-konflik atau serangan kotor yang saling dilemparkan oleh masing-masing kubu. Mulai dari masalah perselingkuhan salah satu calon sampai fitnah dan penggiringan opini melalui media sosial.

Semuanya disuguhkan rinci dan relevan dengan ilklim politik saat ini yang tak jauh-jauh dari siasat serta strategi licik atau kampanye hitam.

Alur Tidak Njlimet dan Bisa Dinikmati

Queenmaker_Plot (Copy)

Sebagai drama politik yang sarat konflik, alur Queenmaker tidak njlimet. Tidak banyak istilah politik yang asing untuk penonton awam, tetapi pasal-pasal atau ketentuan hukum mengenai pemilihan umum juga tak ketinggalan disertakan. Hasilnya drama ini tetap terasa cerdas, berisi, tapi tidak terkesan menggurui dan terasa pintar sendiri.

Dengan sinematografi yang cukup apik, drama ini sukses membalut plot berat menjadi emosional. Selama kurang lebih 1 jam per episodenya, ia berhasil menyampaikan pesan mendalam tentang keserakahan & kekuasaan yang bisa membahayakan jika berada di tangan orang yang salah dan jadi keberkahan jika berada di tangan pihak yang tepat.

Drama Queenmaker ditulis tanpa melebih-lebihkan situasi politik yang menyeramkan. Ia menggambarkan bahwa semulus apa pun jalan yang dipilih untuk menuju puncak kekuasaan, bantuan dari ‘tangan kotor’ tak bisa dihindari & ada konsekuensi yang harus diterima untuk menebusnya. Tonton drama ini di Netflix sekarang juga!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram