logo web

Sinopsis & Review Revenge of Others, Ungkap Kematian Saudara Kembar

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Revenge of Others
3.3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Terpisah dengan saudara kembarnya sejak kecil karena adopsi, Ok Chan Mi tumbuh besar di panti asuhan di Busan. Walau begitu hubungan mereka tetap terjalin sampai keduanya kini duduk di bangku SMA.

Ok Chan Kyu yang tinggal bersama kedua orangtua angkatnya di Seoul, meninggal dunia secara mengejutkan. Chan Mi yang mengetahui hal itu segera memutuskan pindah dari Busan ke Seoul. Chan Mi pindah sekolah untuk mengungkap kematian kakaknya. Dia percaya Chan Kyu bukan bunuh diri, melainkan dibunuh.

Di sekolah yang baru dia bertemu Ji Soo Heon: seorang siswa pekerja keras yang diam-diam punya job rahasia. Menurut salah satu saksi, Soo Heon adalah pembunuhnya. Benarkah begitu? Revenge of Others (2022) siap memberikan jawabannya untukmu.

Sinopsis

Pindah dari Busan ke Seoul untuk mengungkap kematian saudara kembarnya, Chan Mi harus melalui masa-masa yang berat. Di-bully sampai masuk rumah sakit, diusir dari tempat tinggal sementaranya sampai tersesat dengan petunjuk-petunjuk yang ada.

Chan Mi berada dalam kebimbangan: apakah Soo Heon, teman pertamanya di Seoul adalah pembunuh sang kakak atau bukan. 

Episode 1-6

Revenge of Others_Episode 1-6_

Ok Chan Mi terkejut mengetahui kakak kembarnya, Ok Chan Kyu, yang tinggal dan bersekolah di Seoul meninggal dunia beberapa hari lalu. Dia tidak percaya mendengar kabar kalau Chan Kyu tewas bunuh diri karena sebelumnya sang kakak sempat berjanji akan berkunjung ke Busan menemuinya. 

Berniat mengungkap kematian kakaknya, Chan Mi pindah sekolah ke Seoul, tepatnya ke sekolah Chan Kyu. Di sana dia bertemu dengan Ji Soo Heon, yang rupanya bersekolah di tempat yang sama. Soo Heon adalah sosok pemuda pekerja keras yang berusaha membiayai perawatan ibunya. 

Diam-diam Chan Mi segera mengetahui kalau Soo Heon mengidap tumor otak dengan masa hidup tidak lama lagi, yaitu sekitar 6-12 bulan.

Bersamaan dengan Chan Mi pindah ke sekolah tersebut, seorang siswa lain, Jae Bum, juga baru saja kembali ke sekolah itu. Jae Bum sebenarnya siswa lama yang mengulang kelas karena sempat kecelakaan dan mengalami koma selama 6 bulan.

Bersama Jae Bum, ada siswa lain bernama Osung yang dipercaya menjaganya. Osung ternyata memiliki hubungan dengan Ok Chan Kyu yang dikenal di sekolah itu sebagai Park Won Seok.

Namun, ketika dikonfirmasi oleh Chan Mi, Osung menolak memberi tahu lebih lanjut. Chan Mi malah mengetahui rahasia Osung sebagai saudara tiri Kook Ji Hyun.

Kook Ji Hyun yang sejak awal tidak begitu menyukai Chan Mi karena cemburu melihatnya bersama Soo Heon, mulai berulah. Hal yang sama dilakukan pula oleh Osung.

Dua kakak-beradik ini merisak Chan Mi untuk membuat gadis tersebut tidak betah bersekolah dan pindah kembali ke Busan. Untungnya, Soo Heon dan Jae Bum berada di pihak Chan Mi.

Sebagai teman Osung, Jae Bum memperingatkannya agar tidak kelewatan mengganggu Chan Mi, apalagi gadis itu sampai harus dirawat di rumah sakit. Sayangnya, hal itu belum mengubah Ji Hyun.

Akibat perisakan yang terus diterimanya, Chan Mi sampai kehilangan tempat tinggal. Soo Heon yang iba mengizinkan Chan Mi tinggal di tempatnya. Soo Heon memang pemuda yang hangat. Di tengah ancaman penyakit yang menghantuinya, dia masih terus memikirkan biaya perawatan sang ibu.

Soo Heon yang tengah kesulitan dengan hal itu mendapat tawaran kerja dari Tae So Yeon. Tawaran yang dimaksud bukan main-main, melainkan memberi pelajaran pada para pengganggu yang sudah merusak hidup orang lain.

Tugas pertama Soo Heon adalah memberi Sa Jung Gyeong, pelaku pemerkosa, pelajaran. Selesai dengan tugasnya, Soo Heon secara tidak sengaja berpapasan dengan Chan Mi.

Jung Gyeong sendiri akhirnya keluar dari sekolah, tapi kemudian dia meminta polisi untuk mengusut pelaku penyiksaan terhadapnya. Tak lama berselang dari itu, Soo Heon kembali melakukan tugas serupa dari So Yeon.

Kali ini targetnya adalah Ju Hyeok Geon, pelaku pembunuhan yang bebas dari hukuman karena masih remaja. Agar tidak memancing masalah lain, So Yeon meminta Soo Heon lebih hati-hati.

Berbeda saat menangani Jung Gyeong, Soo Heon tidak begitu brutal ketika memberi remaja itu pelajaran. Namun, tanpa sepengetahuannya, Hyeok Geon ditemukan tewas.

Detektif Jin So Jung dan Hyun Jong Kook segera menelusuri kematian remaja tersebut. Mereka menyimpulkan bahwa pelaku penyiksaan Jung Gyeong dan pelaku pembunuhan Hyeok Geon adalah orang yang sama.

Salah satu saksi yang ikut diperiksa adalah Chan Mi. Namun, gadis itu tampak punya rencana lain dengan Soo Heon, terutama setelah mendengar pengakuan dari Kwon Se Jin.

Se Jin yang mengaku berhutang budi terhadap Park Won Seok, mengaku melihat detik-detik kematiannya. Se Jin sempat merekam saat Won Seok jatuh dari ketinggian.

Atas dasar ingin bantu mengungkap kebenaran di balik kematian temannya itu, Se Jin sampai memutar video mengerikan tersebut di depan para siswa. Alhasil, polisi kembali membuka kasus kematian Won Seok. Se Jin secara yakin mengatakan bahwa pelaku yang mendorong Won Seok dari ketinggian adalah Soo Heon.

Keyakinan berbeda justru dimiliki Jae Bum. Setelah menemukan foto dirinya dan Won Seok tengah berkuda bersama, Jae Bum mulai mempertanyakan ingatannya yang hilang. Dia tertekan karena mulai bertanya-tanya tentang keterlibatannya atas kematian kakak Chan Mi itu.

Chan Mi masih belum mengetahui kegelisahan Jae Bum. Dia baru mendengar pernyataan Se Jin atas keyakinannya bahwa pelaku pembunuh Won Seok adalah Soo Heon.

Dengan dasar itu Chan Mi sengaja memancing Soo Heon datang ke Busan. Ketika keduanya bertemu, dia tak ragu menodongkan pistol ke arah Soo Heon.

Episode 7-8

Review Revenge of Others_Episode 7-8_

Chan Mi batal membunuh Soo Heon setelah mendapat telepon misterius dari nomor kakaknya. Tidak ada suara apapun saat Chan Mi menjawabnya, kecuali suara getar ponsel yang khas. Prasangka Chan Mi terhadap Soo Heon pun seketika hilang. Dia percaya kalau temannya itu tidak membunuh sang kakak.

Kegelisahan justru dirasakan oleh Jae Bum, karena dia dihantui ingatan yang pelan-pelan kembali pulih. Dia mulai meragukan diri sendiri bahwa pembunuh Chan Hyuk atau Won Seok bisa jadi adalah dirinya.

Namun, Osung mencoba mengalihkan perhatiannya dengan memberikan beberapa foto yang memperlihatkan kedekatan Jae Bum dan Won Seok; seolah keduanya punya hubungan spesial.

Misteri kematian Won Seok lagi-lagi menemui jalan buntu. Chan Mi justru harus kembali terluka bahkan hampir tewas karena ada seseorang yang memutus rem motornya.

Belum lagi tempat tinggalnya dihancurkan oleh Se Jin yang salah paham dan merasa dikhianati sebab Chan Mi dekat dengan Soo Heon. Pasalnya, Se Jin yakin bahwa Soo Heon adalah pembunuh Won Seok.

Mengobati kesedihan Chan Mi, So Yeon dan Ajung coba menghiburnya dengan merayakan ulang tahun gadis tersebut. Jae Bum juga ikut meramaikannya dan suasana berjalan menyenangkan. Perhatian Soo Heon beralih pada Osung yang tiba-tiba datang. 

Sebelum pemuda itu meninggalkan tempat, Soo Heon mendengar getar ponsel yang sama saat Chan Mi menerima telepon misterius beberapa waktu lalu. Kecurigaannya pun langsung mengarah pada Osung.

Detektif Hyun Jong Kook yang menyelidiki kasus kematian Ju Hyeok Geon bersama Detektif Jin So Jung malah menemukan fakta mengejutkan soal Osung. Namun, alih-alih melaporkannya pada Detektif Jin So Jung, dia melapor kepada ayah Osung yang menjabat sebagai kepala polisi, Gi Hwang Do.

Untuk sementara Osung masih aman dari Jin So Jung, tetapi Soo Heon dan Chan Mi diam-diam mulai menyelidikinya. Dua orang itu bekerjasama untuk mendapatkan informasi apa pun mengenai keterkaitan Osung dengan kematian Won Seok.

Langkah pertama Soo Heon berhasil mendapatkan ponsel Osung. Sayangnya, dia tak menemukan apa pun. Baru pada rencana kedua, Soo Heon menemukan foto-foto kebersamaan Osung, Jae Bum, Won Seok dan Sejin di laci kamar pemuda itu.

Soo Heon hampir saja ketahuan tengah memata-matainya, beruntung Detektif Jin segera datang membawa Osung ke kantor polisi untuk diperiksa.

Soo Heon tidak berhenti lepas dari masalah karena kondisi kesehatan sang ibu menurun. Butuh biaya besar untuk menjaganya tetap hidup.

Soo Heon lantas kembali meminta bantuan So Yeon agar bisa membiayai pengobatan ibunya. Kebetulan, beberapa waktu sebelumnya ayah korban perkosaan Sa Jung Gyeong datang menemui So Yeon.

Dia ingin So Yeon kembali melakukan sesuatu untuk Sa Jung Gyeong agar menghilang dari kehidupan putrinya. Untuk kedua kali, Soo Heon menjalankan tugas berisiko itu: dia bersiap memberi Sa Jung Gyeong pelajaran sesuai permintaan.

Episode 9-10

Revenge of Others_Episode 9-10_

Rencana Soo Heon untuk kembali menghajar Sa Jung Gyeong rupanya diam-diam diketahui Osung. Pemuda itu lantas membuat rencana untuk menjebaknya dengan cara memasang banyak kamera tersembunyi di sekitar caravan tempat tinggal Jung Gyeong.

Kamera tersebut terhubung dengan media sosial milik Osung dan nantinya akan merekam semua perbuatan Soo Heon secara live. Soo Heon hampir saja masuk perangkap Osung dan Jung Gyeong, tetapi berita kematian sang ibu menghentikannya.

Saat itu, untung saja Chan Mi dan Jae Bum datang tepat waktu untuk menghentikan Soo Heon dan mengabarkan berita duka tersebut. Jae Bum lantas menggantikan posisi Soo Heon dan membuat Osung terkejut serta marah karena merasa dikhianati.

Baik Jae Bum, Soo Heon dan Jung Gyeong harus memberikan kesaksiannya di kantor polisi, sementara Soo Heon dan Chan Mi berada di rumah sakit. Pihak kepolisian yang diwakili detektif Hyun Jong Kook telah menemukan sebuah rekaman dari kamera drone milik seseorang. 

Kamera tersebut secara kebetulan merekam kondisi di sekitar bengkel ketika seorang remaja pelaku pembunuhan tewas dibunuh. Detektif Hyun Jung Kook dan seniornya, Jin So Jung, menyimpulkan kalau pelaku pembunuhan tersebut ada dua orang. 

Kematian ibu Soo Heon membuat Chan Mi bersedih. Dia merasa tidak bisa melakukan apa pun untuk membantunya, sementara Soo Heon sudah berbuat banyak guna mengungkap kematian kakaknya.

Soo Heon bahkan menyerahkan foto-foto yang memperlihatkan kedekatan Jae Bum, Osung, Sejin dan Won Seok yang dia ambil diam-diam beberapa waktu lalu kepada Chan Mi. 

Chan Mi yang bingung dengan foto-foto itu memperlihatkannya pada Jae Bum dan bertanya tentang kisah mereka, tetapi Jae Bum juga tidak bisa menjawab pasti karena ingatannya belum pulih. Jae Bum meneruskan rasa penasarannya pada Osung dan Osung pun merebut foto-foto itu secara paksa dari Chan Mi. 

Chan Mi yang masih penasaran kemudian kembali meminta Jae Bum membantunya. Dia ingin mendengar secara langsung penjelasan Osung mengenai foto-foto mereka. Saat Jae Bum dan Osung bicara itulah Chan Mi diam-diam mendengar hal yang mengejutkan. 

Menurut Osung, Won Seok atau kakak Chan Mi pernah berusaha membunuh Jae Bum lebih dulu dengan mendorongnya dari atas gedung.

Chan Mi terpukul mendengarnya dan merasa bersalah, baik kepada Jae Bum atau Soo Heon. Dia lantas memutuskan tak ingin lagi mencari tahu perihal pembunuh kakaknya dan memilih menyendiri untuk sementara waktu. Namun, saat Chan Mi membuka foto-foto lamanya bersama sang kakak yang ada di ponsel, dia menemukan keganjilan.

Chan Mi baru sadar bahwa perkataan Osung yang membuatnya shock itu adalah kebohongan. Pasalnya, pada hari yang disebutkan Osung sebagai hari ketika Won Seok mencoba membunuh Jae Bum, Won Seok ada bersama dirinya.

Episode 11-12

revenge of others_Episode 11-12_

Chan Mi kembali ke Seoul setelah menyadari ada yang aneh dengan perkataan Osung. Dia langsung menemui Soo Heon dan Jae Bum untuk mengabarkan kecurigaannya. Sayang, dalam perjalanan pulang, Soo Heon diculik lalu disekap dan dipukuli oleh Joong Kyung dan komplotannya atas perintah Osung. 

Chan Mi yang melihat kejadian itu segera menghubungi Jae Bum. Esoknya, beberapa anggota gangster bayaran terlihat menggerebek lokasi penyekapan Soo Heon. Osung sangat terkejut karena tak lama Jae Bum datang lalu menghajarnya. 

Emosi Jae Bum pada Osung berubah memuncak setelah dia mendapatkan ingatannya kembali. Dia mengingat bahwa pelaku yang mendorong dirinya dari atas gedung adalah Osung.

Jae Bum kemudian menyelesaikan urusan dengan perwakilan gangster, tapi anehnya pemuda itu salah menulis nama. Jae Bum menuliskan nama Jae Jun di lembar transaksi. Dari sana, Soo Heon mencium sesuatu yang aneh.

Urusan Jae Bum dan Osung berlanjut di tempat lain. Kali ini Jae Bum membawa Ji Hyun, adik tiri Osung. Jae Bum mengatakan bahwa selama ini dia tahu hubungan romantis antara dua orang itu setelah melihat rekaman video yang memperlihatkan Osung dan Ji Hyun berciuman. 

Jae Bum mulai bisa menyimpulkan alasan mengapa Osung mencelakainya. Semua karena Osung kesal pada Jae Bum sebab gara-gara dia mengetahui video ciuman itu, Osung tidak bisa lagi menindas Won Seok untuk melakukan hal-hal buruk.

Pasalnya, selama ini Jae Bum selalu membela Won Seok. Jika Osung kembali merisak Won Seok, dia takut Jae Bum akan membocorkan video tersebut.

Bagaimana pun kematian Won Seok masih diselidiki oleh Chan Mi dan Soo Heon, dan kali ini mereka mencurigai Jae Bum. Soo Heon lantas mulai mencari cara membuktikan kecurigaannya.

Hingga pada satu malam dia mengikuti Jae Bum yang tampak buru-buru mendatangi satu tempat. Rupanya di tempat itulah Jae Bum menyimpan ponsel milik Won Seok. 

Belum sempat mendengar penjelasan, Soo Heon dipukul Osung dari arah belakang dan pingsan. Alih-alih akur, Jae Bum dan Osung malah berkelahi. Terutama karena Jae Bum mengetahui bahwa Osung memanfaatkan sosok Jae Jun yang ada di dalam tubuhnya.

Dia merasa dibohongi dan dipengaruhi oleh Osung sehingga percaya saja bahwa orang yang mencelakainya adalah Won Seok. Akibatnya, Jae Bum merasa perlu membalas perbuatan Won Seok padanya.

Fatal, emosi itu berakhir dengan kematian kakak Chan Mi tersebut. Oleh karena itu, selama ini Osung berusaha menutupi fakta sebenarnya karena bagaimana pun dia adalah pemicunya. 

Pasca kejadian itu, Jae Bum menghilang. Polisi kesulitan menemukannya begitu pula Soo Heon dan Chan Mi. Soo Heon sampai meminta Ji Hyun untuk menaruh pelacak GPS di tas Osung karena dia yakin Osung akan menemui Jae Bum.

Tanpa diduga, Jae Bum justru ditemukan secara tidak sengaja oleh So Yeon yang beberapa waktu lalu memutuskan pindah dari Seoul ke pedesaan. Sebelum mendatangi Jae Bum, Chan Mi terlihat lebih dulu menemui Kwon Se Jin.

Pemuda itu terkejut mendengar pengakuan Chan Mi bahwa Jae Bum adalah pembunuh Won Seok karena sepengetahuannya Jae Bum justru sering membela Won Seok dari Osung. Perilaku Osung yang abusive terhadap Won Seok dimulai sejak dia memergoki Se Jin dan Won Seok berciuman.

Setelah mendengar pengakuan mengejutkan dari Se Jin, Chan Mi segera mendatangi Jae Bum seturut info yang diberikan So Yeon.

Pembicaraan keduanya yang memanas, berubah mengerikan karena Jae Bum tiba-tiba menjadi kasar. Chan Mi tahu bahwa sosok kasar itu bukan Jae Bum, melainkan Jae Jun. Jae Jun pula yang ternyata melakukan pembunuhan di bengkel mobil beberapa waktu lalu.

Tak lama setelahnya, polisi datang meringkus Jae Bum. Soo Heon sendiri masih harus berurusan dengan Osung karena pemuda manipulatif itu mengetahui dia telah dilacak.

Osung sangat marah terhadap Ji Hyun karena gadis yang dicintainya tersebut berkhianat dan memilih membantu Soo Heon. Perkelahian dua pemuda pun itu tak bisa dihindari. 

Hingga kemudian Osung jatuh dari atas gedung saat menyerang Soo Heon.Semua murid tak menyangka Soo Heon adalah pelaku yang mendorong Osung.

Opini padanya pun berubah setelah Min Sun Ha menyebarkan rahasia bahwa Soo Heon adalah pahlawan yang menolongnya. Murid satu sekolah pun kompak bungkam pada polisi karena tak ingin Soo Heon dihukum. 

Upaya Mengungkap Kematian Saudara Kembar

Revenge of Others_1-6_Upaya Mengungkap Kematian Saudara Kembar_

Satu lagi drama korea tentang sekolah bertemakan bullying dan misteri kematian seorang siswa yang bisa kamu tonton tahun ini. Berjudul Revenge of Others (2022), ceritanya berputar pada kesedihan seorang gadis bernama Oh Chan Mi yang kehilangan saudara kembarnya secara tragis.

Chan Mi yakin kakak lelakinya tidak bunuh diri, melainkan dibunuh. Berangkat dengan modal keyakinan itu, Chan Mi mulai berencana mengungkap kematian tersebut.

Sayangnya, ide-ide atau cara Chan Mi dalam mengusut kematian kakaknya gak begitu menarik dan cenderung gak kreatif. Penulisan di bagian ini terasa dangkal, sehingga karakter Chan Mi menjadi kurang bertenaga. Alhasil, tidak ada kepuasan secara emosional ketika Chan Mi berusaha mulai membongkar rahasia kelam itu.

Kamu hanya akan merasa ganjil karena melihat Chan Mi sebagai murid baru, langsung banyak bertanya tentang siswa yang sudah meninggal kepada siswa lain. Pendekatan Chan Mi mengulik informasi tentang kakaknya jadi tidak begitu mengesankan. 

Beri Pelajaran Para Kriminal untuk Uang

Revenge of Others_1-6_Beri Pelajaran Para Kriminal untuk Uang_

Revenge of Others (2022) bukan hanya bercerita tentang sosok Chan Mi yang kehilangan kakaknya, melainkan juga tentang seorang pemuda bernama Soo Heon.

Karakter Soo Heon digambarkan sebagai sosok pekerja keras yang rela melakukan apa pun untuk sang ibu, termasuk memberi pelajaran pelaku kriminal yang tidak dihukum setimpal dengan imbalan sejumlah uang.

Selayaknya drama dengan bumbu-bumbu thriller yang datang dari kematian misterius, Revenge of Others (2022) bikin penasaran karena teka-teki tersebut. Dari episode pertama hingga enam, ada dua kematian yang masih misteri, dan kamu akan dibawa menebak-nebak siapa pelaku pembunuhan yang sebenarnya. 

Naik turun hubungan Chan Mi dan Soo Heon juga jadi atraksi yang bisa kamu lihat di drama ini. Perkenalan tidak sengaja, sama-sama punya jalan hidup yang berat lalu saling membantu dan menguatkan sampai keduanya terlibat dalam salah paham, cukup menarik untuk diikuti. Selain itu, penampilan Shin Ye Eun dan Lomon juga membuat Revenge of Others makin segar.

Kecurigaan pada Osung Mulai Muncul

Review Revenge of Others_Episode 7-8_Kecurigaan pada Osung Mulai Muncul_

Dari episode pertama, salah satu karakter yang mencurigakan karena terus bertingkah kasar terhadap Chin Mu, adalah Osung. Walau sempat berhenti setelah ditegur Jae Bum, pemuda ini justru semakin memperlihatkan sikap yang aneh.

Pada episode tujuh dan delapan ini, Osung benar-benar bertingkah layaknya menyimpan rahasia besar atas kematian Won Seok atau kakak Chan Mi. Dari mulai suara ponsel misterius, memperlihatkan foto Jae Bum dan Won Seok yang mesra sampai memiliki sejumlah foto Won Seok dan teman-teman di laci mejanya.

Untuk membuktikan kecurigaan, Chan Mi dan Soo Heon berupaya mencari informasi mengenai keterkaitan Osung dengan Won Seok.

Aksi mereka cukup mendebarkan apalagi scene ketika Soo Heon hampir ketahuan oleh Osung saat memeriksa ponselnya di kamar mandi sekolah atau adegan ketika Soo Heon menyelinap masuk ke kamar Osung.

Di dua episode ini, Chan Mi sendiri masih terus di-bully bahkan hampir tewas karena rem motornya dirusak orang misterius. Dia juga harus membereskan kekacauan yang dibuat Sejin. 

Perjalanan mereka mengungkap pembunuh Won Seok tampaknya masih cukup jauh. Walau sudah ada seseorang yang dicurigai, Chan Mi dan Soo Heon belum punya cukup bukti. Selain itu, Soo Heon juga masih sibuk dengan kondisi kesehatan ibunya.

Sikap Misterius Osung yang Belum Terpecahkan

Revenge of Others_Episode 9-10_Sikap Misterius Osung yang Belum Terpecahkan_

Episode sembilan dan sepuluh dari Revenge of Others (2022) tampak masih berfokus pada Osung yang misterius. Screentime-nya bahkan cenderung lebih banyak daripada Soo Heon atau Chan Mi. Mulai dari sini, plot terasa diulur-ulur karena tidak ada perkembangan yang signifikan dan cukup berarti.

Osung masih diberi panggung untuk melancarkan sikap manipulatifnya, sementara usaha Chan Mi juga tidak memperlihatkan perkembangan yang mencerahkan.

Hasilnya, cerita terasa berputar-putar pada konflik yang itu-itu saja. Teka-teki kematian kakak Chan Mi pun sampai episode 10 masih buram, sementara ceritanya tersisa dua episode lagi.

Soo Heon sendiri menghadapi takdir paling menyedihkan di dua episode ini karena sang ibu meninggal dunia. Sayang, karakternya tidak terlalu banyak tampil karena plot terlalu fokus pada Osung dan segala tingkahnya yang misterius dan menjengkelkan. 

Akhir Mengejutkan, tapi Berbelit dan Terkesan Maksa

revenge of others_Episode 11-12_Akhir Mengejutkan, Tapi Berbelit dan Terkesan Maksa_

Revenge of Others (2022) menyelesaikan ceritanya di episode 12 dan tentu saja pelaku pembunuh Won Seok akhirnya terungkap. Dua episode akhir drama ini harus diakui sarat kejutan, sayang eksekusinya terlalu berbelit sementara ada motif yang terlewat disampaikan. 

Jika diurutkan semua dimulai dari dua skandal, yaitu skandal Osung dan Ji Hyun yang diketahui oleh Jae Bum serta skandal Won Seok dan Se Jin yang diketahui Osung. Dari sana, konflik Osung, Jae Bum dan Won Seok berputar bagai benang kusut karena masing-masing menjadi saling terkait. 

Keruwetan konflik antara mereka tambah membingungkan dan terkesan maksa dengan menghadirkan “sosok” lain, yaitu sosok Jae Jun atau kepribadian lain yang ada di diri Jae Bum. Di bagian itu, plot jadi terasa mengada-ada karena tidak dibangun secara kuat sebelumnya. 

Pembicaraan mengenai sosok Jae Jun sangat sedikit sepanjang drama berlangsung. Alhasil, plot kepribadian ganda ini jadi semacam alternatif saja, bukan pilihan utama untuk alurnya.

Motif yang melatari konflik antara Osung dengan Soo Heon yang bikin geregetan justru tidak banyak diceritakan, padahal alasan kenapa Osung se-dendam itu terhadap Soo Heon bikin penasaran.

Revenge of Others (2022) terasa banyak menyia-nyiakan plot untuk hal-hal yang tidak esensial. Karakter Chan Mi dan Soo Heon yang harusnya jadi pusat cerita pun teralihkan pada kuatnya karakter Osung yang manipulatif. 

Tidak banyak yang ditampilkan dari karakter Chan Mi dan Soo Heon, kecuali adegan perkelahian yang berulang kali membuat badan Soo Heon babak-belur dan Chan Mi yang menggebu ingin membunuh pelaku pembunuh kakak lelakinya. Tidak ketinggalan adegan manis yang tipis antara keduanya. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram