showpoiler-logo

Sinopsis & Review Risen (2016), Cerita Kebangkitan Yesus

Ditulis oleh Siti Hasanah
Risen
4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Risen adalah sebuah film yang bertemakan religi kristiani. Film ini spesial diperuntukan untuk umat kristiani dalam menyambut paskah. Kevin Reynold, sang sutradara dari film Risen, menyajikan film ini dengan cara dan sudut pandang yang berbeda dari biasanya sehingga menjadi mahakarya yang bisa dinikmati.

Bercerita tentang seorang bernama Clavius (Joseph Fiennes) yang ditugaskan oleh komandannya untuk menyalib Yesus. Namun, setelah proses penyaliban, jasad Yesus secara misterius hilang. Calvius yang merasa ini adalah ulah para pengikutnya terus melakukan pencarian terhadap jasad tersebut. Lalu bagaimana kelanjutan kisahnya? Yuk simak terlebih dahulu sinopsis dan review-nya.

Sinopsis

Risen_sinopsis_

Clavius (Joseph Fiennes) adalah seorang perwira pasukan romawi yang memiliki tugas untuk menjaga daerah Yudea. Selain itu, Clavius memimpin pasukan untuk memberantas pemberontakan yang dipimpin oleh Barabas, yang mulai mempercayai ada tuhan lain yaitu Yesus sang Mesias. 

Yesus dipercaya dapat membawa kedamaian serta kesembuhan bagi para pengikutnya yang ada di kelas bawah, sehingga pemerintahan yahudi yang sedang berkuasa saat itu seperti kehilangan power-nya dalam mengontrol rakyat. Hal tersebut membuat Pontius Pilatus (Peter Firth), seorang gubernur daerah Yudea, memanggil Clavius untuk menindaklanjuti keadaan ini.

Ia ingin menyingkirkan Yesus dengan cara menyalibnya. Penyaliban tersebut ia serahkan di bawah pengawasan Clavius. Pontius Pilatus juga memberikan Clavius seorang asisten yang bernama Lucius (Tom Felton) agar pekerjaannya lancar.

Proses penyaliban lancar meskipun sedikit diwarnai oleh tangisan dan teriakan ketika proses eksekusi. Setelah itu, jenazah Yesus dibawa ke sebuah gua yang dijaga ketat oleh tentara Romawi. Bahkan gerbang masuk gua dihalangi oleh batu besar agar memastikan tidak ada pengikut dari Yesus yang mencuri jenazahnya.

Clavius yakin para pengikut dari Yesus tersebut akan mencoba mencuri jenazah Yesus untuk membuktikan bahwa Yesus adalah sang Mesias yang akan bangkit kembali dalam 3 hari. Namun, pada keesokan harinya jenazah dari Yesus benar-benar menghilang. Clavius dibuat pusing karena penjagaan telah dibuat sangat ketat dan tidak mungkin diterobos. 

Akan tetapi, ia tetap menepis bahwa Yesus telah bangkit dan mencoba mencari siapa pelaku yang mencuri jenazah Yesus tersebut. Setelah melakukan pencarian, akhirnya Clavius menemukan Yesus beserta 12 rasulnya. Ia tertegun karena Yesus memperlihatkan tangannya yang berlubang yang diduga bekas paku salib. Lambungnya pun berlubang seperti saat proses penyaliban hari itu. 

Clavius juga telah memastikan bahwa hari itu Yesus yang telah dipastikan mati ternyata benar-benar bangkit kembali dan ia melihat hal tersebut dengan kedua matanya. Ia sedikit terhenyak karena telah melakukan kesalahan besar dengan melakukan pembunuhan besar-besaran kala itu pada pengikut Yesus.

Sejak saat itu, Clavius memutuskan untuk percaya dan menjadi pengikut Yesus. Ia mengikuti para rasul dari Yesus untuk pergi ke danau Galilea. Mendengar hal tersebut Pontius Pilatus sangat murka dan menganggap bahwa Clavius telah melakukan pengkhianatan yang sangat besar. Ia memerintahkan dan mengerahkan semua pasukannya untuk mengejar Clavius yang sedang menuju danau Galilea. 

Lalu bagaimana bagaimana nasib clavius selanjutnya? Akankah pasukan dari Pontius berhasil melakukan pengejaran terhadap Clavius beserta Yesus dan Rasulnya? 

Menceritakan Kebangkitan Yesus

Risen_Menceritakan Kebangkitan Yesus_

Risen adalah sebuah film religi yang diperuntukkan untuk umat kristiani agar semakin yakin bahwa kebangkitan dari Tuhan mereka yaitu Yesus benar adanya. Hal ini terlihat dari proses penyaliban yang dilakukan oleh Calvius dibawah perintah dari Pontius Pilates yang merasa gerah karena banyak rakyatnya yang mulai tidak mematuhinya dan mulai menjadi pengikut Yesus. 

Di sini Clavius memastikan Yesus benar-benar meninggal pada proses penyaliban. Namun, ia menemukan kembali Yesus dalam keadaan hidup dengan beberapa tanda yang membuatnya yakin bahwa orang tersebut benar-benar Yesus. Hal tersebut membuatnya percaya akan kebangkitan Yesus. Tidak hanya itu, Calvius pun menjadi pengikut Yesus pada akhirnya. 

Jadi film ini tidak berfokus pada bagaimana Yesus hidup pada masa lalu, akan tetapi juga pada peristiwa kebangkitan Yesus itu sendiri dan bagaimana kebangkitan itu ada. Clavius, sang tokoh fiksi, menyaksikan kebangkitan tersebut dengan mata kepalanya sendiri dan membuatnya beriman pada Yesus.

Ditujukan untuk Menambah Keimanan Para Umat Kristiani

Risen_Ditujukan untuk Menambah Keimanan Para Umat Kristiani_

Dalam film ini banyak disuguhkan berbagai peristiwa bersejarah untuk umat kristiani, dimulai dari kebangkitan Yesus yang mengorbankan dirinya untuk seluruh umat dengan cara disalib. Kemudian peristiwa bersejarah lainnya ketika Yesus akan naik ke surga. Dalam film ini diceritakan Clavius menyaksikannya langsung. 

Sebelum naik ke surga, Yesus memberikan Roh kudus-Nya pa para rasulnya. Ia juga memerintahkan para rasulnya untuk menyampaikan injil, kitab suci umat kristiani, kepada seluruh dunia agar diimani secara benar. Nah, dari peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut diharapkan para umat Kristiani dapat lebih meningkatkan keimanannya. 

Seperti Clavius yang merupakan seorang panglima hebat yang dengan gagah berani menanggalkan semua gelarnya setelah bertemu dengan Yesus. Kemudian ia menjadi pengikut setia Yesus hingga Clavius melihat Yesus pergi ke Surga. 

Film Spesial Paskah

Risen_Film Spesial Paskah_

Seperti diketahui, perayaan Paskah adalah momen yang sangat penting bagi umat kristiani. Momen ini juga dimanfaatkan oleh mereka untuk berkumpul dengan keluarga dan orang terkasih. Banyak hal seru yang bisa dilakukan saat merayakan Paskah agar momen tersebut terasa semakin memorable dan seru.

Salah satunya adalah dengan menonton film. Nah, agar suasana Paskah semakin terasa, para umat kristiani bisa menonton film Risen ini. Kevin Reynold dengan spesial membuat film Risen khusus untuk menyambut paskah. 

Selain dapat menjadi tontonan yang seru dan menghibur, film ini juga dapat memberikan nilai-nilai keagamaan untuk umat kristiani. Kemudian film ini juga dapat membuat paskah semakin berwarna dengan penyajian dari bagaimana bangkitnya Yesus dengan cara sutradara Kevin Reynold yang berbeda. 

Mengandung Pesan Moral yang Berharga

Risen_Mengandung Pesan Moral yang Berharga_

Setiap film biasanya menyelipkan pesan moral yang sangat berharga bagi para penonton. Tidak terkecuali Risen. Calvius yang merupakan seorang panglima kuat, cerdas, dihormati dan pada awalnya sangat menentang Yesus, dihadapkan dengan proses penyaliban Yesus dan menyaksikannya bangkit kembali membuatnya menjadi gamang. 

Hal tersebut juga memberikan perubahan pada dirinya. Kemudian Bartholomeus mengatakan pada Clavius bahwa yang menjadi senjata Yesus dan membuat orang-orang menjadi pengikutnya bukanlah kekerasan melainkan sebuah kasih sayang terhadap sesamanya.

Nah guys itulah sinopsis dan review dari film Risen. Film ini mendapatkan respon positif dari para kritikus film dan menjadi salah satu film religi kristiani terbaik. Risen menceritakan bagaimana kebangkitan Yesus dari sudut pandang seorang tokoh fiksi, yaitu tentara Romawi bernama Calvius yang sangat menentang keberadaan Yesus pada awalnya. 

Banyak yang bisa diambil dari film ini, selain menghibur juga ada nilai agamis yang tinggi serta pesan moral yang berharga. Jadi kalian yang merayakan paskah bisa menjadikan film ini sebagai list yang wajib ditonton ya jika penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya pada Clavius.

Mencari film rohani Kristian lainnya? Jangan khawatir, Showpoiler juga punya rekomendasi film rohani kristen terbaik, lho!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram