logo web

Sinopsis & Review The Ugly Truth, Realita Kehidupan Cinta

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
The Ugly Truth
2.8
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Realita atau kenyataan memang sering kali terasa pahit dan tak seindah apa yang kita bayangkan, tak terkecuali dalam kehidupan percintaan. Hal inilah yang ingin disampaikan oleh seorang pria bernama Mike Chadway dalam film berjudul The Ugly Truth. 

Bagaimanakah kenyataan pahit dan realita kehidupan cinta yang digambarkan dalam film ini? Kamu bisa baca review dan sinopsis dari film The Ugly Truth berikut ini! 

Sinopsis 

the ugly truth-1_

Abby adalah wanita lajang yang berkarir sebagai produser di salah satu stasiun televisi kabel. Ia merupakan tipe wanita yang mandiri serta suka memimpin dan mengendalikan orang lain.

Ia juga memproduseri satu acara berita yang ia garap sesuai dengan idealismenya. Namun kian hari, rating acara tersebut terus menurun hingga Abby dipanggil oleh atasannya, Stuart. 

Sementara itu, Abby juga sempat menonton acara di salah satu televisi yang menampilkan seorang pria bernama Mike Chadway (Gerard Butler).

Mike membawakan acara bernama The Ugly Truth dimana ia menyajikan kenyataan mengenai hubungan pria dan wanita yang menurutnya tak seindah bayangan orang-orang pada umumnya. Sebagai wanita, Abby menolak gagasan Mike tersebut. 

Ia menelepon acara tersebut dan terlibat adu mulut dengan Mike dalam siaran langsung. Tanpa diduga keesokan harinya, Stuart membawa Mike ke kantor mereka.

Mereka mengatakan jika Mike akan bergabung untuk membawakan segmen The Ugly Truth di acara berita yang diproduseri Abby. Abby tentu menolak karena ia merasa segmen tersebut tidak bermutu sama sekali. 

Namun saat siaran perdana The Ugly Truth, acara milik Abby justru mendapat rating tinggi. Abby dan Mike kemudian membuat kesepakatan.

Mike akan membantu Abby mendapatkan pria impiannya supaya Abby memperbolehkannya tetap tampil di program beritanya. Mike pun langsung membantu Abby untuk bisa dekat dengan Colin, tetangga barunya yang memiliki kriteria pria idaman Abby. 

Mike membantu Abby merubah penampilannya dan bertingkah laku agar disukai pria seperti Colin. Trik itu pun berhasil hingga membuat Colin berulang kali mengajak Abby berkencan.

Di sisi lain, hubungan Mike dan Abby pun semakin membaik dibanding saat mereka pertama kali bertemu dulu. Rating acara TV mereka juga terus naik hingga Mike ditawari menjadi bintang tamu televisi ternama. 

Stuart yang tak ingin Mike bergabung dengan televisi tersebut mengutus Abby untuk menemani Mike. Abby pun terpaksa melakukan itu dan membatalkan rencana kencannya dengan Colin.

Selepas mengisi acara di televisi itu, Mike dan Abby terlibat perbincangan mendalam. Mike mengatakan jika ia menolak tawaran dari televisi itu dan hal tersebut membuat Abby tenang. 

Mike juga mengatakan jika ia hanya membuat Colin menyukai Abby namun membuat Abby tak menjadi dirinya sendiri.

Puncaknya saat berada di lift, Mike mencium Abby hingga membuat Abby terus teringat sampai berada di kamarnya. Saat itu, tiba-tiba Colin muncul di pintu kamar Abby dan memberinya kejutan. 

Colin dan Abby tengah menghabiskan waktu di kamar saat Mike tiba-tiba muncul di depan kamar Abby. Abby kemudian kembali pada Colin dan bertanya mengapa Colin menyukainya.

Jawaban Colin meyakinkan Abby bahwa Colin memang tidak mencintai Abby apa adanya. Ia pun tersadar selama ini mulai jatuh cinta pada Mike. Abby dan Colin akhirnya mengakhiri hubungan mereka. 

Keesokan harinya, tanpa pemberitahuan apa pun, Abby mendapat kabar bahwa Mike mengakhiri kerja sama mereka dan memutuskan bergabung dengan stasiun TV kabel lain.

Abby kemudian berusaha mencari host pengganti Mike untuk menyiarkan The Ugly Truth dari lokasi festival balon udara. Sementara Mike dengan stasiun TV barunya juga berencana mengudara dari tempat tersebut. 

Saat siaran langsung, Abby mengambil alih acara karena pengganti Mike tak sesuai dugaannya. Ia pun membawakan acara dengan menumpahkan emosinya yang terpendam pada Mike.

Mike yang mendengar siaran langsung itu menemui Abby dan akhirnya mereka membawakan acara tersebut berdua. Rating acara tersebut langsung naik setelah Mike kembali muncul bersama Abby. 

Tanpa mereka sadari, balon udara yang mereka tempati telah meluncur ke udara. Mereka juga tak sadar jika ada kamera yang masih mengawasi mereka. Tanpa mengetahui jika keduanya disiarkan langsung di televisi, Mike menyatakan cinta pada Abby dan Abby pun menerimanya. 

Dialog-Dialog Jenaka dan Komedi Menghibur

the ugly truth-2_

Sebagai film bergenre romance comedy, film The Ugly Truth cukup memberikan hiburan dengan komedi-komedinya yang begitu khas.

Sepanjang durasi film selama 96 menit ini, kamu akan dibuat tertawa dengan dialog-dialog jenaka yang dilontarkan oleh para karakter film, terutama dari Mike Chadway yang memang memiliki karakter cukup unik. 

Meskipun dalam beberapa adegan, komedi yang dilontarkan oleh Mike Chadway ini adalah komedi-komedi yang menjurus pada seksualitas dan tampaknya hanya bisa dipahami oleh orang-orang dewasa saja.

Oleh karena itu, meski alur ceritanya cukup ringan untuk dinikmati bersama keluarga, pastikan penonton anak-anak tetap mendapat pendampingan orang tua saat menonton film ini ya! 

Selain dialog-dialog jenaka, film The Ugly Truth juga sering kali memunculkan adegan yang terasa tak masuk akal ala film komedi pada umumnya, namun hal itu justru menjadi lucu dan menjadi kekuatan dari film ini.

Contohnya saja saat Abby yang tiba-tiba tersangkut di pohon pada pertemuan pertamanya dengan Colin. 

Kisah yang Cukup Relatable dengan Kehidupan Nyata 

the ugly truth-3_

Beberapa scene film The Ugly Truth ini sering menampilkan adegan yang tak masuk akal. Namun film ini sebenarnya memiliki alur cerita yang cukup relatable dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata, terutama jika kita melihat kehidupan Abby dan Mike. Karakter Abby tampak mewakili banyak perempuan di kehidupan nyata saat ini. 

Kehidupan Abby dengan kisah cintanya yang sering kali tak berjalan mulus dan bagaimana keseharian yang terjadi di kantornya mungkin akan mengingatkanmu dengan hal-hal yang biasa kita temui sehari-hari, baik dalam kehidupan percintaan atau kehidupan karir dan pekerjaan. 

Begitu pula dengan Mike Chadway dan karakternya yang unik. Meski tampak menyebalkan, namun pola pikirnya akan menyadarkanmu mengenai realita dalam hubungan cinta yang memang tak akan seindah cerita dalam dongeng.

Seperti judulnya, melalui karakter Mike kita akan melihat kenyataan dan realita sebenarnya yang terkadang pahit dan tidak semanis apa yang dibayangkan. 

Akhir Cerita Klise dan Ending yang Mudah Ditebak 

the ugly truth-4_

Meski memiliki jalan cerita yang cukup menghibur, tak ada yang cukup istimewa atau memorable dari film The Ugly Truth ini.

Teknik sinematografi, tata suara, hingga teknik editing yang digunakan hanya memakai teknik sederhana yang biasa saja. Begitu pula dengan alur cerita keseluruhan yang terasa klise, seperti film-film drama Hollywood pada umumnya. 

Dari awal atau pertengahan film, kita mungkin sudah bisa menebak bagaimana akhir cerita dari film ini. Dua karakter utama yang diceritakan memiliki prinsip berbeda di awal kemudian.

Mereka yang saling jatuh cinta di akhir cerita tentu menjadi plot yang sudah terlalu sering digunakan dalam film-film seperti ini. Namun setidaknya, film ini bisa tetap menghiburmu dengan komedi di sepanjang ceritanya. 

Itulah review dari film The Ugly Truth, film drama komedi yang akan mengajakmu melihat kenyataan dalam hubungan percintaan, dimana tak semua hal indah bisa selalu kita dapatkan.

Apakah kamu setuju dengan prinsip Mike Chadway dalam film ini? Atau, kamu punya pendapat lain? Coba sampaikan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram