logo web

Sinopsis & Review Vacation (2015), Liburan Penuh Kekacauan

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Vacation
3.5
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Momen liburan bersama keluarga dan orang-orang tersayang seharusnya menjadi waktu-waktu yang menyenangkan. Namun apa jadinya jika justru terjadi semakin banyak kekacauan yang membuat kita bad mood dengan agenda liburan tersebut? 

Kekacauan semacam itulah yang dialami oleh satu keluarga ini saat berencana melakukan liburan bersama. Lantas setelah semua rencana mereka berantakan, bagaimanakah akhir liburan dari keluarga ini? Kamu bisa membaca review dan sinopsis dari film Vacation berikut ini! 

Sinopsis 

film-vacation-1_

Film Vacation bercerita mengenai Rusty Griswold (Ed Helms), seorang pilot maskapai ekonomi yang memiliki istri bernama Debbie (Christina Applegate) dan dua anak laki-laki bernama James dan Kevin.

Di sebuah makan malam dengan sahabatnya, Rusty melihat jika sang istri ingin bisa merasakan liburan seperti orang-orang. Ia kemudian merencanakan liburan ke sebuah taman hiburan bernama Walley World. 

Rusty merencanakan liburan tersebut dengan perjalanan darat agar keluarganya bisa semakin akrab. Ia pun menyewa sebuah mobil yang disebutnya memiliki banyak fitur canggih.

Nyatanya, mobil tersebut tidak seperti dugaan mereka. Sepanjang perjalanan, mobil tersebut justru bermasalah. Ditambah lagi mereka juga merasa terus diikuti oleh sebuah truk dengan boneka beruang di depannya. 

Mereka singgah di Memphis dan mengunjungi kampus Debbie. Di kampus itu, Rusty mendengar cerita mengenai Debbie yang dulu cukup “nakal”.

Debbie yang ditantang oleh para mahasiswi muda juga kembali mengikuti ajang perlombaan amal dengan cara minum bir dan melewati tantangan. Hal itu berakhir kacau karena Debbie justru muntah dan terjatuh dari tantangan yang dilakukannya. 

Setelah kekacauan di Memphis, keluarga tersebut kembali singgah di Arkansas dan berniat untuk berendam di pemandian air panas. Namun karena antrian panjang di pintu masuk, Rusty memutuskan mencari jalan pintas.

Mereka pun menemukan sumber air panas tersembunyi. Mereka kemudian berendam seolah kolam itu milik mereka pribadi, padahal kolam itu adalah limbah sisa pembuangan. 

Saat berendam, mereka justru menemukan potongan tubuh manusia dan hal menjijikan lainnya. Keluarga itu pun segera keluar dari kolam dan menuju mobil, namun mereka kembali terkejut saat melihat kaca mobil telah dipecahkan dan semua tas serta barang mereka dicuri.

Tanpa berpakaian, keluarga itu melanjutkan perjalanan dan mampir ke rumah Audrey dan Stone, adik dan ipar Rusty. 

Di rumah mewah itu, mereka kembali mendapat pakaian. Kebahagiaan Audrey dan Stone juga tampaknya membuat Debbie iri, terlebih Stone adalah pria tampan yang tampak menjadi pria ideal Debbie. Rusty pun sempat cemburu, terlebih saat ia tahu jika cincin pernikahannya dihilangkan Debbie entah dimana. 

Mereka pun kembali melanjutkan perjalanan dan bermalam di Arizona. Rusty kemudian mendapat ide untuk mengajak Debbie berhubungan seks di monumen 4 negara bagian. Mulanya mereka menyangka hanya mereka saja yang berada di sana, namun ternyata ada banyak pasangan yang juga memiliki ide seperti mereka. 

Rusty dan Debbie pun hampir tertangkap polisi, namun berhasil kabur karena para polisi itu justru berdebat masing-masing.

Sementara di motel, James akhirnya bertemu dengan Adena, gadis yang sempat berpapasan dengannya. Setelah berbincang dengan Adena, James mendapat kekuatan untuk membalas adiknya yang selama ini selalu merundungnya. 

Keluarga itu pun melanjutkan perjalanan ke rumah orang tua Rusty. Semua masalah yang terjadi pada akhirnya sempat membuat Rusty putus asa. Ia sempat ingin pergi meninggalkan keluarganya dan menyerah saja, karena tak yakin bisa menjadi kepala keluarga yang cukup baik untuk mereka. Bersamaan dengan itu, truk yang terus mengejar mereka kembali datang. 

Rupanya supir truk tersebut ingin mengembalikan cincin pernikahan Debbie yang tertinggal di restoran. Peristiwa itu membuat Rusty dan keluarganya berbaikan kembali.

Di rumah orang tuanya, sang ayah pun menasehati Rusty mengenai makna keluarga. Keluarga Griswold yang mulanya hendak membatalkan perjalanan mereka ke Walley World pun memutuskan untuk tetap pergi. 

Meski kunjungan mereka ke Walley World tetap dipenuhi kekacauan, namun pada akhirnya keluarga tersebut justru semakin akur akibat semua permasalahan yang mereka hadapi. 

Alur Cerita yang Ringan dan Komedi Menghibur

film-vacation-2_

Sebagai film ber-genre komedi, film berdurasi 99 menit ini memang memiliki alur cerita yang cukup ringan. Bahkan konflik-konfliknya pun tidak akan membuatmu sedih atau tegang, melainkan tertawa dengan semua kekonyolan yang dialami oleh karakter-karakter di film ini. Oleh karena itu, film Vacation ini cocok dinikmati untuk kamu yang sedang mencari hiburan ringan dengan menonton. 

Terkadang film ini memang memunculkan adegan yang terasa tak masuk akal atau konflik yang dibuat tanpa penyelesaian. Namun mengingat genre dari film ini, hal itu tak terasa menjadi masalah. Komedi-komedi yang ditampilkan pun cukup menghibur meski ada beberapa komedi yang terasa terlalu vulgar untuk ada dalam sebuah film keluarga. 

Pemandangan Indah Ala Film Petualangan 

film-vacation-3_

Selain bergenre komedi, film Vacation ini juga menggabungkan tema petualangan sehingga kita pun akan melihat visual-visual indah di sepanjang film. Sinematografi dari film ini banyak menampilkan beauty shot dari pemandangan-pemandangan alam yang menjadi lokasi perjalanan keluarga Griswold. Saat menyaksikannya, kamu seolah diajak untuk ikut merasakan suasana liburan. 

Landscape pegunungan dan perbukitan hingga sungai dan pemandian air panas diperlihatkan dengan angle dan pergerakan kamera yang cantik. Ditambah dengan tone warna yang cerah seperti film-film komedi pada umumnya, visual yang indah ini juga akan membuatmu terhibur saat menyaksikan film ini. 

Kisah Mengenai Keluarga yang Relatable

film-vacation-4_

Meski cerita dalam film Vacation ini didominasi dengan unsur komedi dan adegan-adegan konyol yang tak masuk akal, namun kisah yang dialami oleh para karakternya sebenarnya sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari, terutama dalam kehidupan keluarga.

Saat menyaksikan film ini, kamu mungkin akan teringat pada momen-momen bersama keluarga seperti yang dialami keluarga ini. 

Hal-hal seperti hubungan kakak adik yang tak akur, suami istri yang tak seharmonis dulu namun tetap berusaha saling menjaga komitmen pernikahan, hingga pengorbanan yang dilakukan demi keluarga di film ini tentu sering kita alami sehari-hari.

Tak hanya itu, film ini juga menyisipkan makna-makna dan pesan mengenai keluarga melalui dialog-dialog dari para karakternya. 

Oleh karena itu, film Vacation tampaknya juga bisa menjadi  salah satu rekomendasi film untuk kamu saksikan bersama keluarga. Namun jangan lupa untuk tetap mendampingi anggota keluargamu yang belum cukup  umur saat menontonnya karena ada beberapa adegan dalam film yang tampaknya hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa saja. 

Itulah review dan sinopsis dari film Vacation yang menceritakan tentang bagaimana kacaunya liburan keluarga Griswold. Apakah kamu juga punya cerita liburan keluarga yang unik seperti yang dialami keluarga di film ini? Ceritakan pengalaman liburanmu bersama keluarga di kolom komentar yuk!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram