logo web

Inilah 20 Serial Barat Terbaik dengan Kualitas yang Apik

Ditulis oleh Suci Maharani R

Dari tahun ke tahun, banyak serial dengan kualitas yang baik hadir. Dengan semakin banyaknya platform streaming yang kini menjadi primadona dalam persaingan dengan stasiun TV dan jaringan TV kabel, semakin banyak pula pilihan serial yang bisa kita tonton.

Hampir semua genre memiliki serial yang dicintai oleh para penontonnya, sehingga kelanjutan kisahnya selalu ditunggu oleh pemirsa di season berikutnya.

Artikel kali ini akan menampilkan berbagai serial terbaik dan wajib kita tonton. Apa saja serial tersebut? Yuk, langsung simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

1. The Bear: Season 1

The Bear Season 1_

The Bear: Season One (2022) adalah serial komedi-drama mengisahkan seorang koki muda yang kembali ke kampung halamannya untuk mengurus warung sandwich milik keluarganya.

Carmen “Carmy” Berzatto (Jeremy Allen White) adalah seorang koki berbakat yang bekerja di sebuah restoran bintang lima di New York. Ia memiliki karir yang cemerlang, tetapi juga memiliki masalah dengan kecemasan dan kesepian. Ketika ia mendengar kabar bahwa kakaknya, Mikey (Jon Bernthal), meninggal karena bunuh diri, ia memutuskan untuk pulang ke Chicago.

Mikey meninggalkan warung sandwich keluarga yang bernama The Original Beef, dalam keadaan berantakan. Warung itu penuh dengan hutang, kotoran, dan karyawan-karyawan yang tidak disiplin. Carmy pun bertekad untuk mengubah warung itu menjadi lebih baik dengan menggunakan kemampuan dan pengalamannya sebagai koki.

Namun, rencana Carmy tidak berjalan mulus. Ia harus berhadapan dengan tantangan dan konflik dari berbagai pihak, seperti ibunya yang tidak setuju dengan perubahan yang ia lakukan, adiknya yang tidak peduli dengan warung itu, sepupunya yang menjadi manajer warung dan ingin menjaga tradisi lama, serta mantan tunangannya yang mencoba merebut warung itu.

Di tengah kesulitan dan kekacauan itu, Carmy juga menemukan cinta dan persahabatan dari orang-orang yang tidak terduga, seperti Sydney (Ayo Edebiri), seorang koki baru yang bergabung dan jadi tangan kanan Carmy.

Selain itu Marcus (Lionel Boyce), seorang pembuat roti yang bercita-cita menjadi pastry chef, Tina (Liza Colón-Zayas), juru masak senior yang awalnya tidak suka dengan Carmy tetapi kemudian menghormatinya, serta Natalie “Sugar” Berzatto (Abby Elliott), adik sekaligus mitra bisnisnya.

Tidak hanya itu saja, Carmy juga menemukan rahasia-rahasia tentang masa lalu Mikey dan warung itu, seperti surat yang ditulis Mikey untuknya sebelum meninggal, resep rahasia untuk spaghetti keluarga, serta uang tunai yang disembunyikan Mikey di kaleng tomat. 

The Bear: Season One (2022) berhasil mendapatkan nilai hingga 99% dari para kritikus dan 92% audience score di Rotten Tomatoes. Sementara iMDb memberikan rating 8.5/10 dan mendapatkan banyak ulasan positif.

Serial ini disebut punya bumbu dan komposisi yang pas, mulai dari drama, komedi, romantis hingga konflik yang bikin tiap episodenya sangat dinantikan. 

American Film Institute Awards menobatkan The Bear: Season One (2022) sebagai "Top 10 Programs of the Year." Lalu, Jeremy Allen White sebagai pemeran utamanya berhasil membawa pulang penghargaan sebagai "Best Actor in a Comedy Series" di Critics' Choice Awards 2023. 

2. Cunk On Earth: Season 1

Cunk On Earth Season 1_
Tahun Rilis 2022
Genre ,
Sutradara
Pemeran Diane Morgan

Cunk on Earth: Season One (2022) bukan sekedar drama sejarah dan komedi. Serial yang bisa kamu tonton di Netflxi ini punya cara sendiri untuk menyajikan berbagai kritik sosial dalam berbagai kelucuan dan kebodohan karakter utamanya yang bernama Cunk. Tak heran kalau serial ini berhasil mendapatkan rating 8.1/10 di iMDb dan skor hingga 100% dari 23 reviewers di Rotten Tomatoes.

Mau tahu seperti apa kisahnya? Philomena Cunk (Diane Morgan) adalah seorang wartawan yang bekerja untuk sebuah program televisi bernama "Cunk on Earth." Ia diberi tugas untuk membuat sebuah dokumenter yang menjelaskan bagaimana manusia bisa mencapai kemajuan dan kebudayaan seperti sekarang ini. 

Baru saja diberikan tugas, Cunk merasa tidak percaya diri lantaran ia tidak memiliki ketertarikan dengan tema yang diberikan padanya. Cunk sama sekali tidak memiliki pengetahuan atau rasa ingin tahu yang cukup untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Untungnya Cunk memiliki kru yang solid, ia mendapatkan bantuan, baik dari kru produksi maupun dan beberapa narasumber yang diwawancarainya. Cunk mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan besar tentang asal-usul, agama, seni, ilmu pengetahuan, politik, dan teknologi.

Namun, berbagai informasi yang didapatkannya malah membuat Cunk bingung sendiri, karena pada dasarnya ia tidak memiliki pemahana dalam hal tersebut.

Cunk sering kali salah paham, mengabaikan fakta, atau membuat kesimpulan yang tidak masuk akal. Bahkan, Cunk mendatangi berbagai tempat bersejarah yang penting dalam perkembangan peradaban manusia, tapi hal ini malah menimbulkan banyak masalah baru. Kira-kira akan berakhir seperti apa program televisi Cunk on Earth ini?

3. Beef: Season 1

Beef Season 1_

Beef (2023) drama bergenre black-comedy yang mengisahkan perseteruan antara dua orang asing setelah sebuah insiden kemarahan di jalan.

Danny Cho (Steven Yeun) adalah seorang kontraktor yang kesulitan mencari pekerjaan. Pria ini merasa tidak bahagia, hal inilah yang membuatnya hidup dalam kecemasan dan kesepian. Terlebih lagi Danny punya hubungan buruk dengan keluarganya, terutama kakaknya yang tinggal di Korea Selatan. 

Di sisi lain ada Amy Lau (Ali Wong) adalah seorang pengusaha yang memiliki toko tanaman bernama Kōyōhaus. Wanita ini tidak pernah puas dengan hidupnya. Amy selalu merasa tertekan dengan hidup dan ambisinya. Selain itu, rumah tangga Amy dan suaminya George (Joseph Lee), seorang pematung rendahan, ternyata tidak harmonis. 

Suatu hari, Danny dan Amy bertemu secara kebetulan di jalan dan keduanya terlibat dalam aksi yang bikin emosi meluap. Danny mengikuti mobil Amy dan mencatat nomor platnya, sementara Amy mengejek dan menantang Danny. Insiden ini memicu perseteruan antara mereka berdua, yang semakin memanas dan meluas.

Danny dan Amy mulai melakukan berbagai hal untuk menghancurkan hidup satu sama lain. Bahkan, kedua orang dewasa ini melibatkan orang-orang di sekitar mereka, seperti keluarga, teman, rekan kerja, bahkan orang asing. Mereka tidak peduli dengan akibat atau konsekuensi dari tindakan mereka, yang semakin menjadi-jadi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Beef (2023) adalah serial black-comedy yang mengeksplor sisi gelap dari manusia, seperti kebencian, dendam, iri hati, dan obsesi. Tapi kamu akan terhibur dengan aksi-aksi konyol hingga brutal dari Danny dan Amy. Lalu, berbagai komentar lucu dan pedas dari mereka dijamin bikin ngakak.

4. Better Call Saul: Season 6

Better Call Saul Season 6_

Serial kriminal dan drama pengadilan ini merupakan spin-off dari serial populer Breaking Bad (2008). Memasuki musim ke-6, serial ini menjadi penutup dari perjalanan panjang Jimmy McGill sebagai pengacara sebelum kelak menggunakan nama "Saul Goodman."

Musim ke-6 memiliki dua bagian cerita dalam lini masa berbeda. Sembilan episode awal bercerita di Albuquerque pada tahun 2004, empat tahun sebelum Jimmy (Bob Odenkirk) bertemu Walter White (Bryan Cranston) dan Jesse Pinkman (Aaron Paul).

Jimmy dan istrinya, Kim Wexler (Rhea Seehorn), melaksanakan rencana mereka untuk menghancurkan karir Howard Hamlin (Patrick Fabian) untuk mengakhiri kasus Sandpiper. Di bagian ini Jimmy akan berhadapan dengan kartel narkoba atas upaya pembunuhan terhadap Lalo Salamanca (Tony Dalton).

Empat episode terakhirnya berlatar di tahun 2010 atau setelah peristiwa di serial Breaking Bad (2008) di mana Jimmy bersembunyi di balik identitas barunya, Gene Takavic. Untuk melengkapi kisahnya, ada beberapa adegan kilas balik yang diambil dari serial Breaking Bad untuk melengkapi akhir kisahnya.

Punya alur yang sangat kompleks dan rumit, ternyata serial buatan Vince Gilligan dan Peter Gould cukup enjoyable untuk diikuti. Alur di tiap episodenya disusun dengan sangat rapi, belum lagi beberapa celetukannya cukup menghibur para penonton.

Tak heran kalau Better Call Saul: season 6 (2022) menjadi nominator di berbagai ajang penghargaan film. Di Emmy Awards, serial ini dinominasikan di 4 kategori, salah satunya Outstanding Drama Series. Sedangkan di Saturn Awards, mereka berjaya dengan meraih 5 kemenangan, salah satunya adalah Best Network or Cable Action/Thriller Television Series.

Sementara itu di Golden Globe Awards, serial ini hanya masuk di dua kategori, salah satunya Best Television Series – Drama. Tapi di Critics’ Choice Awards, mereka berhasil membawa 3 kemenangan, salah satunya sebagai Best Drama Series.

Better Call Saul: Season 6 (2022) sangat direkomendasikan untuk kamu penggemar serial barat bertema hukum yang sarat dengan tragedi tapi bungkus dalam balutan black-comedy.

5. The Boys

The Boys_

The Boys: Season 3 (2022) adalah serial andalan Prime Video yang pertama kali tayang di tahun 2019. Berhasil merebut hati pemirsanya, tiap musimnya berhasil meneruskan hegemoni The Boys (2019) sebagai salah satu serial terbaik sepanjang masa. Mau tahu seperti apa kisahnya?

Di musim ke-3, serial ini masih mengisahkan kelompok yang Boys kini bekerja untuk pemerintah dengan tugas menangkap para superhero yang bermasalah, seperti para superhero yang korup dan memanfaatkan kekuatannya untuk hal buruk.

Para pengawas bekerja untuk Biro Urusan Superhuman milik Victoria Neuman (Claudia Doumit) untuk menangkap para superhero bermasalah, setelah berdamai dengan The Seven. Namun, konflik kembali memanas ketika Billy Butcher (Karl Urban) mulai menyelidiki kebenaran tentang kematian palsu Soldier Boy.

Di sisi lain stabilitas mental Homelander (Antony Starr) mulai memburuk saat Vought mencoba membatasi kekuasaannya, sementara anggota The Seven lainnya seperti Starlight (Erin Moriarty) dan Queen Maeve (Dominique McElligott) membantu para pengawas dalam rencana mereka melawannya.

Memasuki season 3, jalan cerita serial ini semakin rumit dan menegangkan. Masih dengan nada satir yang berani, serial ini menuai pujian dari sisi naskah, selera humor, adegan aksi, pengembangan karakter, jalan cerita dan performa pemerannya.

6. The Last of Us

The Last of Us_

Beralih ke serial original HBO, The Last of Us (2023) yang sempat viral karena menyebut salah satu kota di Indonesia di episode perdananya. Berlatar di masa depan distopia, seluruh dunia dilanda virus jamu yang membuat setiap orang mirip seperti zombie. 

The Last of Us (2023) mendapat pujian dari para kritikus, karena penampilan, penulisan, desain produksi, dan musiknya. Bahkan, ada yang menganggap serial ini adalah adaptasi terbaik dari sebuah permainan video. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan serialnya secara komersial yang berhasil menarik jutaan penonton di HBO dan HBO Max.

Mau tahu seperti apa ceritanya? Semuanya berawal ketika jamur cordyceps yang bermutasi telah menginfeksi manusia. Tiap orang yang terinfeksi jamur mengalami perubahan, mereka jadi lebih agresif, kuat dan tidak terkendali. Orang-orang menyebut mereka sebagai zombie yang nantinya bermutasi menjadi monster jamur yang mengerikan. 

Infeksi jamur cordyceps berhasil menghancurkan peradaban manusia modern di tahun 2023. Sekitar 30 tahun telah berlalu, Joel (Pedro Pascal) adalah salah satu yang berhasil selamat dari tragedi ini. Bahkan dalam pelariannya, Joel harus kehilangan keluarga dan sahabat yang dicintainya. 

Suatu hari Joel bertemu dengan seorang gadis berusia 14 tahun bernama Ellie (Bella Ramsey). Ternyata gadis ini kebal dari infeksi virus, dari sinilah Joel berpikir, mungkin saja Ellie adalah kunci yang bisa mengakhiri bencana ini. 

Joel berkeinginan untuk membuat anti virus atau vaksin yang nantinya bisa membuat manusia kebal dari infeksi jamur cordyceps dan para zombie. Keduanya meninggalkan Boston dan bertolak ke Pittsburgh, berharap bisa bertemu kelompok Fireflies, kelompok revolusioner yang melawan penindasan militer di zona karantina Amerika. 

Tapi dalam perjalanan, Joel dan Ellie tidak hanya harus melawan para zombie dan militer, tapi ada banyak intrik dan masalah lainnya yang harus mereka lewati.

7. Severance

Severance_

Mark (Adam Scott) menjadi salah satu karyawan yang dipromosikan oleh perusahaannya untuk memimpin sebuah divisi. Dia dan seluruh karyawan yang berada di divisinya ditawarkan utnuk mengikuti program baru bernama “Severance.” Program ini sangat unik, karena bisa memisahkan ingatan mengenai pekerjaan dengan kehidupan pribadi yang dianggap efektif agar para pekerja bisa lebih fokus.

Mark dan anggota divisinya pun menyetujui untuk mengikuti program “Severance.” Namun, masing-masing karyawan mulai mengalami berbagai masalah, sehingga Mark sebagai pimpinan tim harus mencari cara untuk menyelesaikannya.

Tapi dalam usahanya menyelesaikan berbagai masalah ini Mark menemukan fakta misterius mengenai program “Severance" dan perusahaannya. Kira-kira mister apa yang tersimpan di balik percobaan ini?

Dinominasikan di 6 kategori, termasuk Outstanding Drama Series pada ajang Emmy Awards, serial ini juga dinominasikan di 3 kategori pada Golden Globe Awards dimana salah satunya adalah Best Television Series – Drama.

Sukses menjadi salah satu serial terbaik di tahun 2022 menurut American Film Institute, Severance (2022) memang sangat direkomendasika untuk ditonton. Serial yang ditayangkan oleh Apple TV+ ini punya alur cerita yang intense dan akting yang sangat memukau. Rotten Tomatoes memberikan nilai 97% dari 108 reviewers, sementara iMDb memberikan rating 8.7/10.

8. YOU: Season 4

YOU Season 4_

YOU: Season 4 (2023) adalah serial thriller yang bisa kamu tonton di Netflix. Berhasil mendapatkan nilai 92% dari 53 reviewers di Rotten Tomatoes, kritikus menyukai alurnya semakin realistis dan misterinya yang tidak kalah dark dari sebelumnya. 

Masih menceritakan tentang Joe Goldberg (Penn Badgley), seorang pria yang suka menguntit dan membunuh orang-orang yang ia cintai. Demi melupakan mantan kekasihnya Marienne (Tati Gabrielle), Joe menyamar jadi seorang profesor bernama Jonathan Moore. Saat itulah ia bertemu dengan Kate Galvin (Charlotte Ritchie) yang berhasil membuatnya jatuh cinta. 

Kate memang mempesona, wanita yang bekerja sebagai manajer galeri seni ini punya kepribadian yang dingin, tapi hal inilah yang membuat Joe penasaran padanya. Selain Kate, selama tinggal di London ia juga bertemu dengan beberapa orang penting. Sebut saja Lady Phoebe (Tilly Keeper), seorang sosialita terkenal tetapi baik hati yang berasal dari keluarga aristokrat.

Joe juga membangun karir politik berkat bantuan salah satu mahasiswa sastra di kelasnya, Nadia Farran (Amy-Leigh Hickman) dan Rhys Montrose (Ed Speleers). Keduanya adalah penulis handal, memoar yang mengangkat soal kemiskinan berhasil menaikkan karir politiknya.

Tapi kehidupan Joe tidak berjalan lancar, karena ia malah terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan misterius. Semua orang menuduh Joe sebagai pelakunya, karena para korbannya adalah orang-orang yang berada di dekatnya. Joe pun terpaksa bermain kucing-kucingan dengan si pembunuh, pilihannya hanya dua yaitu dibunuh atau membunuh balik si pelaku.

Tak hanya itu, identitas asli Joe pun hampir diketahui oleh Kate dan orang-orang disekitarnya. Lalu apa yang akan dilakukan oleh Joe untuk menyelamatkan dirinya kali ini?

9. House of the Dragon

House of the Dragon_

Serial fantasy drama ini adalah prekuel dari serial terbaik HBO, Game of Thrones (2011) yang berlatar 200 tahun sebelul peristiwa di serial utamanya. Kisahnya mengikuti kisah di House Targaryen, keluarga naga yang memerintah Westeros selama berabad-abad. Ada banyak sekali konflik yang terjadi, baik masalah keluarga, hingga ancama mengenai keberlangsungan kerajaan yang sangat rumit.

Setelah wafatnya Raja Jaehaerys I Targaryen, takhta pun diberikan kepada putranya yang tertua, Viserys I Targaryen (Paddy Considine). Viserys menikahi Alicent Hightower (Olivia Cooke), tapi calon pewaris takhta selanjutnya bukanlah anak dari Alicent melainkan anak dari Aemma Arryn, istri pertamanya.

Kekuasaan keluarga Targaryen terpecah seiring perebutan takhta yang sah. Terjadi banyak pengkhianatan terselubung di mana masing-masing anggota keluarga kerajaan memiliki kepentingan pribadi yang bertentangan.

Sempat saling bersekutu, pada akhirnya ambisi akan kekuasaan mengalahkan rasa kebersamaan. Rhaenyra Targaryen (Emma D’Arcy), dia angkat sebagai pewaris kerajaan selanjutnya.

Ketika Viserys I meninggal secara mendadak, terjadi krisis suksesi antara Rhaenyra dan Alicent. Alicent dan Otto Hightower mengklaim bahwa Viserys telah mengubah keinginannya sebelum kematiannya dan menunjuk Aegon II sebagai pewarisnya. Jelas Rhaenyra dan Daemon menolak klaim tersebut dan bersumpah untuk mempertahankan hak mereka atas takhta.

Perang saudara yang brutal meletus antara kedua faksi, yang dikenal sebagai "Dance of the Dragons". Pertempuran darat dan udara terjadi di seluruh Westeros, dengan naga-naga dari kedua belah pihak saling membunuh. Pertempuran ini terjadi dari generasi ke generasi, hingga ada banyak sekali korban yang berjatuhan.

10. Andor

Andor_

Cassian Andor (Diego Luna) adalah seorang pencuri muda dari planet Aldhani. Awalnya Cassian bekerja untuk Syril Karn (Kyle Soller). Kesehariannya hanyalah mencuri barang-barang berharga hingga membunuh orang-orang yang menentang Karn. 

Suatu hari Cassian bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Bix Caleen (Adria Arjona). Ternyata wanita itu adalah agen pemberontakan, mereka melawan Kekaisaran Galaxy. Melihat kemampuan dan potensi nya, BIx mengajak Cassian untuk bergabung dengan gerakan perlawanan. 

Awalnya Cassian tidak berminat sama sekali. Tapi setelah melihat sendiri, ternyata Kekaisaran Galaxy telah menindas rakyat Aldhani selama bertahun-tahun. Cassian tidak punya pilihan lain selian mengambil resiko dengan bergabung dengan gerakan perlawanan.  

Cassian melakukan serangkaian misi untuk Pemberontak di berbagai planet di galaksi. Selama misi-misinya, Cassian menghadapi berbagai tantangan dan bahaya, salah satunya berhadapan dengan Mayor Partagaz (Anton Lesser), seorang perwira kejam yang bertekad untuk menghancurkan Pemberontak.

11. Stranger Things

Stranger Things_

Tentu saja, Stranger Things (2016-2022) menjadi salah satu serial barat terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Mendapatkan banyak sekali pujian kritis, serial original Netflix ini punya ide cerita, penulisan, karakter, atmosfer, akting, sinematografi dan soundtrack yang khas banget. 

Berlatar di sebuah kota fiksi bernama Kota Hawkins, masyarakatnya mendapat ancaman baru dari dunia Upside Down, yaitu Vecna. Dia membunuh beberapa warga kota secara misterius sekaligus membuka gerbang baru bagi dua dunia.

Semua ini terjadi di tahun 1980-an, saat itu sebuah laboratorium rahasia pemerintah sedang melakukan sebuah eksperimen rahasia. Mereka membuat sebuah portal yang bisa membuka portal ke dimensi alternatif yang gelap dan berbahaya, “Upside Down.”

Di dalam Upside Down, terdapat banyak sekali monster dan makhluk supernatural mengerikan lainnya. Makhluk-makhluk inilah yang nantinya akan mengganggu dan meneror masyarakat di Hawkins.

Awalnya seorang anak laki-laki bernama Will Byers (Noah Schnapp) yang diculik dan dibawa oleh salah satu makhluk ke Upside Down. Sang ibu, Joyce Byers (Winona Ryder), bersama dengan kepala polisi Jim Hopper (David Harbour), mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada anaknya.

Di tempat lain ada teman-teman Will, Mike Wheeler (Finn Wolfhard), Dustin Henderson (Gaten Matarazzo), dan Lucas Sinclair (Caleb McLaughlin) juga ikut mencari tahu keberadaannya. Tapi yang mereka temukan bukanlah Will, melainkan seorang anak perempuan bernama Eleven (Millie Bobby Brown). 

Eleven mungkin terlihat normal, tapi gadis ini punya kekuatan psikis. Eleven adalah salah satu anak hasil uji coba di laboratorium, ia berhasil kabur hingga bertemu dengan Mike, Dustin dan Lucas. Dari Eleven juga, tiga sekawan ini mendapatkan informasi mengenai keberadaan dan keadaan Will di Upside Down.

Baca juga: 8 Fakta Menarik dari Serial Stranger Things Season 4

Di ajang Emmy Awards, serial ini masuk nominasi Outstanding Drama Series. Sedangkan di Saturn Awards, mereka dinominasikan di 5 kategori dan berhasil membawa kemenangan sebagai Best Streaming Horror/Thriller Series.

12. The Witcher

The Witcher_

The Witcher (2019-2023) adalah serial fantasi yang ditayangkan oleh Netflix. Memasuki musim ketiga, inilah kali terakhir Henry Cavill memerankan karakter Geralt of Rivia, si witcher tampan dan seksi. Meski bakal ditinggal aktor utamanya, serial ini berhasil mendapatkan rating 8.1/10 di iMDb dan skor 82% dari 102 reviewers di Rotten Tomatoes. 

Fyi, serial ini diadaptasi dari sebuah buku berjudul sama karya Andrzej Sapkowski. Kisahnya fokus menceritakan Geralt of Rivia (Henry Cavill) seorang witcher, mutan yang memiliki kekuatan sihir. Awalnya Geralt sering disewa oleh masyarakat untuk memusnahkan para monster. Hingga suatu hari ia tidak sengaja mengklaim “Law of Surprise,” hal inilah yang membuatnya terikat dengan Putri Ciri (Freya Allan). 

Geralt secara tidak langsung menjadi ayah dari Putri Ciri. Sementara sang putri awalnya tinggal bersama neneknya di kerajaan Cintra. Sayang, kerajaannya jatuh setelah Nilfgaardian menyerang mereka. Ciri berusaha untuk bertemu dengan Geralt, sambil melarikan diri dari kejaran tentara Nilfgaardian yang mengejarnya tanpa henti.

Di sisi lain, Geralt bertemu dengan seorang penyihir sakti bernama Yennefer of Vengerberg (Anya Chalotra). Awalnya mereka berada di kubu yang berseberangan, hingga keduanya saling jatuh cinta. Tapi kisah ini agak rumit dan sulit untuk direalisasikan. 

Bersama Yennefer, Geralt akhirnya bisa menemukan Ciri. Dari sinilah Ciri memahami kenapa ada banyak orang yang menginginkannya. Ternyata Ciri memiliki “Elder Blood” dan sihir yang sangat dahsyat. Jika kekuatannya jatuh pada tangan yang salah, bisa-bisa Ciri akan membumi hanguskan semua umat manusia.

13. Euphoria

Euphoria_

Rue (Zendaya) dan teman-temannya menghadapi berbagai masalah remaja di kota besar. Kecanduan narkoba, hubungan sesama jenis, masalah hutang yang mengancam jiwa, bahkan hingga melakukan pembunuhan.

Masalah yang mereka miliki saling bersinggungan dan membuat mereka akhirnya sadar bahwa yang mereka lakukan adalah sebuah kesalahan.

Rue sendiri bermasalah dengan kecanduan narkoba, sampai harus mencuri dan nyaris menjadi pelacur demi melunasi hutangnya. Namun setelah berbagai kejadian itu, Rue pun akhirnya sadar dan berniat membersihkan dirinya di rehabilitasi serta berbuat baik di akhir masa remajanya.

Cassie Howard (Sydney Sweeney), seorang gadis cantik yang sering dieksploitasi oleh para pria. Gadis ini sangat populer di sekolahnya, tapi ia tidak pernah bisa menemukan hubungan romantis idamannya. Rumor mengenai sejarah seksualnya beredar luas di sekolah, sehingga para pria hanya melihatnya sebagai objek seksual saja. Selain itu, Cassie punya masalah keluarga yang cukup pelik.

Karakter lainnya adalah Lexi Howard (Maude Apatow), adik Cassie dan teman masa kecil Rue yang merasa terpinggirkan. Lexi adalah seorang gadis muda yang pintar dan ceria. Ia sangat setia menemani Rue melewati masa-masa sulitnya untuk lepas dari narkoba. Sialnya, Lexi jatuh cinta pada seorang pengedar narkoba dan dari sinilah gejolak hidupnya di mulai.

Tema serial andalan HBO ini memang sangat provokatif dan tabu bagi kita yang budayanya cukup jauh berbeda. Tapi memang inilah yang terjadi pada pergaulan remaja di kota besar pada masa sekarang ini. Semua digambarkan secara jelas dengan alur cerita yang rumit namun menarik.

14. Ozark

Ozark_

Ozark (2017-2023) adalah serial crime drama andalan Netflix yang memiliki kekuatan cerita dan karakter serta atmosfer kelam dunia kriminal sejak season perdana. Di season 4 yang menjadi penutup kisah aksi kriminal pasangan Martin Byrde (Jason Bateman) dan Wendy Byrde (Laura Linney) ini, kerumitan konflik terasa sudah mencapai puncaknya.

Marty dan Wendy ingin melepaskan diri dari cengkeraman kartel. Satu-satunya cara yang bisa mereka lakukan adalah dengan mengubah identitas bos narkoba Meksiko Omar Navarro (Felix Solis) menjadi warga negara AS yang bebas.

Hal ini bukanlah hal yang sulit bagi pasangan Bryde, sialnya rencana ini terganggu karena pengkhianatan Maya Miller (Jessica Frances Dukes). Anggota FBI ini mengkhianatinya dengan menangkap Navarro, lalu menjebloskannya ke penjara.

Akibatnya, Kerajaan Navarro dipimpin oleh Javi (Alfonso Herrera). Kebodohan pertama Javi adalah memerintahkan anak buahnya membunuh Darlene Snell (Lisa Emery) dan suaminya, Wyatt Langmore (Charlie Tahan). Hal ini membuat Ruth Langmore (Julia Garner) murka, apalagi wanita ini adalah mantan mitra Marty yang kini bekerja untuk Darlene.

Melihat tewasnya salah satu anggota keluarganya, Ruth bersumpah untuk membalas dendam kepada Javi. Hal ini membuat Marty dan Wendy semakin tertekan. Pasangan ini mulai retak, Wendy dengan gegabah memilih bergabung dengan FBI sementara Marty masih berada di bawah kendali Navarro.

Ditutup dengan apik, Ozark season 4 meninggalkan kesan berarti bagi keseluruhan serialnya. Kekuatan akting para pemerannya menjadi faktor utama kualitas serialnya.

Julia Garner berhasil membawa kemenangan di ajang Emmy Awards sebagai Outstanding Supporting Actress in a Drama Series. Sedangkan serialnya masuk nominasi Outstanding Drama Series dan 4 nominasi lainnya.

15. Yellowstone

Yellowstone_
Tahun Rilis 2018
Genre
Sutradara ,
Pemeran Kevin Costner

Yellowstone (2018) adalah sebuah serial televisi drama neo-Western yang dibuat oleh Taylor Sheri dan dan John Linson. Terdiri dari lima musim, serial ini fokus mengisahkan berbagia konflik yang dihadapi oleh keluarga Dutton, yaitu pemilik peternakan terbesar di Montana, Peternakan Dutton Yellowstone atau "the Yellowstone."

John Dutton (Kevin Costner) adalah pemilik Yellowstone Ranch, peternakan terbesar di Amerika Serikat. Saat dirinya diangkat menjadi Gubernur Montana, dengan tegas Dutton menyatakan pembatalan proyek pembangunan bandara dan hunian mewah di Yellowstone.

Atas pernyataan ini, perusahaan developer mencari jalan lain untuk bisa meneruskan proyeknya dengan berbagai macam cara. Mereka sempat menghasut Jamie (Wes Bentley), anak angkat John. Untungnya ada Beth (Kelly Reilly) adik perempuan Dutton yang cerdas dan ahli dalam masalah keuangan. Wanita ini berusaha menyadarkan Jamie dan memberi peringatan kepada John akan hal ini.

Suasana makin keruh saat Thomas termasuk Thomas Rainwater, pemimpin dari Broken Rock yang berkeinginan untuk merebut kembali tanah leluhurnya. Lalu Sarah Nguyen, seorang jurnalis inverstigasi berhasil mengekspose berbagai kejahatan keluarga Dutton.

Serial yang dibintangi oleh Kevin Costner ini sudah tayang sejak tahun 2018 dan menjadi induk dari beberapa spin-off, yaitu prekuel berjudul 1883 (2021-2022) dan 1923 (2022-2023) yang semuanya tayang di Paramount+.

Masih ada rencana dua serial spin-off lagi dengan judul Bass Reeves dan 6666. Sepertinya semesta Yellowstone akan terus berkembang dan patut untuk dicermati.

16. Breaking Bad

Breaking Bad_

Jika kalian ingin menikmati serial drama kriminal yang serius namun menghibur, maka Breaking Bad (2008-2013) adalah pilihan terbaik. Kini, serial yang dibintangi Bryan Cranston dan Aaron Paul ini sudah bisa disaksikan di Netflix.

Kisahnya fokus pada Walter White (Bryan Cranston) hanyalah guru kimia yang berpendapatan rendah dan menderita kanker stadium tiga. Demi meninggalkan harta yang banyak saat nanti dia telah tiada, Walter nekat terjun ke dunia kriminal dengan memproduksi dan menjual narkoba.

Dalam aksinya, dia dibantu oleh mantan muridnya, Jesse Pinkman (Aaron Paul). Awalnya Ia hanya memproduksi sabu-sabu dalam jumlah yang sedikit. Tapi sejak Jesse bergabung, produksi sabu-sabu menjadi lebih banyak. Apalagi keduanya membuat sabu dalam kategori khusus, yaitu sabu-sabu murni. Keahlian keduanya dalam memproduksi dan memasarkan sabu, berhasil membuahkan pundi-pundi uang yang tidak terhitung.

Tentu saja Walter tidak sebodoh itu, ia menggunakan nama samaran "Heisenberg" untuk menutupi identitasnya. Hal inilah yang membuat Walter lebih leluasa untuk menjalankan bisnis haramnya tersebut. Tapi popularitas dan kesuksesan bisnisnya membawa banyak masalah baru.

Walter harus berselisih dengan keluarganya sendiri. Lalu, ia harus berhadapan dengan Drug Enforcement Administration (DEA) melalui saudara iparnya Hank Schrader (Dean Norris), geng lokal, dan kartel narkoba Meksiko yang sangat besar. Dari sinilah Walter sadar bahwa bisnis ini malah menempatkan dia dan nyawa keluarganya dalam bahaya.

17. Succession

Succession_

Meski dia tidak memiliki rencana untuk mundur sebagai pimpinan Waystar RoyCo, sebuah perusahaan media berskala internasional yang dikendalikan oleh keluarganya, Logan Roy (Brian Cox) yang sudah menua mulai merenungkan masa depan keluarga dan perusahaannya.

Logan bertahan cukup lama di pusat badai masalah ini lebih dari yang dia pikirkan. Kini, satu persatu anggota keluarganya ingin mendapat peran lebih besar dalam menjalankan perusahaan.

Meskipun mereka sudah menggelar rencana suksesi yang bagus, kenyataannya tetap tidak ada yang mampu untuk meyakinkan Logan yang bertemperamen tinggi.

Setelah berpikir sangat lama, akhirnya putra tertua dari pernikahan keduanya, Kendall Roy (Jeremy Strong) ditunjuk sebagai pewaris tahtanya. Pria ini telah menempati posisi k presiden divisi di perusahaan dan punya track record yang cukup meyakinkan.

Ketika Kendall berusaha untuk memantapkan posisinya sebelum duduk di tahta tertinggi, dia dan tiga anak Logan lainnya menghadapi pilihan yang sulit dalam menjalankan perusahaan. Mereka berbenturan dengan kesetiaan pada keluarga.

18. Mad Men

Mad Men_

Mad Men (2007-2015) jadi serial yang tayang oleh AMC ini tidak boleh dilwatkan begitu saja. Dibintangi oleh Jon Hamm, ia berperan sebagai Don Draper, tokoh jenius di dunia periklanan.

Mengambil latar waktu era 1960-an hingga 1970-an, 7 season perjalanan karirnya mendapat pujian dari para kritikus yang menganggap bahwa Mad Men adalah salah satu serial terbaik sepanjang masa. Rotten Tomatoes memberikan cap certified fresh untuk seluruh season serial ini.

Berlatar di tahun 1960-an, Don Draper (Jon Hamm), awalnya adalah direktur kreatif yang berbakat di Sterling Cooper. Kepribadiannya aslinya tidak terlalu sempurna, karena Don adalah seorang eksekutif yang kecanduan minum-minuman beralkohol, perokok berat dan memiliki masa lalu yang kelam. Rumah tanggganya dengan sang istri juga tidak berjalan lancar, hingga mereka memutuskan bercerai.

Meski kehidupan pribadinya tidak sempurna, Don Draper adalah seorang pekerja yang sangat ambisius dan berbakat. Karirnya di bidang periklanan sangat luar biasa. Secara luas, kemampuan Don telah diakui di seluruh dunia periklanan dan dirinya dianggap sebagai sebagai seorang jenius. Berbagai kampanye iklan paling terkenal dalam sejarah, berhasil diciptakan oleh Don Draper.

Secara sempurna, jalinan cerita yang penuh dengan intrik diselipkan humor secara proporsional, sehingga kita tidak akan pernah bosan untuk mengikuti sepak terjang Don di bisnis periklanan. Bahkan, beberapa fakta sejarah yang akurat disuntikkan dalam kisah fiktif ini untuk menggambarkan kejeniusan Don dalam membuat iklan-iklan yang tetap memorable hingga saat ini.

Di ajang Emmy Awards, serial ini langsung meraih penghargaan Outstanding Drama Series di season perdananya. Kemenangan ini terus berlanjut untuk season 2, 3, dan 4 yang membuat popularitas serial ini semakin menjulang. Meski tetap tampil bagus, tiga season terakhirnya hanya bisa menjadi nominee di kategori yang sama.

Dengan begitu, Mad Men menjadi salah satu serial yang berhasil menjaga kualitasnya di setiap season. Serial ini sangat wajib ditonton, terutama bagi kalian yang bekerja di bidang periklanan. Kini, seluruh season dari serial TV kabel pertama yang meraih penghargaan ini bisa disaksikan di Prime Video.

19. Homeland

Homeland_

Serial espionage thriller berjudul Homeland (2011-2020) adalah salah satu serial yang sempurna di segala sisi. Mulai dari jalan cerita, performa akting para pemerannya, hingga ketegangan dan kedetailan setiap elemen di dalamnya, tampil dalam kualitas yang apik.

Jalan ceritanya fokus pada karakter Carrie Matthison (Claire Danes), seorang agen CIA yang menderita bipolar disorder. Carrie melakukan sebuah operasi tanpa izin di Irak, alhasil ia dipindahkan ke Pusat Penanggulangan Terorisme CIA di Langley, Virginia.

Suatu hari, Carrie menyelidiki sebuah kasus mengenai kepulangan seorang sniper marinir dari penyanderaan Al-Qaeda. Nicholas Brody (Damian Lewis), Sersan Marinir AS yang dilaporkan hilang sejak tahun 2003, ia diselamatkan dari kompleks milik teroris Abu Nazir dan kini telah kembali ke tanah air.

Semua orang menganggap Brody sebagai pahlawan, namun Carrie memiliki kecurigaan tersendiri. Baginya sangat mustahil, Brody bisa bebas dengan mudah dan tidak memiliki luka berarti di tubuhnya. Carrie mengatakan, Bordy berpotensi membawa ancaman yang tidak terduga. Carrie mencurigai bahwa Bordy telah merencanakan serangan teroris untuk Amerika Serikat.

Di setiap season, Carrie mengalami banyak perpindahan jabatan. Dia ditugaskan hingga ke Berlin, Kabul, Islamabad, dan akhirnya kembali ke tanah Amerika setelah tidak bertugas lagi di CIA. Dia kemudian bekerja di sebuah institusi yang membantu berbagai pihak dalam mendapatkan hak asasinya.

Season perdananya langsung meraih kemenangan di Emmy Awards di kategori Outstanding Drama Series, dan tiga season selanjutnya selalu masuk sebagai nominee di kategori yang sama.

Selain itu, Claire Danes dan Damian Lewis juga berhasil meraih kemenangan di Emmy Awards dan Golden Globe Awards sebagai aktor dan aktris terbaik.

Seluruh season serial ini mendapat cap certified fresh dari Rotten Tomatoes membuat Homeland wajib untuk ditonton, terutama bagi penggemar kisah spionase penuh intrik. Kini, serial ini bisa disaksikan di Disney+ Hotstar.

20. Game of Thrones

Game of Throne_

Gimana jadinya jika novel berseri A Song of Ice and Fire karya George R.R. Martin akhirnya diadaptasi menjadi serial kolosal yang fenomenal? Inilah Game of Thrones (2011-2016), salah satu serial Amerika paling populer dan banyak banget diperbincangkan di media sosial.

Serial ini menggambarkan persaingan dua keluarga besar yang haus kekuasaan untuk memperebutkan takhta Seven Kingdom di Westeros. Pengkhianatan, pembunuhan, intrik politik dan pemberontakan mewarnai perjalanan mereka menuju puncak.

Raja Robert Baratheon (Mark Addy) atau Raja Westeros, meminta Lord Eddark Stark (Sean Bean) untuk Hand of the King. Stark bukanlah orang lain, pria ini adalah teman lama Raja Baratheon. 

Seorang Hand of the King terdahulu dibunuh dengan mengenaskan. Sang Raja pun memintanya Stark untuk menyelidiki dan mencari tahu penyebabnya, penyelidikan dilakukan secara diam-diam.

Sementara di luar sana ada banyak sekali kerajaan yang merencanakan untuk menaklukkan Kerajaan Westeros. Sebut saja keluarga Ratu Cersei Lannister (Lena Headey) diyakini sebagai orang yang paling berhasrat untuk mengambil kekuasaan. Dari seberang lautan, anggota terakhir dari keluarga Targaryens yang dulu pernah berkuasa juga ingin merebut kembali tahta mereka. 

Konflik pun makin memuncak, ketika perselisihan antara Stark, Lannister, Baratheon, dan Targaryen, harus melawan Greyjoy, Tully, Arryn, Tyrell, dan Martell. Konflik ini mengarah ke perang dengan skala yang lebih besar. Di sisi lain, musuh lama mereka dari masa lalu telah kembali aktif, hal ini mengejutkan semua kerajaan yang ada.

Di ajang Emmy Awards, Game of Thrones (2011-2016), cukup berjaya. Empat season awal masuk sebagai nominee Outstanding Drama Series dan empat season selanjutnya berhasil keluar sebagai pemenang di kategori ini berturut-turut. Meski keluar sebagai pemenang, namun season terakhir Game of Thrones dianggap gagal sebagai penutup serial yang berkualitas ini.

Itulah deretan serial terbaik versi Showpoiler. Sebagian besar berjaya di berbagai ajang penghargaan film dan acara TV, seperti di Emmy Awards, Golden Globe Awards, dan Critics’ Choice Awards.

Dengan prestasi yang tinggi dan respon positif dari para penontonnya, membuat deretan serial ini terus melaju ke season selanjutnya yang sudah pasti ditunggu kehadirannya.

Rasanya kita pantas untuk meluangkan waktu dan menyaksikan semua serial ini yang bisa saja membuat kita menjadi salah satu penggemar setianya. Jadi jangan lupa untuk menontonnya, ya! Selamat menonton.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram