logo web

11 Musuh Terkuat Batman, Mulai dari Joker hingga Catwoman

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Gotham adalah sebuah kota kelam dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Di sana bersarang berbagai pelaku kriminal dalam berbagai tingkatan dan aksi mereka sulit dihentikan oleh pihak kepolisian yang didominasi oleh polisi korup.

Jadi sangat wajar apabila Batman memiliki pekerjaan yang sulit dan banyak sebagai superhero dalam mengentaskan kejahatan di kota tersebut.

Dari sekian banyak pelaku kejahatan di Gotham, beberapa di antaranya adalah tokoh-tokoh kriminal papan atas dengan pengaruh yang besar. Dan mereka sudah pasti menjadi musuh besar bagi Batman.

Kalian pasti sudah tahu beberapa nama dari musuh Batman. Dan untuk lebih mendalaminya, berikut ini kami sajikan artikel tentang mereka secara mendalam.

1. Joker

daftar musuh batman_Joker_

Joker adalah pembunuh gila dengan penampilan seperti badut. Dia ahli dalam menciptakan kekacauan di kota Gotham. Pertarungannya dengan Batman yang tidak pernah berakhir, menjadikan dia sebagai musuh terbesar sang ksatria kegelapan tersebut.

Meski Joker tidak memiliki kekuatan super, namun dia ahli dalam menciptakan berbagai ragam senjata yang unik. Ragam senjata miliknya antara lain: kartu remi dengan tepian setajam silet, bunga mainan yang menyemprotkan zat asam, hand buzzer dengan sengatan listrik yang tinggi dan racun mematikan yang disebut Joker Venom.

Joker telah menjadi musuh Batman di komik sejak edisi perdana yang terbit pada April 1940. Dalam perjalanan karier kejahatannya, dia sering juga berkolaborasi dengan supervillain Batman lainnya, seperti Penguin dan Two-Face. Dia juga pernah menjalin hubungan cinta dengan psikiater sekaligus villain di kota Gotham, yaitu Harley Quinn.

Di dalam film, Joker paling sering ditampilkan untuk menjadi musuh Batman. Di film Batman (1966), Joker diperankan oleh Cesar Romero, sedangkan Jack Nicholson membawakannya dengan sangat mengerikan di film Batman (1989).

Heath Ledger menampilkan Joker dalam kadar paling ekstrim di film The Dark Knight (2008) dan seringkali dianggap sebagai penggambaran Joker terbaik hingga saat ini. Di DC Extended Universe, Joker diperankan oleh Jared Leto di film Suicide Squad (2016) dan Zack Snyder’s Justice League (2021). Namun Joker versinya dianggap yang terburuk.

Satu lagi interpretasi Joker yang berbeda dan realistis dibawakan oleh Joaquin Phoenix di film Joker (2019) dengan identitas asli Arthur Fleck. Dan di film The Batman (2022), Barry Keoghan tampil sepintas sebagai Joker.

Baca juga: Inilah Asal-Usul Sosok Joker, Dalang Kejahatan di Gotham City

2. Catwoman

daftar musuh batman_Catwoman_

Catwoman adalah sosok kriminal yang merupakan ahli pencurian permata. Identitas aslinya adalah Selina Kyle yang sudah dikenal dan dekat dengan Bruce Wayne sejak kecil. Sudah mengetahui jati diri masing-masing, antara mereka berdua terjadi hubungan cinta dan benci di sepanjang kisah Batman.

Dengan menggunakan kostum terbuat dari kulit berwarna hitam yang membungkus seluruh tubuhnya, Catwoman memiliki kemampuan layaknya kucing yang lincah dan bisa melompat di atas ketinggian.

Meski menjadi musuh besar Batman, di beberapa edisi komiknya, Catwoman juga seringkali menjadi sosok anti-hero dalam kolaborasinya dengan Batman.

Lee Meriwether pertama kali memerankannya di film Batman (1966). Sosok ini kemudian dibawakan dengan apik oleh Michelle Pfeiffer di film Batman Returns (1992).

Namun, penampilan berikutnya di film Catwoman (2004) yang diperankan oleh Halle Berry dengan buruk, telah menjatuhkan popularitas karakter yang lincah dalam berakrobat ini. Untung saja Anne Hathaway tampil dengan sangat apik sebagai Catwoman di film The Dark Knight Rises (2012).

Di serial Gotham yang menceritakan pertemanan Selina dan Bruce dari kecil, Camren Bicondova membawakannya dengan sangat apik. Dan yang terakhir, Zoe Kravitz memerankannya dengan kesan yang realistis di film The Batman (2022).

3. Scarecrow

daftar musuh batman_Scarecrow_

Scarecrow termasuk musuh Batman yang sudah lama menjadi lawannya. Dia pertama kali hadir di World’s Finest Comics edisi ke-3 yang terbit pada September 1941.

Jonathan Crane memiliki masa kecil yang pahit dengan menjadi korban perundungan. Dia melawan rasa takutnya dengan menjadi ahli psikologi dan biokimia. Dia melakukan eksperimen rasa takut di Arkham Asylum. Dia juga menjadi dosen di sebuah universitas hingga dipecat karena metode mengajarnya yang tidak biasa.

Merasa sakit hati, dia menjadi tokoh kriminal dengan julukan Scarecrow dengan menggunakan toksin sebagai senjatanya yang bisa membuat korbannya mengalami halusinasi penuh rasa takut.

Di trilogi The Dark Knight, Scarecrow diperankan dengan brilian oleh Cillian Murphy. Sedangkan di serial Gotham, Charlie Tahan dan David W. Thompson yang memerankannya. Sementara di serial Titans, karakter Scarecrow dimainkan oleh Vincent Kartheiser.

4. Penguin

daftar musuh batman_Penguin_

Tokoh kriminal bernama asli Oswald Chesterfield Cobblepot ini adalah orang yang licik. Dia memiliki tubuh yang pendek dengan cara berjalan seperti penguin dan selalu membawa payung setiap berjalan. Penguin memiliki klub malam bernama Iceberg Lounge yang digunakannya sebagai markas aktivitas kriminalnya.

Sejak kehadirannya di komik Detective Comics edisi ke-58 yang terbit pada Desember 1941, Penguin adalah sedikit dari musuh Batman yang waras dan bertanggung jawab atas segala aksi kejahatan yang dilakukannya.

Senjata utamanya adalah payung yang bisa memiliki banyak fungsi, seperti menjadi pedang, mengeluarkan gas beracun, menjadi pistol, hingga helikopter mini.

Di dalam film, Penguin pertama kali dibawakan oleh Burgess Meredith di film Batman (1966). Danny DeVito memerankan Penguin di film Batman Returns (1992) dengan fisik yang menyerupai penguin, bahkan dia juga suka memakan ikan mentah.

Di serial Gotham, Penguin menjadi salah satu karakter utama yang diceritakan secara penuh awal kisah karier kriminalnya. Versi ini diperankan dengan sangat baik oleh Robin Lord Taylor.

Sedangkan di film The Batman (2022), Colin Farrell memerankan Penguin yang lebih terlihat seperti sosok boss kriminal. Kisahnya akan dilanjutkan dalam serial spin-off yang akan tayang di HBO Max.

5. Two-Face

musuh batman_Two-Face_

Two-Face memiliki nama asli Harvey Dent. Awalnya dia adalah seorang jaksa di kota Gotham dan bersama pihak kepolisian memerangi kejahatan di kota tersebut. Namun, setelah setengah wajahnya terkena cairan asam yang dilakukan oleh bos mafia Sal Maroni, kejiwaannya mulai terganggu.

Harvey menderita dissociative identity disorder yang membuatnya terobsesi dengan angka 2, konsep dualitas dan mengambil keputusan berdasarkan dua sisi uang koin.

Hadir pertama kali di Detective Comics edisi ke-66 yang terbit pada Agustus 1942, Two-Face tidak memiliki kekuatan super. Keahliannya adalah jitu dalam menembak dan berkelahi dengan tangan kosong.

Dia adalah teman masa kecil Bruce Wayne dan mengembangkan keahlian berkelahinya dengan berlatih bersama Batman. Selain itu, kemampuan menembaknya dia dapatkan dari latihan di bawah bimbingan Deathstroke.

Billy Dee Williams memerankan Harvey Dent di film Batman (1989) saat masih menjadi jaksa. Sedangkan Tommy Lee Jones di film Batman Forever (1995) tampil sebagai Two-Face yang sudah menjadi sosok kriminal.

Perubahan psikologis Harvey Dent ditunjukkan dengan baik di film The Dark Knight (2008), dimana Aaron Eckhart membawakannya dengan sangat baik.

6. Riddler

musuh batman_Riddler_

Riddler adalah dalang kejahatan yang seringkali memaksa Batman untuk berpikir lebih keras dalam memecahkan teka-teki, puzzle atau permainan kata yang dia tinggalkan setiap kali melakukan kejahatan.

Sosok jenius ini memiliki nama asli Edward Nigma. Dia selalu mengenakan pakaian dengan lambang tanda tanya yang juga ada pada benda-benda yang ditinggalkannya sebagai petunjuk.

Hadir pertama kali di komik Detective Comics edisi ke-140 yang terbit pada Oktober 1948, sosoknya sudah beberapa kali ditampilkan di dalam film. Frank Gorshin memerankannya di film Batman (1966), lalu Jim Carrey membawakan karakter ini dengan komikal namun intimidatif di film Batman Forever (1995).

Asal mula dia menjadi tokoh kriminal diungkit di serial Gotham, di mana Riddler diperankan oleh Cory Michael Smith dengan sangat apik. Dan yang tidak kalah apik adalah penampilan Paul Dano sebagai Riddler yang menjadi musuh utama di film The Batman (2022) dengan teka-teki yang bisa membuat Batman susah tidur.

7. Mr. Freeze

musuh batman_Mr. Freeze_

Mr. Freeze adalah salah satu musuh Batman yang memiliki senjata cryogenic. Dengan senjata itu, Mr. Freeze bisa membekukan apa saja yang ditembak olehnya.

Hadir pertama kali di komik Batman edisi ke-121 yang terbit pada Februari 1959, jati diri aslinya adalah Dr. Victor Fries, seorang ilmuwan ahli cryogenic kelahiran Jerman. Dia mencari pengobatan untuk menyembuhkan istrinya yang sakit parah.

Dalam sebuah eksperimen, dia terpapar cairan kimia cryogenic yang membuatnya harus menggunakan kostum khusus agar temperatur tubuhnya tetap stabil.

Meski termasuk musuh Batman, namun terkadang Mr. Freeze menjadi sosok anti-hero dengan melawan para pengusaha rakus yang memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk mencari keuntungan yang besar. Dia juga digambarkan sebagai sosok yang menyedihkan dengan kehidupan yang tragis.

Di film Batman & Robin (1997), Mr. Freeze diperankan oleh Arnold Schwarzenegger. Sayang, penampilan yang meyakinkan darinya disia-siakan dengan visualisasi yang kekanak-kanakan dan naskah yang acak-acakan.

8. Poison Ivy

musuh batman_Poison Ivy_

Salah satu musuh Batman ini memiliki nama asli Pamela Lillian Isley. Dia adalah ilmuwan yang ahli di bidang biokimia botani. Karena obsesinya terhadap beragam racun, Pamela membuat racun terkuat yang disuntikkan ke dalam tubuhnya. Walhasil, dia memiliki kekuatan super yang bisa mengontrol berbagai tanaman untuk menjadi senjata utamanya.

Hadir pertama kali di komik Batman edisi ke-161 yang terbit pada Juni 1966, villain yang kebal terhadap segala jenis racun ini seringkali menjadi sosok anti-hero juga. Sebagai pecinta alam, dia membenci berbagai pihak yang merusak tanaman dan lingkungan hidup yang menjadi musuh besarnya.

Di film Batman & Robin, Poison Ivy diperankan oleh Uma Thurman dengan baik. Hanya saja, secara keseluruhan, film ini termasuk salah satu film terburuk. Hal positif dari film ini hanya akting dua pemeran villain-nya yang tampil prima.

9. Ra’s al Ghul

musuh batman_Ra’s al Ghul_

Ra’s al Ghul adalah pemimpin League of Assassins di mana Bruce Wayne pernah menempa diri di dalamnya. Dia adalah mentor Bruce yang mengajarinya berbagai keahlian bela diri dan penggunaan berbagai jenis senjata.

Ra’s al Ghul memiliki kolam yang dinamakan The Lazarus Pit yang tidak hanya bisa menyembuhkan luka tapi juga bisa memanjangkan umur. Saat mengajari Bruce semua keahlian yang dibutuhkannya, dia sudah berusia 600 tahun.

Ra’s al Ghul ingin Bruce menjadi penerusnya ketika dia mengundurkan diri kelak dari League of Assassins yang ditentang oleh semua anaknya, termasuk Talia yang menjadi kekasih Bruce. Meski Batman dan Ra’s al Ghul menjadi musuh, tapi mereka saling menghormati satu sama lain.

Di trilogi The Dark Knight, Ra’s al Ghul diperankan dengan sangat kharismatik oleh Liam Neeson. Awalnya mengaku sebagai Henri Ducard, jati dirinya baru terbuka ketika mulai berkonfrontasi dengan Batman. Di Arrowverse, Ra’s al Ghul dimainkan oleh Matt Nable dan di serial Gotham oleh Alexander Siddig.

10. Harley Quinn

daftar musuh batman_Harley Quinn_

Berawal menjadi psikiater Joker di Arkham Asylum, Dr. Harleen Quinzel terkontaminasi kegilaan musuh besar Batman tersebut. Tidak berapa lama kemudian, dia jatuh cinta kepada Joker dan menjadi pendamping di setiap aksi kejahatannya. Dengan begitu, secara tidak langsung, Harley Quinn menjadi musuh Batman juga.

Setelah kesal dengan perlakuan Joker padanya yang memutuskan hubungan cinta mereka, Harley Quinn membentuk kelompok Birds of Prey dan menjadi sosok anti-hero. Dalam perjalanannya, dia kemudian bergabung juga ke dalam Suicide Squad.

Harley Quinn ahli dalam bertarung dan memiliki kelincahan layaknya pesenam. Dia juga memiliki keberanian yang besar dan kepandaian dalam bermain pikiran. Selain bertarung dengan tangan kosong, dia juga ahli dalam menggunakan berbagai jenis senjata.

Di dalam film, Margot Robbie memerankan Harley Quinn di tiga film DC Extended Universe, yaitu Suicide Squad (2016), Birds of Prey (2020) dan The Suicide Squad (2021). Sedangkan di film Joker: Folie a Deux (2024), Lady Gaga sudah siap memerankan sosok anti-hero wanita yang nyentrik ini.

11. Bane

daftar musuh batman_Bane_

Bane adalah musuh Batman yang baru muncul di era modern, tepatnya di komik Batman: Vengeance of Bane edisi perdana yang terbit pada Januari 1993.

Dengan badan yang besar serta kuat dan kecerdasan yang luar biasa, Bane menjadi musuh yang sangat tangguh bagi Batman. Bahkan disebutkan, hanya Bane yang bisa mengalahkan Batman, tidak hanya secara fisik tapi juga secara mental.

Bane pertama kali muncul di film saat menjadi bodyguard Poison Ivy di Batman & Robin (1997) yang diperankan oleh Robert Swenson. Namun, dia baru menjadi musuh besar Batman di film The Dark Knight Rises (2012) dengan Tom Hardy yang tampil sangat apik.

Pertarungan psikologis dengan Batman menjadi santapan nikmat yang membuat keseruan dan ketegangan filmnya tetap terjaga.

Itulah 11 musuh Batman yang sudah bermigrasi dari dunia komik ke dunia film. Masih banyak musuh Batman yang belum ditampilkan, antara lain Hugo Strange, Solomon Grundy dan Mad Hatter.

Pasti sudah tidak sabar ingin melihat aksi Batman melawan para musuh lainnya, kan? Sambil menunggu, tonton ulang saja dulu semua film Batman sesuai urutannya yang sudah ada, ya!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram