logo web

10 Musuh Harry Potter yang Paling Kejam dan Penuh Intrik

Ditulis oleh Suci Maharani R

Dibuat oleh salah satu penulis ternama asal Inggris yaitu J.K. Rowling, kisah magis Harry Potter memang menarik untuk diikuti.

Sejak merilis novel pertamanya, kisah penyihir muda bernama Harry Potter ini langsung menyedot perhatian. Saking populernya, Warner Bross sampai membeli lisensi film untuk ketujuh buku Harry Potter seharga 1$ juta.

Dalam filmnya, Harry Potter tidak hanya ditemani oleh dua sahabat terbaiknya yaitu Hermione Granger dan Ron Weasley, namun Harry Potter juga harus berhadapan dengan musuh terkuatnya yaitu Lord Voldemort.

Tapi sebelum bertemu musuh utamanya, Harry Potter dan kawan-kawannya harus berulang kali berhadapan dengan pengikut Lord Voldemort yang licik dan berbahaya.

Ngobrolin soal musuh-musuh yang pernah dihadapi oleh Harry Potter, Showpoiler memiliki list mengenai musuh paling menyulitkan bagi Harry Potter. Mau tahu ada siapa saja? kamu bisa mencari informasi lebih lengkapnya hanya di bawah ini.

Baca juga: 8 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Film Harry Potter (2001-2011)

1. Lord Voldemort

daftar musuh harry potter_Lord Voldemort_

Tentu saja, musuh terkuat yang pernah dihadapi oleh Harry Potter adalah Lord Voldemort. Sosok penyihir jahat yang mengambil nyawa kedua orang tuanya ini memang sosok yang paling ditakuti.

Lord Voldemort sendiri dikisahkan sebagai sosok penyihir yang memiliki pengetahuan soal teknik sihir gelap yang sangat berbahaya dan mematikan. Bahkan untuk melindungi nyawanya, Lord Voldemort membagi jiwanya dalam tujuh Horcrux.

Pasca membunuh Lily dan James Potter, secara tidak sengaja pantulan jiwanya hidup di tubuh Harry. Agar Lord Voldemort bisa hidup dan berkuasa, ia harus membunuh Harry Potter.

Pertempuran keduanya memang sangat sengit, bahkan Harry harus memutar otak agar ia bisa mengalahkan sihir hitam Lord Voldemort.

2. Nagini

daftar musuh harry potter_Nagini_

Musuh lain dari Harry Potter yang sangat berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh adalah Nagini. Sosok ular kesayangan Lord Voldemort ini memang jarang terlihat, ia hanya muncul bersama tuannya saja. Hal ini wajar, karena Nagini adalah Horcrux paling penting dan berharga bagi Lord Voldemort.

Dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1, Harry Potter sempat diserang oleh Nagini. Meski tidak memiliki sihir dan hanya berbentuk ular, serangan-serangan Nagini memang sangat mematikan.

Bahkan Nagini hampir menewaskan Ron dan Hermione saat Lord Voldemort dan para pengikutnya mendatangi Hogwarts. Untung saja Neville Longbottom datang membawa pedang Gryffindor dan berhasil membunuh Nagini.  

3. Bellatrix Lestrange

daftar musuh harry potter_Bellatrix Lestrange_

Musuh lainnya yang membuat Harry Potter sangat marah adalah Bellatrix Lestrange. Tangan kanan dari Lord Voldemort ini memiliki kepribadiannya yang sulit untuk ditebak. Bisa dikatakan wanita ini sangat gila, karena ia dengan mudahnya membunuh saudaranya sendiri.

Sirius Black yang dianggap sebagai sosok penjahat dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban adalah sepupunya sendiri. Tapi karena keduanya berada di pihak yang berbeda, Bellatrix Lestrange dengan santainya membunuh Sirius Black dengan kutukan Avada Kedavra.

Sebagai tangan kanan Lord Voldemort, Bellatrix Lestrange tidak hanya kejam, ia juga memiliki kemampuan sihir gelap yang luar biasa. Komitmennya pada Lord Voldemort dan rasa bencinya pada darah campuran membuatnya jadi kesayangan tuannya.

4. Dementor

daftar musuh harry potter_Dementor_

Memiliki bentuk yang sangat menakutkan, Dementor tidak hanya ditakuti oleh Harry Potter tapi oleh hampir semua penyihir. Dementor adalah makhluk yang tingginya seperti manusia dewasa, tidak memiliki mata, tampangnya menyeramkan, bertudung dan tangannya berwarna hijau.

Dementor sendiri adalah makhluk yang ditugaskan untuk menjaga penjara paling menakutkan yaitu Azkaban. Dementor sepertinya tidak memiliki pemikiran, mereka akan menyerang siapa saja yang ada di hadapannya.

Kemampuan Dementor yang paling berbahaya dan menakutkan adalah Dementor’s Kiss yang efeknya bisa menghisap nyawa para korbannya. Dementor akan menghisap semua kenangan indah seseorang dalam jarak dekat dan hanya mantra Patronus yang bisa mengalahkan mereka.  

5. Barty Crouch Jr.

daftar musuh harry potter_Barty Crouch Jr._

Dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry Potter harus berhadapan dengan intrik dan tipuan jenius dari Barty Crouch Jr. Meski sang ayah adalah Kepala Hukum Magis di kementerian, nyatanya sang putra malah bergabung sebagai Death Eaters.

Pria ini sangat loyal kepada tuannya yaitu Lord Voldemort. Dia berusaha membawa Harry Potter kehadapan sang tuan. Barty Crouch Jr. pun berusaha untuk menyusup ke Hogwart dengan menyamar sebagai Profesor Alastor Moody.

Dengan berbagai intriknya, Barty Crouch Jr. berhasil menyabotase Piala Api dan menjadikan Harry Potter sebagai peserta Turnamen Triwizard. Karena turnamen inilah Barty Crouch Jr. bisa membawa Harry Potter ke hadapan Lord Voldemort.

6. Dolores Umbridge

musuh harry potter_Dolores Umbridge_

Kalau sosok penyihir wanita satu ini memang bikin geram, siapa lagi kalau bukan Dolores Umbridge. Profesor yang baru saja dipindahkan ke Hogwarts ini berhasil membuat para murid tersiksa.

Bayangkan saja, Dolores memberikan hukuman keji kepada mereka. Membiarkan anak-anak menuliskan permintaan maaf di sebuah kertas dan tulisan tersebut akan langsung menempel di kulit mereka.

Pasca Albus Dumbledore tewas, Dolores Umbridge langsung mengambil alih Hogwarts dan menjadikan anak-anaknya layaknya tahanan.

Usut punya usut, ternyata Dolores Umbridge adalah salah satu pengikut Lord Voldemort. Makanya ia bisa begitu toleran kepada para Death Eater dan berusaha untuk menghentikan para pengikut Harry Potter

7. Serpent of Slytherin

musuh harry potter_Serpent of Slytherin_

Kembali berhadapan dengan makhluk buas, sosok ular raksasa satu ini tidak kalah buasnya dari Nagini. Serpent of Slytherin merupakan sosok monster yang muncul dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets.

Serpent of Slytherin adalah sosok Basilisk betina yang ditaruh oleh Salazar Slytherin di “Kamar Rahasia” yang ada di Sekolah Sihir Hogwarts. Basilisk sendiri hanya bisa dikendalikan oleh pewarisnya, yaitu yang memiliki darah Slytherin asli seperti Tom Riddle.

Sebenarnya tugas utama dari Basilisk adalah untuk membunuh (atau membantu) para Muggle yang masuk ke sekolah Hogwarts. Basilisk bisa mempengaruhi korbannya lewat pandangan atau Parselmouths dan racunnya bisa membunuh dalam hitungan menit.  

8. Profesor Quirrell

musuh harry potter_Profesor Quirrell_

Kalau penjahat satu ini hadir di film pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone. Profesor Quirrell adalah sosok pengajar di Hogwarts yang identik dengan tutup kepala seperti turban.

Sosok pengajar satu ini memang berhasil mengecoh semua orang, karena kepribadiannya yang pemalu. Siapa pun tidak menyangka kalau sikapnya yang polos, lugu, sungkan dan bicara gagapnya adalah palsu.

Nyatanya Profesor Quirrell adalah salah satu pengikut Lord Voldemort yang dikirim ke Hogwarts. Tujuannya hanya satu, Lord Voldemort memintanya untuk membawa batu bertuah yang merupakan salah satu Horcrux buatannya.

Untungnya Harry bersama Ron dan Hermione berhasil menggagalkan rencana jahat Profesor Quirrell dan mengamankan batu bertuah.

9. Death Eaters

musuh harry potter_Death Eaters_

Death Eaters bukanlah nama yang asing ditelinga para penggemar film dan novel Harry Potter. Death Eaters adalah sebutan untuk kelompok penyihir yang merupakan para pengikut Lord Voldemort.

Sama-sama menggunakan sihir gelap, setiap orang menguasai sihir yang berbeda dan value tersendiri. Selain memuja Lord Voldemort, mereka juga sangat membenci penyihir Muggle.

Salah satu kelakuan Death Eaters yang paling bikin geram adalah saat mereka menyerang Quidditch World Cup. Lalu menyerang hingga memporak-porandakan kediaman Weasley dan membuat pernikahan Bill dan Fleur hancur berantakan.

Mereka menyerang dengan sangat kejam dan tidak segan untuk membunuh siapapun yang menentang mereka.

10. Draco Malfoy

musuh harry potter_Serpent Draco Malfoy_

Draco Malfoy memang tidak boleh dilewatkan dalam daftar musuh yang pernah dihadapi oleh Harry Potter. Bicara soal kemampuan sihir, sebenarnya kemampuan Draco Malfoy berada jauh di bawah Harry Potter. Namun, Draco adalah sosok yang dipilih oleh Lord Voldemort untuk membunuh Albus Dumbledore, walau jadi Severus Snape yang melakukannya.

Pada awalnya Draco Malfoy adalah sosok anak yang sombong dan arogan seperti ayahnya Lucius Malfoy. Namun, semakin dewasa Draco tumbuh menjadi sosok pria yang penakut.

Hati nuraninya terus menolak keinginannya, padahal Draco Malfoy sudah menjadi salah satu dari Death Eaters. Draco malah mencari cara untuk melarikan diri dari kemelut Lord Voldemort dan Harry Potter.

Sebenarnya masih ada beberapa musuh lain yang pernah dihadapi oleh Harry Potter dan kawan-kawannya. Namun, nama-nama musuh yang kami jelaskan di atas adalah sosok yang paling menyulitkan dan bikin Harry Potter kewalahan.

Dari list di atas, adakah sosok yang paling dibenci saat menonton film Harry Potter? Bagikan jawabannya di kolom komentar di bawah ini.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram