logo web

7 Musuh Thor Terkuat dalam Film dan Komik

Ditulis oleh Suci Maharani R
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Marvel Cinematic Universe memang memiliki banyak sekali pahlawan super yang menawan. Salah satunya adalah Thor, yaitu karakter pahlawan yang memiliki kekuatan sejak ia lahir.

Sang Dewa Petir ini dikisahkan telah melindungi bumi selama ribuan tahun lamanya. Dewa dari Asgar ini turun gunung dengan bergabung ke Avengers dan dikenal sebagai kekuatan terbesar dalam grup tersebut.

Sebagai pondasi utama, Thor selalu jadi tulang punggung Avengers untuk melawan musuh-musuh yang menyerang bumi. Ia selalu bertemu dengan berbagai macam musuh kuat.

Sebut saja kegagahannya melawan Ultron hingga usaha kerasnya untuk menghentikan Thanos. Bahkan ia harus berhadapan dengan saudaranya sendiri Loki dan Hela si Dewi Kematian dari Asgard.

Selain empat nama tadi, sebenarnya Thor masih memiliki musuh-musuh kuat yang jarang diketahui. Bahkan ada beberapa musuh Thor yang belum muncul dalam film yang diluncurkan oleh Marvel. Mau tahu siapa saja mereka ini? Yuk, Intip informasi lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Thanos

Thanos

Harus diakui, Thanos adalah musuh terkuat dan paling membekas di hati para penggemar Thor. Thanos adalah makhluk dari ras Eternal dan memiliki gen Devian, ia terlahir di planet Titan. Sejak kecil Thanos dikenal cerdas, namun keputusannya menghapus setengah populasi membuatnya dimusuhi.

Pasca planet Titan musnah, Thanos memilih mengembara dan melakukan genosida di planet lain. Pertemuan Thanos dan Thor sebenarnya sudah berjalan cukup lama, tapi keduanya baru benar-benar berhadapan di Kapal Statesman.

Saat itu Thanos melakukan genosida pada para penduduk Asgardians yang tersisa pasca dihancurkan Hela dan Surtur. Thanos membuat Thor benar-benar trauma, pasalnya ia kehilangan keluarga dan rakyat yang sangat dicintainya.

2. Loki

Loki

Bukan orang lain, musuh utama dan yang paling sulit untuk dilupakan oleh Thor adalah saudaranya sendiri yaitu Loki. Memang Thor dan Loki hanyalah saudara tiri, namun keduanya benar-benar memiliki sikap dan pribadi yang berseberangan.

Loki kerap membuat masalah, contohnya membawa pasukan alien ke bumi hingga memerintahkan Destroyer untuk menyerang Thor. Sebenarnya sikap Loki ini karena ia kerap mendapatkan perbedaan perilaku dari ayah mereka yaitu Odin.

Sikap Loki yang awalnya sangat tenang, berubah menjadi dewa yang ambisius dan berusaha keras untuk mendapatkan kekuasaan. Padahal dalam lubuk hatinya, Loki tidak pernah membenci Thor, hanya situasi dan waktu yang membuat mereka harus saling berhadapan.

3. Hela

Hela

Sangat berbeda dengan Loki, meski Hela adalah seorang dewi ternyata sikapnya lebih buruk dari iblis. Ketika Loki hanyalah anak angkat, maka Hela adalah putri kandung dan anak pertama dari Odin. Hela dikenal dengan nama Dewi Kematian dari Asgard.

Awalnya Hela membantu ayahnya berkelana ke sembilan dunia, namun sikapnya yang haus kekuasaan membuat Odin mengusirnya ke Hel. Saat Odin meninggal, Hela berhasil kabur dan berniat untuk menguasai Asgard hingga betemu dengan dua adiknya yang sudah dewasa.

Hela menjadi salah satu musuh tersulit bagi Thor, apalagi kakaknya ini berhasil menghancurkan Mjolnir dengan mudah. Bahkan untuk mengalahkan Hela, Thor terpaksa membebaskan Surtur untuk membangkitkan Ragnarok dan menghancurkan Hela di Asgard.

4. Gorr The God Butcher

Gorr The God Butcher

Kisah Gorr The God Butcher memang terasa lebih menarik sekaligus bikin para penonton simpati. Pada awalnya Gorr tinggal di sebuah planet ganas, namun penduduknya sangat percaya pada tuhan dan dewa.

Namun sebuah tragedi membuat Gorr jadi benci pada dewa. Kematian seluruh keluarga, sahabat dan pengasingan masyarakat planetnya membuat Gorr begitu membenci para dewa.

Dalam film Thor: Love and Thunder (2022), Gorr berhasil menyiksa para dewa dengan sangat kejam. Bahkan untuk pertama kali dalam sejarah, para dewa meminta diampuni, hingga dibunuh dengan cara yang kejam.

Pertarungan Thor dan Gorr bukanlah hal yang mudah, pasalnya Dewa Petir ini harus mengeluarkan beberapa varian petir bersama Jane Foster untuk mengimbanginya.

5. Zeus

Zeus

Sama-sama Dewa Petir, pertarungan antara Thor dan Zeus bisa dikatakan harus jadi salah satu yang paling diantisipasi. Sesuai dengan mitologi, Zeus adalah Dewa Petir dari negeri terkaya yang disebut Olympus. Bicara soal kekuatan, harus diakui bahwa Zeus memang lebih tangguh dibandingkan Thor.

Makanya Thor memintanya untuk bersedia membantu Asgard melawan Gorr yang ditakuti para dewa. Sayangnya, kehadiran Thor di Olympus justru disambut kurang baik. Pasalnya, Zeus menolak untuk membantu Thor. Hal inilah yang membuat permusuhan antara Dewa Nordik dan Dewa Yunani malah semakin rumit.

Meski dibalut dalam sense komedi, sebenarnya Thor cukup kewalahan melawannya. Fyi, dalam MCU Zeus sangat identik dengan senjata berbentuk petir emas sebagai katalis dari kekuatannya.

6. Ultron

Ultron

Tentu saja, Ultron tidak boleh dilewatkan dalam daftar musuh terkuat yang pernah dilawan oleh Thor. Sebenarnya Ultron adalah kepintaran ai yang diciptakan oleh Tony Stark dan Bruce Banner.

Menggunakan kekuatan dari Mind Stone, mereka berharap Ultron bisa menjaga kedamaian. Namun kebingungan yang dihadapi Ultron malah membuat AI ini mencari kedamaian versinya.

Banyak korban berjatuhan saat Avengers melawan Ultron di Sokovia. Sayangnya sosok Ultron ini memang kerap dilupakan oleh para pecinta film MCU.

Pertempuran Ultron dan Thor juga hanya terjalin cukup singkat, tapi tetap bikin penontonnya merasa tegang. Apalagi Thor sempat kewalahan saat melawan Ultron, untungnya Vision datang di waktu yang tepat.

7. Malekith

Malekith

Musuh lainnya yang pernah dikalahkan oleh Thor adalah Malekith atau yang dijuluki juga dengan nama “Si Terkutuk”. Dalam semesta Marvel, Malekith digambarkan sebagai salah satu musuh bebuyutan yang dimiliki oleh Thor dan termasuk dalam golongan peri hitam.

Malekith mampu memanipulasi kekuatan magis, mulai dari teleportasi, proyeksi energi, kelenturan fisik dan hal lainnya.

Malekith memimpin bangsanya melawan Asgardian dan berniat memakai Reality Stone atau Aether untuk mengakhiri alam semesta. Pengkhianatan Loki, membuat Malekith berhasil menangkap Jane dan mengeluarkan batu Aether dari tubuhnya. Untuk mencegah kehancuran alam semesta, Thor harus bersusah payah melawan Malekith yang licik dan cerdik.

Musuh Thor yang Ada di Komik

Masih Ada Musuh Thor yang Belum Ditampilkan Marvel

Selain tujuh musuh-musuh terkuat yang pernah dilawan oleh Thor di atas, masih ada lima karakter lain yang berpotensi mengalahkan Thor.

Karakter-karakter tersebut adalah Ulik, Radioactive Man, Ares, Wrecker & The Wrecking Crew dan Amora the Enchantress. Sosok Ares dan Amora the Enchantress digadang-gadang bakalan bikin Marvel Cinematic Universe gonjang-ganjing. Pasalnya Ares adalah sosok Dewa Perang yang berasal dari mitologi Yunani.

Sosok ini disebut sebagai saingan terkuat dari Thor. Belum lagi karakter dan asal-usulnya yang rumit, membuat penggemar terkesima dengan konflik dari karakter anti hero satu ini.

Sedangkan Amora the Enchantress menjadi villain wanita selain Hela dalam semesta Thor. Sebenarnya Amora memiliki hubungan erat dengan Hela, karena wanita ini adalah kekasih dari Skurge yaitu algojo Hela yang berhati baik.

Amora ini memiliki karakter yang sama seperti Loki, ia adalah wanita yang licik. Rasanya kisah Thor akan lebih menarik lagi, pasalnya ada wanita lain yang bikin Dewa Petir ini repot.

Kalau merujuk pada komik, sebenarnya musuh Thor mungkin bisa berjumlah lebih dari 20 karakter. Namun karakter-karakter di atas adalah sosok musuh yang sudah pernah dilawan oleh Thor.

Sementara lima karakter tambahan lainnya adalah karakter yang belum masuk dalam proyek Marvel. Namun jika karakter-karakter tersebut diangkat ke film, mungkin kisah Thor akan semakin menegangkan.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram