logo web

11 Drama Terbaik Kim Nam Gil dengan Cerita yang Seru

Ditulis oleh Suci Maharani R

Nama Kim Nam Gil sebagai salah satu aktor dengan kemampuan akting istimewa tidak perlu diragukan. Memulai langkah pertama di industri drama dan film di tahun 2004, sejauh ini Kim Nam Gil salah satu aktor senior berpengalaman cukup banyak.

Dengan memulai dari peran-peran kecil, Kim Nam Gil kini telah menempati posisi sebagai aktor yang sangat diperhitungkan. Dalam rentang waktu dari 2004 hingga 2010, ia tampil produktif dalam berbagai judul drama.

Meskipun mulai 2010 memutuskan untuk beristirahat selama tiga tahun, Kim Nam Gil kembali ke dunia drama pada 2013. Sejak itu, dia terus berakting dan memerankan berbagai peran hingga 2023. Inilah rentetan drama yang menjadi karya terbaik Kim Nam Gil. Simak daftarnya berikut ini!

1. Song of the Bandits

Song of the Bandits_

Kembali membintangi drama aksi, mulai dari akting hingga laga yang ditampilkan oleh Kim Nam Gil dalam Song of the Bandits sangat memukau. Ia didapuk sebagai karakter utama, Lee Yoon, seorang bandit atau penjahat ulung.

Berlatarkan tahun 1920-an, saat itu Korea masih berada di bawah penjajah Jepang. Pemerintah Jepang banyak melakukan aksi pembunuhan massal dan pemerkosaan terhadap para penduduk Korea. Salah satunya di Kota Gando, yang berada di wilayah perbatasan bersejarah di sepanjang tepi utara Sungai Tumen di Provinsi Jilin, Tiongkok, Timur Laut.

Sebenarnya Gando adalah kota yang bebas dari hukum. Di sana hidup beberapa kelompok bandit yang siap mempertaruhkan nyawa untuk meraih kemerdekaan. Salah satunya Lee Yoon, mantan prajurit militer Jepang yang yang melepaskan segalanya untuk melindungi Korea dan rakyatnya. Lee Yoon nekat pergi ke Gando dan memulai aksi pemberontakannya terhadap Jepang.

2. Through the Darkness

Through the Darkness_

Through the Darkness diadaptasi dari otobiografi yang ditulis oleh profiler kriminal pertama di Korea, Kwon Il Yong, dan jurnalis, Ko Na Mu. Buku tersebut berisi pengalaman Kwon Il Yong selama bertugas di lapangan menghadapi para penjahat. Ya, semua kasus yang diceritakan dalam drama ini diadaptasi dari peristiwa nyata.

Dalam drama ini Kim Nam Gil menghidupkan sosok Kwon Il Yong melalui karakternya sebagai Song Ha Young. Berlatarkan tahun 1990-an, Song Ha Young yang bekerja sebagai detektif direpotkan dengan banyak kasus pembunuhan brutal.

Pola kejahatannya sangat acak sehingga para detektif kesulitan untuk memprediksi dan mencegah pembunuhan berikutnya. Song Ha Young lantas direkrut oleh Gook Young Soo ke dalam tim analisis perilaku kriminal. 

Pada masa itu, profesi tersebut masih sangat asing sehingga dipandang sebelah mata oleh para penegak hukum lainnya. Namun, Young Soo dan Ha Young tidak patah semangat untuk menerapkan ilmu baru tersebut guna mengatasi dan menangkap pelaku kejahatan yang perilakunya semakin berubah.

3. The Fiery Priest

drama kim nam gil_The Fiery Priest_

Kim Hae Il atau Michael Kim (Kim Nam Gil) adalah tokoh utama dalam drama ini. Dia pernah menjadi agen NIS yang handal, tetapi mengalami trauma setelah kecelakaan fatal saat menjalankan sebuah operasi rahasia. Pasca kejadian tersebut, Kim Hae Il memilih untuk mengundurkan diri dan kini bekerja sebagai pastor di sebuah gereja.

Kim Hae Il berusaha menebus dosa-dosanya dengan bantuan Pastor Lee, yang menjadi gurunya. Namun, ketika Pastor Lee dibunuh oleh orang tak dikenal, Kim Hae Il murka dan bersumpah akan menuntut keadilan.

Hae Il tidak segan untuk melawan para penjahat, baik itu gangster maupun pejabat yang korup. Aksinya ini berhasil membuat para penjahat ketakutan. 

Tentu saja Kim Hae Il tidak sendirian, dia mendapat dukungan dari Koo Dae Young (Kim Sung Kyun), seorang detektif yang cerdas dan berani, serta Park Kyung Sun (Honey Lee), seorang jaksa yang cantik dan tegas. Bersama-sama mereka berusaha untuk mengungkap dalang di balik pembunuhan Pastor Lee.

4. Queen Seon Deok 

drama kim nam gil_Queen Seon Duk_
Tahun Rilis -
Genre
Sutradara
Pemeran

Queen Seon Deok adalah salah satu drama legendaris yang berhasil mencuri perhatian penonton Indonesia. Sempat ditayangkan di salah satu stasiun televisi lokal, drama ini tidak hanya populer di Indonesia tapi di Asia. 

Di Korea Selatan sendiri, drama ini berhasil meraih rating tertingginya yang mencapai 45%. Kesuksesan ini berhasil melambungkan nama-nama pemerannya, salah satunya adalah Kim Nam Gil. 

Kim Nam Gil memerankan karakter bernama Bidam, salah satu tokoh sentral dalam drama bergenre sejarah tersebut. Bidam adalah anak dari Lady Mi Shil (Go Hyun Jung), selir raja yang berambisi menjadi ratu dan bertikai dengan Ratu Seon Duk (Lee Yo Won). 

Pada awalnya Bidam dikenal sebagai seorang pahlawan, namun berbagai kejahatan yang dilakukan sang ibu berimbas fatal padanya. Setelah semua pengorbanan dan perjuangan yang dilakukannya untuk kerajaan, pada akhirnya Bidam malah dianggap sebagai pengkhianat seperti ibunya. 

Semua sanjungan yang didapatkannya di masa lalu, kini berubah menjadi hinaan dan cacian. Bahkan, Bidam harus berakhir menjadi sosok pahlawan yang dilupakan baik dalam sejarah Silla maupun Deokman. Sebaliknya, Bidam malah tercatat sebagai seorang penjahat yang memicu pemberontakan.

5. Island

drama kim nam gil_Island 2022_

Setelah dua kali menolak tawaran untuk membintangi drama ini, Kim Nam Gil akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Island. Baru pertama kali dipertemukan, siapa sangka chemistry antara Kim Nam Gil, Cha Eun Woo, dan Lee Da Hee terlihat sangat luar biasa. 

Bergenre aksi dan fantasi, Island bercerita tentang sekelompok orang yang berusaha untuk melindungi dunia dari kejahatan. Ban (Kim Nam Gil) adalah makhluk setengah manusia dan setengah monster yang hidup di sebuah desa di Pulau Jeju. Sejak kecil Ban telah dilatih dan diberikan misi untuk menjaga seorang gadis muda bernama Won Mi Ho (Lee Da Hee). 

Won Min Ho sendiri bukanlah wanita sembarangan karena terlahir dari keluarga kaya raya di mana sang ayah adalah pemilik perusahaan besar di Korea. Akan tetapi, perangai Won Min Ho yang buruk membuat kedua orang tuanya terpaksa mengirimnya ke Pulau Jeju. 

Awalnya Won Min Ho bekerja sebagai seorang guru di salah satu sekolah, hingga dia tidak sengaja terlibat dalam kasus mengerikan dan di luar nalar. Ban, Won Min Ho dan seorang pendeta muda bernama John (Cha Eun Woo) harus berhadapan dengan banyak setan yang beresiko membahayakan dunia.

6. Live Up to Your Name 

Live Up to Your Name _

Siapa nih yang menyukai kisah-kisah tentang perjalanan lintas waktu alias time travel? Nah, Kim Nam Gil pernah membintangi drama fantasi dan romantis bertema serupa, Live Up to Your Name. Ia berperan sebagai seorang dokter akupuntur dari zaman dinasti Joseon, Heo Im.

Heo In berasal dari keluarga yang dianggap hina karena terlahir dari seorang selir. Meski kemampuannya luar biasa, Heo Im tidak bisa mendapatkan jabatan tinggi di pemerintahan. Jadi, untuk mengumpulkan uang, Heo Im merahasiakan identitasnya dan bekerja sebagai dokter untuk orang-orang kaya dan pejabat di malam hari. 

Suatu malam, Heo Im diminta untuk mengobati raja yang menderita sakit kepala. Sialnya,dia malah terlibat dalam sebuah konspirasi dan dia dituduh sebagai pengkhianat. Dia berusaha melarikan diri, tapi tertembak panah dan jatuh ke sungai. 

Heo Im tidak mati, akan tetapi dia malah terbangun di Kota Seoul yang sudah modern. Ternyata, Heo Im telah melakukan time travel 400 tahun ke masa depan. Dia kemudian bertemu dengan Choi Yeon Kyung, seorang dokter bedah jantung di Rumah Sakit Shinhae. Dari sinilah petualangan baru harus dilewati oleh Heo Im dan Choi Yeon Kyung.

7. Don't Look Back: The Legend of Orpheus

kim nam gil_Shark_

Drama ini mengisahkan Han Yi Soo, putra dari seorang sopir yang bekerja untuk keluarga pemilik Gaya Hotel Group. Suatu ketika, ayah Han Yi Soo dituduh sebagai tersangka dalam sebuah kecelakaan fatal. Padahal kenyataannya, kecelakaan tersebut disebabkan oleh anak dari pemilik hotel yang mengemudi dalam kondisi mabuk.

Tidak ingin masuk penjara, ayah Han Yi Soo berniat untuk buka mulut. Tapi belum sempat mengungkapkan kebenaran, dia ditemukan sudah tidak bernyawa. Saat itu Han Yi Soo masih remaja, sehingga ia tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. 

Untuk mencari tahu, Yi Soo pun menghubungi Jo Hae Woo, cinta pertamanya sekaligus putri dari pemilik Gaya Hotel Group. Belum sempat mengatakan maksudnya, tiba-tiba saja sebuah truk menghantam kotak telepon yang digunakannya. Sebenarnya ada misteri apa di balik kasus tewasnya sang ayah? 

12 tahun berlalu sejak kejadian itu, Yi Soo (Kim Nam-gil) telah diadopsi oleh seorang pengusaha berpengaruh berdarah Korea-Jepang, Yoshimura Junichiro (Lee Jae Gu). Kali ini Yi Soo telah mempersiapkan aksi balas dendam terhadap orang-orang yang telah mencelakakan ayah dan dirinya di masa lalu.

8. Bad Guy

Bad Guy_

Dituduh sebagai anak tidak sah dari Presiden perusahaan Hong, malam itu Gun Wook (Kim Nam Gil) kehilangan segalanya. Dia diusir oleh keluarganya sendiri. Padahal kenyataannya, Gun Wook adalah putra kandung dari sang presiden dan berhak atas warisan keluarga. Semua ini ternyata ulah tiga saudaranGun Wook.

Tidak diam begitu saja, Gun Wook berjanji dia akan kembali dan membalaskan dendamnya kepada tiga saudaranya tadi. Benar saja, Gun Wook yang dulu lemah kini tumbuh menjadi pria yang cerdas. Dia pun telah membuat rencana balas dendam yang sempurna untuk menjatuhkan satu per satu saudaranya. 

Namun, hal yang tidak pernah disangka-sanga oleh Gun Wook adalah pertemuannya dengan Moon Jae In (Han Ga In), seorang wanita cerdas dan ambisius. Jae In berhasil mengubah amarah dalam hati Jae Wook menjadi cinta. 

9. Lovers

kim nam gil_Lovers_

Yoon Mi Ju (Kim Jung Eun) adalah putri seorang pendeta yang telah mengadopsi banyak anak dan mendirikan panti asuhan. Mi Ju bekerja sebagai seorang dokter bedah plastik di rumah sakit, meskipun mimpinya adalah membuka klinik sendiri. Di sisi lain, ada Ha Kang Jae (Lee Seo Jin), seorang anak yatim piatu yang dibesarkan oleh seorang bos gangster.

Pertemuan Mi Ju dengan Kang Jae terjadi saat Mi Ju keliru menganggap Kang Jae sebagai mantan pacar saudara angkatnya yang meninggalkannya dalam keadaan hamil. Namun, ia kemudian menyadari bahwa Kang Jae sebenarnya adalah pacar dari tetangganya, Park Yu Jin (Kim Gyu Ri).

Singkat cerita, Kang Jae terluka terluka parah setelah diserang oleh sekelompok gangster Cina. Tidak memiliki pilihan lain, Mi Ju pun merawatnya, dan sejak itulah perasaan cinta mulai tumbuh di antara mereka. Namun, hubungan ini tidak berjalan lancar karena ada banyak orang yang ingin memisahkan mereka. 

Dalam Lovers, Kim Nam Gil hanya hadir sebagai karakter pendukung. Dia memerankan karakter bernama Tae San, yaitu bawahan Kang Jae. Sebagai anak yatim piatu, hidup Tae San sangat keras karena dibesarkan oleh tangan kanan bos gangster.

10. Goodbye, Solo

Goodbye, Solo_

Kim Min-ho (Chun Jung-myung) adalah anak dari seorang pengusaha bisnis kaya, tetapi ia memilih untuk bekerja sebagai bartender. Bukan karena ia enggan menggunakan kekayaan ayahnya, melainkan akibat statusnya sebagai anak tidak sah yang membuatnya merasa terasing dalam keluarganya dan memiliki hubungan yang kurang baik dengan kedua orang tuanya.

Suatu hari, Min Ho bertemu dengan seorang gadis bernama Chung Soo Hee (Yoon So Yi). Sama-sama punya keluarga yang tidak sehat, hal ini membuat mereka saling jatuh cinta. Namun, kisah cinta ini tidak berjalan lancar karena Chung Soo Hee adalah kekasih dari sahabat Min Ho, yaitu Yoo Ji An (Kim Nam Gil). 

Soo Hee sebenarnya memiliki trauma dalam percintaan. Dia membenci ibunya yang sering berganti pasangan, dan karena itu ia bertekad untuk setia kepada Ji An. Namun, Soo Hee tidak dapat memungkiri, kalau dirinya mulai jatuh cinta kepada Min Ho. 

Di sisi lain, Ji An adalah orang yang sangat dekat dengan Min Ho dan keluarganya. Bekerja sebagai sekretaris ayahnya, diam-diam Ji An mengetahui rahasia kelam keluarga Min Ho. 

11. When Spring Comes

When Spring Comes_

Drama berjudul When Spring Comes diproduksi tahun 2007. Meski baru memulai karir aktingnya di tahun tersebut, Kim Nam Gil langsung didapuk sebagai pemeran utama, lho. Karakternya bernama Kim Jun Gi, seorang chaebol yang bercita-cita menjadi jaksa. 

Selain sibuk mengejar mimpi, Jun Gi juga sibuk mencari cinta dengan mengikuti kencan buta bersama seorang detektif bernama Oh Young Joo (Park Si Yeon). Jun Gi sebenarnya tidak terlalu tertarik, tetapi dia terus mengejarnya. Hidup Kim Jun Gi semakin menarik saat ia tidak sengaja bertemu dengan Moon Chae Ri (Lee Ha Na) dan Lee Jung Do (Park Gun Hyung). 

Status sosial Moon Chae Ri sebenarnya sama dengan Jun Gi, terlahir dari keluarga yang kaya raya. Namun, gadis ini memilih untuk kabur dari rumah dan berhadapan dengan tantangan hidup yang beragam. Sementara Lee Jung Do adalah seorang jaksa muda yang populer. 

Pertemuan Lee Jung Do, Oh Young Joo, Moon Chae Ri dan Kim Jun Gi membawa mereka terlibat dalam persahabatan dan prahara cinta yang rumit. 

Itulah deretan drama terbaik yang pernah dibintangi oleh Kim Nam Gil versi Showpoiler. Berhasil membintangi daram dengan genre dan jalan cerita yang beragam, setujukah kamu jika makin berumur, akting Kim Nam Gil semakin mempesona? Lalu, drama Kim Nam Gil mana yang menarik perhatianmu? Jawab lewat kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram