logo web

10 Film Action Comedy Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Sera Serinda A

Mayoritas film action ditujukan untuk memacu adrenalin para penontonnya dengan adegan kebut-kebutan mobil, perkelahian seru dan adegan ledakan yang dahsyat. Tapi bagaimana jika semua adegan action tersebut dikemas dalam konsep komedi yang penuh akan hiburan? Tentu lebih menarik untuk diikuti, bukan?

Hollywood di dalam setiap dekadenya selalu melahirkan film-film action-comedy ini yang baik secara kualitas dan sukses secara komersial. Formula menyandingkan comedian dengan bintang action selalu mampu memancing rasa penasaran penonton akan chemistry dari kedua aktor berbeda dunia tersebut.

Bila tengah mencari film bergenre ini, berikut kami pilihkan deretan film action comedy terbaik buatan Hollywood tersebut. Simak daftarnya, ya!

Jika superhero selalu identik dengan sosok pahlawan super yang selalu berada di jalan kebenaran, berbeda dengan karakter Marvel yang satu ini. Ya, Deadpool bukan termasuk superhero, melainkan adalah anti-hero. Pasalnya, sifat anti-hero tidak bisa dikategorikan dengan jelas karena mereka memiliki sifat baik dan jahat dalam satu pribadi.

Deadpool mengisahkan sosok Wade Wilson (Ryan Reynolds), seorang mantan prajurit yang dibebastugaskan karena kanker. Hal itu membuat dirinya sedih, padahal ia baru saja hendak memulai hidup baru bersama kekasihnya Vanessa (Morena Baccarin).

Dalam keadaan putus asa, ia bertemu dengan seorang ilmuwan bernama Ajax (Ed Skrein) yang mengklaim bahwa penemuannya mampu menyembuhkan kanker yang diderita Wade. Sayangnya serum yang disuntikan kepada Wade merupakan hasil eksperimen Ajax yang belum pernah dicoba ke dalam tubuh manusia

Alih-alih sembuh, tubuh Wade menjadi sangat rusak, namun memberikan Wade kekuatan luar biasa. Eksperimen Ajax yang gagal itu membuat Wade marah dan hendak membalas apa yang telah Ajax perbuat padanya.

Mengikuti kisah tentang polisi ternyata tidak selamanya harus menerus bergenre laga ya? Ada juga film tentang polisi yang dibalut dengan komedi sehingga selain dapat serunya, dapat juga ketawanya. Seperti film Hot Fuzz karya sutradara juga penulis naskah Edgar Wright. Alurnya menceritakan tentang dua polisi yang melakukan penyelidikan atas sebuah kasus mengerikan.

Kasus itu merupakan rangkaian kematian di sebuah desa di West Country. Hal tersebut membuat seorang polisi top bernama Nicholas Angel (Simon Pegg) dikirim dari London untuk menindaklanjuti kasus itu bersama dengan anggota polisi lain bernama Danny Butterman (Nick Frost) yang menurut Nicholas tidak selevel dengan dirinya.

Meski awalnya pertemuan mereka serba canggung, Nicholas dan Danny harus bisa mencari petunjuk atas rangkaian kematian yang bermula dari kematian dua aktor dengan cara terpenggal.

Namun semakin lama melakukan penyelidikan, keduanya mendapat halangan dari berbagai pihak yang bersikeras kematian itu bukanlah kasus pembunuhan namun kecelakaan. Benarkah demikian?

3. Kingsman: The Secret Service

Tahun Rilis 2014
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Colin Firth Samuel L. Jackson Mark Strong Taron Egerton Sophie Cookson
Selengkapnya →

Film tentang spionase selalu mampu menghibur para penontonnya lewat kisahnya yang penuh laga dan seru untuk diikuti. Dari sekian banyak film dengan premis tersebut, Kingsman: The Secret Service berhasil menerobos masuk ke dalam daftar film spionase dengan bumbu komedi segar.

Kingsman merupakan sebuah organisasi mata-mata swasta yang bekerja dari sejak zaman dulu. Organisasi tersebut terkenal dengan operasinya yang rapi dan mematikan.

Satu waktu pemimpin organisasi, Harry Hart (Colin Firth) membutuhkan agen baru yang siap dilatih menjadi ‘senjata’ organisasi. Dari sekian banyak manusia di dunia, ia menaruh pilihannya pada seorang pemuda bernama Gary Unwin (Taron Egerton) yang kerap dipanggil Eggsy.

Eggsy menjalani pelatihan dan menghadapi penjahat, Richmond Valentine, yang adalah seorang teroris lingkungan yang ingin  memusnahkan umat manusia. Dengan bantuan timnya, Eggsy menghentikan Valentine dan menjadi The Best Agen dari organisasi Kingsman, seperti Harry Hart.

4. Scott Pilgrim vs. the World

Tahun Rilis 2010
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Michael Cera Alison Pill Mark Webber Johnny Simmons Ellen Wong
Selengkapnya →

Kisah film komedi aksi arahan sutradara Edgar Wright, Scott Pilgrim vs. the World, diangkat berdasarkan dari serial novel grafis berjudul Scott Pilgrim karya Bryan Lee O'Malley. Film yang rilis pada tahun 2010 dan dibintangi oleh Michael Cera ini menceritakan tentang seorang musisi yang melawan tujuh mantan kekasihnya yang jahat.

Scott (Michael Cera) merupakan seorang pemain bass yang memiliki impian untuk tenar dan bersinar di panggung band. Selama menggapai impiannya, ia menjalin kisah cinta bersama seorang gadis SMA yang usianya terpaut 5 tahun lebih muda darinya bernama Knives Chau (Ellen Wong).

Namun satu waktu Scott kehilangan interest pada Knives dan jatuh hati pada wanita lain bernama Ramona (Mary Elizabeth Winstead). Begitu ia mampu untuk melepaskan Knives, Scott yakin mampu membuat Ramona pun jatuh hati padanya. Namun apa yang terjadi? Scott dihajar habis-habisan oleh mantan Ramona.

Tidak tanggung-tanggung, ada 7 mantan Ramona yang siap memberi pelajaran pada Scott yang berani mendekati gadis kesayangan mereka. Kalau sudah begini apakah Scott akan memperjuangkan cintanya itu? Atau apakah ia akan menyerah dan fokus pada karir musiknya?

Mengambil setting di tahun 1977, film komedi aksi neo-noir Amerika karya sutradara Shane Black ini menceritakan tentang kerja sama antara agen spionase dengan penegak hukum dalam menyelidiki sebuah kasus hilangnya seorang gadis remaja.

Holland March (Ryan Gosling) merupakan seorang agen mata-mata swasta yang disewa untuk menemukan keponakan dari kliennya yang bernama Amelia (Margaret Qualley). Tidak sendiri, Holland dibantu oleh seorang penegak hukum bernama Jackson Healy (Russell Crowe) untuk melakukan penyelidikan serta pencarian tersebut.

Selama perjalanan pencarian Amelia, Holland dan Jackson malah berhasil mengungkap kasus lainnya yakni konspirasi atas hilangnya bukti-bukti korupsi besar. Akibatnya, pencarian itu menemukan jalan berliku karena keduanya harus menghadapi pembunuh bayaran dan pengawasan polisi kotor.

Mampukah misi mereka menemukan Amelia berujung kesuksesan meski mereka dihadang banyak masalah?

6. Black Dynamite

Tahun Rilis 2009
Genre ,
Sutradara
Pemeran Michael Jai White Salli Richardson
Selengkapnya →

Black Dynamite (Michael Jai White) adalah seorang agen CIA. Pada tahun 1970-an ia berusaha memberantas peredaran obat terlarang yang merusak masyarakat. Selama misi tersebut dijalankan, Black Dynamite juga sedang berusaha mencari pelaku pembunuhan saudaranya dan berniat untuk balas dendam.

Ia percaya pelaku pembunuhan sang adik merupakan bagian dari organisasi yang bertanggung jawab juga atas peredaran heroin di panti asuhan setempat. Begitu mendapatkan pelaku, ia mulai membabat habis akar organisasinya hingga Black Dynamite dikenal sebagai pahlawan bagi warga Afrika-Amerika.

Mengusung genre komedi aksi, Black Dynamite lahir dari tangan dingin Scott Sanders yang rilis di tahun 2009. Film yang dibintangi oleh Michael Jai White, Tommy Davidson, dan Salli Richardson ini menceritakan tentang usaha dari tokoh utama yang berusaha melakukan upaya balas dendam atas kematian saudaranya.

7. Men in Black

Tahun Rilis 1997
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Tommy Lee Jones Will Smith Linda Fiorentino
Selengkapnya →

Siapa yang tidak mengenal film satu ini? Men in Black, film laga komedi fiksi ilmiah asal Amerika yang rilis pada tahun 1997 ini jadi salah satu film yang banyak mendapat pujian dari berbagai kritikus untuk keseluruhan aspeknya. Film ini bahkan memenangkan penghargaan di perhelatan Academy Awards.

Alur cerita film ini berfokus pada dua agen yang berusaha menangkap alien nakal berwujud manusia untuk kedamaian bersama.

Diceritakan manusia dan alien hidup saling berdampingan dengan harmonis. Menjaga untuk tetap demikian, berdirilah sebuah keagenan swasta bernama MiB (Men in Black). Organisasi tersebut merupakan semacam perusahaan pengawasan ekstra terestrial dan memiliki satu agen terbaik bernama Agen K (Tommy Lee Jones).

Satu waktu, MiB membutuhkan lebih banyak orang untuk membantu Agen K, dan pilihannya jatuh pada James Edwards (Will Smith) dari Departemen Kepolisian New York. Kini keduanya bekerja sama untuk membasmi alien-alien nakal yang menyerupai manusia dan memiliki niat buruk untuk mengacaukan keselarasan hidup manusia dan alien.

Film laga komedi asal Amerika yang rilis di tahun 2012 ini terinspirasi dari serial televisi 1987–1991 berjudul sama. Disutradarai oleh Phil Lord dan Christopher Miller, film ini dibintangi oleh Jonah Hill dan Channing Tatum sebagai pemeran utama. Ceritanya sendiri berpusat pada seorang anggota kepolisian yang melakukan penyamaran untuk membongkar aksi kriminal.

Morton Schmidt (Jonah Hill) dan Greg Jenko (Channing Tatum) merupakan sepasang siswa SMA yang bertemu kembali di akademi kepolisian setelah kelulusan. Keduanya lantas ditugaskan untuk melakukan penyamaran menjadi siswa SMA guna membongkar kegiatan kriminal penyebaran dan penjualan narkoba.

Apabila pada jaman SMA keduanya tidak berteman karena Morton merupakan siswa kuper dan Greg adalah siswa populer, kali ini mereka bermitra. Kocaknya ketika ia menyamar, keadaan berbalik; Morton menjadi sangat populer dan Greg jadi kutu buku. Penyamaran keduanya ternyata efektif untuk menemukan dalang dari kasus peredaran narkoba yang tengah mereka hadapi.

Hidup dalam dunia game dan menjadi seorang kojo terdengar menarik ya? Banyak petualangan yang bisa kita mainkan sebagai tokoh utama. Konsep ini dibuat nyata ke dalam sebuah film berjudul Free Guy karya sutradara Shawn Levy.

Guy (Ryan Reynolds) merupakan seorang pria yang bekerja sebagai teller bank di Free City. Ia melakukan kegiatannya terus menerus tanpa lelah. Ia memiliki teman dekat yakni Buddy (Lil Rel Howery) yang merupakan seorang sekuriti di tempat ia bekerja.

Satu waktu sebuah kekacauan terjadi di Free City dan membuat Guy sadar bahwa ia merupakan karakter NPC dalam game tersebut. Atas peristiwa tersebut, Guy akhirnya bertemu dengan seorang pemain manusia bernama Millie Rusk (Jodie Comer) yang menggunakan karakter bernama MolotovGirl dalam game.

Millie menggunakan persona MolotovGirl untuk menyelidiki potensi pelanggaran hak cipta dalam game Free City. Mampukah Guy membantu MolotovGirl alias Millie dalam mencapai tujuannya?

10. Spy

Tahun Rilis 2015
Genre ,
Sutradara
Pemeran Melissa McCarthy Jason Statham Rose Byrne Jude Law
Selengkapnya →

Selipan komedi yang ditambahkan ke dalam film yang mengusung premis spionase membuat film dengan premis tersebut jadi lebih segar untuk ditonton. Seperti yang dilakukan oleh Paul Feig lewat filmnya berjudul Spy. Bahkan ia memilih tokoh utama sekelas Melissa McCarthy untuk melakoni peran agen mata-mata super konyol.

CIA memiliki seorang agen bernama Susan Cooper (Melissa McCarthy) yang ditugaskan untuk menemani rekan kerjanya, Bradley Fine (Jude Law) dalam sebuah misi. Sayang, Bradley malah tewas oleh target mereka sendiri, Putri dari Pedagang Senjata paling terkenal di dunia mafia; Rayna Boyanov (Rose Byrne). 

Ingin membalas dendam sang partner kerja juga ingin menangkap Rayna dengan tangannya sendiri, Susan yang sama sekali tidak pernah terjun sendiri dalam misi, nekat ingin mengungkap rencana teroris. Bahkan berujung menyelamatkan nyawa Rayna yang akhirnya membuat keduanya berteman. Para rekan kerjanya yang dulu sangat skeptis, kini berubah dan hormat kepadanya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram