logo web

10 Film Terbaik Anthony Hopkins, Aktor Senior Paling Versatile

Ditulis oleh Syuri K.N.

Sir Philip Anthony Hopkins memulai karirnya lewat panggung pertunjukan teater. Setelah bertahun-tahun tekun dan aktif di dunia seni peran, beliau telah menjelma menjadi aktor, sutradara dan produser yang sangat diperhitungkan.

Pria kelahiran Desember 1937 tersebut telah mendapatkan banyak sekali nominasi dan penghargaan atas aktingnya yang luar biasa. Karena merupakan ikon kebanggaan Inggris, Anthony Hopkins bahkan dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1993 berkat jasanya dalam dunia drama.

Makanya, beliau memiliki gelar 'Sir' di depan namanya. Membahas film terbaik milik Anthony Hopkins sebenarnya sulit, karena setiap film yang beliau perankan, beliau selalu memberikan akting yang mumpuni. Akan tetapi, sekiranya inilah sepuluh film Anthony Hopkins yang wajib kamu tonton sebelum kamu mati.

1. The Silence of the Lambs

the silence of the lambs anthony hopkins_

"The Silence of the Lambs" bisa dibilang puncak kejayaan karier aktingnya Anthony Hopkins. Perannya sebagai Hannibal begitu menempel di benak penonton lintas generasi.

Untuk filmnya sendiri, "The Silence of the Lambs" mendapatkan pengakuan luar biasa dari para kritikus, sutradara dan penonton, bahwa ini merupakan film terhebat dan paling berpengaruh. Menurut Empire pada tahun 2018, film ini berada di peringkat ke-48 sebagai film terhebat sepanjang masa dari total entri 500 film.

Menurut American Film Institute, Clarice Starling (diperankan oleh Jodie Foster) merupakan tokoh 'pahlawan' terhebat, sementara Dr. Hannibal Lecter (diperankan oleh Anthony Hopkins) merupakan tokoh penjahat paling mengerikan yang pernah ada.

Sekuelnya, "Hannibal" (2001) juga sangat sukses. Hingga serial film ini memiliki dua sekuel selanjutnya, "Red Dragon" (2002) dan "Hannibal Rising" (2007). "The Silence of the Lambs" sebagai film pertama dari serial film ini menceritakan Clarice Starling, peserta pelatihan FBI, yang ditugaskan untuk mewawancarai Hannibal Lecter.

Hannibal adalah mantan psikiater, yang menjadi pembunuh berantai serta kanibal. Ya, ia menggaet mangsanya dengan iming-iming gelarnya sebagai dokter psikis, kemudian membunuh dan memakan para korbannya.

Sekarang setelah Hannibal dijebloskan ke penjara, Clarice harus membuat Hannibal menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk membuat profilnya demi menganalisis investigasi kriminal. Sebab, ada pembunuh berantai baru yang dijuluki Buffalo Bill—pembunuh wanita muda yang selalu menguliti korbannya—yang ingin FBI tangkap.

Sir Anthony Hopkins dikenal luas karena aktingnya yang luar biasa dalam film ini. Beliau sampai dianugerahi Academy Award sebagai Aktor Terbaik.

2. The Father

The Father_

Semakin tua, kemampuan penunjang hidup manusia tentu semakin berkurang. Seperti memori, yang sering kali bermasalah. Anne Evans (Olivia Colman) tengah dalam perjalanan untuk mengunjungi ayahnya, Anthony (Anthony Hopkins).

Ini sudah kesekian kalinya Anthony mengusir pengasuhnya karena demensia yang ia derita. Anne mengatakan jika sang ayah tetap menolak untuk memiliki pengasuh, Anne terpaksa akan memindahkannya ke panti jompo. Sebab, ia akan segera pindah ke Paris bersama suaminya yang baru.

3. Thor

Thor (2011) odin

Sepertinya banyak yang tahu kalau Anthony Hopkins berperan sebagai Odin di Thor MCU. Odin adalah penguasa Asgard, ayah kandung Thor, dan ayah angkat dari Loki (Tom Hiddleston).

Anthony mengungkapkan pada media, bahwa beliau menemukan resonansi pribadi dalam peran Odin yang beliau bawakan. Sebab, Odin adalah seorang ayah yang tegas.

Di film pertama Thor (2011), Odin mengusir Thor (Chris Hemsworth) dari Asgard ke Bumi karena pangeran putra mahkota tersebut hobi mengacau dan belum dewasa. Odin masih muncul di "Thor: The Dark World" atau Thor 2 (2013) dan "Thor: Ragnarok" atau Thor 3 (2017).

4. Fracture

Fracture
Tahun Rilis 2019
Genre
Sutradara
Pemeran Sam Worthington
Review Baca di sini

Sir Anthony memang sering sekali berakting di film thriller, tapi yang satu ini cukup berbeda karena ada bumbu dramanya. Theodore "Ted" Crawford (Anthony Hopkins) tengah dipenjara menunggu persidangan.

Sebab, insinyur penerbangan kaya raya itu menembak mati istrinya, Jennifer (Embeth Davidtz), dengan tuduhan ia telah berselingkuh. Selingkuhannya tak lain dan tak bukan adalah detektif polisi Letnan Robert Nunally (Billy Burke), polisi yang datang ke tempat perkara.

Mengenali korban yang sudah enggak bernyawa, Robert langsung menyerang Ted. Di persidangan, Ted bertindak sebagai pengacaranya sendiri, melawan seorang jaksa penuntut dengan karier luar biasa, jaksa distrik William "Willy" Beachum (Ryan Gosling).

5. Nixon

Nixon

Rekomendasi film Anthony Hopkins selanjutnya berjudul "Nixon". Di sini, Anthony berperan sebagai Richard Nixon, mantan Presiden Amerika Serikat yang menjabat dalam dua periode.

Yakni pada tahun 1969-1973 dan periode keduanya pada tahun 1973-1974. Nixon mengangkat kisah hidup dan politik dari presiden ke-37 Amerika Serikat tersebut.

6. Meet Joe Black

meet joe black anthony hopkins

Merayakan ulang tahunnya yang ke-65, pengusaha dan pria yang setia pada keluarga, Bill Parrish (Anthony Hopkins) tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-65 ketika ia didatangi oleh Death, dewa kematian. Pengusaha kaya raya dan family man itu seharusnya meninggal pada malam pesta ulang tahunnya.

Akan tetapi, Death (Brad Pitt) penasaran rasanya jadi manusia. Death pun menganugerahkan satu hari tambahan nyawanya untuk Bill Parrish, dan Death pun menjelma sebagai manusia. Di pesta ulang tahunnya, Bill mengenalkan Death pada semua orang sebagai Joe Black.

7. The Two Popes

The Two Popes (2019)_

Terinspirasi dari kisah nyata, film ini mengeksplorasi hubungan antara Paus Benediktus XVI (Anthony Hopkins) dan calon Paus Fransiskus (Jonathan Pryce). Mereka terlibat dalam diskusi mendalam tentang iman, reformasi dan arah Gereja Katolik di masa depan.

Pada saat itu, Kardinal Bergoglio (Jonathan Pryce) Merasa frustrasi dengan arah gereja. Ia pun meminta izin untuk pensiun pada tahun 2012 kepada Paus Benediktus. Ia kemudian mengungkap sebuah rahasia yang akan mengguncang fondasi Gereja Katolik pada Kardinal, calon penerusnya di Roma tersebut.

8. Hitchcock

Hitchcock (2012)

Hitchcock adalah film drama-romantis-biografi yang diangkat dari novel "Alfred Hitchcock and the Making of Psycho" karya Stephen Rebello. "Hitchcock" bercerita tentang Alfred Hitchcock dan istrinya, Alma Reville, selama pembuatan film "Psycho" pada tahun 1959.

Dan, tentu saja Anthony Hopkins berperan sebagai karakter utama dalam film ini, Alfred Hitchcock. Pada tahun 1959, Alfred Hitchcock merilis film "North by Northwest" yang kemudian jadi sangat sukses. Walau begitu, ia kepikiran dengan sindiran dari seorang wartawan yang mengatakan kalau ia harus berhenti membuat film.

9. RED 2

red 2 anthony hopkins

Diperankan oleh Bruce Willis sebagai Frank, Helen Mirren sebagai Victoria, John Malkovich sebagai Marvin, Anthony Hopkins sebagai Bailey, dan Lee Byung Hun sebagai Han Cho Bai, film ini bertemakan tentang mata-mata.

Pensiunan Agen C.I.A. Frank Moses (Bruce Willis) jatuh cinta pada Sarah Ross (Mary-Louise Parker). Mereka menikah dan menikmati kehidupan 'normal'. Semua baik-baik saja hingga Marvin Boggs (John Malkovich) mengatakan pada Frank bahwa Wikileaks merilis informasi bahwa mereka berpartisipasi dan mengetahui keberadaan Nightshade.

Nightshade itu senjata nuklir yang disembunyikan di Rusia. Agen-agen terbaik di dunia pun diutus untuk menemukan keberadaan Nightshade sebelum diluncurkan.

10. The Son

The Son anthony hopkins_

Anthony Hopkins juga tampil di "The Son", sekuel dari film "The Father" yang sebelumnya di sana beliau menjadi pemeran utamanya. Di sini karakter utamanya adalah Peter Miller (Hugh Jackman) yang baru menikah dengan istri keduanya, Beth (Vanessa Kirby).

Bayi pertama mereka baru saja lahir ketika mantan istri Peter, Kate (Laura Dern), tiba-tiba muncul di hadapannya. Kate mengatakan bahwa putra mereka yang berusia 17 tahun, Nicholas (Zen McGrath), mengalami depresi dan enggak lanjut sekolah. Anthony Hopkins berperan sebagai Anthony Miller, ayah Peter dan kakek Nicholas.

Film-film di atas menampilkan jangkauan Anthony Hopkins yang luar biasa sebagai seorang aktor. Kemampuannya membawa kedalaman dan kompleksitas pada setiap karakter yang beliau perankan. Ini mengukuhkan statusnya sebagai salah satu aktor paling berbakat dan serba bisa sepanjang masa. Apa film terbaik Anthony Hopkins versimu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram