logo web

10 Film Terbaik Bill Paxton yang Laku Keras di Pasar Film Dunia!

Ditulis oleh Gerryaldo

Pria kelahiran 17 Mei 1955 ini bernama Bill Paxton. Ia merupakan anak dari keluarga yang mempunyai background artis dan brigadir jenderal. Bill Paxton memulai karirnya di industri film sebagai sutradara amatir di sebuah film eksperimental berjudul Taking Tiger Mountain. Lantas ia mulai menekuni dunia akting.

Baca Juga: 14 Film yang Sedang Tayang di Bioskop (Mei 2023)

Merasa cukup dengan kemampuan aktingnya, ia mulai mendapat sebuah peran di dalam film Mortuary (1983) dan kemudian membintangi film-film lain. Di saat dirinya tidak ada proyek film, Bill Paxton pun kembali menyutradarai film pendek juga video musik bahkan jadi model video klip Pat Benatar berjudul Shadows of the Night.

Karir Bill Paxton semakin menanjak namun kesehatannya mulai menurun. Bill Paxton menderita katup jantung aorta yang rusak, meski sudah diobati namun keadaannya malah semakin memburuk dan akhirnya pada tanggal 25 Februari 2017, Bill Paxton menghembuskan nafas terakhirnya di Los Angeles.

Meski demikian karya-karya Bill Paxton dan keterlibatannya dalam banyak film hits, terus membekas bagi para penggemar setianya. Dari banyak film yang telah ia bintangi, Showpoiler berhasil merangkum 10 film Bill Paxton yang sukses besar di pasar film dunia. Kira-kira apa saja daftarnya? Ini dia!

1. The Terminator (1984)

Bill Paxton_Terminator (Copy)

Terminator (Arnold Schwarzenegger) tiba di tahun 1984. Ia merupakan robot yang datang dari masa depan. Saat datang di tahun tersebut, ia berjalan mendekati gerombolan yang dipimpin oleh Johnny atau Kotex (Bill Paxton). Sang Terminator meminta pakaian mereka namun malah mendapat rundungan dari gang Johnny.

Johnny mengeluarkan pisau lipat dan hal itu dianggap oleh ancaman besar oleh Terminator. Sang Terminator pun melawan balik. Ia mendorong Johnny dan menghajar pria itu hingga tewas. Setelah itu mayat Johnny ditinggalkan sementara Terminator pergi untuk menjalankan misinya di tahun tersebut.

2. Next of Kin (1989)

Bill Paxton_Next of Kin (Copy)

Gerald (Bill Paxton) merupakan saudara laki-laki dari Truman (Patrick Swayze) harus menemui ajalnya setelah dibunuh oleh mafia Chicago, Joey Rosselini (Adam Baldwin). Hal ini membuat Truman & Briar Gates (Liam Neeson) beraksi dengan cara berbeda. Truman yang adalah polisi ingin kasusnya ditangani pihak berwenang.

Sedangkan Briar mempunyai prinsip mata-ganti-mata alias balas dendam. Saat hendak beraksi, Briar malah ikut terbunuh. Hal ini merubah pandangan Truman. Ia resign dari kepolisian dan mengumpulkan anggota keluarganya yang tersisa dan berangkat untuk membalaskan dendam atas kematian saudara-saudaranya.

3. Twister (1996)

Bill Paxton_Twister (Copy)

Bill (Bill Paxton) merupakan mantan suami dari seorang Profesor bernama Dr. Jo Harding (Helen Hunt). Ia berhasil mengembangkan sistem pengumpul data tornado yang bisa sangat membantu melacak arah angin & mampu menyelamatkan banyak jiwa. Namun konsep itu dicuri oleh pesaing mereka, Dr. Jonas (Cary Elwes).

Di saat yang bersamaan, mereka mendapat informasi bahwa akan ada badai paling kuat dalam beberapa dekade; yang berarti sistem milik Bill bisa dipakai untuk melacak. Sayangnya penelitian itu kurang dana dan terpaksa diberhentikan. Bill yang mengetahui hal ini bergabung bersama sang istri untuk melanjutkan pekerjaanya.

4. Titanic (1997)

Bill Paxton_Titanic (Copy)

Sebuah kapal penumpang terbesar, Titanic, tenggelam di tahun 1912. Kapal tersebut punya banyak barang berharga yang masih tersimpan di lambungnya. Hal ini menarik perhatian seorang pemburu harta karun, Brock Lovett (Bill Paxton). Ia lantas mengunjungi bangkai kapal tersebut untuk melakukan penelitian.

Barang yang diincar adalah kalung berlian bernama Jantung Samudera. Pencariannya itu membuka cerita asli nasib Titanic & dimana kalung itu berada berkat seorang wanita tua bernama Rose Calvert yang adalah penumpang Titanic. Sewaktu muda ia menumpang kapal itu dengan nama Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet).

5. U-571 (2000)

Bill Paxton_U-571 (Copy)

Sebuah kapal selam Jerman dengan kode U-571 membawa mesin enkripsi canggih di dalamnya. Naas, pada Perang Dunia II di laut, kapal tersebut tenggelam. Untuk mencari mesin tersebut guna diperiksa, sekutu mengirim pasukan Angkatan Laut Amerika di bawah pimpinan Letnan Andrew Tyler (Matthew McConaughey).

Mereka pun menyamar menjadi tim penyelamat, namun terbongkar. Ini membuat pasukan Amerika yang terlibat bersama dengan komandan Mike Dahlgren (Bill Paxton) menyandera awak kapal Jerman yang mereka tumpangi. Misi pun menjadi di luar jadwal dan berantakan, mereka harus segera menemukan U-571 itu.

6. Vertical Limit (2000)

Bill Paxton_U-571 (Copy)

Peter (Chris O’Donnell) dan Annie (Robin Tunney) mengalami kecelakaan saat mendaki di Monument Valley yang menewaskan Ayah mereka. Hal ini membuat hubungan keduanya merenggang. 3 tahun berlalu, Peter sudah tidak mendaki namun Annie jadi pendaki terkenal yang diajak untuk mendaki K2.

Pendakian itu didanai oleh seorang industrialis kaya bernama Elliot (Bill Paxton). Saat hendak berangkat, Elliot yang tengah berpesta ditegur oleh seorang pemandu ekspedisi K2 yang sebelumnya ia danai juga dan membuat istri sang pemandu tewas, peringatan akan badai pun tersiar, namun Elliot tetap melanjutkan pendakian.

7. The Colony (2013)

Bill Paxton_The Colony (Copy)

Pada tahun 2045, manusia telah membangun sebuah menara yang dirancang untuk mengatur iklim secara bertahap akibat adanya perubahan iklim dunia. Namun secara tiba-tiba menara-menara tersebut tidak berfungsi dan membuat dunia masuk masa musim dingin panjang dan badai hebat hingga suhu menurun drastis.

Akibatnya, manusia yang tersisa harus berlindung di bunker bawah tanah untuk menghindari cuaca dingin yang ekstrem. Dari banyaknya koloni, Koloni 7 yang dipimpin oleh dua orang tentara bernama Briggs (diperankan oleh Laurence Fishburne) dan Mason (diperankan oleh Bill Paxton) harus mulai beradaptasi dari segala keadaan.

8. Nightcrawler (2014)

Bill Paxton_Nightcrawler (Copy)

Joe Loder (Bill Paxton) merupakan seorang jurnalis foto lepas yang suka menjual hasil fotonya ke banyak media dengan harga yang oke. Hal ini diketahui oleh seorang pencuri bernama Louis (Jake Gyllenhaal) yang langsung terinspirasi untuk melakukan hal yang sama ketimbang harus terus menerus mencuri dan memperburuk reputasinya.

Pekerjaan yang dianggap mudah ternyata sulit karena Louis harus mendapatkan gambar bagus. Merasa terlalu susah, Louis pun mulai pergi ke lokasi kejadian sebuah kasus & mengotak-atik TKP guna mendapatkan angle foto yang pas. Lama kelamaan, Louis sendiri yang membuat kejadian naas untuk dijadikan bahan foto.

9. Edge of Tomorrow (2014)

Bill Paxton_Edge of Tomorrow (Copy)

Tahun 2015, bumi digemparkan dengan datangnya Alien. Alien itu berhasil menaklukan hampir seluruh daratan Eropa. Hingga akhirnya di tahun 2020, United Defense Force (UDF), dibentuk untuk melawan serangan alien. Invasi besar-besaran pun dilakukan sehingga perwira publik, Cage (Tom Cruise) diminta ikut berperang.

Cage yang tidak bisa bertempur, kewalahan dan akhirnya diserahkan kepada Sersan Farell (Bill Paxton) kepala kelompok prajurit J yang sangat tidak cocok dengan Cage. Sersan Farell kerap meremehkan Cage namun hal itu malah membuat Cage jadi berani dan membuktikan bahwa Sersan Farell salah menilainya.

10. The Circle (2017)

Bill Paxton_The Circle (Copy)

Mae Holland (Emma Watson) merupakan seorang pekerja di The Circle, sebuah perusahaan teknologi dan media sosial, yang berhasil dapat promosi berkat teman dekatnya, Annie (Karen Gillan). Mae mengambil pekerjaan itu karena ingin sekali membantu orang tuanya, khususnya sang Ayah, Vinnie (Bill Paxton) yang mengidap sclerosis.

Mae bekerja sangat giat sehingga posisinya terus naik. Hal ini memikat hati CEO dari The Circle yakni Eamon Bailey (Tom Hanks). Begitu ada produk baru yang muncul, sebuah kamera kecil yang bisa merekam kejadian secara real-time bernama SeeChange, Eamon meminta Mae untuk menggunakannya namun hal itu berakibat fatal.

Bill Paxton menunjukan kualitas aktingnya dengan sangat baik, sehingga tidak heran ia selalu bergabung dalam proyek film big-hit. Sayang sekali ya di puncak karirnya, Bill harus meninggal. Apabila dia masih hidup, pasti akan banyak film hits lain yang akan ia bintangi. Dari daftar film diatas, mana nih yang sudah kalian saksikan? 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram