logo web

10 Film Terbaik Hilary Swank, Aktris Kawakan Peraih Oscar

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Hilary Ann Swank merupakan aktris sekaligus produser film yang pertama kali dikenal lewat perannya dalam sebuah serial televisi di tahun 1992. Pada tahun yang sama, Hilary terlibat memainkan peran kecil dalam film Buffy the Vampire Slayer (1992).

Dua tahun kemudian, Hilary membuat terobosan dalam karirnya dengan membintangi The Next Karate Kid (1994).

Hilary Swank

Karirnya terus berkembang hingga pada 1999, Hilary dipercaya memerankan karakter seorang trans man bernama Brandon Teena dalam film Boys Don’t Cry (1999). Perannya tersebut membuat nama Hilary diakui secara internasional, seturut dengan penghargaan Oscar yang dia dapat.

Lantas, apa saja film terbaik dari Hilary Swank di sepanjang karirnya? Berikut pilihannya!

1. Million Dollar Baby

Million Dollar Baby

Million Dollar Baby (2004) merupakan film drama olahraga yang dibuat berdasarkan kumpulan kisah dari cerita Rope Burns: Stories from the Corner karya F.X. Toole, nama pena dari Jerry Boyd.

Melalui penampilannya di film ini Hilary Swank mendapat banyak sekali penghargaan, termasuk Best Lead Actress di ajang Academy Award dan Golden Globe Award.

Hilary sebagai Margaret ‘Maggie’ Fitzgerald adalah seorang pelayan yang meminta Frankie Dunn, seorang pria Irlandia-Amerika pemilik sasana tinju dan pelatih tinju, untuk melatihnya bertinju.

Permintaan Maggie ditolak karena Dunn tak pernah melatih wanita. Akan tetapi, keputusannya secara terpaksa berubah dan Dunn bersedia melatih Maggie.

Dengan segala perjuangan Dunn, Maggie dapat bertarung di divisi tinju amatir wanita. Setelah lekat dengan reputasi yang jelek, Maggie mulai memenangkan beberapa kejuaraan. Perlahan dia bisa mengumpulkan uang untuk membelikan ibunya rumah.

Sayang, sang ibu sama sekali tidak menghargai perjuangannya. Akankah Maggie berhenti dari tinju karena hal itu?

2. Insomnia

Insomnia

Insomnia (2002) adalah sebuah film thriller psikologis yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini merupakan remake dari film Norwegia tahun 1997 dengan judul yang sama.

Insomnia (2002) bercerita tentang dua detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan seorang gadis di Alaska. Di saat bersamaan pembunuh tersebut menyaksikan salah satu detektif menembak seseorang secara tidak sengaja.

Kedua belah pihak lantas membuat rencana untuk saling menghindari penuntutan. Semua bermula dari kematian Kay Connell, gadis berusia 17 tahun. Detektif Kepolisian Los Angeles, Will Dormer dan Hap Eckhart diturunkan untuk membantu polisi setempat dalam melakukan penyelidikan. Detektif setempat, Ellie Burr (Hilary Swank), menjemput mereka.

Di Los Angeles, kasus lama Dormer tengah diselidiki kembali. Eckhart sendiri mengungkapkan bahwa dia akan bersaksi melawan Dormer dengan imbalan mendapat kekebalan hukum.

Dormer kemudian melepaskan tembakan di tengah kabut. Tembakan tersebut ternyata mengenai Eckhart. Sebelum meninggal Eckhart sempat mengenali Dormer sebagai penembaknya.

3. P. S. I Love You

P. S. I Love You

P.S. I Love You (2007) merupakan film drama romantis hasil adaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Cecelia Ahern. Film ini bercerita tentang pasangan suami istri yang saling mencintai walau tak luput dari pertengkaran. Sedih, keharmonisan dan kebahagiaan mereka harus berakhir ketika Gerry meninggal dunia karena tumor otak.

Holly, sang istri yang diperankan Hilary Swank, menarik diri dari keluarga dan teman-teman karena merasa sangat sedih dan kehilangan.

Pada hari ulang tahun Holly ke-30, sebuah kue dan kaset berisi rekaman suara Gerry dikirimkan untuknya. Rekaman tersebut adalah pesan pertama dari beberapa pesan yang akan datang, yang memang sudah disiapkan Gerry.

Sedihnya, semua pesan tersebut diakhiri P.S. I Love You. Ibu Holly, Patricia, yang memang tidak suka dengan pernikahan putrinya dan Gerry, khawatir pesan tersebut akan membuat Holly sulit melupakan masa lalu.

Sebaliknya, bagi Holly, pesan-pesan itu justru membuat Holly semangat menjalani hidup. Hingga suatu hari Holly bertemu seorang penyanyi pub yang sangat mengingatkannya pada Gerry.

4. Logan Lucky

Logan Lucky

American heist comedy film berjudul Logan Lucky (2017) bercerita tentang keluarga Logan dan usaha mereka untuk merampok Charlotte Motor Speedway sambil menghindari petugas keamanan dan FBI.

Jimmy Logan diberhentikan dari pekerjaannya di Charlotte Motor Speedway. Jimmy kemudian mengajak Clyde untuk merampok mantan tempat kerjanya itu.

Dengan memanfaatkan pengetahuannya tentang sistem tabung pneumatic bawah tanah, Jimmy berencana memindahkan uang yang sangat banyak dari perusahaan tersebut.

Jimmy dan Clyde lantas merekrut saudara perempuan mereka, Mellie, Joe Bang, Sam serta Fish. Untuk memulai rencananya, Jimmy akan masuk ke penjara dan membobol sistem tabung Speedway.

Sam dan Fish bertugas meledakkan sebuah menara seluler untuk menonaktifkan mesin kartu kredit, sehingga para penjual hanya menggunakan uang tunai. Clyde, Jimmy dan Joe memasuki ruang tabung dan dengan bahan peledak yang sudah diimprovisasi, mereka siap beraksi.

Dalam film ini, Hilary Swank berperan sebagai Agen FBI Sarah Grayson yang bertugas menyelidiki pencurian Jimmy dan geng.

5. Boys Don't Cry

Boys Don't Cry

Boys Don’t Cry (1999) merupakan film biografi yang memotret kisah hidup Brandon Teena, seorang trans man yang tewas setelah diperkosa dan dibunuh oleh dua pria kenalannya.

Berkat penampilan Hilary Swank sebagai Brandon, sang aktris mendapat Best Actress di ajang Academy Award ke-72 dan Golden Globe Awards ke-57.

Brandon Teena adalah seorang trans man muda. Ketika identitasnya sebagai transgender diketahui saudara lelaki mantan pacarnya, Brandon menerima ancaman pembunuhan.

Brandon kemudian pindah ke Nebraskan setelah terlibat perkelahian di bar dan diusir oleh sepupunya. Di Nebraska dia berteman dengan dua mantan napi, John Lotter dan Tom Nissen.

Brandon terlibat hubungan romantis dengan Lana Tisdel yang awalnya tidak menyadari anatomi tubuh Brandon dan masa lalunya yang bermasalah.

Identitas Brandon diketahui ketika dia dijebloskan ke dalam penjara wanita, bukan penjara pria. Walau begitu Lana tidak berubah dan tetap mencintainya. Reaksi Lana berbeda dengan tiga temannya, Lotter, Nissen dan Candace.

Lotter dan Nissen jijik mengetahui identitas Brandon sebagai trans man. Secara brutal mereka membuktikan kelamin Brandon kepada Lana. Keduanya lantas menyeret Brandon ke tempat terpencil, memukulinya dan memerkosanya.

Brandon sempat melarikan diri dan lapor polisi tetapi tak ditanggapi. Dia lantas bersembunyi, tetapi berhasil ditemukan lalu ditembak oleh Lotter dan tewas seketika.

6. The Hunt

The Hunt

Film Hilary Swank berikutnya, The Hunt (2020), adalah film horor thriller yang dibuat sebagai sindiran terhadap kesenjangan politik antara sayap kiri dan sayap kanan di Amerika.

Film ini bercerita tentang sekelompok elit yang menculik orang-orang kelas pekerja untuk diburu. Cerita dimulai ketika Anthena Stone (Hilary Swank) mengantisipasi perburuan “deplorables” yang akan datang.

Perburuan tersebut akan terjadi di rumah seorang bangsawan. Menggunakan jet pribadinya, Athena membunuh seorang pria yang keluar dari ruang kargo.

Saat perburuan dimulai sebelas tawanan terbangun di sebuah hutan dengan mulut terkunci. Lima di antaranya tewas dibunuh musuh yang tak terlihat. Tiga tawanan melarikan diri melalui pagar berduri ke sebuah pom bensin.

Satu di antara tiga tawanan itu memakan donat beracun dan pingsan, sedangkan dua lainnya dibunuh oleh pemilik pom bensin, Ma dan Pop. Setelahnya mereka membersihkan lokasi kejadian dan siap menerima tawanan berikutnya.

Tawanan ke empat, veteran Angkatan Darat, Crystal Creasey, ternyata di luar perkiraan. Dia membunuh Ma dan Pop lebih dulu dan tampak lebih siap menghadapi situasi.

7. Freedom Writers

Freedom Writers

Freedom Writers (2007) merupakan film Hilary Swank yang dibuat berdasarkan buku tahun 1999 berjudul The Freedom Writers Diary karya seorang guru bernama Erin Gruwell dan para siswa. Buku tersebut merupakan buku catatan harian nyata tentang kehidupan mereka selama berada di kelas bahasa Inggris di Woodrow Wilson Classical High School di California.

Pada tahun 1994, Erin Gruwell (Hilary Swank) diterima mengajar bahasa Inggris untuk siswa yang ‘berisiko’ di Woodrow Wilson High School. Sekolah tersebut dulu sangat terkenal tetapi sejak integrasi sukarela diberlakukan yang menyebabkan ketegangan rasial meningkat sejak kerusuhan Los Angeles dua tahun sebelumnya, popularitasnya menjadi menurun.

Suatu ketika Erin mendapati gambar berbau rasis yang dibuat salah satu murid Amerika Latinnya, Ben Samuels. Erin yang perlahan mendapatkan kepercayaan para murid, kemudian membeli sebuah buku yang bisa dipakai para siswa untuk menuliskan pengalaman-pengalaman pahit mereka.

Buku itu pun berisi pengalaman para murid saat dilecehkan, diusir hingga melihat orang yang cintai meninggal dunia.

8. The Gift

The Gift

Film horor thriller supernatural berjudul The Gift (2000) menjadi film Hilary Swank berikutnya yang tawarkan cerita menarik dan menegangkan. Film yang ditulis oleh Billy Bob Thornton dan Tom Epperson ini dibuat atas pengalaman psikis yang diduga dialami oleh ibu dari Thornton.

The Gift (2000) berpusat pada sosok Annie, seorang janda yang terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan. Dia terlibat setelah memperoleh pengetahuan tentang kasus pembunuhan tersebut melalui persepsi ekstrasensori dan kemampuan psikisnya. Annie memang seorang peramal yang memiliki kemampuan supernatural.

Suatu ketika, saat Jessica King, tunangan kepala sekolah bernama Wayne Collins menghilang, Annie menerima sebuah ‘vision’ yang mengungkapkan bahwa Jessica telah dibunuh.

Masih menurut penglihatannya, mayat Jessica dibuang di sebuah kolam. Annie kemudian memberi tahu sheriff setempat, Pearl Johnson, yang walau sempat skeptis, Johnson bersedia menyelidikinya.

Pencarian dimulai di kolam yang ada di rumah Donnie Barksdale, suami yang kejam dari salah satu klien Annie bernama Velarie (Hilary Swank).

Penglihatan yang didapat Annie terbukti benar. Mayat Jessica berhasil ditemukan di kolam milik Donnie Barksdale sehingga pria itu pun ditetapkan menjadi tersangka. Selama persidangan terungkap kalau Donnie dan Jessica adalah pasangan selingkuh.

Setelah berhasil menemukan mayat Jessica, Annie menerima lebih banyak penglihatan yang mengungkapkan bahwa Donnie ternyata tidak bersalah.  

9. Conviction

Conviction

Conviction (2010) adalah film drama hukum biografi karya sutradara Tony Goldwyn dan penulis Pamela Gray. Film ini bercerita tentang Betty Anne Water (Hilary Swank) yang memiliki saudara lelaki bernama Kenneth. Walau Kenneth sering terlibat masalah, dan kini berada di penjara karena kasus pembunuhan, hubungan mereka selalu dekat.

Kenneth atau Kenny ditahan untuk diinterogasi atas pembunuhan Katherina Reitz Brow pada 1980. Dia dibebaskan tetapi dua tahun kemudian, Kenny ditangkap dan diadili. Bukti-bukti yang dimiliki kepolisian semuanya merupakan bukti tidak langsung, tetapi Kenny tetap dihukum dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Tiga tahun kemudian Betty panik karena tidak mendengar kabar dari kakaknya yang rutin menelepon setiap minggu dari penjara. Rupanya, Kenny memang mencoba bunuh diri.

Atas kejadian itu Betty memutuskan kembali belajar untuk menjadi pengacara agar dapat membebaskan Kenny. Untuk membela saudaranya, Betty sampai harus merelakan kehidupan rumah tangganya.

10. 11:14

11:14

Neo-noir black comedy thriller film berjudul 11:14 (2003) menjadi film Hilary Swank yang cukup unik karena punya lima alur cerita berbeda, yang semuanya mengarah pada serangkaian peristiwa yang terjadi pada satu malam di pukul 11:14.

Film ini melibatkan serangkaian peristiwa yang saling berhubungan dan berkumpul di sekitar dua kecelakaan pada pukul 11:14 malam. Hilary Swank sebagai Buzzy muncul pada plot 1 (11:14 - 11:34) dan plot 4 (10:59 - 11:19).

Plot pertama bercerita tentang Jack; dia mengemudi pada pukul 23:14 dan secara tiba-tiba dikejutkan oleh sesuatu yang menabrak mobilnya. Begitu dicek, Jack mendapati sesosok tubuh manusia dengan wajah yang termutilasi tergeletak di dekat mobil. Panik, Jack pun menyembunyikan mayat tersebut di bagasinya.

Tak lama polisi datang dan curiga dengan perilaku Jack. Polisi tersebut membawa Jack setelah menemukan mayat wanita itu di bagasinya. Di mobil bagian belakang, Jack duduk bersama Duffy dan Buzzy, tapi dia berhasil melarikan diri. Belakangan terungkap kalau jasad yang ‘menabrak’ mobil Jack terkait dengan Duffy dan Buzzy.

Sebagai salah satu aktris terbaik di industri perfilman Hollywood, nama dan film Hilary Swank punya jaminan kualitas yang tak perlu diragukan, termasuk sepuluh film yang kami rekomendasikan ini.

Dari judul-judul yang kami sebutkan, Hilary sukses membawakan peran yang dipercayakan padanya. Apakah kamu salah satu penggemar Hilary?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram