logo web

20 Rekomendasi Film India Sedih yang Bikin Banjir Air Mata

Ditulis oleh Suci Maharani R

Tak semua film yang kita tonton memiliki akhir yang bahagia. Berbeda halnya saat kita melihat film bollywood. Kebanyakan film bollywood selalu menampilkan nyanyian, tarian, pesta dan keglamoran karakter yang terlibat di dalamnya.

Bahkan di negaranya sendiri, film-film yang memperlihatkan kebahagiaan lebih digemari dan menjadi blockbuster dibanding film yang menampilkan kerasnya kehidupan yang dijalani. Namun belakangan film dengan cerita dan akhir yang sedih lebih diterima oleh para penggemar film bollywood dibanding masa sebelumnya.

Nah, mungkin kamu yang sedang mencari rekomendasi film bollywood dengan cerita atau ending yang sedih. Kali ini kami bahas beberapa judul filmnya. Jangan lupa siapkan tisu sebelum menonton ya. Yuk, langsung saja simak daftar film India sedih berikut ini!

Baca juga: 20 Rekomendasi Film India Paling Inspiratif Sepanjang Masa

1. Veer-Zaara

 Veer-Zaara

Veer-Zaara (2004) adalah film romantis India yang dijamin bakalan bikin para penontonnya menangis tersedu-sedu. Digarap oleh Yash Chopra, film ini mengisahkan perjuangan cinta antara Preity Zinta dan Shah Rukh Khan.

Sementara Rani Mukherji bakalan berperan sebagai seorang pengacara yang membantu Shah Rukh Khan untuk terbebas dari jeruji besi.

Berawal di tahun 1982, Zaara Hayaat Khan seorang gadis Pakistan yang tidak sengaja bertemu dengan Zaara Hayaat Khan seorang pilot Angkatan Udara India.

Keduanya menjalin asmara, namun kisah ini harus berakhir ketika terpaksa harus menikahi pria lain karena sang ayah. Tapi tanpa sepengetahuannya, Veer malah dipenjara karena dituduh sebagai mata-mata India.  

2. Hum Saath - Saath Hain

Hum Saath - Saath Hain

Old but gold, sebutan tadi memang pas banget dengan film India berjudul Hum Saath-Saath Hain (1999). Digarap oleh Sooraj R. Barjatya, film keluarga yang bertabur bintang ini dijamin bisa bikin penontonnya menangis.

Akting dari Mohnish Bahl, Tabu, Salman Khan, Sonali Bendre, Saif Ali Khan hingga Mahesh Thakur memang terlihat sangat memukau. Film ini mengisahkan keluarga bahagia Ramkishan Chaturvedi yang terpecah belah karena kekhawatiran sang istri.

Tak ingin kedua anak kandungnya mendapatkan Nasib yang sama dengan sang putri, Mamta Awasthi meminta putra angkatnya Vivek untuk pindah ke kampung. Hal ini membuat kedua putranya sangat marah, bahkan Prem tidak ingin berbicara dengan sang ibu.

3. We Are Family

We Are Family

We Are Family (2010) bisa dikatakan sebagai salah satu film India yang tidak pernah gagal bikin penontonnya menangis. Disutradarai oleh Siddharth P. Malhotra, film ini dibintangi oleh Kajol, Kareena Kapoor dan Arjun Rampal.

Mengadaptasi kisahnya dari film Amerika berjudul Stepmom (1998), film ini mengisahkan seorang ibu tunggal yang mengidap penyakit kanker. Maya dan sang mantan suami, Aman, sudah berpisah selama tiga tahun. Maya mendapatkan hak asuh atas ketiga anak mereka, sementara Aman hidup dengan sang kekasih Shreya.

Mengetahui dirinya terkena kanker, Maya meminta Aman dan Shreya untuk tinggal bersamanya. Ada banyak pertentangan atas hadirnya Shreya dalam hidup anak-anak Aman dan Maya, tapi dari sini juga sebuah keluarga terbentuk.

4. Baghban

Baghban

Baghban merupakan film drama bollywood klasik yang ditayangkan pada tahun 2003 silam. Film yang disutradarai oleh Ravi Chopra ini mendapuk Salman Khan, Amitabh Bachan, dan Hema Malini sebagai pemeran utamanya. Film ini diadaptasi dari film Make Way for Tomorrow di tahun 1937.

Secara garis besar film Baghban bercerita tentang sepasang orang tua, Raj dan Pooja Maholtra yang memiliki 4 anak. Mereka menyayangi dan memberikan apapun yang dibutuhkan keempat anaknya. Saat beranjak tua, Raj dan Pooja malah menerima perlakuan tidak menyenangkan dari anak-anaknya.

Film ini cukup membuat sedih saat kita melihat bagaimana hubungan orang tua dan anak yang tidak seharusnya terjadi. Perjuangan orang tua yang rela melakukan apapun demi kebahagiaan anaknya tidak dihargai sama sekali oleh anak-anaknya.

5. Taare Zameen Par

Taare Zameen Par

Disutradarai dan diperankan sendiri oleh sang aktor kawakan Aamir Khan, film ini menjadi film terbaik tahun 2018 versi filmfare. Taare Zameen Par menceritakan kisah seorang anak laki-laki, Ishaan berusia 8 tahun yang memiliki kondisi disleksia.

Kondisinya ini menyebabkan ia kurang berprestasi dalam pelajaran akademik. Hal itulah juga yang menjadi alasan orang tuanya mengirim Ishaan ke sekolah asrama.

Aamir Khan lah sebagai guru kesenian Ishaan yang kemudian membantu sang anak menerima dan menyiasati kondisinya sehingga Ishaan bisa diterima dan dihargai oleh orang di sekitarnya.

Film yang mengambil set di kota Mumbai ini menampilkan banyak adegan yang cukup mengharukan. Kita akan melihat bagaimana seorang anak kecil berjuang dengan kondisi yang dialaminya, supaya bisa hidup seperti anak-anak lain seusianya.

6. My Name is Khan

My Name Is Khan

Film Shah Rukh Khan lain yang sangat fenomenal dan laris di pasaran adalah My Name is Khan. Film yang dirilis tahun 2010 ini dikatakan sebagai reuni golden pair dunia perfilman Bollywood yakni Kajol dan Shah Rukh Khan, yang sebelumnya membintangi film Kabhi Khusi Kabhi Gham yang juga mendulang sukses di tahun 2001.

Film ini bercerita tentang Rizwan seorang pria muslim dari India yang memiliki syndrome asperger, salah satu bentuk autisme yang mempersulit penderitanya untuk bersosialisasi. Ia berniat menemui Presiden Amerika Serikat untuk mengungkapkan sesuatu.

Dalam perjalanannya untuk bertemu dengan Presiden Amerika, ia berusaha mengubah pandangan buruk orang lain tentang agama Islam. Mengutip dari pernyataan sang bintang utama, My Name is Khan bukanlah film tentang terorisme atau serangan 9/11 yang terjadi di Amerika.

Film ini lebih bercerita tentang hubungan antar sesama manusia dan hubungan seseorang dengan suatu negara. Singkatnya film ini menampilkan 3 komponen utama yaitu kisah percintaan, agama Islam, dan syndrome asperger.

7. Aashiqui 2

Aashiqui 2

Film berdurasi 134 menit ini merupakan film musikal bergenre drama romantis. Aashqui 2 bercerita seputar Rahul yang diperankan oleh Aditya Roy Kapoor, seorang penyanyi pop yang sukses.

Rahul kehilangan fans dan kepopulerannya karena adiksinya terhadap minuman keras. Pria ini kemudian bertemu dengan Aarohi diperankan oleh Shraddha kapoor, seorang penyanyi bar.

Cerita berlanjut saat Rahul berniat membantu Aarohi untuk mencapai mimpinya menjadi penyanyi terkenal. Keduanya melalui hubungan cinta dan benci satu sama lain.

Perjalanan mereka yang diwarnai kegagalan dan keberhasilan yang datang silih berganti ini cukup mengaduk emosi penonton. Akankah mereka sukses bersama atau berpisah karena ego masing-masing?

8. Mom

Mom_

Menjadi ibu sambung ternyata tidak mudah, apalagi jika anak tersebut tidak bisa menerima kehadiran ibu baru untuknya. Devki berusaha menjadi ibu dan guru yang baik untuk Aarya, sayangnya putrinya ini tidak pernah menganggapnya sebagai ibu.

Hingga suatu hari hal buruk terjadi pada putrinya, Aarya menjadi korban pelecehan dan menyalahkan Devki. Meski hanya ibu sambung, Devki benar-benar hancur melihat Aarya, apalagi para pelaku dibebaskan dari hukuman.

Bekerjasama dengan seorang detektif swasta, Devki berhasil memberi pelajaran pada para pelaku pelecehan anaknya. Tapi hal ini membuat Jagan marah, pria ini memburu Devki dan berusaha ingin membunuh wanita ini untuk membalas dendam.

9. Sanju

Sanju

Sanju (2018) adalah film biografi yang dibintangi oleh aktor tampan Ranbir Kapoor. Digarap oleh Rajkumar Hirani, film ini mengisahkan perjalan hidup aktor senior Bollywood Sanjay Dutt.

Berbagai fase kehidupan Sanjay, mulai dari awal karirnya, bagaimana ia terjerumus pada obat terlarang. Bahkan kisah Sanjay Dutt yang ditahan karena terlibat dalam bom Bombay tahun 1993 juga ditampilkan.

Satu per satu titik terendah dalam hidup Sanjay Dutt diperlihatkan dengan sangat baik. Tak heran jika film ini mendapatkan banyak sekali komentar positif dari para kritikus film.

Banyak yang mengatakan mereka tersentuh dengan kisah hidup Sanjay Dutt, sampai tidak bisa menahan air mata. Berkat penampilan briliannya, Ranbir Kapoor dinobatkan sebagai Best Actor di berbagai ajang penghargaan.

10. Pihu

Pihu

Meski menjadikan seorang balita sebagai pemeran utamanya, Pihu (2018) adalah film thriller yang bikin deg-degan sekaligus menyedihkan. Digarap oleh Vinod Kapri, film ini mengisahkan seorang balita berusia dua tahun bernama Pihu yang terjebak di rumahnya.

Akibat pertengkarannya dengan sang suami, Puja memutuskan untuk bunuh diri tepat saat sang suami pergi bekerja. Pagi itu Pihu terbangun dan kesal melihat ibunya tidak bangun dari tempat tidur.

Bermodalkan ingatan mengenai kesehariannya bersama sang ibu, Pihu berusaha untuk mencari susu dan makanan. Alhasil Pihu membuat rumahnya dibanjiri air dan hampir terbakar oleh api. Untungnya Pihu berhasil diselamatkan setelah tetangga mendapati asap keluar dari pintu rumah gadis kecil itu.

11. Bajrangi Bhaijaan

Bajrangi Bhaijaan

Bajrangi Bhaijaan merupakan film karya Kabir Khan yang dibintangi Salman Khan dan Kareena Kapoor. Bercerita tentang seorang Hindu bernama Pavan yang membantu seorang anak perempuan bernama Munni kembali ke pelukan ibunya.

Anak perempuan ini berasal dari negara seberang yang kehilangan ibunya saat perjalanan kereta pada malam hari. Yang menjadi masalah, sedari kecil anak perempuan ini tidak mau berbicara pada siapapun. Meski sempat menolak, Pavan yang mengetahui Munni tersesat akhirnya berniat ingin membantunya.

Sampai akhirnya Pavan tahu bahwa Munni berasal dari negara yang sedang berkonflik dengan India, yakni Pakistan. Apa yang terjadi dengan Pavan selanjutnya? Bagaimana cara Pavan membawa Munni pulang bertemu ibunya? Film ini masih menjadi tontonan yang menarik hingga saat ini.

12. Neerja

Neerja

Seperti judulnya, film ini berpusat pada cerita Neerja Bhanot yang diperankan oleh Sonam Kapoor, seorang pramugari berusia 22 tahun. Suatu hari saat tiba di sebuah bandara di kota Karachi, Neerja dihadapkan dengan situasi mematikan. Terdapat 4 orang teroris yang mendatangi para penumpang pesawat.

Di sini Neerja berusaha keras mencari cara untuk menghentikan serangan teroris dan menyelamatkan para penumpang. Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1986 di India.

Bukan hanya menampilkan kisah menegangkan, film ini juga menceritakan sisi kehidupan pribadi Neerja yang penuh drama dan cukup mengaduk emosi penonton.

13. Raazi

Raazi_

Demi melindungi keluarga dan negaranya, Sehmat Khan dikirim untuk menjadi mata-mata dari pemerintah Pakistan. Sehmat dinikahkan dengan putra Brigadir Sayeed (tentara Pakistan) yaitu Iqbal Sayeed.

Berbekal seluruh pelatihan yang sudah pernah ia terima sebelum pergi ke Pakistan, Sehmat secara berkala memberikan informasi penting.

Sehmat memerankan dua karakter, Sehmat sebagai istri Iqbal dan Sehmat sebagai mata-mata dari India. Hingga pada suatu hari identitasnya hampir terbongkar, Sehmat secara terpaksa membunuh Abdul dan kakak iparnya.

Setelah kejadian ini Sehmat semakin tertekan, disaat yang bersama Iqbal mulai menaruh perasaan pada istrinya itu meski tahu identitas aslinya.

14. Devdas

Devdas_

Devdas dan Parvati tumbuh bersama sejak usia mereka masih kecil, namun Devdas dikirim belajar keluar negeri oleh ayahnya. Hal ini membuat Paro (Parvati) sangat sedih, ia menunggu sangat lama hingga Devdas kembali.

Sayangnya cinta mereka tidaklah mudah, karena lamaran keluarga paro di tolak mentah-mentah oleh ayah dan ibu Devdas. Devdas berusaha mengubah pemikiran orang tuanya tapi gagal, sehingga ia menuliskan surat agar Paro bisa melupakannya.

Sakit hati, Paro menerima permintaan ibunya untuk menikahi seorang duda kaya raya meski tanpa cinta. Devda semakin hancur apalagi sekarang ia sudah mengenal minuman keras, tidak ada yang bisa menyelamatkan bahkan Chandramukhi sekalipun.

15. Dhadak

Dhadak_

Parvati dan madhu memadu kasih di belakang kedua orang tuanya, maklum saja karena mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Parvati adalah putri dari keluarga politik yang kaya raja, ayahnya adalah Ratan Singh Rathore.

Sementara Madhukar adalah putra dari keluarga menengah ke bawah, ayahnya hanya seorang pemilik restoran kecil. Setelah menyelamatkan pria yang dicintainya dari sang ayah, Parvati dan Madhu kabur keluar kota menyelamatkan diri.

Mereka menjalani kehidupan yang cukup sulit, tapi seiring waktu mereka berhasil membangun keluarga kecil bahagia. Hingga suatu hari kakak Parvati datang mengunjungi, hari itu adalah hari terakhirnya melihat suami dan putranya hidup.

16. Guzaarish

Guzaarish_

Ethan adalah mantan pesulap nomor satu yang selama 14 tahun terakhir hidup di atas kursi roda otomatisnya. Tubuh Ethan lumpuh total, untungnya ada Sofia yang merawatnya setiap hari dengan sangat telaten.

Tidak hanya sebagai perawat, Ethan dan Sofia juga menjalankan sebuah radio yang memberikan semangat bagi orang-orang yang putus asa. Tapi Ethan tiba-tiba saja mengajukan dirinya untuk melakukan praktek euthanasia, proses pencabutan nyawa tanpa rasa sakit.

Hal ini menuai pro-kontra, sehingga ia dibawa ke pengadilan dan pengacaranya berjuang untuk mengabulkan hal ini. Ethan hanya menunjukkan sebuah trik sulap selama 60 detik yang menjadi jawaban atas permintaanya pada Jaksa penuntut.

17. Ajeeb Daastaans

Ajeeb Daastaans

Ajeeb Daastaans (2021) adalah film antologi original Netflix India yang bisa kamu tonton. Film ini digarap oleh empat sutradara populer, sebut saja Shashank Khaitan, Raj Mehta, Neeraj Ghaywan dan Kayoze Irani.

Film ini dibintangi oleh deretan aktor ternama, mulai dari Fatima Sana Shaikh, Nushrat Bharucha, Konkona Sen Sharma, Aditi Rao Hydari hingga Shefali Shah.

Kisah yang diadaptasi memang cukup menyedihkan, salah satunya dalam segment berjudul “Geeli Pucchi”. Mengisahkan seorang wanita bernama Bharti Mandal, ketika impiannya untuk naik jabatan gagal total.

Semua ini karena kehadiran seorang gadis bernama Priya Sharma yang didukung orang berkekuasaan. Tak hanya itu, Bharti yang berasal dari kasta terendah juga kerap diperlakukan tidak adil.

18. Sanam Teri Kasam

Sanam Teri Kasam

Sanam Teri Kasam bercerita tentang Saraswati diperankan oleh Mawra Hocane, seorang gadis yang memiliki keluarga dengan watak keras dan memegang teguh adat istiadat.

Ayahnya terus memaksanya untuk menikah, namun tak pernah ada pria yang menyukainya. Hingga suatu saat Saraswati diusir dari rumah dan tidak dianggap anak lagi oleh ayahnya.

Namun ada seseorang yang selalu berada di sampingnya bernama Inder. Inder terus berusaha menemaninya, bahkan ketika Saraswati telah berpaling. Bagaimana kisah cinta mereka selanjutnya? Film sad ending ini cukup menyayat hati para penontonnya dan dijamin menguras air mata.

19. Ek Villain

Ek Villain_

Guru berusaha membalaskan dendamnya atas kematian istrinya Aisha, apalagi setelah ia tahu bahwa istrinya kala itu sedang mengandung. Guru mantan narapidana ini menemui semua musuhnya, karena mengira merekalah yang sudah membunuh istrinya.

Namun ada orang lain yang ternyata diam-diam menjadi pembunuh berantai pada wanita. Rakesh Mahadkar seorang suami dan ayah dari satu putra ini ternyata seorang pembunuh berdarah dingin.

Karena kemarahan pada istri yang ia cintai, Rakesh melampiaskan amarahnya pada setiap wanita yang terlihat menggerutu di hadapannya. Rakesh, tanpa rasa takut dalam dirinya, mempermainkan Guru dan polisi yang berusaha menangkapnya.

20. Sadma

Sadma_

Sadma (1983) mungkin film yang teramat sangat jadul, tapi film ini menjadi salah satu film sedih India yang wajib di tonton. Menceritakan mengenai seorang gadis yang menjadi tentara muda bernama Nehalata.

Akibat dari kecelakaan yang dialaminya Nehalata mengalami amnesia dan keterbelakangan, hingga ia sempat tersesat di rumah bordil dan merubah nama menjadi Reshmi. Untungnya Somu pria yang berprofesi sebagai guru ini berhasil menyelamatkannya dan mereka saling jatuh cinta.

Pria ini membawa Resmi untuk berobat hingga sembuh, tapi hal ini membuat Reshmi kehilangan memori pasca kecelakaan dan penyembuhan. Reshmi kembali pada keluarganya dan meninggalkan Somu dalam keadaan patah hati.   

Itulah beberapa film India yang memiliki kisah sedih dan bisa membuat penontonnya menangis. Menurut Anda film apakah yang paling menguras air mata? Jika mungkin ada film India lainnya yang bertema sedih, silahkan bagikan pada kolom komentar yang tersedia.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram