logo web

10 Film Terbaik dari John Cena, Aktor dan Pegulat WWE

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

John Cena atau John Felix Anthony Cena dikenal sebagai pegulat profesional Amerika Serikat sekaligus aktor. Prestasinya di bidang gulat profesional, tak perlu diragukan karena dia adalah pemilik gelar juara dunia terbanyak dalam sejarah WWE. Cena dianggap sebagai salah satu pegulat profesional terhebat sepanjang masa.

Karirnya di dunia akting pun tak lepas dari campur tangan WWE, tepatnya WWE Studios; sebuah divisi yang khusus memproduksi dan mendanai film. John Cena pun memulai film pertamanya berjudul The Marine (2006). Dari sana, kiprahnya di dunia akting terus melaju.

Cena terlibat dalam beragam film dari berbagai genre, termasuk comedy. Ingin tahu apa saja film terbaik dari John Cena? Berikut rekomendasi dari kami!

1. The Suicide Squad

The Suicide Squad

Amanda Waller, seorang petugas intelijen membentuk dua tim Task Force X yang disebut The Suicide Squad. Tim tersebut terdiri atas para narapidana yang dihukum karena melakukan berbagai tindak kejahatan.

Para narapidana setuju bergabung dalam misi karena mendapat imbalan berupa pengurangan hukuman. The Suicide Squad lantas dikirim ke negara kepulauan Corto Maltese.

Mereka dikirim setelah pemerintah digulingkan oleh rezim anti-Amerika. Dua tim tersebut ditugaskan menghancurkan laboratorium era Nazi Jötunheim yang menjadi tempat eksperimen rahasia bernama Project Starfish. Naas, sebagian anggota tim musnah karena serangan militer saat mereka mendarat.

Beruntung pemimpin tim, Kolonel Rick Flag dan Harley Quinn selamat. Penyerangan tersebut membuat tim kedua dapat segera memasuki negara itu tanpa terdeteksi. Tim kedua ini terdiri atas Peacemaker yang diperankan John Cena, King Shark, Polka-Dot Man dan Ratcatcher 2. Setelah serangan pertama, apakah tim kedua ini bisa berhasil dalam menyelesaikan tugasnya?

2. Bumblebee

Bumblebee

Bumblebee (2018) adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah yang dibuat berdasarkan karakter mainan Transformers dari Hasbro dan Takara Tomy. Film ini merupakan film keenam dari seri film live-action Transformers, sekaligus spin-off dan prekuel dari film Transformers (2007).

John Cena menjadi salah satu aktor yang terlibat selain Hailee Steinfeld, Jorge Lendeborg, John Ortiz, dan Jason Drucker.

Di planet Cybertron, Autobots, yang dipimpin oleh Optimus Prime, hampir kalah dalam peperangan melawan Decepticon. Mereka bersiap mengungsi, tetapi pasukan Decepticon yang dipimpin oleh Starscream, Soundwave, dan Shockwave mencegatnya.

Optimus kemudian mengirim pengintai Autobot B-127 ke Bumi dalam sebuah pesawat penyelamat untuk mendirikan basis operasi. B-127 mencapai Bumi dan mendarat darurat di California. Autoboot tersebut mengacaukan latihan yang dilakukan oleh Sektor 7, sebuah badan rahasia pemerintah yang bertugas memantau aktivitas makhluk luar angkasa di Bumi.

Kolonel Jack Burns yang diperankan John Cena, menganggap B-127 sebagai musuh dan memerintahkan anak buah untuk menyerangnya. B-127 melarikan diri ke tambang terdekat dan disergap oleh Decepticon Blitzwing.

Ketika B-127 menolak mengungkapkan keberadaan Optimus, Blitzwing merusaknya dan mendorong B-127 untuk membunuh Decepticon. B-127 lantas memindai sebuah Volkswagen Beetle kuning tahun 1967 di dekatnya sebelum pingsan karena luka-lukanya.

Bettle kuning tersebut kemudian ‘bertemu’ Charlene "Charlie" Watson. Saat mencoba menyalakannya, Charlie tanpa sadar mengaktifkan sinyal pelacak yang terdeteksi oleh Decepticons Shatter dan Dropkick.

Alhasil, kedua Decepticon menuju ke Bumi. Petualangan menegangkan antara Charlie dengan Bettle kuning yang kelak dia namai Bumblebee pun siap dimulai.

3. Barbie

Barbie

Barbie (2023) merupakan film komedi fantasi karya sutradara Greta Gerwig yang begitu ramai dibicarakan. Penampilan Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken sudah sangat ditunggu. Namun, selain dua aktor tersebut, film ini mengejutkan para penonton dengan banyaknya special appearance dari aktor-aktor ternama yang muncul, salah satunya John Cena.

Di sini John Cena berperan sebagai Kenmaid/Merman Ken, yaitu salah satu variasi Ken dalam bentuk mermaid atau putri duyung. Ceritanya sendiri berpusat pada karakter Barbie yang tinggal di Barbieland. Di sana semua wanita sangat percaya diri, mandiri dan sukses.

Ketika bermacam-macam Ken menghabiskan hari dengan bersenang-senang di pantai, termasuk Kenmain / Mermaid Ken yang diperankan John Cena, segala jenis Barbie sukses dengan pekerjaannya.

Ada Barbie yang menjadi dokter, pengacara dan politisi. Kekasih Barbie sendiri yang bernama Ken, begitu senang berduaan, tetapi Barbie menolaknya karena ingin mandiri dan mementingkan persahabatan.

Satu ketika Barbie secara tiba-tiba dilanda kekhawatiran tentang kematiannya. Dia lalu mendapati dirinya tak bisa melakukan berbagai rutinitas seperti biasa; dan rambut serta wajahnya tidak mulus seperti biasa.

Weird Barbie kemudian memberitahunya bahwa untuk menyembuhkan penyakit misterius itu, dia harus pergi ke dunia nyata dan menemukan anak yang dapat bermain dengannya.

Dalam perjalanan ke dunia nyata, Ken, rupanya bersembunyi dalam mobil Barbie. Setelah melalui portal, mereka sampai di Pantai Venice. Dari sini Barbie dan Ken memulai petualangannya di dunia nyata.

4. F9

F9

F9 (2021) merupakan sebuah film aksi yang disutradarai oleh Justin Lin. Film ini adalah sekuel dari The Fate of the Furious (2017), sekaligus film kesepuluh secara keseluruhan dari waralaba Fast & Furious. Cerita dimulai pada tahun 1989, ketika Jack Toretto tewas saat balapan karena mobilnya dijepit oleh sesama pembalap, Linder.

Seminggu setelahnya, putra sulung Jack, Dominic ditangkap karena memukuli Linder hingga hampir tewas. Selama menjalani hukuman, Dominic ingat bahwa adiknya, Jakob, memperbaiki mobil sang ayah di hari kematian.

Dominic lalu menyimpulkan bahwa Jakob telah membunuh ayah mereka. Setelah dibebaskan, Dom menantang Jakob untuk berlomba; siapa yang kalah harus pergi meninggalkan kota.

Tiga puluh tahun kemudian, Dom telah pensiun. Dia tinggal bersama sang istri, Letty Ortiz, dan putranya, Brian. Namun, Dom kembali ‘bekerja’ setelah mengetahui bahwa Jakob, yang diperankan John Cena, ikut campur menggagalkan upaya timnya untuk menangkap Cipher; dalang kriminal dan teroris siber yang merupakan musuh tim Dom.

5. Fast X

Fast X

Fast X (2023) disutradarai oleh Louis Leterrier dari skenario yang ditulis Dan Mazeau dan Justin Lin. Film ini merupakan sekuel dari F9 (2021), dan berfokus pada upaya Dominic Toretto yang harus melindungi keluarganya dari Dante Reyes (Momoa) yang menuntut balas atas kematian ayahnya dan hilangnya kekayaan keluarga.

Dom menugaskan timnya, Roman, Tej, Han dan Ramsey, untuk pergi ke Roma menjalankan pekerjaan dari Agency, yaitu mencuri sebuah chip komputer. Dom sendiri mendapat kabar bahwa putra raja narkoba Hernan Reyes bernama Dante Reyes berencana membalas dendam atas kematian ayahnya, juga hancurnya bisnis keluarganya sepuluh tahun lalu.

Setelah mendengar kabar itu, istri Dom, Letty, baru menyadari bahwa misi yang menugaskan mereka ke Roma adalah jebakan. Dom pun pergi untuk menyelamatkan timnya.

Setibanya di Roma, Dom malah diburu oleh Agent Aimes. Jakob, yang masih diperankan John Cena, berada di Los Angeles guna menyelamatkan Little B dan Mia lalu membawa mereka ke lokasi rahasia untuk menunggu Dom.

Dom sendiri mendapat informasi bahwa Dante Reyes tengah berada di Rio de Janeiro. Pertarungan antara mereka terjadi dan untungnya Dom mendapat bantuan dari Agent Aimes setelah sempat salah paham.

Ketika Dom terpojok, Jakob mengorbankan dirinya untuk menghabisi tentara bayaran Dante. Belakangan terungkap kalau Agent Aimes adalah agen ganda yang bekerja untuk Dante.

6. Blockers

Blockers

American sex comedy film berjudul Blockers (2018) adalah film John Cena karya sutradara Kay Cannon dalam debut penyutradaraannya. Film ini bercerita tentang para orang tua yang mencoba menghentikan putri mereka dari kehilangan keperawanan pada malam prom.

Semua bermula ketika Julie bercerita tentang rencana ‘gilanya’ pada dua orang temannya, Kayla dan Sam. Julie berencana melepas keperawanan untuk kekasihnya, Austin, di pesta dansa yang akan datang.

Rencana Julie membuat Kayla dan Sam tertarik untuk mengikutinya. Namun, rencana mereka diketahui oleh Hunter, ayah Sam. Ibu Julie yang seorang single parents, Lisa, berusaha menghentikan hal itu, begitu pula dengan Mitchell, ayah Kayla yang diperankan John Cena.

Hunter, Lisa, dan Mitchell bergegas menuju rumah Austin, tetapi tidak menemukan apa pun di sana. Kedua orangtua Austin menolak memberikan alamat pesta yang sebenarnya.

Mitchell kemudian merasa bahwa istrinya, Marcie, tahu mengenai alamat tersebut. Berbeda dengan Mitchell, Marcie tidak keberatan dengan rencana putrinya, walau begitu Mitchell tetap pada pendiriannya

Pada akhirnya alasan dari setiap orang tua mengapa mereka tidak mengizinkan putri-putri melakukan hubungan badan pun terungkap. Setiap orangtua punya alasan sendiri, mulai dari penyangkalan bahwa putrinya sudah tumbuh dewasa, sampai kesulitan seorang ibu tunggal ‘melepas’ putri satu-satunya untuk berkuliah di tempat jauh, yang tidak sesuai dengan kehendaknya.

7. Daddy's Home 2

Daddy's Home 2

Daddy's Home 2 (2017) adalah American Christmas buddy comedy film yang disutradarai oleh Sean Anders. Ceritanya merupakan sequel dari Daddy's Home (2015).

Film ini dibuka dengan kebahagiaan Brad dan Dusty menjadi orang tua bagi kedua anak Dusty, Megan dan Dylan. Dusty sendiri telah menikah dengan Karen dan menjadi ayah tiri bagi Adrianna, putri Karen dan Roger yang diperankan John Cena.

Mereka kemudian memutuskan untuk merayakan Natal bersama. Ayah Dusty yang bernama Kurt dan ayah Brad, Don, turut merayakan Natal bersama. Megan dan Dylan menyambut Don dengan pelukan hangat, sementara Kurt hanya bisa iri. Pria paruh baya itu pun lantas menyewa sebuah kabin besar untuk menampung mereka selama liburan.

Tak berhenti di sana, Kurt ternyata ikut campur atas pola pengasuhan Brad dan Dusty. Akibat hal itu bapak anak tersebut sempat terlibat perselisihan.

Liburan mereka selama Natal pun diramaikan dengan banyak kejadian. Selain pertengkaran Kurt dan Dusty, ada juga Dylan yang menyukai gadis yang tinggal di kabin sebelah dan kejadian lain yang tak terlupakan.

8. Sisters

Sisters

Film John Cena berikutnya, berjudul Sisters (2015) adalah film komedi yang disutradarai oleh Jason Moore. Ceritanya berputar pada sosok Maura Ellis, seorang perawat yang baru saja bercerai, yang diminta oleh orang tuanya, Deana dan Bucky, untuk kembali ke rumah masa kecilnya di Orlando.

Bukan hanya itu saja, Maura juga harus membersihkan kamar tidurnya sebelum rumah tersebut dijual. Orang tuanya juga meminta agar Maura memberi tahu saudara perempuannya, Kate, untuk tinggal bersama.

Kakak beradik itu kemudian menemukan bahwa rumah masa kecil mereka telah terjual dan semua kamar sudah dikosongkan, kecuali kamar mereka. Sebagai perpisahan, Kate mengajak Maura mengadakan pesta di rumah itu.

Kate dan Maura pun mengundang beberapa teman dan berbelanja untuk persiapan pesta. Putri remaja Kate yang bernama Haley juga berencana datang. Dua kakak beradik itu juga mengundang pengedar narkoba, Pazuzu, yang diperankan John Cena, untuk memeriahkan pesta.

Kegilaan pesta pun semakin tidak terkendali; dua kakak beradik itu seolah lupa bahwa rumah tersebut sudah milik orang lain.

9. The Wall

The Wall

The Wall (2017) merupakan film thriller perang yang disutradarai oleh Doug Liman. Ceritanya ditulis oleh Dwain Worrell. Film ini mengisahkan dua tentara Amerika yang terjebak oleh penembak jitu Irak.

Pada akhir Perang Irak, Sersan Staf AD Amerika Serikat, Shane Matthews yang diperankan John Cena, dan Sersan Allen Ishak, ditugaskan ke 51st ODA. Mereka dikirim untuk menyelidiki sebuah lokasi konstruksi pipa di gurun pasir.

Di sana para kontraktor dan petugas keamanan telah menjadi korban dari penembak jitu. Shane dan Allen melakukan pengawasan selama 22 jam sebelum menentukan bahwa lokasi tersebut cukup aman. Saat Shane hendak melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai lokasi itu, dia ditembak.

Shane yang seorang penembak jitu, ditembak oleh penembak jitu Irak yang dijuluki Juba. Allen berusaha menyelamatkan Shane yang sekarat, tetapi kondisinya sangat menyulitkan.

Penembak jitu Irak tersebut ternyata memiliki radio yang disetel ke saluran Amerika. Dia menggunakan itu, berpura-pura menjadi tentara sekutu untuk berkomunikasi dengan Allen. Penipuan itu memungkinkannya untuk mendapat berbagai info.

Allen terus berusaha meminta bantuan ke markas, hingga akhirnya dia mengetahui kalau penembak jitu atau Juba melakukan tipu muslihat untuk memancing pasukan tanggap darurat yang lain. Harapan muncul ketika Allen mengetahui Shane kembali sadar dan sekuat tenaga berusaha membantunya. Akankah mereka selamat?

10. Vacation Friends

Vacation Friends

John Cena kembali bermain dalam film American buddy comedy film, tapi kali ini disutradarai oleh Clay Tarver. Berjudul Vacation Friends (2021), film ini bercerita tentang Marcus dan Emily, sepasang kekasih yang tengah berlibur ke Meksiko. Markus yang berencana melamar, harus rela ketika semuanya berantakan karena kamar mereka kebanjiran.

Tak ingin menunda lagi, Marcus melamar Emily di lobi hotel. Kejadian itu disaksikan oleh Ron yang diperankan John Cena dan Kyla. Dua orang itu pun mengundang Marcus dan Emily menginap di kamar mewah mereka. Keempatnya menghabiskan liburan bersama dan dalam keadaan mabuk, Marcus sempat sadar bahwa dirinya berhubungan seks dengan Kyla.

Marcus segera meninggalkan mereka dan mengajak Emily yang tak ingat apa-apa untuk pergi. Beberapa bulan kemudian, keduanya melangsungkan pernikahan.

Sebelum upacara digelar, Ron dan Kyla berhasil menemukan lokasi pernikahan mereka dan membuat semuanya berantakan. Kyla mengungkapkan bahwa dirinya sedang hamil dan Marcus bertanggung jawab atas hal itu.

Dengan postur tubuhnya yang besar, peran John Cena tidak terbatas pada karakter-karakter kuat dalam film action saja. John beberapa kali terlibat dalam film yang cukup ringan tanpa adegan perkelahian atau tembak-tembakan; dia bahkan turut meramaikan film Barbie (2023) dan berperan sebagai Ken versi duyung. Bagaimana? Penasaran nonton aksi Cena dalam film-film yang kami rekomendasikan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram