logo web

14 Film Terbaik Keanu Reeves, Aktor Ganteng Penuh Pesona

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Keanu Reeves merupakan seorang aktor berkewarganegaraan Kanada yang lahir di Beirut, Lebanon 56 tahun silam. Keanu Reeves memulai kariernya sebagai aktor di tahun 1986 dalam film yang berjudul River’s Edge.

Selain sebagai aktor, Reeves juga mengikuti keinginannya yang lain yaitu menjadi produser musik, menggarap film, dan bermain teater. Terbukti dengan keterlibatannya dalam pentas teatrikal berjudul Hamlet. Keanu juga diketahui sebagai gitaris band Dogstar dan terlibat dalam garapan film bela diri Man of Tai Chi di tahun 2013.

Aktor yang dijuluki “The Breathtaking” ini telah membintangi berbagai genre film. Mulai dari komedi, aksi, thriller, horror, sci-fi, dan tak ketinggalan drama romantis. Berikut daftar rekomendasi film dengan Keanu Reeves sebagai bintang utamanya.

1. John Wick: Chapter 4

Film Keanu Reeves_ft_

John Wick: Chapter 4 adalah titik puncak aksi John Wick dalam meraih kebebasannya dari jeratan The High Table. Sepanjang 2 jam 49 menit, kita disuguhkan rangkaian adegan action yang tidak henti-hentinya, dan semuanya disajikan dalam kadar yang spektakuler.

Adegan baku hantam yang dipadukan dengan baku tembak jarak dekat ditampilkan lagi beserta beberapa adegan aksi inovatif lainnya.

Mungkin ini adalah film terakhir John Wick yang sudah kita kenal sejak tahun 2014 ketika dia pertama kali kembali dari masa pensiunnya karena ada pihak yang mengganggu kenyamanan hidupnya. Lalu di John Wick: Chapter 2, dia harus melunasi hutang sumpahnya kepada mafia Italia dengan melakukan tugas kotor bagi mereka.

Di John Wick: Chapter 3 – Parabellum, John Wick harus berhadapan dengan para hitman kiriman The High Table yang memburunya demi hadiah yang besar.

Dan di film John Wick: Chapter 4 ini, dia berhasil membunuh pimpinan The High Table namun harus berhadapan dengan pimpinan baru yang lebih jahat. John Wick kembali di film spin-off Ballerina tahun 2024.

2. The Matrix

The Matrix (1999)

The Matrix cukup sukses sejak pertama kali dirilis. Salah satunya karena efek visual yang digunakan cukup memukau dan terbilang baru dalam dunia perfilman di era itu. Film yang pertama kali dirilis di tahun 1999 ini kemudian dibuat sekuel dengan judul The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions di tahun 2003.

Sekuel selanjutnya, The Matrix Resurrections tayang di tahun 2021. Film ini telah meraih 4 penghargaan dalam Academy Awards yaitu sebagai Best Film Editing, Best Sound, Best Sound Effects Editing, dan Best Visual Effects.

The Matrix berkisah tentang seorang programmer handal bernama Neo. Neo dan temannya berada dalam sebuah dunia realitas buatan yang dikenal dengan nama Matrix. Di dalam dunia Matrix inilah mereka berusaha menghentikan pemberontakan terhadap manusia yang dilakukan oleh ras mesin. 

3. Speed

Speed (1994)

Speed merupakan salah satu film yang melambungkan nama Keanu Reeves di dunia perfilman Hollywood di awal kariernya.

Film bergenre thriller ini bercerita tentang sebuah bus yang dipasangi bom oleh seorang mantan polisi, Howard Payne. Howard memiliki dendam kepada para polisi karena sering diperlakukan tidak adil saat ia masih bekerja.

Bus tersebut harus secara konsisten berada pada kecepatan tinggi, karena bom akan meledak jika bus menurunkan kecepatan di bawah 50 mil per jam. Keanu Reeves berperan sebagai Jack Traven, seorang petugas kepolisian dari LAPD yang berusaha menyelamatkan para penumpang bus.

Selain Keanu Reeves, film ini juga dibintangi oleh Sandra Bullock. Sandra berperan sebagai Annie yang membantu Jack dalam misi penyelamatan tersebut. Film karya sutradara Jan De Bont ini memenangkan 2 penghargaan dalam ajang Academy Award kategori Best Sound Editing dan Best Sound Mixing di tahun 1995.

4. Parenthood

Film Keanu Reeves_Parenthood_

Film drama komedi ini mengangkat cerita keluarga Amerika yang mencoba menjadi sempurna namun tetap dipenuhi oleh masalah.

Keanu Reeves berperan sebagai Tod yang menikah di usia remaja dengan Julie. Mereka bahagia meski tidak mengutamakan pendidikan yang membuat mereka dipandang sebelah mata oleh keluarga besar. Namun, ketulusan cinta mereka bisa menanggulangi itu semua.

Di film arahan Ron Howard yang termasuk salah satu film komedi terbaik di era 1980an ini, akting Keanu Reeves remaja cukup bagus. Dia berhasil menampilkan sosok remaja yang belum memikirkan masa depan tapi mau bertanggung jawab penuh menyayangi istrinya.

5. River’s Edge

Film Keanu Reeves_River’s Edge_

Sekelompok remaja di sebuah kota kecil di California Selatan terpaksa menutupi aksi pembunuhan yang dilakukan teman mereka kepada kekasihnya. Setelah membuang mayatnya ke sungai, mereka menghadapi kebimbangan dalam hidup; antara membiarkannya saja atau menyerahkan diri kepada polisi.

Di film drama kriminal ini, Keanu Reeves berperan sebagai Matt, salah satu remaja yang turut menutupi aksi pembunuhan John. Tapi Matt tidak bisa diam saja dan melaporkan lokasi pembuangan mayat Jamie kepada polisi. Meski sempat diinterogasi, Matt hanya ditempatkan sebagai saksi.

Setelah mereka berusaha mencari cara untuk melindungi John, pada akhirnya John tewas ditembak Feck, seorang pengedar narkoba.

Film ini memiliki cerita dengan tensi yang bagus, terutama karena akting Keanu Reeves dan Crispin Glover. Roger Ebert, reviewer terkemuka, menyatakan bahwa River’s Edge adalah film terbaik yang menampilkan sebuah analisa kejahatan.

6. My Own Private Idaho

Film Keanu Reeves_My Own Private Idaho_

Mike dan Scott adalah teman lama yang bertemu lagi saat bekerja di jalanan. Mike yang sering pingsan dibawa Scott untuk bertemu dengan ibunya di Portland. Namun ternyata ibunya sedang pergi ke Italia. Mereka pun berangkat ke negara spaghetti tersebut dan menemukan fakta bahwa ibu Mike sudah pulang ke Amerika sebulan yang lalu.

Scott pulang ke Amerika dengan kekasih barunya terlebih dahulu, sementara Mike menyusul sendirian. Scott mewarisi kekayaan ayahnya yang baru saja wafat dan berhenti bekerja di jalanan. Mike tidak punya pilihan selain kembali ke jalan.

Film drama petualangan arahan Gus Van Sant ini merupakan saduran dari beberapa karya William Shakespeare. Keanu Reeves berperan sebagai Scott, sementara sahabat karibnya, River Phoenix menjadi Mike.

Performa akting mereka berdua menuai banyak pujian karena pendalaman karakternya. Kini, My Own Private Idaho sudah menyandang status cult classic, terutama bagi kalangan LGBT.

7. Bill & Ted Face the Music

Film Keanu Reeves_Bill & Ted Face the Music_

Lekat dengan statusnya sebagai bintang action, ternyata Keanu Reeves juga pernah membawakan karakter remaja yang bodoh dan konyol di film Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989).

Ted yang diperankan oleh Keanu Reeves bersama Bill mendapat tugas sejarah. Pria dari masa depan membekali mereka dengan mesin waktu berbentuk kotak telepon umum agar mereka tidak gagal dalam ujian.

Bill dan Ted kemudian menggunakan mesin waktu ini untuk membawa semua tokoh sejarah dari zaman masing-masing ke zaman modern untuk bahan presentasi di kelas. Tentu saja hal ini memunculkan kekacauan yang lucu.

Film ini memang konyol, tapi berkat akting Keanu Reeves dan Alex Winter yang menawan membuat film ini sangat layak untuk dinikmati.

Setelah mereka masuk ke neraka dan berteman dengan Grim Reaper di film sekuel Bill & Ted’s Bogus Journey (1991) yang mendapat respon tidak sebaik film pertamanya, Bill dan Ted kembali melanjutkan petualangan lebih dari 30 tahun kemudian. Film itu adalah Bill & Ted Face the Music (2020).

Di film ketiga ini, Bill dan Ted harus menulis sebuah lagu untuk menyatukan umat manusia sebelum ruang dan waktu menjadi hancur. Sialnya, mereka terjebak dalam perjalanan menembus waktu.

Untung saja Thea dan Billie, dua putri mereka, berinisiatif mengumpulkan personil band dari para tokoh musik bersejarah. Dengan kekuatan band ini, mereka akhirnya bisa menyelamatkan dunia.

8. Constantine

Constantine (2005)

Constantine berpusat pada cerita tentang seorang eksorsis atau pengusir setan bernama John Constantine. Ia tengah membantu seorang polisi wanita dalam mengungkap kebenaran atas kasus kematian saudarinya.

John membuktikan bahwa kematian saudarinya bukanlah karena bunuh diri, melainkan disebabkan oleh hal lain. Berhasilkah John mengungkapkan kasus ini?

Film Constantine dibuat berdasarkan sebuah komik DC yang berjudul Hellblazer. Film bergenre sci-fi horor ini menerima ulasan yang cukup baik dari para penontonnya, salah satunya karena plot dan visual efeknya yang mengagumkan.

9. Street Kings

Street Kings (2008)

Street Kings merupakan film bergenre thriller action karya sutradara David Ayer. Film pertama Street Kings dirilis tahun 2008, diikuti sekuelnya di tahun 2011 dengan judul Street Kings 2: Motor City. Selain Keanu Reeves, film ini juga dibintangi oleh Forest Whitaker, Hugh Laurie, Chris Evans, dan The Game.

Street Kings bercerita tentang seorang anggota polisi LAPD bernama Tom Ludlow yang sedang berduka karena kematian istrinya. Ketika berada dalam sebuah penyamaran, ia malah dituduh sebagai pembunuh salah satu rekannya di kepolisian.

Ludlow kemudian berusaha membersihkan namanya dan membuktikan bahwa ia tak bersalah atas kematian rekannya. Apakah usaha Ludlow akan membuahkan hasil?

10. Destination Wedding

Destination Wedding (2018)

Destination Wedding merupakan film drama komedi romantis yang dimainkan Keanu Reeves dengan Winona Riders sebagai pemeran wanita utamanya. Film ini berawal dari kisah dua orang yang tidak mengenal satu sama lain, Frank dan Lindsay yang bertemu di sebuah bandara.

Keduanya kemudian mengetahui bahwa mereka akan menghadiri pesta pernikahan yang sama di kota tersebut. Keduanya menghabiskan satu minggu bersama, bahkan seringkali menghindari aktivitas yang seharusnya dilakukan bersama para tamu undangan lain.

Kebersamaan ini membuat keduanya saling berbagi pendapat, pengalaman, dan cerita masa lalu masing-masing. Setelahnya, mereka merasa menemukan kecocokan dalam hubungan yang mereka jalani.

11. The Lake House

The Lake House (2006)

The Lake House merupakan film Keanu Reeves yang cukup fenomenal di tahun 2000-an. Film ini mempertemukan kembali Keanu Reeves dan Sandra Bullock setelah kerjasama yang mereka lakukan dalam Speed di tahun 1994.

The Lake House bercerita tentang seorang dokter kesepian yang tinggal di sebuah rumah yang terletak di tepi danau. Rumah ini bisa disebut aneh atau tidak biasa. Dari rumah inilah sang dokter bertukar surat dengan mantan penghuninya yakni seorang arsitek yang diperankan oleh Sandra Bullock.

Bagaimanapun mereka harus mengungkapkan sebuah misteri dibalik kisah romantis yang sedang mereka alami sebelum terlambat. Keduanya kemudian mengetahui bahwa mereka berada dalam 2 masa yang berbeda.

12. Henry’s Crime

Henry’s Crime (2010)

Henry’s Crime berkisah seputar Henry, seorang penjaga pintu tol di Buffallo, New York. Henry hidup tanpa semangat, tujuan, ataupun ambisi apapun. Ia kemudian dituduh melakukan aksi perampokan bank yang membuatnya mendekam dalam penjara.

Ketika masa hukumannya berakhir, ia malah merencanakan perampokan pada bank yang sama dengan teman satu selnya, Max. Dalam aksinya, ia mengetahui bahwa ada satu terowongan yang tak terpakai yang bisa dijadikan akses menuju bank tersebut.

Henry kemudian menjadi pemain teater untuk mendapatkan akses ke terowongan tersebut. Tanpa diduga, inilah saat-saat Henry menemukan jati diri dan tujuan hidupnya. Selanjutnya Henry jatuh cinta pada Julie, seorang pimpinan produksi di teaternya.

13. 47 Ronin

47 Ronin (2013)

47 Ronin berkisah tentang legenda dari Jepang dimana seorang anak, Kai yang berdarah campuran ditemukan oleh seorang bangsawan bernama Lord Asano di hutan ketika sedang berburu. Kai kemudian dibesarkan bersama dengan anak perempuannya, Mika dalam kastil yang mereka tinggali.

Beberapa tahun kemudian, Lord Asano mengadakan sebuah turnamen untuk menyambut Lord Kira dari Nagato. Keadaan menjadi kacau ketika Lord Asano dibacakan mantra-mantra oleh penyihir dan membuatnya tewas. Kai dan 46 Samurai lainnya kemudian merencanakan aksi balas dendam atas kematian Lord Asano.

47 ronin dipuji karena rentetan aksi dan visualnya. Walaupun demikian, film karya Carl Rinsch ini mengalami kerugian sekitar 24 juta Dollar Amerika, dan meninggalkan rapor merah bagi Universal Studios di tahun 2013.

14. Exposed

Exposed (2016)

Exposed (Daughter Of God) merupakan film bergenre thriller yang bercerita tentang seorang detektif kepolisian, Galban yang berusaha mengungkapkan kasus kematian rekannya. Dalam penyelidikan yang ia lakukan, Galban akhirnya membongkar kasus lain yang lebih kompleks.

Galban membongkar kasus yang melibatkan para polisi yang korupsi dalam departemennya. Bahkan pimpinannya pun meyakinkan Galban untuk menyerah dan tidak melanjutkan penyelidikan tersebut. Satu-satunya harapan Galban adalah seorang wanita yang bisa memberinya petunjuk.

Namun, Galban takut membahayakan wanita ini apabila ia masuk ke dalam kehidupannya. Disisi lain, wanita ini mengalami kejadian mistis yang ia percaya sebagai keajaiban. Kejadian mistis inilah yang kemudian menuntun keduanya pada kebenaran.

Demikian beberapa film yang mendapuk Keanu Reeves sebagai pemeran utamanya. Dari daftar di atas, manakah film yang pernah kamu tonton sebelumnya? Adakah film Keanu Reeves lain yang menjadi favoritmu? Beri tahu kami lewat kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram