logo web

10 Film Spionase Wanita Terbaik dengan Kisah Super Seru!

Ditulis oleh Gerryaldo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Apabila kalian mendengar nama James Bond, Ethan Hunt, atau John Smith, maka kalian bisa langsung menebak mereka siapa. Nama-nama tersebut merupakan karakter dari beberapa film dengan tema spionase yang diperankan para laki-laki super. Namun untuk para agen wanita, film-filmnya pasti kalian belum banyak tahu.

Hal ini kemungkinan besar karena, proyeksi lelaki menjadi seorang pahlawan itu sudah jadi hal umum, sedangkan wanita, tidak semua, biasanya jadi korban yang harus ditolong. Tapi kalian harus tahu juga nih, ternyata banyak juga film dengan tema spionase yang tokoh utamanya adalah seorang wanita. Berikut ini daftarnya!

1. Heart of Stone

Heart of Stone_Poster (Copy)

Sebuah sistem kecerdasan buatan bernama The Heart memiliki kekuatan yang sangat besar. Objek ini sangat dilindungi. The Charter, organisasi operasi perdamaian meminta agen internasional, Rachel Stone (Gal Gadot) untuk menjaga The Heart dari tangan musuh atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya dari seorang pedagang senjata yang berada di sebuah resor Pegunungan Alpen, Italia.

Sayang, di tengah misi penangkapan, agen MI6 lain tertangkap dan mengungkapkan identitas aslinya, hal ini membuat misi kacau balau. The Heart pun kini dalam bahaya, Rachel benar-benar harus bisa mencegahnya dicuri. Berhasilkah Rachel menjalankan misinya?

2. S.A.L.T.

S.A.L.T._Poster (Copy)

Evelyn Salt (Angelina Jolie) merupakan seorang anggota CIA. Ia bersumpah untuk setia pada negara dan menjaga kehormatannya. Namun satu waktu, Evelyn dituduh sebagai mata-mata dari Rusia, yang membuat sumpah Evelyn dipertanyakan. Evelyn yang innocent tidak terima dan hendak mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Selama proses tersebut, anggota CIA lainnya mencoba menangkap Evelyn untuk diinterogasi. Evelyn heran bagaimana bisa ada bukti-bukti yang mengarah padanya sebagai mata-mata Rusia. Menjadi buronan, Evelyn harus bisa menggunakan semua keterampilannya untuk kembali membersihkan nama baiknya.

3. Get Smart

Get Smart_Poster (Copy)

Badan intelijen Amerika, CONTROL, sedang dalam penyerangan yang dilakukan oleh anggota sindikat kriminal KAOS. Hal ini membuat pihak CONTROL harus bergerak cepat. Ditunjuklah salah satu agen bernama Maxwell Smart (Steve Carell) untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Smart tidak bekerja sendiri. Seorang veteran, Agen 99 (Anne Hathaway), pun diutus untuk bekerja sama dengannya. Namun, memiliki partner kerja seperti Smart tidak semudah yang Agen 99 bayangkan. Kelakuan konyolnya sering sekali membuat mereka ada dalam bahaya. Meski demikian, kemampuan Smart melawan KAOS harus diperhitungkan.

4. Red Sparrow

Red Sparrow_Poster (Copy)

Dominika Egorova (Jennifer Lawrence) merupakan seorang balerina profesional. Namun karirnya harus terhenti saat ia mengalami sebuah insiden kaki patah yang tidak memungkinkannya lagi untuk menjadi seorang balerina. Dalam situasi serba sulit tersebut, Dominika mengikuti sebuah instansi pendidikan yang dikenal dengan Sparrow.

Instansi tersebut ternyata merupakan sebuah dinas intelijen rahasia yang melatih anak-anak muda seusia Dominika untuk menjadi seorang agen terlatih. Agen ini nantinya diharapkan mampu menggunakan pikiran dan tubuh mereka sebagai senjata.

Belajar dengan tekun, Dominika pun kini muncul sebagai Sparrow yang paling berbahaya. Dia pun langsung diberikan misi pertama, yakni merayu seorang agen CIA yang berada di Budapest dan menguak identitas mata-mata sang agen di Moskow. Berhasilkah Dominika menyelesaikan tugasnya?

5. Charlie's Angels

Charlie's Angels_Poster (Copy)

Natalie Cook (Cameron Diaz), Dylan Sanders (Drew Barrymore) dan Alex Munday (Lucy Liu) merupakan trio penyelidik swasta yang dikenal sebagai Angels. Mereka dipekerjakan oleh seorang multi-miliuner Charlie Townsend (John Forsythe) yang super misterius. Pada satu kesempatan, Angels diminta menyelesaikan sebuah kasus.

Seorang ahli perangkat lunak jenius, Eric Knox (Sam Rockwell) hilang diculik. Angels pun segera mencari di mana keberadaan Eric. Begitu ditemukan, ternyata Angels dijebak. Eric menggunakan mereka untuk mencari tahu di mana keberadaan Charlie. Tak terima, para ‘malaikat’ itu pun melakukan aksi balas dendam.

6. Colombiana

Colombiana_Poster (Copy)

Saat kecil, seorang gadis bernama Cataleya (Zoe Saldana) mendapat trauma besar, ia menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh. Sebelum meninggal, sang ayah memberikan sebuah perangkat yang dikatakan bisa membantunya selamat. Ia pun menuruti perintah sang ayah dan tinggal bersama pamannya yang merupakan seorang gangster, Emilio (Cliff Curtis).

Begitu beranjak dewasa, Cataleya kini sudah jadi wanita kuat dan berbahaya. Ia bekerja sebagai pembunuh bayaran yang sadis bersama sang paman. Merasa sudah bisa melacak siapa pembunuh keluarganya, kini Cataleya yang menakutkan itu mengejar para pelaku dan hendak memberikan mimpi buruk di hidup mereka.

7. Miss Congeniality

Miss Congeniality_Poster (Copy)

Sebuah kontes kecantikan, Miss USA, diancam oleh pelaku teroris. Hal ini membuat FBI bergerak cepat dan meminta salah satu agen wanitanya untuk menyamar menjadi seorang pageant. Padahal, agen yang bernama Young Gracie (Sandra Bullock) jauh sekali dari tipe wanita anggun dan elegan. Sebaliknya, ia adalah wanita berbahaya.

Namun, demi totalitas pekerjaan, Gracie pun mau untuk ‘berubah’ menjadi wanita super cantik yang pas mengikuti ajang Miss USA. Selama karantina, Gracie mencoba mengorek informasi mengapa ajang tersebut mendapat ancaman serius; dan beruntung Gracie bisa menangkap sang pelaku dan pagelaran Miss USA tetap berjalan.

8. Anna

Anna_Poster (Copy)

Secara fisik, Anna (Sasha Luss) tampak seperti wanita pada umumnya. Namun, di balik semua itu, tersimpan rahasia tersembunyi tentang siapa wanita ini sebenarnya. Ia merupakan salah satu eksekutor Rusia paling mengerikan. Kini Anna bekerja sebagai agen KGB (badan intelejen Uni Soviet), tetapi ia menemukan cacat di peraturan baru perusahaannya.

Sang direktur baru, Vassiliev (Eric Godon) mengancam kebebasan Anna; peraturan ini tak seperti apa yang Anna harapkan. Ia pun berusaha membalikan keadaan dengan menjadi agen ganda untuk CIA, guna mendapatkan informasi lebih tentang Vassiliev dan hendak mengeksekusinya. Tak mau tertangkap, Anna pun memalsukan kematiannya. Apakah rencana Anna berhasil?

9. The Spy Who Dumped Me

The Spy Who Dumped Me_Poster (Copy)

Audrey (Mila Kunis) dan Morgan (Kate McKinnon) merupakan sepasang sahabat. Satu kali, kekasih Audrey, Drew (Justin Theroux), tiba-tiba saja memutuskan Audrey tanpa sebab. Tak terima, Audrey dan Morgan pun mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Mereka berdua kaget setelah tahu identitas Drew yang sebenarnya.

Drew ternyata merupakan seorang agen CIA yang tengah dalam misi berbahaya. Pada suatu malam, Drew memberikan sebuah piala miliknya kepada Audrey dan mengatakan bahwa piala tersebut berisi sesuatu yang sangat penting. Drew harus pergi ke Wina dan menyerahkan piala tersebut pada seseorang dengan code name Verne.

Sayangnya, tak lama, seorang pembunuh datang dan menembaki Drew hingga tewas. Kini, piala tersebut ada di tangan Audrey. Bersama Morgan, keduanya harus menggantikan posisi Drew dan pergi ke Wina demi menyelesaikan misi sekaligus menyelamatkan diri dari kejaran pihak yang juga menginginkan piala tersebut.

10. D.E.B.S.

D.E.B.S._Poster (Copy)

D.E.B.S. (Discipline, Energy, Beauty and Strength) merupakan sebuah akademi paramiliter klandestin yang sedang merekrut anggota baru. Dari sekian kandidat, didapat 4 orang yang terdiri dari Max (Meagan Good), Janet (Jill Ritchie), Dominique (Devon Aoki) dan Amy (Sara Foster), yang dinilai memiliki bakat cukup kuat.

Mereka pun mendapat tugas pertama yakni memata-matai seorang penjahat super terkenal bernama Lucy Diamond (Jordana Brewster). Lucy dikenal karena operasi kriminalnya, pencurian, hingga upaya untuk menenggelamkan benua Australia.

Bisakah keempat anggota baru D.E.B.S ini saling bantu untuk menangkap Lucy, ketika di saat yang bersamaan Lucy mencoba menggoda Amy, bahkan berhasil membuat ketua tim D.E.B.S tersebut jatuh hati?

Jelas sekali kalau wanita juga bisa bertarung, bukan? Tak hanya saling lempar sepatu tinggi, para wanita di dalam film ini bahkan lihai menggunakan senjata api, senjata tajam, memiliki ilmu bela diri setara judo ban hitam, namun di sisi lain, mereka juga bisa jadi super anggun.

Nah, keseruan kisah mereka sebagai agen espionase bisa kamu saksikan dalam rekomendasi film di atas. Dijamin, kamu bakal melongo ketika melihat betapa lihainya para wanita ini dalam menjalankan misi mereka. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram