logo web

10 Serial Terbaik tentang Agen Rahasia yang Menegangkan

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Agen rahasia adalah profesi paling misterius di muka bumi. Mereka bertugas memata-matai atau beraksi tanpa diketahui oleh banyak pihak, kecuali oleh organisasi tempatnya bernaung. Identitas mereka seringkali berubah, sesuai dengan lokasi dan misi yang dijalani.

Gambaran umum tentang sosok agen rahasia terlalu lekat dengan karakter agen fiktif MI6, James Bond. Gaya flamboyan dengan pakaian yang selalu rapi dan senjata unik yang mematikan, seolah menjadi tolok ukur agen rahasia sejati. Padahal sebenarnya tidak selalu seperti itu.

Pada kenyataannya, ada agen yang selama bertahun-tahun menutupi identitasnya saat memata-matai sebuah organisasi kejahatan. Bahkan mereka pun ikut melakukan kejahatan agar semakin dipercaya oleh rekan-rekan dan pimpinannya. Tidak segan-segan mereka melakukan pemukulan hingga pembunuhan hanya untuk menutupi penyamarannya.

Sosok agen rahasia sudah sangat sering ditampilkan di dalam film dan serial TV. Sejak era 1960an, serial dengan tema spionase menjamur di berbagai stasiun TV, antara lain Mission: Impossible, The Man from U.N.C.L.E. dan I Spy adalah yang terbaik. Penonton selalu tertarik dengan serial seperti ini dan ratingnya selalu bagus, sehingga terus diproduksi.

Mungkin terlalu sulit bagi kita untuk mencari serial lawas tentang spionase seperti yang disebutkan tadi, tapi 10 serial berikut ini bisa kalian simak di banyak platform streaming yang sudah banyak tersedia sekarang ini. Mau tahu serial apa sajakah itu? Langsung disimak saja artikelnya, ya!

Baca juga: 10 Serial Action Terbaik yang Seru dan Wajib Ditonton

1. The Americans

The Americans

Di era pemerintahan Ronald Reagan, dua agen KGB menyusup ke Amerika dan menyamar sebagai sebuah keluarga yang tinggal di pinggiran kota Washington.

Mereka bertugas melakukan berbagai sabotase dan mengambil rahasia Amerika untuk Uni Soviet. Philip dan Elizabeth semakin lama memiliki tali cinta yang kuat namun seringkali terguncang karena tugas mereka yang berbahaya.

Dalam pernikahan ini, mereka memiliki dua anak, Paige dan Henry, yang tumbuh layaknya anak Amerika pada umumnya. Situasi semakin menegangkan karena tetangga baru mereka adalah agen FBI yang bertugas untuk menangkal aksi intelijen Uni Soviet.

Serial drama spionase ini memiliki tensi yang tinggi dan tertata dengan baik selama penayangan 6 season di channel FX. Chemistry Matthew Rhys dan Keri Russell sangat padu dan meyakinkan sehingga perasaan kita berhasil dibawa setiap kali mereka mengalami masalah.

Di Emmy Awards dan Golden Globe Awards serial ini berjaya dan seluruh season-nya mendapat cap certified fresh. Worth watching!

2. Person of Interest

Person of Interest

Mantan agen CIA John Reese dan milyarder jenius Harold Finch bekerja sama untuk memerangi kejahatan menggunakan teknologi komputer pintar.

Diciptakan oleh Harold, program ini mengenali pola dari individu tertentu yang menjadi target mereka dengan maksud menghentikan kejahatan sebelum terjadi. Dalam teknis lapangannya, skill intelijen John sangat berguna untuk membekuk target.

Dalam beberapa misi seterusnya, mereka dibantu oleh teman-teman kepercayaan John, seperti polisi New York Joss Carter, detektif Lionel Fusco, peretas jenius Samantha Groves dan mantan marinir Sameen Shaw. Program yang mereka gunakan pun terus berkembang hingga bisa menentukan pola sendiri dan berkomunikasi dengan mereka tanpa harus dioperasikan.

Serial drama kriminal dengan sentuhan sci-fi ini adalah karya Jonathan Nolan yang dikenal sangat apik dalam menulis naskah. Didukung produser J.J. Abrams yang sukses dengan serial Alias, nuansa spionase cukup kentara lewat tokoh utamanya yang merupakan mantan agen CIA. Dibintangi Jim Caviezel, Taraji P. Henson dan Sarah Shahi, serial ini tayang di CBS selama 5 season dengan kualitas yang solid.

3. Chuck

Chuck

Chuck adalah karyawan supermarket yang pintar di bidang komputer namun kurang motivasi dalam hidup karena gagal di perkuliahan. Tapi sejak dia menerima e-mail dari temannya, Bryce, yang menjadi agen CIA, hidupnya berubah seketika.

Karena membuka e-mail berupa pesan acak itu, otak Chuck berisi semua data milik CIA dan NSA yang membuatnya diburu oleh para penjahat yang membutuhkannya.

Untuk itu, CIA dan NSA mengirim agen masing-masing untuk melindungi Chuck sambil menyelesaikan tugas rahasia mereka. Karena terlibat berbagai aksi spionase bersama John dan Sarah, Chuck memiliki banyak keterampilan baru yang biasa dipunyai seorang agen rahasia.

Chuck berhasil menggabungkan komedi tempat kerja dengan action spionase yang menegangkan. Hasilnya adalah sebuah serial yang lucu, penuh adegan dinamis dan jalan cerita yang apik.

Semua elemen tersaji lengkap bahkan hingga ke kisah cinta tarik-ulur antara Chuck dan Sarah. Meski sudah terasa lawas, bagi yang belum menontonnya, kalian wajib menyaksikan serial ini.

4. The Blacklist

The Blacklist

Mantan agen rahasia Raymond Reddington yang menghilang bertahun lamanya menyerahkan diri dan mau bekerja sama dengan FBI. Tapi syaratnya, dia hanya mau berkomunikasi dengan agen Elizabeth Keen yang baru saja direkrut dari akademi. Mereka beraksi meringkus para tokoh kriminal dari kalangan mafia, mata-mata, dan teroris dengan metode yang tidak biasa.

Serial crime thriller ini menampilkan perburuan tokoh kriminal di setiap episodenya yang berlangsung dengan intens dan seru. Alasan kenapa Red hanya mau berkomunikasi dengan agen Keen tetap disimpan dengan baik sehingga selalu menumpuk pertanyaan yang semakin banyak dan penuh spekulasi.

The Blacklist tayang selama 10 season di NBC dan selalu bertahan di posisi teratas acara TV terbaik berkat performa akting kharismatik James Spader yang memerankan karakter Raymond Reddington.

Serial ini memiliki konsep aksi prosedural FBI yang digabungkan dengan permainan psikologis seperti yang dilakukan Hannibal Lecter di film The Silence of the Lambs (1991).

5. Homeland

Homeland

Ketika seorang marinir, Sersan Brody, ditemukan dan kembali ke Amerika setelah 8 tahun dalam sekapan Al-Qaeda, semua menyambut dengan sukacita kecuali agen CIA Carrie Mathison. Dia menduga Brody sudah membelot dan bermaksud menebar teror di Amerika.

Demi membuktikan teorinya ini, Carrie melakukan penyelidikan yang rumit dan menyebabkan keamanan negara dalam bahaya. Sempat keluar dari CIA dan menjadi agen swasta di Beirut, Carrie menemukan fakta bahwa Brody hanya dijadikan kambing hitam dalam rencana Al-Qaeda menebar teror di Amerika.

Carrie yang jatuh cinta pada Brody kemudian mengantarnya ke luar Amerika saat terjadi bom maut yang memakan banyak korban dan video pernyataannya yang direkam oleh Al-Qaeda disebar ke media.

Meski sudah berjuang dari dalam CIA, Carrie tidak bisa menyelamatkan Brody dari hukuman mati saat dia tertangkap di Iran oleh Al-Qaeda. Carrie kemudian ditugaskan di berbagai wilayah di Arab demi memburu aksi teroris dari kelompok Taliban.

Selepas dari CIA, Carrie kemudian bekerja sebagai konsultan keamanan di Berlin dan mendapat ancaman dari teroris jihadis Suriah yang ada di kota itu. Kembali ke Amerika, Carrie berada di yayasan yang membantu warga Muslim di Amerika.

Ternyata Carrie menemukan sebuah konspirasi untuk membunuh Presiden Amerika terpilih. Setelah menyelesaikan tugasnya di Gedung Putih, Carrie tinggal bersama keluarganya di Washington. Namun ketika terjadi insiden, naluri spionase Carrie muncul dan menyelidikinya yang ternyata berhubungan dengan Rusia.

Setelah dibebaskan dari penjara Rusia, Carrie masuk ke dalam pusaran konflik antar negara yang bisa memicu Perang Dunia III. Dengan segala keahlian yang dia punya, sembari menyembuhkan bipolar disorder-nya, Carrie akhirnya bisa menghentikan ancaman tersebut. Setelah semua tugasnya usai, Carrie dan keluarganya kini tinggal di Rusia dengan damai.

Serial espionage thriller ini adalah salah satu serial yang wajib untuk ditonton. Selain penuh intrik dan konflik tersembunyi, jalinan cerita dan pendalaman karakternya sungguh apik. Tayang di channel Showtime, kualitas serial yang dibintangi Claire Danes ini tidak pernah menurun. Dan season finale-nya ditutup dengan sempurna.

6. Burn Notice

Burn Notice

Saat menjalani tugas di Nigeria, Michael Westen mendapat “burn notice” yang artinya dia dipecat dari CIA dan terputus dari segala macam koneksi spionasenya selama ini, seperti riwayat pekerjaan, rekan dan kolega, hingga gaji dan rekening tabungannya. Dia berhasil kembali ke Amerika dan tinggal di Miami.

Michael masih penasaran siapa yang membuatnya menjadi seperti ini dan apa alasannya. Tapi untuk melakukan investigasi, dia membutuhkan biaya yang besar.

Michael lalu membuka praktik detektif swasta yang menangani berbagai masalah kliennya, dari masalah penipuan, hingga berurusan dengan mafia. Dia dibantu oleh dua teman lamanya sesama mantan agen rahasia.

Burn Notice yang tayang di channel US Network ini memiliki selera humor yang bagus dan nilai produksi yang apik sehingga bisa secara konstan menghibur penonton selama 7 season. Kita akan dibuat simpati dengan karakter utamanya yang bersusah payah bekerja sambil melakukan penyelidikan di setiap episodenya.

7. Alias

Alias

Sydney Bristow mengetahui bahwa keluarganya memiliki sejarah terikat dengan pekerjaan di dunia spionase. Oleh karena itulah dia setuju menjadi agen rahasia internasional bagi CIA saat masih duduk di bangku kuliah. Sydney harus menjaga dengan ketat kerahasiaan profesinya ini dari kehidupan normal, juga cintanya.

Namun ternyata Sydney menemukan fakta bahwa divisi SD-6 yang menaunginya bukanlah bagian dari CIA. Maka dia menawarkan diri untuk menjadi agen CIA yang asli demi bisa meruntuhkan SD-6 dari dalam. Keterkejutannya tidak hanya sampai disini. Ternyata ayahnya dahulu juga adalah agen ganda bagi CIA dan SD-6, sama seperti dirinya kini.

Alias adalah serial action thriller yang memiliki adegan aksi mempesona, naskah yang bagus, dan karakter yang realistis. Kita dibuat merasa terlibat dengan usaha Sydney dalam menutupi identitas rahasianya sebagai agen ganda dan caranya menghancurkan SD-6 dari dalam. Serial ini mengorbitkan nama Jennifer Garner yang menjadi pemeran utamanya dan J.J. Abrams yang menjadi kreator serialnya.

8. Killing Eve

Killing Eve

Agen MI5 yang sedang bosan, Eve, berbuat ulah yang membuatnya dipecat. Dia kemudian menjadi agen MI6 dan ditugaskan memburu Villanelle, seorang pembunuh bayaran bertaraf internasional yang sadis.

Ketika mereka bertemu, terjadi kejar-kejaran yang seru dan permainan psikologis juga. Namun, ketika mereka terlibat semakin dalam, Eve dan Villanelle menjadi teman dekat.

Mereka menjalani tugas masing-masing, Villanelle membunuh untuk The Twelve dan Eve menyelesaikan kasus pembunuhan yang dilakukan The Twelve. Dan ketika ada pembunuh bayaran baru yang memburu mereka, Eve dan Villanelle harus menyelamatkan diri dan melupakan tugas masing-masing.

Sempat berpisah dalam waktu yang cukup lama, Villanelle kembali beraksi setelah didatangi oleh mentornya dan Eve juga mulai menyelidiki kasus pembunuhan yang dilakukan oleh The Twelve secara mandiri. Akhirnya mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menghancurkan The Twelve.

Serial spy thriller yang tayang di BBC selama 4 season ini menampilkan performa akting terbaik dari Sandra Oh dan Jodie Comer. Memiliki selera humor yang bagus dan naskah yang apik, serial ini juga memiliki adegan aksi yang cukup seru serta banyak twist yang mengejutkan.

9. Jack Ryan

Jack Ryan

Jack Ryan adalah karakter agen CIA fiktif yang sangat populer. Hadir pertama kali dalam rangkaian novel karya Tom Clancy, analis CIA ini kemudian merambah ke layar lebar. Di dalam film, tercatat sudah empat aktor yang pernah berperan sebagai Jack Ryan. Mereka adalah Alec Baldwin, Harrison Ford, Ben Affleck dan Chris Pine.

Serial action thriller dengan latar belakang politik ini adalah aksi terbaru Jack Ryan yang diperankan oleh John Krasinski. Tidak berdasarkan alur cerita novelnya, serial ini memiliki adegan action yang cukup spektakuler. Maklum saja, salah satu produsernya adalah Michael Bay, sutradara spesialis film action.

Menceritakan karir Jack Ryan di CIA dari awal, ketika dia direkrut saat masih menjadi marinir. Dia memiliki keahlian untuk membaca pola pergerakan teroris dan tidak segan untuk turun ke lapangan menghentikan rencana jahat mereka.

Namun hidupnya berada dalam bahaya ketika dia terjebak dalam konspirasi politik yang membuatnya menjadi buronan pemerintah Amerika sendiri.

Sudah tiga season serial ini tayang di Prime Video dengan kualitas yang lumayan bagus. Season perdananya begitu menggebrak yang tidak bisa disaingi oleh dua season selanjutnya. Direncanakan ditutup di season 4, Jack Ryan termasuk serial yang paling banyak ditonton di platform streaming milik Amazon tersebut.

10. The Night Agent

The Night Agent

Agen FBI Peter Sutherland direkrut ke program Night Agent setelah aksi heroiknya menyelamatkan banyak warga dari ledakan bom. Dia mendapat tugas melindungi mantan direktur sebuah perusahaan cybersecurity, Rose Larkin, dari ancaman pembunuhan.

Peter tidak menduga jika dia terseret ke dalam konspirasi politik dan pengkhianatan yang berasal dari oknum yang duduk di kursi pemerintahan.

Serial action thriller adaptasi novel karya Matthew Quirk ini memang memiliki pola aksi yang rutin kita saksikan di serial dan film sejenis. Deretan pemerannya pun tidak menghadirkan nama yang mentereng. Namun ternyata banyak penonton Netflix yang menyukainya dan membuat serial ini berlanjut ke season selanjutnya.

Itulah 10 serial yang menghadirkan kisah tentang agen rahasia. Aksi para agen dari CIA, FBI, serta KGB dan beberapa institusi fiktif lainnya ini mampu menghiasi waktu kita yang senggang dengan efektif.

Tentu saja adegan action adalah hal utama yang kita cari, namun performa akting pemerannya serta naskah yang apik melengkapi elemen serialnya sehingga membuat kita betah menikmatinya.

Sudah pasti seru dan dipenuhi ketegangan, deretan serial di atas adalah pilihan terbaik yang tidak akan pernah membuat kalian menyesal setelah menontonnya. Jadi, jangan tunggu lebih lama lagi, langsung tonton seluruh episodenya di platform streaming favorit kalian, ya! Selamat menyaksikan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram