logo web

10 Film Terbaik yang Disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu

Ditulis oleh Suci Maharani R

Berbicara soal film, rasanya tidak lengkap jika kita tidak menyinggung soal kinerja dari para sutradara. Belakangan ini, ada satu sutradara wanita yang kembali mencuri perhatian banyak penonton Indonesia lho.

Inilah Hadrah Daeng Ratu, sutradara wanita asli Indonesia yang berhasil membawa pulang piala di ajang Festival Film Indonesia tahun 2009.

Sudah banyak film layar lebar yang ia sutradarai dan memiliki genre yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Makmum (2019) yang berhasil membuat banyak penonton ketakutan dan terbawa mimpi selama berhari-hari.

Hadrah Daeng Ratu

Di tahun 2022, Hadrah Daeng Ratu juga merilis film berjudul Until Tomorrow (2022) yang kisahnya diadaptasi dari kejadian nyata dari pasangan asal Baubau.

Seperti yang sudah kami singgung, Hadrah Daeng Ratu sebenarnya telah menyutradarai banyak film. Bagi kamu yang ingin tahu film apa saja yang sudah disutradarainya. Kamu bisa mencari tahu informasi lebih lengkapnya, hanya di bawah ini.

1. Until Tomorrow

Until Tomorrow

Until Tomorrow (2022) menjadi salah satu film yang sangat dinantikan oleh para penonton Indonesia. Pasalnya, film ini akan mengadaptasi ceritanya dari kisah hidup pasangan suami istri asal Baubau. Kisah keduanya yang sangat inspiratif dan mengharukan, membuat Hadrah Daeng Ratu membawa kisah mereka ke layar lebar.

Film ini akan dibintangi oleh Deva Mahenra dan Clara Bernadeth sebagai pemeran utamanya. Adapun filmnya mengisahkan mengenai perjuangan Haka untuk terus menemani sang kekasih Sarah.

Ia dengan setia mencari berbagai cara untuk menyembuhkan kanker yang diderita Sarah. Hingga, Haka tetap menikahi Sarah meski bahtera ini hanya mereka lewati selama beberapa jam saja.

2. Makmum

Makmum

Beralih ke film horor, siapa sih yang tidak mengenal film yang ditakuti oleh banyak orang di Indonesia? Inilah Makmum (2019), film horor yang diproduksi oleh Blue Water Films dan Dee Company.

Sementara untuk jajaran pemerannya, film ini dibintangi oleh Titi Kamal, Ali Syakieb hingga Tissa Biani. Film satu ini, bisa dikatakan sebagai film horor paling sukses yang pernah digarap oleh Hadrah Daeng Ratu.

Adapun Makmum (2019) mengisahkan sosok gaib yang kerap disebut “Makmum” oleh para penghuni di asrama sebuah pesantren. Siapa sangka, sosok hantu ini malah mengganggu Rini yang kembali ke pesantren sesuai keinginan Bu Kinanti.

Teror “Makmum” di pesantren ini membuat banyak anak ketakutan. Bahkan, Rini tidak menyadari bahwa nyawanya terancam jika terus berada di sana.

3. Merindu Cahaya de Amstel

Merindu Cahaya de Amstel

Beralih ke film religi, kali ini Hadrah Daeng Ratu akan menyutradarai film berjudul Merindu Cahaya de Amstel (2022).

Film original MAXstream ini menjadi salah satu film yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Pasalnya, film yang dibintangi oleh Rachel Amanda, Amanda Rawles dan Bryan Domani ini memiliki premis dan kisah yang inspiratif.

Adapun filmnya mengisahkan mengenai perjalan hidup Marien Veenhoven yang memilih untuk menjadi seorang mualaf. Gadis Belanda ini memutuskan untuk mengubah namanya jadi Khadija dan menekuni berbagai ajaran Islam.

Sosok Khadija ini membuat seorang jurnalis bernama Nicholas van Dijk penasaran padanya. Apalagi, sosok Khadija ini membuat Nicholas bernostalgia dengan sosok ibunya.

4. A Perfect Fit

A Perfect Fit

A Perfect Fit (2021) adalah film original Netflix Indonesia pertama yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu. Film bergenre romcom ini akan dibintangi oleh Nadya Arina dan Refal Hady sebagai pemeran utamanya.

Sementara untuk kisahnya, film ini menceritakan bagaimana sebuah sepatu bisa membawa pemiliknya kepada pasangan yang ditakdirkan.

Semua ini berawal ketika Saski membeli sebuah sepatu di toko milik Rio. Siapa sangka, sepatu ini terus saja membawa Saski masuk kedalam hidup Rio.

Tapi mereka sadar, bahwa tidak mungkin hubungan ini berjalan karena keduanya sudah menyetujui perjodohan yang direncanakan keluarga. Kalau sudah begini, apakah ini adalah pertanda kalau Saski dan Rio tidak akan pernah berjodoh.

5. Super Didi

Super Didi

Super Didi (2016) adalah film keluarga yang menunjukkan bagaimana susahnya mengurus keluarga tanpa kehadiran seorang istri.

Film yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu ini, akan dibintangi oleh sederet selebriti ternama Indonesia. Mulai dari  Vino G. Bastian, Karina Nadila, Mathias Muchus, Ira Maya Sopha, Mike Lucock hingga aktor tampan Bayu Oktara.

Adapun filmnya mengisahkan seorang arsitek muda yang harus mengurus kedua putrinya sendirian. Bayangkan saja, Raka harus mengurus kedua putrinya selama dua minggu, karena sang istri harus pergi ke luar negeri.

Berpikir semua ini hanyalah tugas kecil. Kenyataannya, Raka malah kesulitan mengurus kedua putrinya dan mengatur pekerjaannya secara bersamaan.

6. Mars Met Venus

Mars Met Venus

Mars Met Venus (2017-2020) adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu. Sebenarnya, film ini terbagi dalam tiga bagian.

Film pertama dan keduanya dirilis pada tahun 2017, sedangkan film terakhirnya dirilis pada tahun 2020. Tapi untuk jajaran pemerannya, film ini masih dibintangi oleh Ge Pamungkas dan Pamela Bowie.

Adapun film ini mengisahkan Kelvin dan Mila yang sudah lama berpacaran. Keduanya kerap membagikan kisah asmara mereka lewat vlog manis.

Tapi karena vlog juga, rencana pernikahan antara Kelvin dan Mila terancam gagal. Mereka selalu saja memiliki pemikiran yang berbeda dan hal ini membuat keduanya terlibat dalam banyak kesalahpahaman.

7. Jaga Pocong

Jaga Pocong

Kembali menyutradarai film bergenre horor, kali ini Hadrah Daeng Ratu didapuk sebagai sutradara dalam film berjudul Jaga Pocong (2018).

Film yang digarap oleh Spectrum Film ini memang tidak sesukses film-film yang pernah ia garap. Namun, film yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Zack Lee ini menjadi salah satu film yang cukup direkomendasikan.

Jaga Pocong (2018) sendiri mengisahkan mengenai seorang suster bernama Mila yang diminta untuk merawat seorang pasien. Nahas, sebelum Mila datang pasien itu telah meninggal dunia.

Pada awalnya semua terlihat baik-baik saja, hingga Mila sadar bahwa dirinya terjebak di dunia roh. Lebih parahnya lagi, pocong dari pasien yang seharusnya ia jaga terus mengejar dan menginginkan nyawanya.

8. #MalamJumat the Movie

MalamJumat the Movie

#MalamJumat the Movie (2019) adalah film horor dan thriller yang bakalan bikin kamu merasa deg-degan. Pasalnya, film garapan Hadrah Daeng Ratu ini akan menyuguhkan alur yang bikin penonton merinding dan dipenuhi misteri.

Uniknya, film ini akan dibintangi oleh Ewing HD, yaitu salah satu YouTuber yang khas banget dengan konten-konten horor.

Selain itu, beberapa selebriti muda seperti Zoe Abbas Jackson, Dhea Annisa, Randy Pangalila, Ade Firman Hakim dan Sonia Alyssa juga akan bergabung dalam film ini.

Adapun filmnya mengisahkan keinginan Ewing HD untuk merasakan pengalaman baru untuk para subscriber-nya. Ia mengajak beberapa fans beruntung ke Wonder Park dan merasakan sendiri sensasi horor yang berakhir mengenaskan.

9. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu MatiSumber: Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu Mati (2020) menjadi film horor lainnya yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu.

Film satu ini, akan dibintangi oleh Natasha Wilona, Ria Ricis hingga Al Ghazali sebagai pemeran utamanya. Sedangkan untuk alur ceritanya, film ini mengisahkan pengalaman mati suri yang pernah dialami oleh seorang siswi SMA bernama Siena.

Sejak saat itu, Siena memiliki kemampuan untuk melihat tanda-tanda jika seseorang sudah dekat dengan ajalnya. Hal ini membuat Siena sangat ketakutan dan tidak mau membuka dirinya pada orang lain.

Sayangnya, sahabat-sahabat Siena tidak pernah percaya dengan kemampuannya ini. Kekhawatiran Siena memuncak, ketika ia melihat ada roh yang ingin menjemput Brama menuju ke kematiannya.

10. Heart Beat

Heart Beat

Heartbeat (2015) adalah sebuah film komedi lainnya yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu. Film yang diproduksi My Pix Production ini akan dibintangi oleh deretan selebriti muda.

Mulai dari Febby Rastanty, Sivia Azizah, Ify Alyssa, Agatha Pricilla, Brandon Salim, Arbani Yasiz hingga Umay Shahab akan didapuk sebagai pemeran utamanya.

Adapun film ini mengisahkan persahabatan empat gadis muda yang tidak sengaja berkuliah di kampus yang sama. Sama-sama menyukai musik, keempat gadis ini membuat sebuah grup paduan suara bersama-sama. Sayangnya, ada banyak masalah mulai dari keluarga hingga cinta yang bikin grup mereka terancam bubar begitu saja.

Hadrah Daeng Ratu adalah salah satu sutradara perempuan yang berhasil unjuk kemampuan ketika industry film Indonesia didominasi sutradara pria. Film-film garapannya memiliki ciri khas yang tersendiri, yaitu simpel namun memiliki makna-makna tersembunyi.

Dari beberapa film di atas, kira-kira film mana saja nih yang bikin kamu penasaran?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram