logo web

10 Film & Series Terbaik Karya Sutradara Kaew Chatkaew Susiwa

Ditulis oleh Syuri K.N.

Kalau di Indonesia sepertinya jumlah sutradara perempuan masih lebih sedikit ketimbang laki-laki. Berbeda dengan Thailand, yang sutradara wanitanya ada banyak. Ada Kaew Chatkaew Susiwa (แก้ว ฉัตรแก้ว สุศิวะ) contohnya, yang seorang director dan executive sekaligus.

Buat yang belum tahu bedanya director dan executive, Showpoiler bahas sedikit, ya. Dilansir dari Wikipedia, film director alias sutradara adalah orang yang mengontrol aspek artistik dan dramatis dari suatu proyek. Sutradara juga bertugas memvisualisasikan skenario, membimbing kru, juga membantu aktor/aktris dalam pemenuhan visi tersebut.

Sementara executive producer (EP) alias produser eksekutif adalah salah satu posisi teratas dalam pembuatan produk hiburan komersial, seperti film dan serial, misalnya. Produser eksekutif umumnya berkontribusi mengurus anggaran, hingga masalah hukum seperti hak cipta dan royalti.

Terhitung tahun 2022, P'Kaew sudah menjadi producing director untuk U-Prince: The Gentle Vet (2016), screenwriter dan sutradara dari 11 judul serial, dan sutradara dari 6 judul series. Ingin tahu karya P'Kaew lainnya? Yuk, Showpoiler sampai selesai!

1. My Sassy Princess

My Sassy Princess_

My Sassy Princess adalah mini series yang merupakan satu tema, tapi dibagi menjadi beberapa cerita. Ada banyak serial Thailand yang seperti ini. Untuk My Sassy Princess sendiri ada tiga sub-judul. Ketiganya mengisahkan percintaan anak muda ala kisah putri dongeng, tapi versi modernnya!

  • My Sassy Princess: Wake Up, Sleeping Beauty

Diperankan oleh Lee Thanat, Pepo Nutchapan, dan Kimmy Chermarin, dari judulnya pasti sudah terbayang ini tentang apa, kan? Ya, betul, ini terinspirasi dari dongeng "Sleeping Beauty" alias Putri Tidur. Bahkan karakter utamanya diberi nama Aurora, seperti nama putri dari dongeng tersebut.

Jadi, ada gadis bernama Aurora. Berbeda dari penggambaran putri yang biasanya lemah lembut dan manis, Aurora di sini berbeda. Dia sangar, berjiwa bebas, sangat percaya diri, dan seksi. Walau begitu, dia memiliki angan-angan layaknya seorang princess, yaitu dia memiliki pangeran berkuda putih yang hanya diciptakan untuknya.

Dan, apapun yang terjadi, pangerannya akan datang menolongnya tiap kali dia 'terjatuh'. Akan tetapi, kali ini dia benar-benar jatuh secara harfiah. Karena kepalanya terantuk terlalu keras, Aurora jadi tertidur seperti Sleeping Beauty. Akankah pangeran impiannya datang menolong Aurora?

  • My Sassy Princess: Cinderella

Cinderella di sini bernama Cin (Earnearn Fatima). Berbeda dari kisah orisinilnya, Cin enggak menunggu ibu peri untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Dia percaya bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan, dia harus bekerja keras sendiri untuk itu.

Jadi, walau hidup dalam kemiskinan, dia enggak menunjukkannya. Dia selalu berusaha tampil modis untuk mengejar si pangeran tanpan dan kaya raya. Ya, katakan dia mata duitan, tapi baginya dia itu realistis! Biarpun sandal kaca menjepit kakinya, Cin enggak gentar untuk mendapatkan hati cowok tajir itu.

  • My Sassy Princess: Snow White

Terakhir, ada kisah tentang Putri Salju di era modern. Kita semua tahu kalau kecantikan Putri Salju merupakan malapetaka baginya. Sebab, karena dia paling cantik, ibu tirinya bahkan tega menghabisi nyawanya. Akan tetapi, serial ini berbeda. Sebab, Putri Saljunya sama sekali enggak cantik.

Dia enggak langsing, enggak kece, enggak menarik. Pokoknya Putri Salju kali ini enggak sesuai dengan standar kecantikan manapun. Olok-olokan menjadi santapan Snow (Faye Preava) setiap hari di media sosial. Tapi, enggak peduli berapa banyak dia diintimidasi, 'apel beracun' berkedok media sosial ini enggak akan menggoyahkannya.

2. Oum Rak Game Luang

Oum Rak Game Luang_

"Tid" Sibtid (Pong Nawat) dan "Giew" Godchamon (Kob Suvanant) sempat berkencan ketika kuliah bersama. Kini, mereka sudah putus. Setelah beberapa tahun enggak saling komunikasi, Giew telah menjadi sutradara lakorn terkenal. Sementara Tid bekerja di stasiun televisi.

Dia sedang dalam masalah karena acara TV yang dia handle terancam enggak akan dilanjutkan lagi. Tid sudah menikah dengan Pin (Donut Manatsanun). Walau telah bertahun-tahun, mereka belum juga dikaruniai keturunan.

Merasa mungkin masalahnya terletak di kondisi tubuh Pin yang selalu kelelahan, dia pun berhenti dari pekerjaannya dan menjadi ibu rumah tangga full time. Karena tubuh Pin masih tetap lemah, Tid dan Pin memutuskan untuk melakukan GIFT.

Di sisi lain, hidup Giew tampaknya bisa lebih buruk lagi. Sebab, mantan kekasihnya yang terakhir melangsungkan pernikahan. Giew enggak terima karena mereka putus dengan enggak baik-baik. Dia pun mabuk dan merusak pernikahan mereka. Kelakuannya itu direkam dan akhirnya tersebar di seluruh berita.

Bosnya pun memberikan lakorn garapannya kepada sutradara lain kemudian memecatnya. Giew sekarang jadi pengangguran. Untuk mendapatkan uang, dia siap menjadi gestational carrier alias ibu pengganti untuk sahabatnya, Piang.

Karena pasangannya gay, tentunya mereka enggak bisa punya anak. Padahal ayah Piang sangat menginginkan cucu. Emmy, istri dari mantan pacarnya, adalah perawat yang merawat Pin dan Tid, serta Giew dan Piang. Dia mengetahui bahwa Giew adalah orang yang merusak acara pernikahannya, jadi dia menukar embrio mereka.

Sekarang, Giew sedang mengandung anak Tid dan Pin. Sementara Pin mengandung anak Giew dan Piang. Bagaimana akhir dari kejadian yang sangat kacau ini?

3. Angel Beside Me

Angel Beside Me

"Lin" Linrada (Jane Ramida) adalah seorang gadis yang diliputi kesialan. Merasa lelah dengan kehidupan, Lin berniat bunuh diri. Tapi, saat sedang melakukan usaha tersebut, tiba-tiba terdengar suara keras yang sangat mengganggu dari langit-langit kamarnya.

Rupanya ada "Somchai" Michael Lansaladon (JJ Krissanapoom), seorang malaikat yang jatuh dari surga. Dia turun dari langit untuk menghentikan upaya bunuh diri Lin.

4. Nang Sao Mai Jam Kad Nam Sakul

Nang Sao Mai Jam Kad Nam Sakul

Drama Thailand berjudul A Waiting Bride dalam bahasa Inggris ini diperankan oleh real life couple, loh. Yakni Mai Davika Hoorne sebagai Riam dan Ter Chantavit Dhanasevi sebagai Ongsa. Riam digambarkan sebagai perempuan yang sangat cantik. Tapi, dia enggak beruntung dalam soal cinta.

Sudah tiga kali menjalin hubungan, dia selalu gagal. Dia pun merasa kalau cinta, pernikahan, dan segala tetek bengek yang berhubungan dengan itu adalah kepalsuan. Suatu hari, saat menghadiri acara pernikahan kenalannya, dia mabuk karena terlalu banyak minum alkohol.

Berhasil pulang dengan selamat, Riam salah masuk ke apartemen sebelahnya, yang diisi oleh pria bernama Ongsa. Rupanya Ongsa adalah teman sekolahnya. Dulu, Riam sering mengejek Ongsa karena buruk rupa, juga alasan pendidikan karena Ongsa sering menolak memberi Riam contekan.

Kini, bertahun-tahun setelah lulus sekolah, Ongsa telah menjelma menjadi seorang koki sukses yang tampan. Besoknya, Riam pingsan di kantornya. Setelah dicek, ternyata dia memiliki kista. Menurut dokter, ada dua hal yang bisa menyelamatkannya, yaitu operasi pengangkatan kista atau hamil.

Dia bisa saja melakukan prosedur operasi, tapi menurut dokter, ada kemungkinan kista itu kembali. Namun, jika dia mengandung dan melahirkan bayi, maka kemungkinan itu menurun. Mengingat riwayat kanker keluarganya, Riam takut jika kista itu akan menjadi masalah besar untuk dirinya. Riam pun segera berburu suami.

5. My Dear Loser: Edge of 17

My Dear Loser Edge of 17 landscape_

Diperankan oleh Nanon Korapat sebagai Oh, Jane Ramida sebagai Peach, Pluem Purim sebagai In, Chimon Wachirawit sebagai Sun, Plustor Pronpiphat sebagai Copper, dan Puimek Napasorn sebagai Ainam, bisa ditebak kalau serial ini mengangkat tema anak muda, ya.

Mengisahkan Oh, anak kutu buku yang dianggap pecundang terbesar di sekolah. Dia membenci sekolah karena sering di-bully dan diejek teman-temannya, terutama oleh Copper dan In. Namun, meskipun dia membenci semua orang di sekolah, ada satu orang yang memotivasi dia untuk pergi sekolah setiap hari, yaitu Peach.

Peach adalah gadis tercantik dan paling baik padanya di sekolah. Sayangnya, Peach berpacaran dengan Copper. Sementara itu, ada Sun, anak baru di sekolah. Karena keadaan, dia jadi dekat dengan Oh. Berteman dengan pecundang di sekolah membuat Sun ikut diejek oleh Copper dan In.

Tapi, sesuatu tentang Sun membuat In merasa berbeda. Dapatkah kutu buku terbesar di sekolah ini akhirnya berkencan dengan gadis paling populer? Apakah seorang pengganggu sekolah akan jatuh cinta pada anak baru? Psst, ada spin off dari serial ini, loh. Yaitu My Dear Loser: In-Sun (2017).

6. My Dear Loser: Happy Ever After

My Dear Loser Happy Ever After_

Seperti My Sassy Princess, sebenarnya My Dear Loser juga merupakan mini series yang terdiri dari beberapa sub judul. Untuk segmen Happy Ever After ini diperankan oleh orang-orang dewasa. Mereka adalah Tonkla (Push Puttichai Kasetsin) dan Korya (Esther Supreeleela).

Ceritanya menggunakan analogi kalau di akhir banyak dongeng, pangeran dan putri biasanya hidup bahagia selamanya. Tetapi, di sini, akhir cerita justru menjadi awal bagi Tonkla dan Korya.

Tonkla yang dianggap pecundang jatuh cinta pada Korya, cewek paling cantik se-universitas. Memiliki perbedaan ekstrim dalam status sosial di kampus, enggak ada yang menerima hubungan keduanya. Termasuk keluarga Korya juga enggak suka dengan Tonkla.

Namun, mereka enggak memedulikan orang lain selama menjalin hubungan. Walau begitu, setelah sepuluh tahun lamanya, rupanya cinta mereka bisa memudar juga. Setelah putus, Korya merasa ada yang aneh dengan tubuhnya. Ternyata dia hamil! Apakah Tonkla dan Korya akan bersatu lagi demi sang anak?

7. My Dear Loser: Monster Romance

My Dear Loser: Monster Romance

Sub judul terakhir dari My Dear Loser adalah Monster Romance. Pong (Lee Thanat), pemimpin geng motor, sering terlibat perkelahian dan berpartisipasi dalam balapan ilegal. Dia selalu membuat keluarganya kecewa.

Suatu hari, Pong mengalami kecelakaan di jalan dan bertemu Namkhing (Mook Worranit). Jatuh cinta pada pandangan pertama, Pong mengejar Namkhing dan memutuskan untuk berubah jadi pria yang lebih baik. Namun, ketika tragedi antar keluarga terjadi, dapatkah cinta mereka melewati segala rintangan?

8. Little Big Dream

Little Big Dream (2016)_

Serial yang disutradarai Kaew Chatkaew Susiwa lainnya adalah Little Big Dream. Raja Thailand meninggal dunia pada tahun 2016. Semua masyarakat memberi penghormatan terakhir padanya layaknya ayah mereka sendiri.

Phak (Push Puttichai) sangat mencintai raja. Phak ingin semua orang memiliki mimpi di masa muda mereka. Walau sangat menghormati raja, justru dia enggak menyukai ayahnya sendiri.

Namun, pada akhirnya dia mengerti, bahwa makna menghormati raja bangsa dimulai dengan menghormati ayahnya sendiri. Maka itu, Phak mulai mencintai dan menghormati sang ayah.

9. U-Prince: The Handsome Cowboy

U-Prince The Handsome Cowboy_

U-Prince juga merupakan mini series yang terdiri dari banyak sub judul. Total ada 12 serial yang masing-masing diperankan dan menceritakan hal berbeda.

Sutradaranya pun enggak sama. Di antara proyek U-Prince lainnya, hanya The Handsome Cowboy yang ditulis naskahnya dan disutradarai oleh P'Kaew. Sisanya digarap oleh sutradara Thailand lainnya.

P'Sibtit (Push Puttichai) adalah seorang koboi bad boy dari Fakultas Pertanian. Dia merupakan subyek cinta pertama Prikkang (Esther Supreeleela). Tapi, sekarang berbeda. Prikkang lebih suka menyukai orang-orang yang enggak narsis apalagi sombong.

P'Sibtit yang memperlakukan wanita seperti mainan bukanlah tipe pria idaman bagi Prikking. Namun, ketika bertemu lagi, Prikkang menganggap sikap dingin P'Sibtit sebagai tantangan dan mencoba untuk memenangkan hatinya.

Tapi bisakah kebiasaan lama diubah? Apakah playboy ini memiliki kedalaman emosional untuk benar-benar mencintai satu orang saja?

10. Ugly Duckling Series

Ugly Duckling Series_

Jika U-Prince Series disutradarai oleh orang yang berbeda-beda, Ugly Duckling Series ini semuanya dikerjakan oleh P'Kaew. Ada empat sub judul; Boy's Paradise, Don't, Pity Girl, dan Perfect Match.

  • Ugly Duckling Series: Boy's Paradise

Boy's Paradise menceritakan tentang Mami, yang merasa hidupnya sudah cukup bahagia. Namun, ketenangan yang dimilikinya segera hancur setelah ibunya mengetahui Mami menyukai seorang gadis.

Ibunya pun mengirim tiga pria tampan untuk tinggal bersama Mami dengan harapan anaknya jadi 'normal' lagi. Tapi, justru Mami malah ikut masuk ke dalam masalah percintaan orang lain.

  • Ugly Duckling Series: Don't

Maewnam merasa sangat malu ketika ditolak di hadapan semua temannya setelah confess ke crush-nya waktu SD. Pasalnya, cowok yang dia suka mengejek dia jelek. Sejak saat itu, Maew menggunakan sebuah boks untuk menutupi kepalanya.

Tapi, tentu saja dia tetap harus mengenyam pendidikan. Dengan terpaksa dia kembali ke sekolah. Di sana, dia bertemu dengan Minton yang baik, dan Zero si pembuat onar. Psst, di antara Minton dan Zero merupakan crush lamanya yang membuat Maew enggak percaya diri sampai sekarang!

  • Ugly Duckling Series: Pity Girl

Setelah jatuh dari pohon, Alice menderita 'ingatan ikan mas.' Alias, dia jadi sangat pelupa. Dia bahkan enggak ingat kalau pacarnya sudah putus dengannya sebanyak 14 kali. Anak lelaki baru di sekolah bernama Aston berjanji untuk menjadi nota berjalan bagi Alice supaya enggak melupakan apapun lagi.

  • Ugly Duckling Series: Perfect Match

Junita "Junior", menjalani operasi plastik karena orang-orang mengatakan dirinya gemuk. Sayangnya ternyata dia alergi terhadap bahan kimia. Sehingga operasi itu merusak wajahnya dan membuat dirinya berjerawat parah. Butuh waktu satu tahun untuk memulihkan kulit wajahnya.

Walau sudah 'sembuh' tetap enggak ada orang yang mau dekat dengannya. Bahkan setiap orang yang melihat wajahnya akan terkejut. Akhirnya dia punya julukan baru lagi, yaitu 'wajah hantu'. Enggak tahan dengan ejekan lagi, Junita pindah bersekolah di pedesaan, agar jauh dari orang-orang Bangkok yang toksik.

Di desa, Junita bertemu dengan Suea, dokter senior yang tampan, tapi miskin. Dibalik kekurangannya yang suka tebar pesona, Suea merupakan orang pertama yang tulus berteman dengan Junita tanpa latar belakang atau motif apapun juga.

Nah, itu dia sepuluh karya yang disutradarai oleh P'Kaew. Rata-rata serial anak muda dengan tema percintaan, ya? Apa serial besutan P'Kaew favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram